You are on page 1of 19

BAB I

Pendahuluan

A. Latar Belakang

Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang merupakan lembaga
alternatif yang dapat digunakan sebagai lembaga penyelesaian
permasalahan utang-piutang antara debitor dengan para kreditornya
selain kepailitan. Permasalahan muncul ketika Penundaan Kewajiban
Pembayaran Utang yang semula dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun
1998 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-
Undang Nomor 1 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang
Tentang Kepailitan Menjadi Undang-Undang hanya bisa diajukan oleh
debitor, berubah ketentuan menjadi bisa diajukan oleh debitor atau
kreditor dengan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang
Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (untuk
selanjutnya disebut dengan UUKPKPU).

Berdasarkan penjelasan UUKPKPU, pemberian kewenangan
kreditor dalam permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang
didasarkan pada 4 (empat) asas yaitu asas keseimbangan, asas keadilan,
asas kelangsungan usaha, dan asas integrasi. Kewenangan kreditor
dalam permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang utamanya
dipandang sebagai perwujudan asas keseimbangan, keadilan, dan
kelangsungan usaha. Namun permasalahan timbul ketika perumusan
ketentuan hukum tersebut bertentangan dengan filosofi Penundaan
Kewajiban Pembayaran Utang yaitu sebagai sarana penyeimbang bagi
debitor dalam menghadapi kepailitan yang diajukan kreditor. Dengan
pemberian kewenangan tersebut, debitor tidak mempunyai upaya apapun
untuk melawan lembaga penyelesaian hukum yang digunakan kreditor
sehingga tidak terjadi keseimbangan yang menyebabkan ketidakadilan
bagi posisi debitor.

Sus/2012. 15. SH. Mitra Safir Sejahtera. Pihak Pihak Yang Terlibat Pihak-pihak yang terlibat dalam perkara putusan tersebut adalah sebagai berikut : Kreditur : 1. para . Mitra Safir Sejahtera dalam menjalankan usahanya mereka melakukan. debitur tidak mampu untuk melunasi hutangnya. dalam hal ini memberi kuasa kepada Yohannes P. Jalan MH. dan sekarang berkedudukan di Gedung Menara Topas Lt. 9 No. Rumusan Masalah 1. B. berkedudukan dahulu di Jalan Imam Bonjol Ruko Wr Blok A 14 Sukajadi. 16 Jakarta 10350. Thamrin Kav. Mitra Safir selaku kreditur melakukan melakukan permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) kepada Mahkamah Agung dengan nomor register perkara 253 K/Pdt. PT. Bagaimana isi putusan tersebut ? 3. Karawaci. yang diwakili oleh Direktur Utama TIRTA SUSANTO. Bagaimana isi duduk perkaranya ? BAB II Pembahasan A. namun sampai waktu yang telah disepakati dalam perjanjian. Siapa saja pihak yang terlibat dalam putusan tersebut ? 2. karna hutang William Tangguh Dkk selaku debitur telah jatuh tempo dan dapat ditagih. Dan kawan. Siburian. Kota Tangerang. Seperti halnya yang di alami oleh PT.

Kelurahan Menteng. Kecamatan Grogol Petamburan. Jakarta 12110. Jakarta Barat. 005. bahwa dari surat-surat tersebut ternyata bahwa sekarang Para Pemohon Kasasi dahulu sebagai Termohon Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang Debitor telah mengajukan permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang di muka persidangan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Jakarta Pusat. beralamat Jalan Tulodong Atas Nomor 10. bertempat tinggal di Jalan Nusa Indah D 58. dalam hal ini memberi kuasa kepada Sugandi Ishak. sebagai Turut Termohon Kasasi dahulu Termohon Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang/Kreditor B. MH.010 Kelurahan Duri Kepa. 006. sebagai Termohon Kasasi I dahulu Pemohon I 2. Tuan Tjie Putra Willy Karamoy. beralamat di Jalan Duri Nirmala V No. Rt. Rt. SE. Jakarta Barat. Jakarta Barat. 010/Rw.. 16 Rt. Kecamatan Menteng. Advokat. pada pokoknya atas dalil-dalil sebagai berikut : . bertempat tinggal di Jalan Ki Mangunsarkoro No. berdasarkan surat kuasa khusus tanggal 02 Maret 2012. SH. 001/Rw. berdasarkan surat kuasa khusus tanggal 14 Maret 2012. Kelurahan Kemanggisan. bertempat tinggal di Jalan Latumeten IV No. Kecamatan Kebon Jeruk. Farizal Hendriyanto. 004. William Tangguh Gunawan. sebagai Termohon Kasasi II dahulu Pemohon II Dan 3. 004/Rw. 28A Rt. sebagai Pemohon Kasasi I dahulu Termohon Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (Debitor) Debitur : 1. Kecamatan Palmerah. Advokat. Duduk Perkara Menimbang. 29D... Kelurahan Jelambar.001 Rw.

