KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan YME, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kelompok kami sehingga dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul ³ pengaruh gaya terhadap gerak benda ³ Kelompok kami menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini tidak lepas dari tuntunan dan bantuan para guru pembimbing. Untuk itu, dalam kesempatan ini kelompok kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini. Kelompok kami juga menyadari dalam proses penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun kelompok kami telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik. Oleh karena itu, kelompok kami dengan rendah hati dan tangan terbuka menerima masukan, saran serta usulan guna menyempurnakan makalah ini lebih baik lagi. Akhirnya kelompok kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.

Surabaya, Juni 2010

Penyusun

-1-

«.«««««««««. Daftar Pustaka«««««««««««««««««««««.«««. hal 1 Daftar Isi««««««««««««««««««.«««« hal 11 Lampiran««««««««««««««««««««««««««««« hal 12 -2- . hal 3 III.. Manfaat Penulisan«««««««««««««««««««««««« hal 3 IV. hal 4 Percobaan««..«« hal 3 II.DAFTAR ISI Kata Pengantar««««««««««««««««.««««««««««...«..«.«««««««... Saran«««««««««««««««««««««««««. hal 8 Penutup I.. Latar Belakang Masalah«««««««««««««. hal 2 Pendahuluan I.«««««««««.««« hal 11 II.. Penjelasan Materi««««««««««««««««««««««««..... Tujuan Penulisan««««««««««««««««««««««««.««««««««««««.«««« hal 11 III. Kesimpulan««««««««««««««««««««««..

Mempraktekan dengan baik tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda pada sebuah percobaan dan diharapkan dapat diambil banyak manfaat dari praktek tersebut. LATAR BELAKANG Sehubungan dengan tugas yang diberikan oleh guru pembimbing kepada semua kelompok dikelas. apa saja yang mempengaruhi gerak benda b. Diharapkan siswa lebih memahami tentang gerak benda.Oleh karena itu. kelompok kami juga mencoba melakukan percobaan tentang bagaimana gaya itu bisa mempengaruhi gerak benda sehingga kami dapat menjelaskan kepada para pembaca dengan lebih mudah. Manfaat lain dari penulisan makalah ini -3- . kecepatan dan selang waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tersebut.PENDAHULUAN I. III. MANFAAT PENULISAN Hasil dari penulisan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih kepada para siswa tentang ³ pengaruh gaya terhadap gerak benda ³ agar para siswa dapat memahami dengan baik apa yang kelompok kami sampaikan dalam makalah ini. TUJUAN PENULISAN Tujuan daripada penulisan makalah ini adalah : a. Didalam praktek ini terdapat jarak yang ditempuh benda. maka kelompok kami mencoba menjelaskan matari tentang ³pengaruh gaya terhadap gerak benda´ yang dituangkan pada makalah ini. II. Terdapat hubungan yang saling tegak lurus yakni percepatan benda yang timbul berbanding lurus dengan gaya yang mempengaruhi benda dan berbanding terbalik dengan massa benda.

Ini berarti mobil bergerak lurus ke arah timur sejauh 10 meter setiap sekon. Dapat pula jenis gerak ini disebut sebagai suatu translasi beraturan. mobil bergerak lurus ke arah timur sejauh 20 meter. Arah kecepatan mobil = arah perpindahan mobil = arah gerak mobil. Perhatikan besar dan arah panah. Pada rentang waktu yang sama terjadi perpindahan yang besarnya sama. Gerak lurus dapat dikelompokkan menjadi gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan yang dibedakan dengan ada dan tidaknya percepatan. IV.adalah siswa dapat menggunakan makalah ini sebagai bahan referensi dalam pemahaman maupun praktek sekolah yang diujikan. Kecepatan konstan artinya besar kecepatan atau kelajuan dan arah kecepatan selalu konstan. -4- . Karena kelajuannya konstan maka setelah 2 sekon. setelah 3 sekon mobil bergerak lurus ke arah timur sejauh 30 meter« dan seterusnya« bandingkan dengan gambar di sampingnya. Misalnya sebuah mobil bergerak lurus ke arah timur dengan kelajuan konstan 10 m/s. PENJELASAN MATERI PENGARUH GAYA TERHADAP GERAK BENDA  GERAK LURUS Gerak lurus adalah gerak suatu obyek yang lintasannya berupa garis lurus.  Gerak lurus beraturan Suatu benda dikatakan melakukan gerak lurus beraturan jika kecepatannya selalu konstan. Panjang panah mewakili besar kecepatan alias kelajuan. Karena besar kecepatan atau kelajuan dan arah kecepatan selalu konstan maka bisa dikatakan bahwa benda bergerak pada lintasan lurus dengan kelajuan konstan. sedangkan arah panah mewakili arah kecepatan.

