You are on page 1of 5

UNIVERSITAS TADULAKO

FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN
PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAAKAT
TIM ADVOKATOR KTR
Kampus Bumi Tadulako Tondo Jl. Soekarno Hatta Km.9

PROPOSAL
PEMBUATAN SPANDUK DALAM RANGKA KEGIATAN
DEKLARASI FAKULTAS TANPA ROKOK DI LINGKUNGAN FISIP
UNIVERSITAS TADULAKO
A. Latar Belakang
Kesehatan adalah salah satu anugrah yang diberikan oleh Tuhan kepada umatnya.
Semua orang tidak ingin sakit tapi, tanpa mereka sadari,orang- orang menyebabkan
penyakit itu sendiri. Penyebab penyakit bermacam – macam beberapa diantaranya ialah
faktor lingkungan,gaya hidup, makanan, atau keturunan. Berbagai macam aktivitas yang
membuat manusia larut dalam kesibukan terkadang membuat mereka lupa akan kondisi
tubuh mereka. Jika kita merawat dan menjauhkan diri dari penyebab penyakit, tentu kita
tidak akan terjangkit penyakit itu.
Merokok merupakan suatu kebiasaan yang merugikan kesehatan dan penyebab
utama runtuhnya kesehatan manusia serta menyebabkan kematian dini. Lima ratus juta
orang yang dewasa ini hidup di muka bumi akan meninggal akibat kebiasaan merokok.
Kebiasaan merokok kini merupakan penyebab kematian 10 % penduduk dunia. Pada
tahun 2030, atau bahkan mungkin lebih cepat dari itu, satu dari enam manusia akan
meninggal akibat kebiasaan merokoknya.
Kebiasaan merokok itu telah terbukti berhubungan dengan sedikitnya 25 jenis
penyakit pada berbagai organ tubuh, antara lain kanker saluran pernafasan hingga paru,
kandung kemih, bronchitis kronik, dan penyakit jantung. Selain itu, kebiasaan merokok
juga berhubungan dengan gangguan pembuluh darah di otak (stroke), penyakit saluran
cerna, gangguan katarak di mata, membuat kulit cepat keriput dan bahkan sampai
impotensi. Dari 25 jenis penyakit yang berhubungan dengan kebiasaan merokok,
beberapa diantaranya bahkan dapat menimbulkan kematian, antara lain kanker pada
saluran pernafasan, gangguan pada pembuluh darah, hingga gangguan pada janin dan
kelahiran berat rendah, kematian pre-natal, kelahiran premature dan rentan terhadap
keguguran pada wanita yang merokok.
Dewasa ini di seluruh dunia diperkirakan terdapat 1,26 milyar perokok, lebih dari
200 juta diantaranya adalah perempuan. Data WHO menyebutkan di negara berkembang
jumlah perokoknya 800 juta orang, hampir tiga kali lipat negara maju. Setiap harinya

UNIVERSITAS TADULAKO FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAAKAT TIM ADVOKATOR KTR Kampus Bumi Tadulako Tondo Jl. Soekarno Hatta Km. Data Survei Nasional tahun 2004 menyebutkan bahwa 63. Bila pola ini terus menetap maka sekitar 250 juta anak – anak yang hidup sekarang ini akan meninggal akibat penyakit yang berhubungan dengan kebiasaan merokok. Dengan adanya Program Fakultas Tanpa Rokok ini diharapkan akan berlanjut ke fakultas-fakultas lain di Universitas Tadulako. Sedangkan Indonesia menduduki peringkat ke 5 dalam konsumsi rokok dunia.4 % perempuan Indonesia adalah perokok. .1 juta diantaranya terjadi di negara. Tema Kegiatan Adapun tema kegiatan yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNTAD Tanpa Rokok. mudahnya mengakses produk rokok. Di tahun 2000 ditemukan 3. Secara keseluruhan (laki-laki dan perempuan digabung) maka lebih dari 30 % penduduk Indonesia merokok. Angka kematian tersebut diperkirakan meningkat menjadi 10 juta orang pada tahun 2025. artinya di negara kita ada sekitar 60 jutaan orang perokok. tepatnya pasal 22 secara jelas dinyatakan bahwa institusi pendidikan adalah kawasan tanpa rokok. selain karena terpengaruh oleh image yang diciptakan oleh produsen rokok (misalnya. yaitu PP No. dimana 1. 19 Tahun 2003 tentang Pengamanan Rokok bagi Kesehatan.5 juta kematian akibat rokok setahunnya. Sekarang sudah bukan hal yang baru jika remaja pada saat ini sudah merokok serta kecanduan dengan rokok. Di dalam kampus. serta peringkat ke 7 dalam penghasil tembakau. Kebanyakan remaja memulai kebiasaan merokok karena ikut- ikutan teman. Berbagai faktor pemicu meningkatnya angka merokok pada remaja adalah iklan dan promosi besar-besaran dari industri rokok. dan harganya yang terjangkau. Di dalam peraturan tersebut. 70% berasal dari negara-negara berkembang. B. dengan menggunakan idola remaja sebagai bintang iklan) atau karena punya orangtua perokok. Advokasi ”Kawasan Tanpa Rokok” di Untad di mulai di Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan (FKIK) dengan adanya Keputusan Rektor yang dikeluarkan pada tahun 2012.negara berkembang.2 % laki-laki dan 4.9 sekitar 80-100 ribu remaja di dunia yang menjadi pecandu dan ketagihan rokok. industri rokok tidak lagi mengindahkan peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah.

