You are on page 1of 7

Vena vena yang akan didengar pada auskultasi epigastrium dalam kasus sirosis portal terjadi

Dijelaskan lebih dari seratus tahun yang lalu oleh Pegot (1833) dan oleh Cruveilhier (1835), dan di awal

Abad ini oleh Baumgarten (1908). Hanganutz (1922) mengumpulkan enam kasus yang semuanya
disajikan a

Hati sirip kecil, hipertensi portal, anastomosis vena pada ligamen falciform dan

Dinding perut yang menghubungkan portal dan vena epigastrik dan saluran udara atau hum terdengar di
atas

Epigastrium dan ujung bawah sternum. Dia percaya bahwa sindrom ini bersifat terpisah dan klinis

Entitas patologis dan menerapkannya pada sirosis Cruveilhier-Baumgarten. Armstrong dkk.

(1942) meninjau kembali kasus-kasus yang diterbitkan pada tanggal tersebut dan membaginya menjadi
dua kelompok. Yang pertama terdiri

Orang muda yang di antaranya ada atrofi parenkim hati, tapi sedikit atau tidak sama sekali

Fibrosis, dan vena paten besar yang bergabung dengan vena portal kiri ke vena parietal abdomen

Dengan cara margin bebas dari ligamentum falciform. Armstrong dan rekan-rekannya mempercayainya

Ini adalah vena umbilikalis dan bahwa patensi bawaannya adalah kelainan utama dalam hal ini

Kasus, perubahan hati menjadi sekunder akibat kekurangan darah portal. Mereka mempertimbangkan

Kasus ini menjadi contoh sirosis Cruveilhier-Baumgarten. Di kedua dan jauh lebih besar

Kelompok, yang mereka sebut sebagai sindrom Cruveilhier-Baumgarten, tidak ada anomali kongenital

Hadir. Kondisi utamanya adalah sirosis hepatik dengan hipertensi portal terkait.

Partial recanalization dari vena umbilikalis yang obliterasi terjadi pada beberapa pasien dan pada orang
lain

Pembesaran pembuluh darah para-umbilical (Sappey, 1889) dan hubungan antara mereka dan

Vena epigastrik. Dua contoh lebih lanjut telah dijelaskan oleh Bloom (1950).

Pada perkembangan normal, vena umbilikalis dilenyapkan beberapa hari setelah kelahiran, namun
hubungannya

Dengan cabang kiri vena portal dan ujungnya yang proksimal (hati) sering tetap dipatenkan.

Menurut Segall (1923) paten untuk jarak variabel sampai dua pertiga panjangnya di 19

Meski tidak ada ikterus.S. Temuan Laboratorium. Faeces normal dalam penampilan. E. Tangannya menampilkan penampilan "hati sawit". Tetapi tidak ada kongesti vena atau cedema perifer. Urin berisi jejak urobilinogen tapi tidak ada kelenjar atau kelainan lainnya.. 45 mm. namun menganggap penting sebagai bagian dari sirkulasi kolateral sebaiknya portal Hipertensi berkembang Dalam menggambarkan tiga kasus yang terlihat pada necropsy Butler (1952) menunjukkan bahwa Bentuk anastomosis portal-epigastrik ini sangat bervariasi. globulin 3 55). total 6-75 g. W. tapi tidak ada jari clubbing. dan dalam hal lain sistem kardiovaskular normal. Pasien itu sangat tipis. Per 100 ml (Albumin. Dengungan vena Terdengar di epigastrium dan dicatat dengan fonokardiograf MACPHERSON DAN MORTON Pemeriksaan fisik. Anastomosis tidak penting Pada individu sehat. "Restkanal" ini (Baumgarten) pada gilirannya dapat berkomunikasi dengannya Vena epigastrik melalui pembuluh darah kecil Burow (1838). Asites sedang ada dan tepi hati hanya bisa dilihat.000 Per c./hr. 94 persen.C.B. Flocculation kolesterol cephalin . Protein plasma. Tidak ada darah gaib yang terdeteksi Darah: Hb. tidak ada kelainan sistem saraf pusat yang bisa dideteksi. Ada sedikit krepitasi. Pemeriksaan rektal pun terungkap Hanya adanya wasir kecil. sebuah senapan bersenandung yang aneh dapat didengar. kulitnya kering dan berpigmen. Selain mental Kebingungan. 3-20. dalam satu contoh lumen dari Menggantikan vena yang begitu besar sehingga hanya bisa dibedakan dari umbilical patent yang kongenitif Vena oleh struktur histologis dindingnya. 4.mm. Suhu dan denyut nadi dan tingkat respirasi normal. dan menunjukkan meluas psorias.Dari 55 spesimen yang diperiksanya. Serum bilirubin 0 9 mg Per 100 ml. Kasus berikut disajikan sebagai contoh sindrom Cruveilhier-Baumgarten di mana Sirosis dan anastomosis portal-epigastrik dikaitkan dengan asites berat.R. Pada auskultasi di atas Epigastrium dan sternum yang lebih rendah. Alkaline phosphatase 16 unit (King).

