You are on page 1of 11

11 IPA 6

BIOLOGI

Risky Ade Kurniawan (22)
Ryan Darmawan (23)
Sulthan Hakim (25)
Esa Ilham Akbar (34)

tetapi di permukaan suatu organ atau jaringan epitel. Sedangkan kelenjar endokrin adalah kelenjar yang mengeluarkan hormon ke darah. paratiroid. Kelenjar pituitari cara kerjanya adalah mempengaruhi kelenjar lain seperti kelenjar tiroid. Hormon merupakan senyawa kimia yang targetnya bisa berupa kelenjar lain atau suatu jaringan tertentu. kelenjar minyak di kulit. Hormon itu bentuknya cair yang dihasilkan oleh kelenjar. yaitu kelenjar eksokrin dan kelenjar endokrin. Kelenjar kelamin akan mengeluarkan FSH dan LH. tiroid. adrenal. adrenal. Adrenal maka dia akan mengeluarkan hormon ACTH (AdrenoChorTicotropik Hormone) yang merangsang korteks adren (perhatikan kata ‘kor’ saya cetak tebal yang mengacu pada kata wilayah korteks dari adrenal 2. . Kelenjar secara umum ada 2 macam. kelenjar air mata. sedangkan kelenjar endokrin beberapa contohnya adalah kelenjar pankreas. contoh dari kelenjar eksokrin adalah kelenjar di sekitar saluran pencernaan. kelenjar eksokrin didefinisikan sebagai kelenjar yang menghasilkan hormon yang dikeluarkan tidak di darah.SISTEM HORMON PADA MANUSIA Sistem hormon adalah sistem yang tersusun dari penghasil hormon (kelenjar/glandula) dan hormon itu sendiri. Untuk : 1. Kelenjar ini terbagi dalam dua yaitu bagian posterior dan anterior pada beberapa sumber ada yang menyebutkan ada bagian tengah yang disebu MSH yang menhasilkan MSH untuk merangsang pembentukan pigmen kulit. Tiroid maka dia akan mengeluarkan TSH (Tiroid Stimulating Hormone) 3. Semuanya di atur oleh kelenjar utama yang disebut hipofisis atau pituitari. dan kelamin.

yaitu : 1. Namun bisa juga pituitari targenya tidak berupa kelenjar tetapi sebuah organ non sekretoris seperti tubulus ginjal. Anti Diuretik Meningkatkan absorbsi air dr tubulus ginjal dan Hormone ( ADH ) meningkatkan tekanan darah . merespons stress pada tubuh secara tepat 3. Secara umum. Beberapa macam HORMON MANUSIA dan FUNGSINYA Hormon merupakan zat kimia yang diproduksi oleh sel-sel kelenjar ( kelenjar endokrin ) dan mempunyai peranan strategis bagi kelangsungan hidup mahkluk hidup tak terkecuali manusia. Saya beri istilah demikian karena mekanisme hormon ini adalah mnegurangi kadar air pada urin sehingga jumlah urin yang ditampung dalam kandung kemih jadi lebih sedikit. Berikut hormon dan fungsi dari kelenjar endokrin: No Nama hormone Fungsinya 1. Mekanisme detail kerja ADH adalah meningkatkan permeablitas membran pada tubulus ginjal. Setidaknya ada 3 fungsi utama dari sistem hormon. Jika kekurangan hormon ini maka urin yang dibentuk akan banyak akibatnya jika ini seorang siswa yang sedang belajar di kelas maka dia akan sering minta izin kepada gurunya untuk meninggalkan kelas dan segera menuju ke kamar kecil. dalam hal ini maka pituitari akan menghasilkan hormon ADH – Anti Diuretika hormon (diureitka–>mengacu pada kata ureum –>urin). dengan beragam fungsi serta peranan masing-masing. mempertahankan keseimbangan tubuh 2. hormon di dalam tubuh berfungsi dalam mengkoordinasikan proses-proses fisiologis dalam tubuh kita. mengatur pertumbuhan dan perkembangan tubuh `Ada banyak jenis hormon yang disekresi kan oleh kelenjar endokrin. dengan bahasa yang mudah adalah anti urin/kencing. artinya air yang diserap pada proses reabsoprsi jadi lebih banyak.

