You are on page 1of 5

UNIVERSITAS TADULAKO

FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN
PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT
TIM ADVOKATOR KTR
Kampus Bumi Tadulako Tondo Jl. Soekarno Hatta Km.9
Cp: 082343398668

Perihal : Perjanjian Kerja Sama Fakultas Tanpa Rokok

Pada hari ini Jum’at tanggal 19 bulan Mei tahun 2017 bertempat di Palu, kami yang
bertanda tangan dibawah ini:

1. Nama : Eri Wijaya
NIM : N 201 15 038
Jabatan : Ketua Tim Mahasiswa Advokator KTR
Dalam hal ini bertindak sebagai ketua Tim Mahasiwa Advokator KTR Fakultas
Tanpa Rokok, selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

2. Nama : Dr. Muhammad Nur Ali, M.Si
NIP : 19630624 198803 1 001
Jabatan : Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNTAD
Dalam hal ini bertindak sebagai Pembina yaitu Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan
Ilmu Politik Universitas Tadulako, selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

3. Nama : Raflianto
NIM : B 401 14 172
Jabatan : Ketua BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNTAD
Dalam hal ini bertindak sebagai Tim Pengawas yaitu BEM Fakultas Ilmu Sosial dan
Ilmu Politik Universitas Tadulako, selanjutnya disebut PIHAK KETIGA

PIHAK PERTAMA, PIHAK KEDUA, dan PIHAK KETIGA dalam Perjanjian
Kerjasama ini selanjutnya disebut sebagai PARA PIHAK.
PARA PIHAK menyepakati terlebih dahulu hal-hal sebagai berikut:
1. Bahwa dengan adnya Peraturan Daerah Sulawesi Tengah No. 3 Tahun 2015 tentang
Kawasan Tanpa Rokok, Peraturan Gubernur No. 06 Tahun 2014 tentang Kawsan
Tanpa Rokok, serta perturan perundang-undangan lain yang mengatur mengenai
Institusi Pendidikan adalah Kawasan Tanpa Rokok, maka sebagai Warga Negara
yang baik, hendaknya dilakukan kepatuhan terhadap perundang-undangan tersebut.

dan ekonomi tanpa tembakau. aktivitas kampus lebih optimal. 5. Pasal 1 TUJUAN Tujuan Perjanjian Kerjasama ini adalah untuk Mewujudkan Fakultas Tanpa Rokok di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako yang diimplementasikan secara nyata. 4. banner. Mewujudkan kualitas udara yang sehat dan bersih. Lahirnya kebijakan “Fakultas Tanpa Rokok” yang diimplementasikan secara nyata di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako Palu dalam bentuk Tidak ada Mahasiswa dan Dosen yang merokok di dalam kawasan Fisip Untad. maka perlu diadakan media dalam bentuk spanduk. Menciptakan kampus yang mandiri secara intelektual. Meningkatkan produktivitas kerja yang optimal. aktivitas kampus lebih optimal. poster dan banner dengan adanya kebijakan dari PIHAK KEDUA. 3. Bahwa dalam rangka sosialisasi mengenai Fakultas Tanpa Rokok. Mewujudkan generasi muda yang sehat. Dan hal tersebut akan dilakukan pengawasan oleh PIHAK KETIGA. Fakultas Tanpa Rokok bertujuan agar kawasan kampus menjadi lebih sehat. b. sehingga mahasiswa lebih berprestasi.2. Menurunkan angka perokok dan mencegah perokok pemula. Bahwa dalam rangka mewujudkan Fakultas Tanpa Rokok yang akan meningkatkan citra kampus sebagai lembaga pendidikan yang peduli dengan masa depan generasi bangsa. Implementasi Fakultas Tanpa Rokok di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. mahasiswa lebih berprestasi maka tindakan Merokok dan Promosi rokok di Fakultas Sosial dan Ilmu Politik adalah tindakan melanggar peraturan (ilegal) dan melanggar Undang-Undang. akademik. maka PARA PIHAK hendaknhya menerapkan Kawasan Tanpa Rokok di Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. bebas dari asap rokok. . Pasal 2 RUANG LINGKUP Ruang lingkup Perjanjian Kerjasama ini meliputi: a. Deklarasi Fakultas Tanpa Rokok melalui pembuatan spanduk. Bahwa dalam rangka Menurunkan angka kesakitan dan/atau angka kematian dengan cara mengubah perilaku masyarakat untuk hidup sehat. poster maupun bentuk lain yang akan diadakan oleh PIHAK PERTAMA dan akan difasilitasi oleh PIHAK KEDUA.