Lima bulan setelahnya Pengakuan kondisinya mulai memburuk. pasien tersebut mengalami koma yang berlangsung selama empat hari. Ada histamin-cepat Achlorhydria Sinar-X dada tidak menunjukkan kelainan.+ (4). Ini mirip Gumaman duktus arteriosus paten karena terus berlanjut sepanjang sistol dan diastol. yang lega oleh tablet analgesik. Dalam karakter murmur itu lembut Dengung tidak seperti suara angin yang bertiup melalui kabel telegraf. Diet protein tinggi dengan hepovite oral dan suplemen Vitamin tidak ditoleransi dengan baik. Dia sembuh total dan selama empat bulan berikutnya tidak menunjukkan kecenderungan untuk kambuh lagi. Selama tiga minggu sebelum kematian dia koma Dan tidak mengambil makanan atau minuman. Nitrogen urea darah 12 mg. Barium menelan terungkap luas Varises esofagus. terdengar di semua fase respirasi dan tidak berbeda dengan postur tubuh. dan Sedikit bervariasi dalam intensitas dan pitch dengan siklus jantung. Itu maksimal di kedua sisinya Dari kartilago xiphoid. Pada hari ketiga setelah masuk. dan sesuai dengan deskripsi aslinya . Film perut (tegak) menunjukkan sedang Distensi usus dengan beberapa tingkat cairan dan asites yang jelas. Ada demam intermiten kelas rendah dan pasien mengeluh Nyeri abdomen sisi kanan sesekali. Suntikan berulang dari diuretik ganas adalah Diberikan dengan respon yang bervariasi tapi tidak pernah sangat baik. kelemahan progresif dan pemborosan otot berkembang dan Respon terhadap diuretik yang meracau menjadi semakin kecil. tapi Asites meningkat dan edema perifer kasar muncul. Murmur Murmur terdengar pada auskultasi di atas epigastrium. Dia meninggal dalam keadaan kotor dengan asites dan periferal besar busung. Kemajuan. Per 100 ml Elektrokardiogram normal. sepertiga medial keduanya Margin kosta dan di atas sternum sejauh kartilago kosta ketiga. Paracentesis abdominis dilakukan pada usia sembilan tahun Acara dengan total penarikan 40 liter cairan.

Pasien tidak bisa bernapas dengan tenang atau menahan napas saat rekaman sedang dilakukan. gumaman muncul kembali. Anastomosis vena ditunjukkan setelah kematian dengan suntikan ke dalam vena mesenterika superior Larutan 1 persen metilen biru dan 12 persen potasium iodida. Dua fonokardiogram yang sinkron dicatat (Gambar 1). "Tidak ada sensasi yang teraba. Sebuah gambar yang dibedah . murmurnya hilang saat tekanan digital ringan diterapkan Di epigastrium di garis tengah dan segera muncul kembali tekanan dilepaskan. Necropsy menunjukkan adanya sirosis hati yang parah. Kantung empedu mengandung campuran tunggal Batu dengan inti kolesterol dan merupakan tempat kolesistitis supuratif dengan formasi abses lokal.Dengungan vena yang diberikan oleh Laennec (1819). Jantungnya normal Dan paru-paru tersumbat. Saat tekanan dilepaskan. Itu Getaran biasa bertepatan dengan bunyi jantung normal seperti yang tercatat di apeks dan sebenarnya jantung Suara yang dilakukan dari prekordium dan hanya terlihat pada epigastrium saat Dengung vena dilenyapkan Getaran frekuensi tinggi yang tidak beraturan mewakili suara nafas. Serangkaian getaran dapat terlihat bertahan di sternal tracing saat tekanan diterapkan. satu dari titik di atas ujung bawah Dari sternum di mana gumamannya paling keras dan penelusuran simultan kedua dari puncak kardiak Tunjukkan bunyi jantung normal. Pada titik "B" pada tracing. Ada asites dan edema besar dari semua ruang jaringan ikat. Pada titik pada penelusuran bertanda "A" tekanan lembut diterapkan dengan Tepi tangan di epigastrium menyebabkan murmur lenyap. Meski tidak ada subkutan besar HUMAN TERUS MENERUS DALAM KASUS CIRRHOSIS PORTAL Vena terlihat di atas umbilikus. yang menyamakannya dengan suara "laut atau yang dihasilkan oleh Penerapan cangkang besar ke telinga. Penampilan mikroskopis hati menunjukkan fibrosis yang luas dan Penggantian lengkap dari arsitektur lobular normal oleh daerah hiperplasia nodular.

