You are on page 1of 5

Tata Surya dan Fenomena Astronomi

A. Pilihan Ganda (70%)

1. Bentuk Bumi yang tidak bundar sempurna (agak lonjong) dikarenakan
a. gaya pasang surut Bulan
b. rotasi Bumi
c. gerakan orbit Bumi
d. gaya pasang surut Matahari
e. semua jawaban di atas salah.

2. Fenomena “Supermoon” terjadi ketika
a. Bulan purnama berada di titik perigee.
b. Bulan purnama berada di titik apogee.
c. Bulan baru berada di titik perigee.
d. Bulan baru berada di titik apogee.
e. Bulan kwartir berada di titik perigee

3. Periode rotasi Matahari dapat ditentukan dengan mengamati
a. selang terbit dan terbenamnya Matahari.
b. jumlah flare yang terjadi.
c. gerakan harian sunspot.
d. siklus sunspot.
e. durasi Gerhana Matahari Total.

4. Jika seorang astronot berada di permukaan Bulan, dan ketika dia melihat ke atas, ia melihat Bumi
dalam fase penuh, maka saat itu Bulan ada dalam fase
a. Purnama.
b. Bulan baru.
c. Bulan kwartir pertama.
d. Bulan kwartir akhir.
e. Bulan fase cembung awal

5. Jika planet Jupiter melintasi meridian pengamat pada tengah hari lokal, maka Jupiter sedang berada
pada
a. kwadratur barat.
b. kwadratur timur.
c. konjungsi.
d. elongasi
e. oposisi.

Planet tersebut berada antara planet Venus dan Bumi d. hal ini disebabkan karena: a. 09. d.2° c. Lebih banyak gas di Tata Surya luar. Gas dingin di atmosfer Titan bergerak sangat lambat dibanding gas panas di atmosfer Merkurius d. Jika kita yang tinggal di daerah ekuator. Budi adalah seorang anak pesisir yang tinggal di lintang 0°.54 . salah satu satelit planet Saturnus memiliki atmosfer yang sangat tebal. maka panjang jejak bayangan bintang adalah a. sehingga Titan lebih mampu mempertahankan keberadaan atmosfernya e. kita dapat menyimpulkan bahwa … a. 4° d. 01. 01. dan kita biarkan rananya (diafragma) terbuka selama 12 menit. Titan mirip dengan Bumi di masa depan 9. tidak akan mengubah penampakan. sedangkan sudut elongasi maksimum planet Merkurius adalah 230. Semua jawaban tidak ada yang benar 10.34 d. Titan. Sebagai perbandingan. memotret bintang dengan kamera statis (tidak mengikuti gerakan rotasi Bumi).58 WIB. Planet tersebut berada antara planet Merkurius dan Venus c.29 b.54 c.29 e. akan menjadi lebih sering. 12° b. Kita tidak bisa mengetahui kedudukan planet tersebut e. tidak akan pernah terjadi 8. Gravitasi Matahari menyebabkan atmosfer Merkurius lepas c. Berdasarkan data ini. Hari senin. c. Pada pukul berapakah bulan terbit pada hari sabtu? a. Misalkan kamu melihat sebuah planet baru di langit. sudut elongasi maksimum planet Venus adalah 460. ia melihat bulan baru tenggelam ufuk Barat pukul 17. 6° 7. 13. 3° e. Jika orbit Bulan menjadi sedikit lebih besar. sementara planet Merkurius sama sekali tidak mempunyai atmosfir. b. gerhana Matahari a. e. akan lebih mungkin menjadi gerhana Matahari total. Planet tersebut lebih dekat ke Matahari daripada planet Merkurius b. 1. Titan lebih masif dibanding Merkurius b. akan lebih mungkin menjadi gerhana Matahari cincin.6. Dari hasil pengamatan diperoleh bahwa planet tersebut dekat dengan Matahari dengan elongasi maksimumnya sebesar 300. 13.