Kecepatan tetap artinya baik besar maupun arahnya tetap. sehingga pada -5- . Besar kecepatan atau kelajuan benda konstan atau selalu sama setiap saat karenanya besar kecepatan atau kelajuan pasti sama dengan besar kecepatan rata-rata. Sedangkan grafik S terhadap t dengan jarak tempuh (S) dihitung dengan rumus S = V . kecepatan benda sama dengan kecepatan rata-rata. Maka dengan demikian gerak lurus beraturan didefinisikan juga sebagai gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kelajuan tetap  Grafik Gerak Lurus Beraturan ( GLB ) Grafik V terhadap t dan Grafik S terhadap t sebagai berikut : Dari grafik diatas dapat kita lihat dengan bertambahnya waktu kecepatan gerak tidak mengalami perubahan (tetap) sehingga grafik kecepatan berupa garis datar. Ketika sebuah benda melakukan gerak lurus beraturan. Dalam gerak lurus beraturan (GLB) kecepatan benda selalu konstan. Gerak lurus beraturan juga dapat didefinisikan sebagai gerak suatu benda dengan kecepatan tetap. ketika dikatakan kecepatan sesaat. t.Perhatikan bahwa ketika dikatakan kecepatan. maka yang dimaksudkan adalah kecepatan sesaat. Kecepatan konstan berarti besar kecepatan (besar kecepatan = kelajuan) dan arah kecepatan selalu konstan. sehingga istilah kecepatan dapat juga diganti dengan kelajuan. Demikian juga sebaliknya. maka yang dimaksudkan adalah kecepatan.

pada saat t = 3 s. jarak yang ditempuh oleh benda = 6 s dan seterusnya. pada saat t = 2 s jarak yang ditempuh oleh benda = 4 m. -6- . Berdasarkan hal ini dapat kita simpulkan bahwa gerak benda yang diwakili oleh grafik x. jarak yang ditempuh oleh benda x = 0.001 km atau 10-3 km Waktu (t) 1 jam = 60 menit 1 menit = 60 sekon Sehingga 1 jam = 60 menit = 60(60 sekon) = 3600 sekon Maka 1 sekon = 1/3600 jam Kecepatan (V) 36 km/jam = « m/s Lihat diatas ( 1 km = 1000 m dan 1 jam = 3600 sekon) Maka 1 km/jam = 36×1000 m/3600 s = 36000 m/3600 s = 10 m/ Contoh : Perhatikan contoh Grafik Kedudukan terhadap Waktu (x-t) di bawah ini : Cara membaca grafik : Pada saat t = 0 s.y y y y t = 1 s maka S = 20 m t = 2 s maka S = 40 m t = 3 s maka S = 60 m t = 4 s maka S = 80 m V= S/t Dari grafik maka Kelajuan rata-rata dapat dirumuskan : Jarak Tempuh (S) 1 km = 1000 m atau 103 m 1 m = 0. pada saat t = 1 s. jarak yang ditempuh oleh benda = 2 m.t di atas. bergerak dengan kecepatan tetap 2 m/s (Ingat. kecepatan adalah jarak dibagi waktu) .