UNIVERSITAS TADULAKO FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAAKAT TIM ADVOKATOR KTR Kampus Bumi Tadulako Tondo Jl. F. 5. Soekarno Hatta Km. Sponsor . 2. Mewujudkan generasi muda yang sehat. bebas dari asap rokok. Menurunkan angka kesakitan dan/atau angka kematian dengan cara mengubah perilaku masyarakat untuk hidup sehat. Adapun tujuan dari penetapan KTR antara lain adalah Menurunkan angka kesakitan dan/atau angka kematian dengan cara mengubah perilaku masyarakat untuk hidup sehat. 4. Sumber Dana Adapun sumber dana kegiatan Fakultas Tanpa Rokok yaitu berasal dari: 1. Dekan Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako 2. Sasaran Kegiatan Adapun sasaran kegiatan Fakultas Tanpa Rokok yaitu Seluruh Elemen baik Mahasiswa maupun Dosen-dosen yang ada di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. 6. Mewujudkan kualitas udara yang sehat dan bersih. E. Meningkatkan produktivitas kerja yang optimal. Lahirnya kebijakan “Fakultas Tanpa Rokok” yang diimplementasikan secara nyata di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako Palu. Tujuan Pelaksanaan Adapun tujuan kegiatan Seminar Nasional Kesehatan Remaja yaitu: 1. Manfaat Manfaat dilaksanakannya kegiatan Fakultas Tanpa Rokok yaitu Pengendalian para perokok yang menghasilkan asap rokok yang sangat berbahaya bagi kesehatan perokok aktif maupun perokok pasif merupakan salah satu solusi menghirup udara bersih tanpa paparan asap rokok atau biasa disebut penetapan KTR.9 C. Menurunkan angka perokok dan mencegah perokok pemula. D. bebas dari asap rokok. dan Mewujudkan generasi muda yang sehat. Menurunkan angka perokok dan mencegah perokok pemula. Mewujudkan kualitas udara yang sehat dan bersih. Meningkatkan produktivitas kerja yang optimal. 3.

400. 20.000 Jumlah Rp.000 Terbilang : Dua Juta Dua Ratus Lima Belas Ribu Rupiah H.000 5 Paku Besi 1 Kg Rp. Herman Kurniawan. Annisa Fitri R.000 3 Balok Kayu uk. (Anggota) 6.000 Rp. Dhini Shintya Putri (Anggota) 5. 3m 10 Batang Rp. 25. Shinta Suhargini (Anggota) . Estimasi Anggaran No. Soekarno Hatta Km.000 Rp.000 4 Cat 2 Kaleng Rp. Eri Wijaya (Ketua Tim) 3. 1. Panitia Pelaksana Panitia Pelaksana adalah mahasiswa Kesehatan Masyarakat FKIK Universitas Tadulako yang tergabung dalam Tim Advokasi ”Fakultas Tanpa Rokok” dan dibimbing oleh Dosen Program Studi Kesehatan Mayarakat FKIK Universitas Tadulako yaitu: 1. 100. UNIVERSITAS TADULAKO FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAAKAT TIM ADVOKATOR KTR Kampus Bumi Tadulako Tondo Jl. 175. Nurul Faradilla (Anggota) 8. 20.000 6 Upah Pemasangan 2 Orang Rp. M.215.000 Rp. 40. 200. Nurul Chatimah (Anggota) 4.000 Rp. S.000 Rp. Nama Barang Volume Satuan Harga Total 1 Spanduk uk 2x1 m 8 Lembar Rp.000 Rp. 400. 15. Tripurnaningsih (Anggota) 7.000 2 Poster 20 Lembar Rp.9 G.Med Ed (Pembimbing) (NIP: 19800624 200812 1 004) 2. 150. 2. 25.KM.

25 April 2017 Hormat Kami. TIM ADVOKATOR KTR PROGRAM STUDI ILMU KESEHATAN MASYARAKAT FAKUTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS TADULAKO Pembimbing Ketua Tim Advokator Herman Kurniawan.KM. Palu. Penutup Demikianlan permohonan ini disampaiakan. M. S. Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat FKIK Universitas Tadulako Muh Jusman Rau. UNIVERSITAS TADULAKO FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAAKAT TIM ADVOKATOR KTR Kampus Bumi Tadulako Tondo Jl.KM.Kes NIP: 19821203 200812 1 004 . Atas perhatian dan partisipasi bapak/ibu kami ucapkan terima kasih. dengan harapan semoga dapat menjadi pertimbangan dalam mesukseskan kegiatan.Med Ed Eri Wijaya NIP: 19800624 200812 1 004 NIM: N20115038 Menyetujui. Soekarno Hatta Km. S.9 I. M.