close distance . Bulan selalu menampakkan muka yang sama terhadap Bumi. Pilih pernyataan yang BENAR a.11. fast rotation b.. Sumbu rotasi Bumi berpresesi artinya a. material composition e. Dalam orbitnya mengelilingi Bumi. Elongasi e. arah kutub langit beredar mengelilingi arah kutub ekliptika selama hampir 26000 tahun b. arah kutub langit bergeser ke arah timur gangguan revolusi Bumi d. Bumi berputar dengan kecepatan luar biasa besar sehingga kita tidak merasakan perputarannya c. hal itu disebabkan karena: a. surface reflection d. esok hari ia akan terbit pada waktu yang sama b.. double maxima. arah kutub langit berpindah dari bintang Vega ke bintang kutub selama 26000 tahun e. berarti Bulan tidak berotasi pada sumbunya e. maka kecepatan rotasi bumi sekitar 470 m/detik. maka kecepatan rotasi bumi sekitar 74 m/detik 12. Peristiwa melintasnya planet di depan piringan Matahari apabila kita amati dari Bumi disebut peristiwa . Purnama 15. Asteroids are known to have a lightcurve that has two pair of extrema (that is. kutub ekliptika mengelilingi kutub langit selama 18000 tahun 14. Gerhana c. serta jika dianggap Bumi bulat sempurna dengan radius 6378 km. double minima). d. This is mainly due to its: a. Ukuran Bumi yang jauh lebih besar dibanding ukuran manusia. Di Kutub Utara selama bulan Juli. arah kutub langit bergeser ke barat karena gangguan revolusi Bumi c. Transit d. e. tetapi benda langitlah yang berputar mengelilingi Bumi. Okultasi b. serta jika dianggap Bumi bulat sempurna dengan radius 6378 km. Terjadi 4 musim di Bumi disebabkan oleh perputaran Bumi pada porosnya 13. Bumi sebenarnya memang tidak berputar. Jika Bulan hari ini terbit pukul 18:00.. elongated shape c. Ukuran Bumi yang jauh lebih besar dibanding ukuran manusia. Kita tidak pernah merasakan bahwa Bumi berputar pada porosnya. a. Pada setiap bulan baru akan selalu terjadi gerhana matahari d. Matahari tidak pernah terbenam c. Bumi berputar dengan kecepatan luar biasa lambat sehingga kita tidak merasakan bahwa Bumi sedang berotasi b..

Tidak ada jawaban yang benar . efek Doppler c. Angin Mathari dapat ditangkap oleh Magnetosfer Bumi. Pengaruh efek refraksi pada saat Matahari terbit/terbenam adalah : a. pengamatan bintik Matahari (Sunspot) 19. c. Bumi memerlukan waktu a. akan menghasilkan peristiwa a. sekitar tiga kali lebih pendek. 18. maka panjang gelombang berkurang. panjang gelombang konstan. d. Elemen kimia dalam atmosfer Matahari dapat diidentifikasi dengan a. panjang gelombang bertambah 17. panjang gelombang berkurang. c) Jika jarak berkurang. Warna kemerah-merahan yang sering kita lihat ketika Matahari terbenam d. e) Jika jarak berkurang. Bentuk Matahari terdistorsi sehingga nampak lebih kecil b. Warna Matahari menjadi merah e. Aurora (cahaya di arah utara dan selatan) e. sekitar dua kali lebih panjang. pengukurang temperatur piringan Matahari b. Pilihlah jawaban yang BENAR! a) Jika jarak konstan. Kedudukan Matahari lebih tinggi dari yang seharusnya c. Efek Doppler terjadi pada gelombang elektromagnetik dan suara. d. Kualitas program di televisi di belahan Bumi utara menjadi terganggu 20. maka satu kali mengorbit. d) Jika jarak berkurang. Tropical storms (daerah dimana udara berotasi dengan cepat) c. Jika radius orbit Bumi mengelilingi Matahari menjadi dua kali lebih besar daripada sekarang. Ketika partikel-pertikel ini bergerak secara spiral di sepanjang medan magnet. b) Jika jarak bertambah. b. sekitar tiga kali lebih panjang. sekitar dua kali lebih pendek.16. e. panjang gelombang berkurang. kira-kira sama dengan sekarang. dan bergantung pada perubahan jarak antara sumber dan pengamat. garis-garis absorpsi dalam spektrum Matahari e. Efek rumah kaca b. pengamatan warna Matahari melalui atmosfer Bumi saat Matahari terbit. Pengaruhnya terlalu kecil sehingga bisa diabaikan d.

Jika sekarang adalah tanggal 22 juni. what is the linier diameter of that sunspot? Express your answer in kilometer. Its angular diameter was measured to be 20 arcseconds. Sebuah objek minor tata surya mempunyai periode sinodis 516 hari (terhadap bumi).B. One big sunspot on the surface of the sun has been observed. Berapa lama waktu interval antar fase oposisi planet Mars? Asumsikan orbitnya lingkaran 2. maka rasi yang terlihat pada malam hari adalah? Sebutkan alasannya? 5. and its circular. Sebutkan planet – planet yang mengalami gerak retrograde! 4. If the distance of the sun to earth is 1 au. 3.4 hari dan diketahui orbit tersebut ada di dalam orbit bumi! (Periode revolusi bumi 365 hari) 6. Isian Singkat (30 %) 1.2 AU) . Hitung perbandingan diameter sudut Jupiter ketika pada fase oposiis dan kuadratur (asumsi orbit Jupiter lingkaran dengan radius 5. Hitunglah periode sinodis objek tersebut jika dilihat dari planet lain yang periode siderisnya 92.