antiinflamasi. ( LH ) produksi esterogen dan progesteron ( pd wanita ) Merangsang sekresi testosteron. merangsang penealan . meningkatkan konsentrasi gula darah 14 Noradrenalin / Menyebabkan konstriksi arteriol dan meningkatkan laju norepinefrin metabolisme 15 Glukokortikoid Mempengaruhi proses metabolisme. mempengaruhi otot. Adenocorticotropic Merangsang sekresi dan produksi hormon steroid dan Hormone ( ACTH ) korteks adrenal 7 Luteinizing hormon Merangsang pertumbuhan korpus luteum. Oksitosin Merangsang kontraksi uterus. Prolaktin Meningkatkan perkembangan payudara selama kehamilan dan produksi air susu setelah kelahiran 5. pengeluaran air susu 3. menurunkan pengaruh stress dan sekresi ACTH 16 Insulin Menurunkan gula darah. menurunkan kadar fosfat darah. ovulasi. perkembangan jaringan interstisial ( pd pria ) 8 Folicel stimulating Merangsang pertumbuhan folikel telur dan ovulasi ( pd. dan tekanan darah. mengatur diameter arteriol. meningkatkan simpanan glikogen.mobilisasi lemak. 12 Hormon paratiroid Meningkatkan konsentrasi Ca dlm darah. meningkatkan sintesis protein. menurunkan ( GH ) metabolisme karbohidrat 4. mempengaruhi kortikosteron ) proses pertumbuhan. merangsang perkembangan folikel telur. hormone Wanita ) Merangsang produksi sperma ( pd pria ) 9 Melanosit Bersama dg ACTH terlibat dalam pembentukan kulit stimulating hormone 10 Tiroksin ( T4 ) dan Meningkatkan laju metabolisme. usus. hati dan jaringan adiposa 17 Glukagon Meningkatkan kadar gula darah 18 Estrogen Mempengaruhi perkembangan organ seks dan ciri-ciri kelamin wanita. Growth Hormone Merangsang pertumbuhan tulang dan otot. sensitivitas Triidotironin ( T3 ) kardiovaskuler thd aktivasi saraf simpatik. bekerja mempengaruhi tulang.2. mempengaruhi kematangan homeostasis otot skelet 11 Kalsitonin Menurunkan konsentrasi Ca dan fosfat. ginjal. mengatur ( kortison dan konsentrasi gula darah. mempengaruhi siklus menstruasi. Tiroid Stimulating Merangsang produksi dan sekresi hormon tiroid Hormone ( TSH ) 6. merangsang kontraksi otot polos. dan sel-sel lainnya 13 Adrenalin / epinefrin Meningkatkan kecepatan denyut jantung.

pankreas. hormone insulin disekresikan pankreas saat ada rangsangan gula darah yang tinggi. sementara pada orang dewasa telah hilang atau tinggal sisanya saja. Berikut dibahas dua bagian kelenjar hipofi sis tersebut. merangsang penealan dinding uterus. Bagian tengahnya hanya dimiliki oleh bayi. bagian tengah (intermediet). Kelenjar Hipofisis (Pituitari) Kelenjar hipofi sis terletak pada dasar otak dan di bawah kendali hipotalamus. paratiroid. sebab hormone yang dihasilkan dapat memengaruhi fungsi endokrin yang lain. Berdasarkan strukturnya. adrenal. kelenjar hipofi sis terdiri atas tiga bagian. dan lain-lain. serta pembentukan sperma Hormon akan dikeluarkan oleh kelenjar endokrin bila ada rangsangan (stimulus). pada orang dewasa. Selain itu. kelenjar hipofi sis hanya tersusundua bagian saja yakni bagian depan dan bagian belakang. bagian tubuh tertentu yang sesuai akan meresponnya. tiroid. dan kelenjar pencernaan. a. 1. ovarium. Di dalam tubuh. Sebagai contoh. yakni kelenjar hipofisis. Akibatnya. Kelenjar ini seringkali disebut pula sebagai master of gland. testis. Simak dan pahami uraian berikut. Lipatan tersebut akhirnya kehilangan persambung an dengan saluran pencernaan. dan memeilihara kehamilan 20 Human chorionic Memelihara kehamilan gonadotrpin ( HCG ) 21 Testosteron Mempengaruhi perkembangan organ seks dan ciri kelamin pria. dinding uterus. Di dalam tubuh manusia ada beberapa jenis kelenjar endokrin. hormon adrenalin disekresikan medula adrenal oleh stimulasi saraf simpatik. Hormon tersebut akan diangkut oleh darah menuju kelenjar yang sesuai. dan memeilihara kehamilan 19 Progesteron mempengaruhi siklus menstruasi. timus. Oleh karena itu. Bagian depan kelenjar hiposifis ini menghasilkan banyak hormon. ukurannya lebih kurang sebesar kacang ercis. yaitu bagian depan (lobus anterior). berpengaruh juga terhadap berbagai macam organ . dan bagian belakang (posterior). Kelenjar Hipofisis Anterior Kelenjar hipofisis anterior berkembang dari lipatan langit-langit mulut yang tubuh ke arah otak.

pretesin. seperti tulang muka. Selain itu. Sementara. Kelenjar Hipofisis Posterior Kelenjar hipofisis posterior merupakan hasil dari perluasan otak. oksitosin berperan dalam membantu proses kelahiran dengan kontraksi uterus. akibatnya adalah pertumbuhan terhambat atau kekerdilan (kretinisme). kedua hormon tersebut berfungsi menaikkan tekanan darah dengan mengecilkan arteriol. Di dalam tubuh. dan kaki yang membesar. Misalnya saja. kelebihan hormone somatotrof (hormon pertumbuhan) dapat menyebabkan pertumbuhan raksasa (gigantisme). Apabila terlalu berlebihan atau justru kekurangan dapat memberikandampak yang tidak baik bagi tubuh. bila sekresi hormon pertumbuhan kurang. 2. Kelenjar Tiroid (Kelenjar Gondok) . berbagai hormon yang disekresikan kelenjar hipofi sis anterior ini hanya digunakan dengan jumlah tertentu saja. Vasopresin dan pretesin berfungsi mengurangi jumlah air yang hilang dari ginjal saat keluar sebagai urine. dan oksitosin. b. Oksitosin juga membantu sekresi susu dari payudara ibu. ke arah lipatan mulut yang membentuk bagian anterior hipofisis. jari-jari tangan. yakni vasopressin (antidiuretic hormone = ADH). Hormon yang dihasilkan kelenjar ini ada tiga. Selanjutnya. Tepatnya berasal dari perkembangan tonjolan hipotalamus ke arah bawah. Sebaliknya. bila kelebihan tersebut terjadi pada waktu dewasa dapat menyebabkan pertumbuhan yang tidak seimbang (akromegali).

kulit kasar. hormon tersebut juga memengaruhi pertumbuhan. 5. hormon ini berpengaruh dalam proses metabolisme sel. dan diferensiasi jaringan tubuh. dan mata melebar. dengan tanda-tanda meningkatnya detak jantung sehingga muncul gugup. Kondisi kelebihan hormon tiroid (hipertiroid) dapat menimbulkan gejala hipermetabolisme (morbus basedowi). Gejala penyakit ini. apabila seseorang sebelum dewasa kekurangan hormon tiroid (hipotiroid). Kelenjar Timus . Pada orang dewasa. perkembangan. lemah. Kretenisme ditandai dengan fi sik dan mental penderita yang tumbuh tidak normal. Sedangkan hiperparathormon (kondisi kelebihan hormon parathormon) dapat menimbulkan berba gai gejala seperti tulang menjadi rapuh. Hormon terpenting yang disekresikan kelenjar tiroid adalah tiroksin. adalah laju metabolisme rendah. tepatnya pada laring. Hormon tiroksin terbentuk dari asam amino yang mengandung yodium. Hormon parathormon berperan dalam pengaturan pemakaian ion kalsium (Ca2+) dan fosfat (PO43+) pada jaringan. Kelenjar ini terdiri atas dua lobus yakni sebelah kanan dan kiri laring. seseorang juga dapat mengalami pembengkakan kelenjar tiroid karena kekurangan makanan yang mengandung yodium. Hormon yang disekresikan kelenjar ini disebut parathormon (PTH). Beberapa penyakit manusia ada yang disebabkan oleh kelenjar tiroid. Sementara itu. kondisi hipotiroid dapat menyebabkan miksedema. bentuk badan menjadi besar. Endapan ini dapat membentuk batu ginjal sehingga menyumbat saluran air seni. mulut menganga. Kelenjar Paratiroid (Anak Gondok) Kelenjar paratiroid terdiri atas empat struktur kecil yang terdapat pada permukaan kelenjar tiroid. kadar ion Ca2+ yang berlebihan dalam darah dapat masuk ke air seni dan mengendap bersama ion fosfat. 4. berat badan bertambah. Selain itu. Selain penyakit-penyakit tersebut. Beratnya sekitar 25 g dan kaya akan darah. dan rambutmudah rontok. dan berbentuk abnormal. Manusia jarang mengalami hipoparathormon (kondisi kekurangan hormon parathormon). napas cepat dan tidak teratur. Bagi tubuh. tubuhnya dapat mengalami kretinisme (kerdil). Penyakit pembengkakan demikian dinamakan gondok. seseorang dapat kejang otot atau tetani. Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang terletak pada leher. Kalaupun mengalaminya. Selain itu.

Pada orang dewasa. Kelenjar Adrenal (Anak Ginjal) . 6. Kelenjar timus merupakan kelenjar hasil penimbunan hormon somatotrof atau hormon pertumbuhan. kelenjar ini tidak digunakan kembali.

Masing-masing struktur kelenjar ini memiliki dua bagian. sel-sel kelenjar ini sangat kaya akan pembuluh darah. dan nafsu makan hilang. Kelenjar adrenal (glandula adrenal) pada manusia berbentuk sepasang struktur kecil yang terletak di ujung anterior ginjal dan kaya akan darah. kulit kecoklatan. 7. Sementara itu. Bagian korteks kelenjar adrenal menghasilkan hormon adrenalin (epinefrin) yang berpengaruh dalam penyempitan pembuluh darah sehingga tekanan darah dan denyut jantung meningkat. Namun. gangguan pencernaan. kemudian juga mengatur metabolisme garam dan air. kelemahan otot. Penyakit manusia yang disebabkan oleh kurangnya sekresi hormon ini adalah penyakit Addison. Sel- sel pulau Langerhans tak terkait dengan saluran pembawa getah pankreas yang menuju duodenum. Kelenjar Pankreas Kelenjar prankeas dinamakan juga kelenjar Langerhans atau pulau Langerhans. Penderitanya dapat diobati dengan pemberian hormon kortin melalui mulut atau intramuskular. peningkatan retensi kalium dalam cairan tubuh dan sel. Selain itu. Pulau Langerhans merupakan sekelompok kecil yang tersebar di seluruh pankreas. Hormon ini juga berperan mengubah glikogen (gula otot) menjadi glukosa (gula darah). bagian korteks (bagian luar) adre nal mengeluarkan hormon kortin yang tersusun atas kortison dan deoksikortison. . yakni bagian luar (korteks) dan bagian dalam (medula). hormon adrenalin bersama hormon insulin memengaruhi proses pengaturan kadar gula dalam darah. Gejala yang timbul pada penderita penyakit ini antara lain tekanan darah rendah. Hormon kortin dapat memudahkan perubahan protein menjadi karbohidrat.

Hormon guklagon hormon yang berperan dalam mengubah glikogen menjadi glukosa. dan memperlan-car produksi laktogen (susu). cambang. hormon enstrogen juga membantu dalam pembentukan lapisan endometrium. Estrogen dihasilkan oleh folikel de Graff dan dirangsang oleh hormon FSH. Sementara itu. Selain hormon insulin. Sekresi yang dihasilkan dari kelenjar Langerhans yakni hormone insulin. Hormon testosteron sangat berpengaruh terhadap proses spermatogenesis (proses pembentukan sperma) dan pertumbuhan sekunder pada laki- laki. Hormon insulin berperan saat proses pengubahan gula darah (glukosa) menjadi gula otot (glikogen) di dalam hati. Gejala penyakit kencing manis ditandai dengan tingginya glukosa dalam darah yang tinggi. tumbuhnya payudara. Di dalam testis terdapat sel Leydig yang menghasilkan hormone testosteron atau androgen. hormon estrogen dan progesteron disekresikan oleh ovarium. seperti bahu mulai berisi. Meskipun fungsi utamanya adalah memproduksi sel-sel kelamin. bahu dan dada bertambah bidang. ketiak. justru sebaliknya glikogen dan lemak yang diubah menjadi glukosa. Pertumbuhan sekunder pada anak laki-laki ditandai dengan suara menjadi besar. Kelenjar kelamin laki-laki terdapat pada testis. kadar gula darah menjadi turun. menghambat produksi hormon FSH. dan tumbuh rambut pada bagian tubuh tertentu misalnya kumis. Sehingga. dan rambut mulai tumbuh di ketiak dan kemaluan. namun kelenjar kelamin juga memproduksi hormon. 8. Kelenjar Kelamin Kelenjar kelamin disebut pula dengan gonad. Kekurangan hormon insulin pada seseorang dapat menyebabkan penyakit diabetes melitus atau penyakit kencing manis. janggut. . Di samping itu. Hormon estrogen berfungsi saat pembentukan kelamin sekunder wanita. Glukosa yang ada dalam tubuh penderita tidak diubah menjadi glikogen dan lemak. dan sekitar kemaluan. sementara kelenjar kelamin perempuan berada pada ovarium. Bagi wanita. Hormon ini dihasilkan oleh korpus luteum dan dirangsang oleh LH. hormon progesteron berfungsi menjaga penebalan endometrium. pinggul menjadi lebar. kelenjar Langerhans juga memproduksi hormon guklagon. oleh hormon tersebut.

Kelenjar Pencernaan Kelenjar pencernaan merupakan kelenjar yang terdapat pada saluran pencernaan. 9. Sementara hormone sekretin dan hormon kolsistokinin disekresikan oleh kelenjar pada usus. kelenjar mensekresikan hormon gastrin. . Masing-masing fungsi hormon ini adalah merangsang sekresi getah pankreas dan getah empedu. Pada lambung. yaitu hormone yang berperan dalam sekresi getah lambung. Misalnya saja kelenjar pada lambung dan usus.