You are on page 1of 7

LEARNING ISSUE ANATOMI NEUROCRANIAL REGIO TEMPORAL

NORMA LATERALIS

Pada aspek ini tampak :

- Os.frontale, disini tampak linea temporalis superior dan linea temporalis inferior

yang berjalan mulai dari procesus zygomaticum melintasi sutura coronale sampai

ke os.parietale.

- Os.Zygomaticum denagn procesus frontalis yang berhubungan os.frontale dan

procesus temporalis yang berhubungan dengan os temporalis

- Os.temporale dengan procesus zygomaticus yang berhubungan dengan os.occipital,

os.parietal dan os.sphenoidale procesus mastoideous yang menonjol

ke candal aucticus eksternus.

- Os.parietale dengan tuberculum parietale, linea temporalis superior dan linea

temporalis inferior.

Os Temporale OTOT-OTOT .

VASKULARISASI .

.

Mereka melewati bagian atas nervus pterygoideus externus dan masuk ke permukaan dalam musculus temporalis. Cabang anterior kadang mempercabangkan nervus buccinato . Cabang posterior yang ukurannya lebih kecil terletak pada bagian belakang fossa temporalis dan kadang dipercabangkan dengan nervus massterica. anterior dan posterior.PERSYARAFAN Nervus temporalis profundal Berjumlah dua.

Ketiga kanalis semisi posterior. akulus. yang berhubungan langsung dengan cairan serebrospinal dalam otak melalui aquaduktus koklearis. superior dan lateral erletak membentuk sudut 90 derajat satu sama lain dan mengandung organ yang berhubungan dengan keseimbangan.Labirin membranosa terendam dalam cairan yang dinamakan perilimfe. banyak kelainan telinga dalam terjadi bila keseimbangan ini terganggu. VIII (nervus koklea vestibularis) semuanya merupakan bagian dari komplek anatomi. bergabung dengan nervus vestibularis. Akibatnya terja¬di aktivitas elektris yang berjalan sepanjang cabang vesti-bular nervus kranialis VIII ke otak. dan sakulus. dinamakan organ Corti. Koklea dan kanalis semisirkularis bersama menyusun tulang labirint. Ini juga mengakibatkan aktivitas elektris yang akan dihantarkan ke otak oleh nervus kranialis VIII. Di dalam kanalis auditorius internus. . Terdapat keseimbangan yang sangat tepat antara perilimfe dan endolimfe dalam telinga dalam. Kanalis auditorius internus mem-bawa nervus tersebut dan asupan darah ke batang otak. Percepatan angular menyebabkan gerakan dalam cairan telinga dalam di dalam kanalis dan merang-sang sel-sel rambut labirin membranosa. Organ ahir reseptor ini distimulasi oleh perubahan kecepatan dan arah gerakan seseorang. dan organan Corti. menjadi nervus koklearis (nervus kranialis VIII). nervus koklearis (akus-dk). utrikulus. dan kanalis semisirkularis. Perubahan posisi kepala dan percepatan linear merangsang sel-sel rambut utrikulus.5 cm dengan dua setengah lingkaran spiral dan mengandung organ akhir untuk pendengaran. Labirin membranosa tersusun atas utrikulus. Labirin membranosa memegang cairan yang dina¬makan endolimfe. namun tidak sem-purna mengisinya. Koklea berbentuk seperti rumah siput dengan panjang sekitar 3. Yang bergabung dengan nervus ini di dalam kanalis auditorius internus adalah nervus fasialis (nervus kranialis VII). saraf yang berpengaruh pada scenario adalah vestibulocochlear. duktus koklearis. yang muncul dari kanalis semisirkularis. Di dalam lulang labirin. yang muncul dari koklea.

. Makna kata vestibulokolear berasal dari 2 kata yaitu vestibular (keseimbangan) dan kolear (pendengaran) Saraf ini merupakan saraf sensoris dengan nama lain saraf statoacoustic. Saraf vestibulokoklear itu saraf kranial kedelapan yang berperan dalam proses mendengar dan menjaga keseimbangan tubuh.