9.00 WIB di gedung Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. 16 Jakarta berada dalam Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang Tetap (PKPUT) selama 45 (empat puluh lima) hari kalender terhitung sejak Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang Sementara (PKPUS) berakhir.NIAGA.PST. Gajahmada Nomor 17 Jakarta Pusat 3) Memerintahkan kepada Pengurus PKPU PT. tanggal 21 Pebruari 2012. No.JKT. tanggal 21 Pebruari 2012. Pukul 10. MITRA SAFIR SEJAHTERA untuk memanggil Debitor dan Para Kreditor untuk hadir sidang pada hari SELASA. (PKPU Tetap putusan tanggal 6 Januari 2012) yang pada pokoknya : MENGADILI : 1) Menyatakan Termohon PKPU yaitu PT. MH. dengan segala akibat hukumnya 2) Menetapkan bahwa sidang permusyawaratan Majelis Hakim ditetapkan pada hari SELASA. Bahwa Hakim Pengawas pada tanggal 17 Januari 2012 telah menerima salinan Putusan No.00 WIB di gedung Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Jl. 28/ PKPU/ 2011/ PN.NIAGA.JKT. MITRA SAFIR SEJAHTERA yang berkedudukan di Jl.Bahwa Pemohon Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) dengan surat permohonannya 03 Nopember 2011 dan didaftarkan di Kepaniteraan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada tanggal 07 Nopember 2011 dibawah Nomor : 28/PKPU/2011/ PN. Jl. Pukul 10. Thamrin Kav. adapun yang menjadi dasar diajukannya Permohonan PKPU dimaksud adalah sebagai berikut : 1. Gajahmada Nomor 17 Jakarta Pusat 4) Menetapkan Biaya pengurusan dan imbalan jasa bagi Pengurus akan ditetapkan kemudian setelah Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) berakhir 5) Menangguhkan biaya perkara dalam proses PKPU ini sampai dengan masa PKPU berakhir .PST.

dihadiri oleh Panitera Pengganti. TIRTA SUSANTO) tidak hadir . ANDRI KRISNA HIDAYAT.Niaga. Bahwa pada hari Kamis tanggal 19 Januari 2012 bertempat di Wisma Indocement Lantai 1 Ruang Anggrek. Pukul 10. Jam 09. Jenderal Sudirman Kav. 28/PKPU/2011/PN. Jl.. yang pada pokoknya sebagai berikut : MENETAPKAN 1. Menentukan Suara/Voting atas terhadap Rencana Perdamaian pada hari SENIN. Hakim Pengawas telah membuat Penetapan No : 28/PKPU/211/PN.2. 70-71.00 Wib. MSS (Dalam PKPUT). namun dalam pelaksanaan rapat tersebut Debitor (Sdr.MKn. INDRA NURCAHYA. Jakarta Selatan.PST- 02 HP.MH. Menentukan penyelenggaraan Rapat Rencana Perdamaian yang diajukan dan telah diRevisi oleh Debitor pada hari Kamis. ALFIN SULAIMAN.00 WIB bertempat di Gedung Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat 3.PST tertanggal 06 Januari 2012 kepada Para Kreditur yang diketahui alamatnya baik dengan surat tercatat maupun kurir 2.00 WIB di gedung Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Memerintahkan sdr. SH. Pukul 09. Menetapkan bahwa sidang permusyawaratan Majelis Hakim ditetapkan pada hari SELASA.NIAGA. tanggal 21 Pebruari 2012. MH sebagai Hakim Pengawas. SH. tanggal 19 Januari 2012. bertempat di Gedung Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat 4. telah menyelenggarakan Rapat Pembahasan Rencana Perdamaian yang dipimpin oleh KASIANUS TELAMBANUA..JKT. Bahwa berdasarkan Putusan PKPUT tersebut..JKT. Jl. Gajahmada Nomor 17 Jakarta Pusat 3. Tim Pengurus Pengurus PKPU untuk menyampaikan isi Putusan PKPU Tetap No.SH. tanggal 13 Februari 2012.SH dan sdr. Sdr. Para Kreditor dan Pengurus PT.

TIRTA SUSANTO (SUSANTO) dalam Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang Tetap PT.Dimana pada rapat tersebut Hakim Pengawas menerima Surat Nomor: 04/P/XI/2011. Bahwa Pengurus telah menerima surat dan Putusan Pailit dari Kurator PT. Sementara Sdr.JKT. TIRTA SUSANTO (SUSANTO) telah pailit berdasarkan Putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor : 70/PAILIT/2011/PN.Bumi Mitra Persada) (dalam Pailit) dan Tirta Susanto (Dalam Pailit). tertanggal 18 Januari 2012.Ref:020/KURATOR/BUMI/I/2012.PST. perihal tanggapan dan penolakan terhadap usulan Rencana Perdamaian dari PT.JKT. S. SH. dkk selaku Kuasa dari Tjie Putra Karamoy. MITRA SAFIR SEJAHTERA. dari Sugandi Ishak. Bahwa dalam rapat tersebut Pengurus menyampaikan sebagai berikut : . Our. Didalam rapat tersebut dijelaskan oleh Pengurus bahwa Sdr. tanggal 7 Oktober 2010. Bahwa Pengurus telah mengadakan Rapat pembahasan perdamaian khusus untuk konsumen kemanggisan di Kemanggisan pada Hari Jumat.NIAGA.NIAGA.Bumi Mitra Persada) (dalam Pailit) dan dalam surat tersebut Kurator telah menyampaikan Putusan Pailit Nomor : 70/PAILIT/2011/PN. Mitra Safir Sejahtera (Dalam PKPUT) bertindak selaku Direktur Utama berdasarkan Akta Notaris ZAINUDDIN THOHIR.MH. tanggal 6 Januari 2012 Jam .Bumi Mandiri Persada (dahulu bernama PT. tanggal 16 Desember 2011 . Mitra Safir Sejahtera. tanggal 16 Desember 2011. dengan amar putusan adalah sebagai berikut : (sebagaimana terlampir surat Kurator kepada Pengurus dan Putusan Pailit ) .Bumi Mandiri Persada (dahulu bernama PT. tertanggal 6 Januari 2012 perihal : pemberitahuan peralihan wewenang pengurusan dan pemberesan harta PT.PST. Nomor : 15 tentang Berita Acara Rapat Umum Pemegang Saham Perserotan Terbatas PT.H.

tanggal 30 Januari 2012 bertempat di Hotel Mega Anggrek. SH. Winanto Darmawan. Bank Pundi Indonesia. dkk selaku Kuasa dari Tjie Putra Karamoy .MH. Mitra Safir Sejahtera. Drs. dihadiri oleh Debitor. Calon Investor Sdr. MH sebagai Hakim Pengawas. dari Direksi PT. Pengurus. Winanto Darmawan tetap hadir. dari Sugandi Ishak. Para Kreditor dan Pengurus PT. 4. tertanggal 30 Januari 2012. MSS (Dalam PKPUT) (Daftar Hadir Terlampir). 70-71. Debitur juga menghadirkan calon investor yaitu Bapak Drs. tetapi Bapak Drs.. Jl. dihadiri oleh Panitera Pengganti. perihal tanggapan dan penolakan terhadap usulan Recana Perdamaian dari PT. di dalam rapat tersebut Debitur memaparkan perbaikan Proposal Rencana Perdamaiannya .Daniel Djumali dan Bapak Drs. Arjuna Selatan No. Jenderal Sudirman Kav. Kemanggisan Jakarta Barat .telah mengadakan Rapat Pembahasan Rencana Perdamaian Lanjutan yang dipimpin oleh KASIANUS TELAMBANUA. Tbk 5. Bahwa pada hari Senin. Mitra Safir Sejahtera. Jakarta Selatan.Daniel Djumali tidak hadir Dimana pada rapat tersebut Hakim Pengawas menerima Surat Nomor: 05/P/XI/2011. tanggal 24 Januari 2012 bertempat di Wisma Indocement Lantai 1 Ruang Anggrek. dihadiri oleh Panitera Pengganti. PT.00 WIB s/d 16. Dimana pada rapat tersebut Hakim Pengawas menerima Copy Surat Nomor: 045/DIR-BP/I/2012.00 WIB.. Bahwa pada hari pada hari Selasa. Para Kreditor dan Pengurus PT.Pembangunan Perumahan Tbk dan Para Kreditor Kemanggisan 4.MH sebagai Hakim Pengawas. MSS (Dalam PKPUT) (Daftar Hadir Terlampir) di dalam rapat tersebut Debitur memaparkan perbaikan Proposal Rencana Perdamaiannya pada kesempatan tersebut Bapak Drs. 14. Daniel Jumali. tertanggal 19 Januari 2012 perihal Pemberitahuan Asset PT.SH. Jl. telah mengadakan Rapat Pembahasan Rencana Perdamaian Lanjutan yang dipimpin oleh Kasianus Telambanua. SH.

