You are on page 1of 4

LAPORAN FOME 3

Nama : Angga Kesumah

BP : 1510312075

Nama kepala keluarga binaan : Tn. Feri sanofil

A. Fungsi-fungsi dalam keluarga

Fungsi keluarga Penilaian Kesimpulan pembina
untuk fungsi keluarga
yang bersangkutan
Biologis  Ibu ernita sedang hamil : setiap Fungsi biologis keluarga
adalah sikap dan bulan kontrol ke dokter, minum Itn. Feri cukup baik.
perilaku keluarga obat teratur, belum pernah USG, Keluarga ini mampu
selama ini dalam riwayat partus normal pada anak melakukan pecegahan,
menghadapi resiko pertama mengatasi dan beradaptasi
masalah biologis,  An. Fatih : rutin ke posyandu, dengan masalah biologis.
pencegahan, cara riwayat imunisasi lengkap, dan
mengatasinya dan kurva pertumbuhan di garis
beradaptasi hijau
dengan masalah  Jika ada keluarga yang sakit
biologis (masalah biasanya berobat ke klinik
fisik jasmaniah dokter
Psikologis  Komunikasi berjalan dengan Aspek psikologis
adalah sikap dan baik dikeluarga Tn. Feri cukup
perilaku keluarga  Saling bercerita jika ada baik karena terlihat dari
selama ini dalam masalah cara keluarga meluangkan
membangun  Mendiskusikan keputusan yang waktunya untuk
hubungan akan diambil berkumpul bersama.
psikologis internal  Sering jalan-jalan sore (cukup
antar anggota harmonis).
keluarga.  Tn.feri merupakan pengambil
Termasuk dalam keputusan
hal memelihara  Komunikasi anak lebih banyak
kepuasan dengan ibu
psikologis seluruh
anggota keluarga
dan manajemen
keluarga dalam
menghadapi
masalah psikologis
Sosial  Pendidikan formal Aspek sosial keluarga Tn.
adalah sikap dan tn. Feri (SMA), ny, ernita Feri cukup baik,
perilaku keluarga (SMA), fatih (belum sekolah) sebaiknya bu ernita

anggota keluarga. Namun keluarga. anggota keluarga Aktif mengikuti kegiatan seperti untuk terjun ke arisan atau membantu tetangga tangah masyarakat. sewa usaha pemenuhan rumah. Feri cukup baik karena Kebutuhan  Punya motor 1 kebutuhan sehari-hari adalah sikap dan  Rumah mengontrak tercukupi meskipun perilaku keluarga  Prioritas penggunaan uang : paspasan selama ini dalam Kebutuhan sehari-hari.selama ini dalam  Hub. ANC. Pencegahan spesifik pada termasuk perilaku imunisasi Ernita melakukan ANC. gerakan pencegahan  Anak mendapat imunisasi penyakit lain yang telah yang lengkap dianjurkan (baik penyakit menular maupun tidak menular) gizi keluarga  Makanan memasak Pemenuhan gizi keluarga pengaturan makanan sendiri cukup baik. merawat anak. dan lingkungan bersih dan lingkungan juga sedikit terawat. Ernita : buka toko dan informal untuk dapat mandiri Ekonomi dan  Sumber penghasilan : tn. Ernita tn. kebutuhan primer. Dengan masyarakat menambah kegiatan mempersiapkan Hubungan dengan tetangga baik seperti pengajian. yang baralek Termasuk di  Riwayat pekerjaan dalamnya tn. bagaimana (pompa) kebiasaan perawatan  Air minum : galon isi kotor. Feri : pegawai swasta pendidikan formal ny. apakah tampilan individual  Sumber air : air tanah Rumah sedikit kotor. Feri Aspek ekonomi keluarga Pemenuhan dan ny. keluarga cukup baik. kebersihannya ulang  Rumah dibersihkan setiap hari tapi terlihat sedikit kotor  Ada tetangga yang memelihara ayam pencegahan spesifik  Pada saat hamil ny. dll. Data resiko internal keluarga 1. sekunder dan tertier B. mulai cara kurang konsumsi buah . Perilaku kesehatan keluarga Perilaku Sikap dan perilaku yang Kesimpulan pembina menggambarkan perilaku untuk perilaku keluarga tersebut kebersihan pribadi &  Mandi 2 x sehari kebersihan pribadi lingkungan  Punya wc sendiri keluarga cukup baik.