dan berbanding terbalik dengan massanya. Arah percepatan sama dengan gaya total yang bekerja padanya.yaitu gaya. Hukum ini merupakan hubungan yang paling dasar pada fisika.massa dan percepatan adalah: a= ™ F / m Dengan: a = percepatan (m/s2) m = massa benda (kg) ™F = gaya total Hukum II newton menghubungkan antara deskripsi gerak dengan penyebabnya.´ Jadi. Gerak lurus berubah beraturan Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerakan benda jika lintasan yang ditempuhnya merupakan garis lurus dan kecepatannya berubah secara teratur. Lintasan satelit buatan dst -7- .kita dapat menggambarkan gejala seperti: 1.persamaan yang menghubungkan antara gaya . Lintasan planet mengelilingi matahari 3. Sehingga dapat dirumuskan: a = V1 ± V0 t a= v t dengan : a vo v1 v = Percepatan (m/s2) = kecepatan awal (m/s) = Kecepatan akhir (m/s) = kecepatan  HUKUN II NEWTON Hukum II Newton berbunyi: ´percepatan sebuah benda berbanding lurus dengan gaya total yang bekerja padanya. Dengan tambahan tarikan gravitasi Newton antara dua benda. Gerakan bulan 2.

 Langkah Kerja : o Siapkan alat dan bahan lengkap sesuai kebutuhan. o Berilah beban pada ujung tali.kemudian amati dan catat waktunya o Bandingkan perbedaan waktu dari masing-masing percobaan diatas kemudian hitung kecepatan dan percepatannya. o Rangkaiakan bahan ± bahan tersebut sesuai tugas o Kemudian lakukan pengujian ³pengaruh gaya terhadap gerak benda´ dengan meletakkan mobil mainan pada ujung bidang dan dilepaskan serta dicatat waktu yang dicapai mobil hingga berhenti.PERCOBAAN Pengaruh gaya terhadap gerak benda  Alat dan Bahan : o Papan luncur / bidang miring o Papan datar o Objek benda (mobil mainan ) o Stopwatch o Penggaris o Dan alat -alat pendukung lain. kemudian amati dan catat waktunya dengan menggunakan stopwatch o Kemudian berilah beban yang berbeda.lalu buatlah kesimpulannya -8- .amati dan catat waktunya dengan menggunakan stopwatch o Berilah beban pada atas mainan.

g) s (m) t (s) V0 (m/s) V1 (m/s) (s/t) a (m/s2) ( V/t) -9- .Berdasarkan percobaan telah didapatkan catatan ± catatan sebagai berikut : W (N) NO m (kg) (m.

10 - . kami sertakan gambar grafik kecepatan mobil hasil percobaan kami :  Hubungan gaya dengan percepatan benda  Hubungan massa benda dengan percepatannya .Agar lebih jelas.

wikipedia.com sutedjo. Solo:Yudhistira .2005. b. II.Hal ini sesuai dengan hukum II Newton.google. sehingga diperoleh rumus: a= ™ F / m I. diperlukan pemraktekan secara langsung oleh siswa agar lebih mudah dalam menangkap dan memahami tentang GLB.Fisika Teknologi & Industri kelas 1 smk.PENUTUP a. Mengingat perlunya pemahaman yang mendalam tentang materi yang disampaikan. Perlu juga diharapkan kepada semua siswa untuk bertanya kepada guru pembimbing yang memiliki pengetahuan tentang materi yang disampaikan agar dapat membantu dalam proses pemahamn.11 - . SARAN a. KESIMPULAN Dalam praktek ini dapat disimpulkan bahwa percepatan benda yang timbul berbanding lurus dengan gaya yang mempengaruhi benda dan berbanding terbalik dengan massa benda.com www. DAFTAR PUSTAKA www.

LAMPIRAN .12 - .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful