You are on page 1of 9

I.

PENGERTIAN

Gastrotricha berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata gaster yang artinya perut dan thrix
yang artinya rambut.

I.1 Ekologi dan Habitat

Filum Gastrotricha merupakan kelompok kecil dengan 450 spesies yang hidup bebas baik di
laut maupun di air tawar. Terdapat dalam rongga interstisial sediment atau merayap pada
ganggang, tanaman air atau detritus. Meskipun tidak melimpah seperti Rotifera, jenis dari ordo
Chaetonotida biasa ditemukan di danau, kolam dan sungai. Jenis dari ordo Macrodasyda
terdapat di air laut dan payau.

I.2 Ciri Morfologi dan Anatomi Umum

Kebanyakan gastrotricha berukuran mikroskopis, antara 40-1.000 mikron, namun beberapa
spesies mencapai 4 mm. Bentuk tubuh seperti botol dengan bentuk kepala yang agak jelas,
bagian ventralnya datar, bagian posterior biasanya bercabang dua dan pada beberapa jenis
dilengkapi organ penempel. Organ penempel berbentuk tabung yang dapat berjumlah banyak dan
terletak di dekat kepala, sepanjang sisi tubuh, atau pada ujung posterior. Tabung penempel
digunakan untuk menempel sementara pada subtrat.

KLASIFIKASI Secara garis besar gastroricha terbagi atas 2 kelas yaitu: II. II. 1 Macrodasyoidea Kingdom : ANIMALIA Sub kingdom : EUMATOZOA Superphylum : PLATIZOAS Ordo : MACRODASYIDA  Family DACTYLOPSOLIDAE o Genus Dactylopodola o Genus Dendrodadys o Genus Dendropodola  Family LEPIDODASYDAE o Genus Cephalodasys o Genus Dolichodasys o Genus Lepidodasys o Genus Megadasy o Genus Mesodasys o Genus Paradasys o Genus Pleurodasys  Family MACRODASYIDA o Genus Macrodasys o Genus Urodasy .

2 Chaetonotidea Kingdom : ANIMALIA Subkingdom : EUMATOZOA Superphylum : PLATYZOAS Ordo : CHAETONOTIDA Subordo : MULTITUBULANTIA Family NEODASYIDAE Genus Neodasys Suborder PAUCITUBULANTINAE Family CHAETONOTIDAE Subfamily CHAETONOTINAE  Genus Aspidiophorus  Genus Caudichthydium .  Family PLANODASYDAE o Genus Crasiella o Genus Desmodasys o Genus Planodasys  Family THAUMASTODERMATIDA  Subfamily DIPLODASYINAE o Genus Acanthodasys o Genus Diplodasa  Subfamily THAUMASTODERMATINAE o Genus Hemidasys o Genus Platidasys o Genus Pseudostomella o Genus Ptychostomella o Genus Tetranchyroderma o Genus Thaumastoderma  Family TURBANELLIDAE o Genus Dinodasys o Genus Paraturbanella o Genus Protobucantia o Genus Pseudoturbanella o Genus Tutbanella  Family XENODASYIDAE o Genus Chordodasiopsys o Genus Xenodasys II.

 Genus Chaetonotus o Subgenus Chaetonotus o Subgenus Histrycochaetonotus o Subgenus Marinochaetus o Subgenus Schizochaetonotus  Genus Diuronotus  Genus halichaetonotus  Genus Heterolepidoderma  Genus Ichtydium  Subgenus Euichthydium  Genus Lepidodermella  Genus Musellifer Family XENOTRICHULIDAE Subfilum DRACULICITERINAE Genus Draculiciteria Subfamily XENOTRICHULINAE Genus Heteroxenotrichula Genus Xenotrichula .

III.ichthydium. Hidupnya membersihkan detritus dalam area littoralor sublittoral. beberapa bentuk gastrotricha Filum gastrotricha pada chaetonotida mereka mendiami laut atau air payau dan jarang di air jernih.atau tidak sama sekali. 1 Reproduksi . Tubuhnya berbentuk simetri bilateral dengan isi perut yang lengkap dan tubuhnya ditutupi cilia khususnya mulut. CIRI MORFOLOGI DAN CIRI ANATOMI Gastrotricha termasuk hewan microscopic. Umumnya pengangkutan utama pada hewan microscopic dengan menggunakan kekuatan hidrostatik. aspidiophorus. Kebanyakan mempunyai tabung atau saluran sepanjang sisiny. Gambar 2. samping dan depan. SISTEM FISIOLOGI IV. Lainya jarang melampaui ukuran 0. IV. S e m u a nya mempunyai tabung pelekat depan dan belakang. Neodasys adalah hewan laut dan macrodasyid seperti bentuk yang mencapai 0.01). Musellifer hidup dalam Lumpur.famili dari chaetonotidae hampir setengahnya dari gastrotricha : Musellifer dan Halichaetononotus dilaut. Anggotanya memiliki bentuk tubuh Y pharyngeal lumina. Sebagian mempunyai kutikula yang tebal atau kail atau sisik. heterolepidoderma. dan lepidodermella dalam habitat yang sama. dengan angka 50-100 per kubik centimeter.03) dalam panjangnya dan terdapat tabung yang melekat yaitu terletak dibelakang. chaetonotus.8 mm (0. Pada sebagian spesies mempunyai dua terminal yang melekat pada saluran. Dari urutan filum gastrotricha macrodasyidae.3 mm (0. Disamping itu biasanya mempunyai pseudocoel yang digunakan untuk metode pemeliharaanya dan sekarang diketahui bahwa hewan ini memiliki acoelomata.mereka hanya memiliki 2 tabung/saluran belakang yang berasal dari belakang furca. polymerurus di air jernih. Turbanella dan Tetranchyroderma adalah yang paling umum dan paling mudah dikenali dari macrodasyids.

Perkembangannya langsung tanpa melalui tahap larva. Chaetonotida air tawar menghasilkan dua macam telur. Organ reproduksi yang lengkap mungkin menjadi fasilitas transfer dari sperma dalam beberapa spesies. contoh beberapa chaenotonotida testisnya tereduksi). vertilisasi terjadi melalui transfer sperma atau spermatophores. yang satu adalah telur biasa dan yang ke dua adalah telur dorman. dan selama itu menghasilkan telur . contohnya chaetonotidans kadang bersifat parthenogenesis dengan melalui fase hermafrodit. Ovari hanya satu dalam spesies lepidodasydae. Pada perairan jernih.tubuh gastritricha Gastrotricha adalah termasuk hemafrodit primitive dengan frekuensi protandri (Organ jantan yang lebih dulu berkembang) dan kebanyakan spesies mempunyai sepasang testis dan ovum menghilang atau mereduksi dari testisnya ( Beberapa Thaumastodermatidae hilang testis kirinya. Masa hidup Lepidodermella antara 8-12 hari.

Pada tiap sisi bagian anterior ganglion tumbuh pharynx sepanjang badan. PERANAN Manfaat dari gastrotricha yaitu bisa menjadi dekomposer. Otak terdiri dari masa ganglion.sampai 5 butir. Gastritricha muda mempunyai bentuk seperti yang dewasa dan bertelur pada umur 3 atau 4 hari. IV. Beberapa spesies mempunyai bintik mata. VI. seperti halnya bakteriovores dan detririvor. dan interaksinya. Lepidodermella squamata merupakan spesies yang komersil dari gastroricha perairan jernih. Studi gastroricha mungkin digunakan untk menambah pengetahuan tentang evolusi dan hubungannya dengan organisme lain. 2 Sistem Peredaran Darah dan Sistem Saraf Gastrotricha tidak mempunyai system sirkulasi darah. . V. evolusi. Gastroricha mungkin menyumbang unsur keindahan pada perairan pantai dengan menjadi pembersih puing-puing. Alat indra berupa rumpun cilia atau semacam sikat pada kepala dan bulu-bulu indra di permukaan tubuh. Ilmu tentang gastroricha selalu dibuat untuk memperbanyak ilmu pengetahuan asal usul hewan. dan 1-3 hari kemudian menetas. gastroricha menyumbang dari keindahan perairan pantai dengan membersihkan puing dan mencegah kerusakan. KESIMPULAN Gastrotricha berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata gaster yang artinya perut dan thrix yang artinya rambut.

Kebanyakan gastrotrcha berukuran mikroskopis. Gastrotricha tidak mempunyai system sirkulasi darah.03) dalam panjangnya dan terdapat tabung yang melekat yaitu terletak um : alat kelamin betina arinx : katup yang memanjang sterior : tubuh bagian belakang otandri : organ jantan yang lebih dulu berkembang tis : alat kelamin jantan x : rambut. Gastrotricha merupakan hewan hermafrodit namun pada chaetonotida dapat dikatakan phartenogenesis. VII. Secara garis besar gastroricha terbagi atas 2 kelas yaitu: Macrodasyoidea dan Chaetonotidae. Peran gastrotricha yaitu menyumbangkan keindahan perairan pantai. kecil. banella dan ranchyroderma : hewan paling umum dan paling mudah dikenali ntral : tubuh bagian bawah .000 mikron. GLOSSARY erior : tubuh bagian depan aetonotida : salah satu ordo pada fillum gastrotricha kebanyakan hidup diair tawar ia : bulu getar ter : perut mafrodit : dalam setiap individu terdapat dua alat kelamin crodasyda : salah satu oerdo pada fillum gastrotricha hidup di air laut dan air payau kroskopis : mini. antara 40-1.8 mm (0. Alat indra berupa rumpun cilia atau semacam sikat pada kepala dan bulu-bulu indra di permukaan tubuh. namun beberapa spesies mencapai 4 mm. tidak bias dilihat dengan mata telanjang odasys : hewan laut dan macrodasyid seperti bentuk yang mencapai 0.

tanggal 21 Maret 2011 www. Michael.earthlife. tanggal 24 Maret 2011 .ac.de .D.ualberta. tanggal 21 Maret 2011 www. Avertebrata Air Jilid 1. Sugiarti.org .uni-hamburg.i. The Invertebrates An Illustrated Glossary. Daftar Pustaka Suwignyo.2005.jp .1992.dkk. Stachowitsch. “The Marine and Brackish-water Gastrotricha in Perspective”. tanggal 23 Maret 2011 www. tanggal 23 Maret 2011 protist.biologie.sunsite.hosei. Contribution to Zoology (1971):21-23 www. tanggal 21 Maret 2011 www. Willey-Liss : New York USA Hummon.cartage. Penebar Swadaya : Jakarta.ca .net .msnucleus.orglb . W.