penggunaan pelayanan  mengikuti program BPJS. Data sarana pelayanan kesehatan dan lingkungan keluarga a. puskesmas.dsb. Feri merokok tapi Kebiasaan merokok tn. Feri jarang berolah cukup atau teratur dalam latihan jasmani.pengadaan.dsb sebutkan keseringannya dan banyaknya setiap kali dan jenis yang dikonsumsi 2. kuantitas dan  Makan 3xsehari kualitas makanan serta perilaku terhadap diet yang  Rutin sarapan dianjurkan bagi penyakit  Anak makan sering tapi tertentu pada anggota sedikit keluarga  Kurva pertumbuhan anak di garis hijau latihan jasmani / aktifitas  Ny. minum alkohol. atau kuratif ke terdaftar pengobatan komplimenter dan alternatif. badminton. lainnya yang buruk untuk hanya sedikit dan ingin Feri harus dihentikan kesehatan berhenti meskipun hanya sedikit misalnya merokok. Ernita sering senam Latihan jasmani/aktifitas fisik kegiatan keseharian sebelum hamil. atau hanya temoat BPJS nya kuratif. Sudah menggunakan kesehatan  Tidak ada riwayat sakit fasilitas kesehatan dari perilaku keluarga apakah parah pemerintah dengan baik datang ke posyandu. sejak fisik kurang untuk meggambarkan hamil berhenti apakah sedentary life atau  tn. Physical raga exercise tidak selalu harus berupa olahraga seperti sepak bola. dsb untuk  Jika sakit pergi ke klinik preventif juga. Faktor pelayanan kesehatan faktor keterangan Kesimpulan untuk faktor pelayanan kesehatan Pusat pelayanan kesehatan Klinik dokter yang digunakan oleh keluarga Cara mencapai pusat pelayanan Naik motor kesehatan tersebut Faktor pelayanan kesehatan sudah cukup Tarif pelayanan kesehatan BPJS dimanfaatkan dengan tersebut dirasakan baik Kualitas pelayanan kesehatan Baik tersebut dirasakan b. sebutkan jenisnya dan berapa keseringannya kebiasaan / perilaku  tn. bergadang. Lingkungan dan tempat tinggal Kepemilikan rumah : mengontrak .

Fery sebentar lagi habis dan belm tahu akan kerja dimana sedangkan kebutuhan cukup banyak. sekarang disekat jadi bagian depan jendela ada digunakan untuk warung dan Ventilasi : hanya satu jendela kecil. Pengkajian masalah keluarga 1. rumah sedikit kebersihan masih kurang lembap Kebersihan dalam rumah : terlihat kurang bersih Tata letak barang dalam rumah : sedikit berantakan C. Masalah eksternal keluarga  Ada tetangga yang memelihara ayam dan ayamnya sering sampai ke teras rumah tn.  Lingkungan kurang bersih . Cahaya dan ventilasi lainnya : kipas angin.5 Tidak bertingkat Lantai rumah : Semen Bangunan yang disewa sebenarnya Dinding rumah : Semen adalah bangunan toko namun Penerangan dalam rumah : lampu.5 m2 Jumlah orang dalam 1 rumah : 3 orang Luas halaman : 3x3. Masalah internal keluarga  Kontrak kerja tn. Daerah perumahan : padat Karakteristik rumah dan lingkungan Kesimpulan pembina untuk lingkungan tempat tinggal Luas rumah : 7x3. Feri. bantuan belakang untuk rumah.  Rumah sedikit kotor 2. ada listrik.