Kemanggisan. Bahwa pada hari Senin. Jakarta Selatan. Para Kreditor dan Pengurus PT.71. Arjuna Selatan No. MSS (Dalam PKPUT) (Daftar Hadir Terlampir) di dalam rapat tersebut Debitur memaparkan perbaikan Proposal Rencana Perdamaiannya. tanggal 8 Februari 2012 bertempat di Hotel Mega Anggrek. . MH sebagai Hakim Pengawas. akan tetapi surat tersebut tidak ditandatangani 6. Jl. tetapi yang bersangkutan tidak hadir dan pada saat itu Kuasa Hukumnya menyampaikan masih akan melakukan pembicaraan dan koordinasi dengan kliennya (William Karamoy) yang sedang berada di Luar Negeri tentang keinginannya menjadi Investor dalam proses PKPU tersebut. dihadiri oleh Panitera Pengganti. Para Kreditor dan Pengurus PT. MH sebagai Hakim Pengawas. Hingga laporan ini kami sampaikan kepada Majelis Hakim. Ruang Anggrek Lantai 1. Dan Surat dari Henny J. telah mengadakan Rapat Pemungutan Suara (Voting) yang dipimpin oleh KASIANUS TELAMBANUA. Walewangko-Randebua salah satu Kreditur Kemanggisan. Bahwa pada hari Rabu. 70 . telah mengadakan Rapat Pembahasan Rencana Perdamaian Lanjutan yang dipimpin oleh KASIANUS TELAMBANUA. Selain itu perlu kami laporkan juga bahwa Jasa Pengurus sebagaimana ditentukan dalam Pasal 285 ayat (2) huruf d belum dipenuhi oleh Debitur. Jenderal Sudirman Kav. tertanggal 30 Januari 2012. Jakarta Barat.. tidak ada Kepastian mengenai Calon Investor yang Definitif yang dapat menjamin terlaksananya/dipenuhinya isi perdamian. SH. dihadiri oleh Panitera Pengganti. 4. Jl.. MSS (Dalam PKPUT) (Daftar Hadir Terlampir) dan dari Debitor mengajukan Perbaikan Proposal Perdamaian. Permohonan Pembentukan Team Pengintensifan Percepatan Perdamaian. SH. pada kesempatan tersebut Bapak Winanto Darmawan hadir sebagai calon investor 7. tanggal 13 Februari 2012 bertempat di Wisma Indocement. Sebelum dilakukan voting Debitor membacakan proposal perdamaian dan menyampaikan tentang adanya calon investor baru yaitu William Karamoy.

Mitra Safir Sejahtera untuk memanggil Debitor dan Para Kreditor untuk hadir sidang pada Hari Selasa. Selanjutnya voting dilakukan dengan dibuatkan Berita Acara hasil Pemungutan Suara (Voting).MSS telah menghadiri Sidang Majelis Putusan PKPUT Nomor 28/PKPU/2011/PN. Jakarta Pusat d) Menetapkan biaya pengurusan dan imbalan jasa bagi Pengurus akan ditetapkan kemudian setelah Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) berakhir .9. Pukul 10. Pukul : 10. Jl. Gajah Mada No. Pengurus PT. Jakarta berada dalam Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang Tetap (PKPUT) selama 45 hari kalender terhitung sejak Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang Sementara (PKPUS) berakhir. 17. yang pada pokoknya sebagai berikut : 1.00 WIB di Gedung Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. No.NIAGA. Tanggal 21 Pebruari 2012. tanggal 6 Januari 2012. 8. 16. dengan segala akibat hukumnya b) Menetapkan bahwa sidang permusyawaratan Majelis Hakim ditetapkan Hari Selasa. Pada tanggal 17 Februari 2012 Hakim Pengawas telah menerima surat dari Para Pengurus perihal : Laporan dan Pendapat Pengurus dalam Proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang Tetap (PKPUT) . dengan amar putusan adalah sebagai berikut : MENGADILI a) Menyatakan Termohon PKPU yaitu PT. Tanggal 6 Januari 2012. M.JKT.00 WIB di Gedung Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. MITRA SAFIR SEJAHTERA yang berkedudukan di Jl. Jl. Thamrin Kav. Tanggal 21 Pebruari 2012. Gajah Mada No. 17 Jakarta Pusat c) Memerintahkan kepada Pengurus PKPU PT. Bahwa pada Hari Jumat.H.PST.

.MH.SH. Pengurus menerima surat dan Putusan Pailit dari Kurator PT.00 WIB di gedung Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. INDRA NURCAHYA. e) Menangguhkan biaya perkara dalam proses PKPU ini sampai dengan masa PKPU ini berakhir 2.SH dan sdr. Our. Gajahmada Nomor 17 Jakarta Pusat 3. dengan amar putusan adalah sebagai berikut : MENETAPKAN a) Memerintahkan sdr. Jl. . SH. tanggal 21 Pebruari 2012. tanggal 19 Januari 2012.Bumi Mitra Persada) (dalam Pailit) dan Tirta Susanto (Dalam Pailit).28/PKPU/2011/PN.PST-02 HP. Pukul 10. Jam 09. Pukul 09.PST tertanggal 06 Januari 2012 kepada Para Kreditur yang diketahui alamatnya baik dengan surat tercatat maupun kurir b) Menentukan penyelenggaraan Rapat Rencana Perdamaian yang diajukan dan telah diRevisi oleh Debitor pada hari Kamis.00 WIB bertempat di Gedung Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat c) Menentukan Suara/Voting atas terhadap Rencana Perdamaian pada hari SENIN. bertempat di Gedung Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat d) Menetapkan bahwa sidang permusyawaratan Majelis Hakim ditetapkan pada hari SELASA..JKT.MKn. ANDRI KRISNA HIDAYAT.Bumi Mandiri Persada (dahulu bernama PT.Niaga. Bahwa selanjutnya Pengurus melakukan kordinasi dengan Hakim Pengawas untuk menentukan jadwal rapat-rapat dan Hakim Pengawas telah mengeluarkan Penetapan Hakim Pengawas Nomor 28/PKPU/2011/PN. Sdr. Bahwa pada tanggal 6 Januari 2012.NIAGA.00 Wib.JKT. ALFIN SULAIMAN. tanggal 13 Februari 2012. Tim Pengurus PKPU untuk menyampaikan isi Putusan PKPU Tetap No.Ref:020/KURATOR/BUMI/I/2012.

Tangerang dan di Ruko Sentra Plaza Blok B No.H.5 Tangerang. 52.MH.03-32 yang kedua-duanya beralamat di Jalan Setiabudi VI No.Bumi Mandiri Persada (dahulu bernama PT. Sukasari.tertanggal 6 Januari 2012 perihal: pemberitahuan peralihan wewenang pengurusan dan pemberesan harta PT. beralamat di Ruko Sentra Plaza Blok B No. beralamat di Jalan MT Haryono. beralamat di Jalan Tegalsari IV No. Mengabulkan Permohonan Pernyataan Pailit Pemohon I.5 Tangerang. S. Tangerang dan di Ruko Sentra Plaza Blok B No.AH. Menunjuk Saudara : LIDYA SASANDO PARAPAT.04. Sukasari. Pailit dengan segala akibat hukumnya .04.NIAGA.5 Tangerang..03-10 dan Nomor : AHU.PST.. 24.Bumi Mitra Persada) (dalam Pailit) dan dalam surat tersebut Kurator telah menyampaikan Putusan Pailit Nomor : 70/PAILIT/2011/PN.52. dengan amar putusan adalah sebagai berikut : MENGADILI DALAM EKSEPSI . dan BHOMA SATRYO ANINDITO. Hakim Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sebagai Hakim Pengawas Mengangkat Saudara DUDI PRAMEDI. Menyatakan Termohon I telah dipanggil secara sah namun tidak pernah hadir di persidangan .JKT. PT. Termohon II PT. Menyatakan eksepsi Termohon dan Termohon II tidak dapat diterima DALAM POKOK PERKARA . S.H. S. Jalan Gatot Subroto Km 5. Jalan Gatot Subroto Km. Pemohon II. Jalan Gatot Subroto Km 5. Pemohon III dan Pemohon IV . BUMI KARYA MANDIRI. masing-masing Kurator terdaftar di DEPKUMHAM RI Nomor : AHU.AH. 52. dan Termohon III TIRTA SUSANTO (SUSANTO).BUMI MITRA PERSADA. tanggal 16 Desember 2011. 35 .H. Menyatakan Termohon 1. 5.

70-71. PT. Daniel Jumali. Panitera Pengganti. Membebankan Termohon untuk membayar biaya permohonan sebesar Rp.H.. MITRA SAFIR SEJAHTERA.00 WIB.H. tanggal 19 Januari 2012 di Wisma Indocement Lantai 1 Ruang Anggrek. Jakarta Selatan selaku Kurator Tim dalam perkara kepailitan ini . Mitra Safir Sejahtera (Dalam PKPUT) bertindak selaku Direktur Utama berdasarkan Akta Notaris ZAINUDDIN THOHIR.JKT.NIAGA. Jakarta Selatan.Pembangunan Perumahan Tbk dan Para Kreditor Kemanggisan 6. Jl.066. Bahwa Sdr. yang dihadiri oleh Bapak Kasianus Telaumbanua. M. Pengurus. MSS (Dalam . TIRTA SUSANTO (SUSANTO) dalam Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang Tetap PT. Menghadiri Rapat pembahasan perdamaian khusus untuk konsumen kemanggisan di Kemanggisan pada Hari Jumat. sebagai Hakim Pengawas. Para Kreditor dan Pengurus PT. Jenderal Sudirman Kav. Menyelenggarakan Rapat Pembahasan Rencana Perdamaian pada hari Selasa. dihadiri oleh Debitor. Drs.000..H. S. 4. Calon Investor Sdr. Nomor : 15 tentang Berita Acara Rapat Umum Pemegang Saham Perseroan Terbatas PT.PST. S. tanggal 16 Desember 2011 5.(empat juta enam puluh enam ribu Rupiah) 4. tanggal 6 Januari 2012 Jam 14. Menetapkan bahwa imbalan jasa (fee) Kurator akan ditetapkan kemudian setelah Kurator selesai melaksanakan tugasnya .00 WIB s/d 16. tanggal 7 Oktober 2010 (sebagaimana terlampir dalam LAMPIRAN-5) Sementara Sdr. TIRTA SUSANTO (SUSANTO) telah pailit berdasarkan Putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor : 70/PAILIT/2011/PN.

M. Jl. tetapi Bapak Drs. Para Kreditor dan Pengurus PT. Panitera Pengganti. Panitera Pengganti. yang dihadiri oleh Bapak Kasianus Telaumbanua. sebagai Hakim Pengawas. Kemanggisan. Panitera Pengganti. S..H. Jl.H. Para Kreditor dan Pengurus PT. MSS (Dalam PKPUT) (Daftar Hadir Terlampir dalam LAMPIRAN-7). Mengadakan Rapat Pembahasan Rencana Perdamaian Lanjutan pada hari Senin. yang dihadiri oleh Bapak Kasianus Telaumbanua. MSS (Dalam PKPUT). tanggal 8 Februari 2012 di Hotel Mega Anggrek. Debitor. namun dalam pelaksanaan rapat tersebut Debitor (Sdr.H.H.9). pada kesempatan tersebut Bapak Drs.Daniel Djumali tidak hadir 9. Mengadakan Rapat Pembahasan Rencana Perdamaian Lanjutan pada hari Senin. yang dihadiri oleh Bapak Kasianus Telaumbanua. tanggal 24 Januari 2012 di Wisma Indocement Lantai 1 Ruang Anggrek.H. di dalam rapat tersebut Debitur memaparkan perbaikan Proposal Rencana Perdamaiannya. di dalam rapat tersebut Debitur memaparkan perbaikan Proposal Rencana Perdamaiannya (Daftar Hadir terlampir dalam LAMPIRAN. Winanto Darmawan tetap hadir. 7. MSS (Dalam PKPUT). PKPUT).Daniel Djumali dan Bapak Drs. M. 4. 4. tanggal 30 Januari 2012 di Hotel Mega Anggrek. Jl. Para Kreditor dan Pengurus PT. S. S. TIRTA SUSANTO) tidak hadir. sebagai Hakim Pengawas. Jakarta Selatan. Jenderal Sudirman Kav. Debitur juga menghadirkan calon investor yaitu Bapak Drs. Jakarta Barat. Arjuna Selatan No. Debitor.. 70-71. sebagai Hakim Pengawas. Arjuna Selatan No.. Winanto Darmawan 8. Mengadakan Rapat Pembahasan Rencana Perdamaian Lanjutan pada hari Selasa. Jakarta Barat. M. di dalam rapat tersebut Debitur memaparkan perbaikan Proposal Rencana Perdamaiannya (Sebagaimana terlampir dalam LAMPIRAN-8). Debitor. pada kesempatan tersebut Bapak Winanto Darmawan hadir sebagai calon investor . Kemanggisan.H.

perihal: rencana perdamaian dan syarat untuk dapat melanjutkan pembangunan. .15) b. tanggal 13 Februari 2012 di Wisma Indocement. PP (Persero) Tbk. sebagai Hakim Pengawas. kami telah menerima surat dari kreditor Tjie Putra Willy Karamoy.H. yaitu : a. Mengadakan Rapat Pemungutan Suara (Voting) pada hari Senin. Jenderal Sudirman Kav. dan dari Debitor mengajukan Perbaikan Proposal Perdamaian (LAMPIRAN-12). Mitra Safir Sejahtera (sebagaimana terlampir dalam LAMPIRAN. Surat Nomor: 07/P/II/2012. tertanggal 2 Januari 2012. S. Surat permohonan penolakan pengesahan perdamaian tanggal 15 Februari 2012 (sebagaimana terlampir dalam LAMPIRAN. (sebagimana terlampir dalam LAMPIRAN. MSS (Dalam PKPUT) (Daftar Hadir terlampir dalam LAMPIRAN-11).16) c.71. yang dihadiri oleh Bapak Kasianus Telaumbanua. tanggal 18 Januari 2012. Panitera Pengganti. M. Bahwa Pengurus telah menerima surat dari PT.10. perihal tanggapan dan penolakan terhadap usulan rencana perdamaian dari PT. Jakarta Selatan. tanggal 10 Februari 2012. Debitor.17) 12.H. sebagaimana terlampir dalam LAMPIRAN. Nomor : 015/Ext/PP/CAB. Sebelum dilakukan voting Debitor membacakan proposal perdamaian dan disertai calon investor baru yaitu William Karamoy dan selanjutnya voting dilakukan dengan dibuatkan Berita Acara hasil Pemungutan Suara (Voting) (Sebagaimana terlampir dalam LAMPIRAN-13 dan 14) 11. 70 . Para Kreditor dan Pengurus PT..18) 13. Mitra Safir Sejahtera. Bahwa Pengurus telah menerima surat dari Kantor Advokat Julian & Rekan. Ruang Anggrek Lantai 1. Jl.III/II/2012. Bahwa. Nomor : 01/JL-I/2012. Surat Nomor: 04/P/XI/2011. perihal tanggapan dan penolakan terhadap usulan Rencana Perdamaian dari PT.

Bank Pundi Indoensia Tbk Nomor 045/DIR-BP/I/2012. Bahwa untuk asset Perumahan Graha Roda di Tangerang kami belum mendapatkan penilaian (appraisal) akan tetapi asset PT. BTN Tbk sebesar Rp. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. 7 ABL. Kelurahan Kebon Jeruk. (sebagimana terlampir dalam LAMPIRAN. .219. (sebagaimana terlampir dalam LAMPIRAN.berdasarkan pernyataan Debitor dalam rencana perdamaian d.21 dan 22) 16. Mitra Safir Sejahtera yang berlokasi di Jalan Kemanggisan Raya No. Apartemen Kemanggisan Sejahtera yang berlokasi di Jalan Kemanggisan Raya No. Mitra Safir Sejahtera.000. (sebagaimana terlampir dalam LAMPIRAN.344. Kotamadya Jakarta Barat b.20) 15. tanggal 28 Desember 2011.658. Bahwa Pengurus menerima surat tertanggal 30 Desember 2011 dari Sanyoto Sutan & Associates. Dana milik Debitor di PT.. 119.474.. Mitra Safir Sejahtera (Dalam PKPUS). Kecamatan Kebon Jeruk. Mitra Safir Sejahtera adalah : a.19) 14.949.1. perihal :pengajuan tanggapan atas rencana perdamaian PT.berdasarkan surat dari PT. Dana milik Debitor di PT. Dana milik Debitor di PT.600. Kelurahan Kebon Jeruk. 7 ABL.- 17. sebesar Rp. Bank Pundi Indoensia Tbk Rp. Kecamatan Kebon Jeruk. Bahwa Pengurus telah membuat surat dan mengirimkan undangan rapat pemungutan suara (voting) dan undangan sidang permusyawaratan majelis Hakim Kepada Para Kreditor dan Debitor .627. perihal pemberitahuan tentang Pailit Tirta Sutanto dan meminta informasi mengenai organ perusahaan PT. 10. Bahwa yang diketahui oleh Pengurus asset sementara PT. Perumahan Graha Roda di Tangerang c. tertanggal 19 Januari 2012 e.

109.740.628. dengan pendapat bahwa nilai pasar Rp.330.000.(Seratus Tiga Puluh Juta Tiga Belas Ribu Empat Ratus Tujuh Puluh Empat Rupiah) Dan biaya cadangan sebesar Rp.(Dua Ratus Juta Rupiah) dengan demikian jumlah biaya PKPU adalah sebesar Rp.1/IAI-1/LPC/XII/2010 pada kantor Jasa Penilai Publik Iskandar Asmawi Imam & Rekan.000.000.013.000. 130.000.168.- b. yaitu : a. Kotamadya Jakarta Barat. 200. 5.732.- (Seratus Lima Puluh Lima Juta Tujuh Ratus Empat Puluh Juta Rupiah) dan nilai likuidasi Rp.000. 155.732. sehingga apabila dihomologasi perhitungannya adalah Sebesar 3 % dari asset adalah Rp.053. sehingga apabila pailit perhitungannya adalah Sebesar 5 % dari asset adalah Rp. Prosessional Appraisers & Consultant.8.168..+ Rp..101..836.436.627..436.740. Mitra Safir Sejahtera sebesar: Rp. 186.563.977.(Tiga Ratus Tiga Puluh Juta Tiga Belas Ribu Empat Ratus Tujuh Puluh Empat Rupiah) .018.600.013.421. tanggal 16 Desember 2010.732. 119.000.+ Rp.168. telah dilakukan penilaian berdasarkan laporan penilaian property No.563X 3 % = Rp.658.219. Jadi keseluruhan asset PT.- Fee Pengurus berdasarkan SK Menteri Nomor 10 Tahun 1998 dalam PKPU adalah sebesar 3 % jika dihomologasi dan 5 % jika pailit.474.+ Rp.000. 10..949..1. 155.344.436..000.474.- 19.(Seratus Sembilan Miliar Delapan Belas Juta Rupiah) 18.563 X 5% = Rp.474. Bahwa dalam pelaksanaan PKPU sampai dengan hari ini Pengurus telah mengeluarkan biaya PKPU sebesar Rp.= Rp..

Hal ini telah menjadi concern Pengurus sejak berlangsungnya Proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang. dimana sebelumnya Debitor telah meminta untuk mengubah agenda Rapat Pemungutan Suara/Voting atas perpanjangan . Bp. Jkt. dengan cara mendorong Debitor segera menarik investor dan juga telah menawarkannya kepada Para Kreditor yang berminat untuk bertindak sebagai investor guna melakukan penyetoran dana untuk melanjutkan kegiatan usaha Debitor. Tjie Putra Willy Karamoy dan namun sampai dengan berakhirnya Proses Penundaan Kewajiban pembayaran Utang Tetap. Winanto Darmawan. Pst oleh Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Niaga.C. Pengurus mencatat beberapa calon investor yang beberapa kali hadir dalam rapatrapat pembahasan perdamaian dan rapat-rapat lainnya diantaranya Bp. Daniel Djumali. Drs. mengingat saat ini Debitor tidak memiliki dana likuid yang dapat digunakan untuk melanjutkan kegiatan usahanya Bahwa selama proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang Sementara dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang Tetap. Bp. Pengurus telah menjalankan dan melaksanakan segala hal yang perlu dijalankan agar Proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang dapat berjalan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku guna tercapainya Perdamaian antara Debitor dan Para Kreditor Bahwa Pengurus telah berupaya agar perdamaian antara Debitor dan Para Kreditor dapat tercapai dan terjamin pelaksanaannya. Analisis Bahwa sejak penunjukan sebagai Pengurus tanggal 25 November 2011 berdasarkan Putusan No: 28/PKPU/2011/PN. kami belum menerima kepastian baik secara lisan maupun tertulis mengenai kesediaannya sebagai Investor yang akan menyetorkan dananya untuk kegiatan usaha Debitor Bahwa pada tanggal 13 Februari 2012 telah diselenggarakan Rapat Pemungutan Suara/ Voting atas Rencana Perdamaian yang dipimpin oleh Hakim Pengawas.

Hakim Pengawas telah mengingatkan agar Debitor segera melakukan kesepakatan dengan para calon investor yang sungguhsungguh berminat. Atas Rapat Pemungutan Suara/Voting Rencana Perdamaian yang selanjutnya dilaksanakan diperoleh hasil bahwasanya Rencana Perdamaian dapat diterima dimana Jumlah Kreditor separatis yang menyatakan setuju adalah sebanyak 100 % yang mewakili 100 % Dari jumlah tagihan yang hadir dan Jumlah Kreditor konkuren yang menyatakan setuju adalah sebanyak 96 % yang mewakili 88 % dari jumlah tagihan yang hadir Bahwa atas hasil voting Rencana Perdamaian yang dapat diterima oleh mayoritas Kreditor. 015/Ext/PP/Cab. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk selaku kontraktor Kemanggisan Residence akan melanjutkan pembangunan Kemanggisan Residence apabila dilakukan pembayaran sesuai dengan .proses perpanjangan Penundaan Kewajiban Pembaayaran Utang Tetap dan namun ditolak oleh mayoritas Kreditor yang hadir dalam rapat. pada hari Kamis tanggal 16 Februari 2012 untuk Para Kreditor dari Kemanggisan Residence dan hari Jumat tanggal 17 Februari 2012 untuk Para Kreditor lainnya di Kantor Pengurus guna memfinalisasi isi Perjanjian Perdamaian dan namun pada jadwal yang telah ditetapkan Pengurus tersebut Debitor belum dapat mempersiapkannya karena belum diperoleh konfirmasi mengenai kepastian Calon Investor yang akan digandeng oleh Debitor sampai dengan diajukannya Laporan ini oleh Pengurus Bahwa berdasarkan surat No.III/II/2012 tertanggal 10 Februari 2012 dari PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk menyatakan bahwa PT. sebelum tanggal 21 Februari 2012 guna menjamin terlaksananya Rencana Perdamaian yang telah disetujui oleh mayoritas Kreditor dan melaksanakan kewajibannya untuk melakukan pembayaran Imbalan Jasa Pengurus Bahwa atas perintah Hakim Pengawas. Pengurus dalam rapat tanggal 13 Februari 2012 telah mengundang Para Kreditor untuk hadir pada hari Rabu tanggal 15 Februari 2012 untuk Para Kreditor dari Kalimalang Residence.

Sedangkan restrukturisasi utang hanyalah mungkin ditempuh apabila Debitor bertemu dan duduk berunding dengan para Kreditornya atau sebaliknya. Kesimpulan Krisis moneter membuat hutang menjadi membengkak luar biasa sehingga mengakibatkan banyak sekali Debitor tidak mampu membayar utang-utangnya.371.cash flow pembayaran termin proyek yang jumlah seluruhnya sebesar Rp. bisnis Debitor harus masih memiliki prospek yang baik untuk mendatangkan revenue.(sembilan puluh lima miliar lima ratus tiga puluh tujuh juta tiga ratus tujuh puluh satu ribu seratus tiga puluh delapan Rupiah) sebagaimana dalam Lampiran 18.95. .138.. Sehingga dirasakan dapat menguntungkan kedua belah pihak. Banyak Debitor yang dihubungi oleh para Kreditornya karena berusaha mengelak untuk tanggung jawab atas penyelesaian utang- utangnya.537. Di samping adanya kesediaan untuk berunding itu. Dirasakan bahwa peraturan kepailitan yang ada. sebagai sumber pelunasan utang yang direstrukturisasi itu. Di samping itu. kredit macet di perbankan dalam negeri juga makin membubung tinggi secara luar biasa (sebelum krisis moneter perbankan Indonesia memang juga telah menghadapi masalah kredit bermasalah yaitu sebagai akibat terpuruknya sektor riil karena krisis moneter. sangat tidak dapat diandalkan. sehingga Pengurus berpendapat perdamaian ini tidak akan terjamin pelaksanaannya jika Debitor tidak dapat menggandeng Investor yang dapat memberikan dana guna melanjutkan kegiatan usahanya D. Dengan demikian diharapkan adanya feedback antara kreditor dan debitor dengan baik.