Memelihara fasilitas yang digunakan dalam kegiatan Fakultas Tanpa Rokok. Membantu secara partisipatif dalam upaya implementasi Fakultas Tanpa Rokok. d. (4) PIHAK KEDUA berkewajiban: a. Mengesahkan Rencana Kerja. Menyusun Rencana Kerja mengenai kegiatan Fakultas Tanpa Rokok. (3) PIHAK KEDUA berhak: a. e. b. (2) PIHAK PERTAMA berkewajiban: a. . Memberikan arahan dan sosialisasi dalam kegiatan Fakultas Tanpa Rokok yang bekerjasa sama dengan PIHAK KETIGA. Membuat kebijakan mengenai penerapan Fakultas Tanpa Rokok c.c. b. Membuat negosiasi terhadap PIHAK KEDUA dan PIHAK KETIGA dalam upaya penerapan program Fakultas Tanpa Rokok di Fakultas ISIP Untad. pengawasan dan evaluasi dijabarkan dalam arahan program dan rencana operasional yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perjanjian kerjasama ini. Mengajukan keberatan kepada PIHAK KEDUA dan PIHAK KETIGA apabila dalam pelaksanaan Fakultas Tanpa Rokok terdapat indikasi penyimpangan. Memberikan kontribusi dan melakukan pemberdayaan terhadap kegiatan Fakultas Tanpa Rokok. Membuat kebijakan mengenai penerapan Fakultas Tanpa Rokok. Memperoleh informasi dan laporan mengenai rencana dan pelaksanaan kegiatan Fakultas Tanpa Rokok. Pasal 3 ARAHAN PROGRAM DAN RENCANA OPERASIONAL Tujuan. Monitoring dan evaluasi penerapan kegiatan oleh PIHAK PERTAMA dan PIHAK KETIGA. b. mekanisme pelaksanaan kegiatan. c. Pasal 4 HAK DAN KEWAJIBAN (1) PIHAK PERTAMA berhak: a.

Mendapatkan arahan dari PIHAK KEDUA terhadap proses pengawasan implementasi kegiatan Fakultas Tanpa Rokok. Memberikan sosialisasi dalam kegiatan Fakultas Tanpa Rokok. b. Nurul Chatimah (N20115025) Anggota 3. c. c. d. Membuat komitmen mengenai penerapan Fakultas Tanpa Rokok. Mendapatkan informasi dan laporan tentang rencana kegiatan Fakultas Tanpa Rokok dari PIHAK PERTAMA. dosen. Eri Wijaya (N20115038) Ketua 2. (5) PIHAK KETIGA berhak: a. (N20115045) Anggota 5. Nurul Faradilla (N20115015) Anggota . c. Memberikan arahan dan himbauan dalam kegiatan Fakultas Tanpa Rokok. Memberikan arahan teknis kepada PIHAK KEDUA dan PIHAK KETIGA mengenai pelaksanaan kegiatan. b. Memfasilitasi PIHAK KEDUA dan PIHAK KETIGA dalam implementasi kegiatan Fakultas Tanpa Rokok. Bekerja sama dengan PIHAK PERTAMA dalam upaya penerapan program Fakultas Tanpa Rokok b. maupun orang lain yang merokok dalam lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Untad. Dhini Shintya Putri (N20115035) Anggota 4. (6) PIHAK KETIGA berkewajiban: a. yang sebagaimana terdiri dari 7 orang yaitu: 1. Tripurnaningsih (N20115008) Anggota 6. Memberikan pengawasan terhadap program Fakultas Tanpa Rokok Pasal 5 KETENTUAN LAIN-LAIN (1) Tim Advokator KTR PSIKM Untad yang dimaksud sebagai PIHAK PERTAMA adalah mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat FKIK Universitas Tadulako yang tergabung dalam sebuah tim penggagas Fakultas Tanpa Rokok di Lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Untad. Annisa Fitri R. e. Memberikan teguran kepada mahasiswa.

M. (2) Perjanjian Kerjasama dibuat dalam rangkap 3 (tiga) bermeterai cukup. Pasal 10 PENUTUP (1) Hal-hal yang belum diatur dalam Perjanjian Kerjasama ini akan dituangkan dalam bentuk perubahan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Perjanjian Kerjasama ini.Med Ed NIP: 19800624 200812 1 004 . Pembimbing Advokator Herman Kurniawan. 7.Si Raflianto Eri Wijaya NIP: 19630624 198803 1 001 NIM: B40114172 NIM: N20115038 Mengetahui. M. Menyetujui. S. masing- masing mempunyai kekuatan hukum yang sama. Shinta Suhargini (N20115031) Anggota (2) Tim Advokator sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dibimbing oleh dosen pembimbing dari PSIKM Untad.KM. PIHAK KEDUA PIHAK KETIGA PIHAK PERTAMA Dekan Ketua BEM Fisip Ketua Tim Advokator Dr. Muhammad Nur Ali.