Kelompok kedua mencakup retroperitoneal Anastomosis. Pada ujung distal (umbilikus) ligamen bulat ada. Kelompok pertama terdiri dari varises di ujung bawah cesophagus dan fundus Dari perut yang karena posisi mereka yang terbuka cenderung pecah dan menimbulkan Hxmorrhages yang merupakan karakteristik dari kondisi ini. dalam diameter Dan dengan dinding yang relatif tebal. Diskusi Hubungan vena portal-sistemik pada hipertensi portal telah diklasifikasikan sebagai (1) berbahaya Atau rentan. MACPHERSON DAN MORTON Di samping pembuluh darah para-umbilical. 2. Kehadiran koneksi ini sepenuhnya bermanfaat.Spesimen ditunjukkan pada Gambar. Sebuah radiografi lateral Menunjukkan bahwa media buram telah melintasi anastomosis epigastrik portal yang diamati di Spesimen necropsy dan telah memasuki vena mamaria internal di bidang retro-sternal. 1952. dan (2) anastomosis terlindungi atau bermanfaat (McNee dan Macpherson. yang sebagian besar terdiri dari jaringan fibrosa. pembesaran pembuluh intra-otot dan intra-neural (seperti yang Dijelaskan oleh Butler (1952) di dalam selubung vagus) dan pembuluh darah di hati dan falciform Ligamen. Ligamentum bundar sangat besar dan sangat ternoda oleh metilena Biru yang dalam spesimen telanjang itu sepertinya realiasi lengkap pasti terjadi. Saat memasuki tepi bebas dari ligamentum falciform Lumen tunggal hilang dan tempatnya diambil oleh saluran kecil yang tak terhitung banyaknya di dan sekitar Ligamen bulat yang dalam hal lain menunjukkan struktur orang dewasa normal. 1952). pembuluh darah kecil di dalam ligamen kira-kira 05 mm. Dari bagian putaran ini Ligamen satu berukuran sedang dan beberapa vena kecil dikomunikasikan dengan pembuluh darah melebar dan berliku yang Berlari cephalad di jaringan ekstra peritoneal. Hanya Akhir hati dari vena umbilikalis sebenarnya adalah paten. Butler. tapi untuk sebagian besar mereka .

Dalam lima dari sembilan kasus Sirosis hepatik mereka melaporkan bahwa dengungan vena tidak terdengar pada epigastrium tapi terjadi Terdeteksi pada auskultasi langsung hati dan menjadi semakin keras seperti porta hepatis Didekati. Pengamatan Dibuat oleh McFadzean dan Gray (1953) memberikan beberapa dukungan untuk pandangan ini. menunjukkan bahwa anastomosis epigastrium portal berukuran kecil dan sedikit praktis Pentingnya dibandingkan dengan peredaran agunan yang telah berkembang dalam kaitannya dengan kiri Vena lambung. Tidak mungkin menentukan secara persis asal mula gumaman dalam kasus ini. Menurut Ke Lutembacher (1936) murmur muncul dimana pembuluh darah kecil masuk ke dalam yang melebar. . Bahwa Ini bukan mekanisme produksinya dalam kasus ini yang disarankan oleh fakta bahwa Murmur hilang saat tekanan ringan diterapkan pada epigastrium. Vena besar ditunjukkan pada ligamentum falciform dalam tiga kasus ini. misalnya di Persimpangan urat para-umbilikalis dengan vena epigastrium yang melebar dan berliku-liku. Hilangnya suara pada tekanan selama epigastrium bisa terjadi Diperhitungkan dengan berhentinya aliran ke ujung paten dari vena umbilikalis. Di sisi lain intensitas maksimum bruit di wilayah xiphisternum Menunjukkan bahwa itu mungkin berasal dari turbulensi yang terjadi di persimpangan portal kiri dan umbilikalis pembuluh darah. Sebuah radiograf postero-anterior menunjukkan hal ini di Kasus sekarang. Itu Hilangnya suara pada tekanan ringan di atas epigastrium akan selaras dengan ini penjelasan.Dari kaliber kecil seperti itu yang membutuhkan banyak ribu dari mereka untuk mengkompensasi penyumbatan Mengalir melalui satu kapal besar. Dalam kasus lain yang mereka laporkan secara rinci mereka menyimpulkan bahwa murmur berasal dari arteriovenous Komunikasi dalam hati dan disampaikan langsung ke dinding perut.

Sebuah venogram juga dilakukan setelah kematian.Ringkasan Kasus sirosis hepatik dan hipertensi portal dimana otak bisa didengar di Epigastrium dijelaskan. . Fonokardiogram yang dibuat selama hidup disajikan bersamaan dengan a Gambar anastomosis dibuat pada necropsy.