You are on page 1of 17

Amwaluna, Vol. 1 No.

1 (Januari, 2017), Hal 81-97

PERKEMBANGAN GADAI EMAS KE INVESTASI EMAS
PADA PEGADAIAN SYARIAH

Nunung Uswatun Habibah
Sekolah Tinggi Agama Islam(STAI) Al Ma’arif Ciamis
nengnung77@gmail.com

ABSTRAK
Nilai investasi emas yang tidak tergerus inflasi, tren harga yang terus meningkat,
transaksi jual belinya fleksibel, membuat emas menjadi pilihan alternative investasi.Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan gadai emas
syariah dikaitkan antara gadai emas dengan investasi emas sebagai perlindungan terhadap
asset. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, data penelitian ini
didapat dari wawancara dengan nasabah pegadaian syariah dan kuesioner serta menggunakan
data sekunder dari literatur kepustakaan, buku sumber lainyya yang relevan. Hasil penelitian
ini menunjukkan perkembangan pegadaian syariah dari gadai emas syariah yang semula
hanya sebagai alternatif pembiayaan dan penambahan modal dalam jangka pendek ternyata
mulai dimanfaatkan sebagai sarana untuk berinvestasi, dengan memanfaatkan kenaikan nilai
harga emas dan kemudahan serta keringanan dalam gadai emas syariah. Berinvestasi emas
dengan cara beli, simpan dan kemudian dijual dengan menggunakan jasa gadai yaitu dengan
cara beli, simpan kemudian gadai merupakan strategi dalam berinvestasi emas serta solusi
mempertahankan investasi emas.
Kata Kunci : Investasi emas, Pegadaian syariah

ABSTRACT
The investment value of gold is not eroded by inflation, the trend of prices continue to
rise, flexible purchasing transactions, making gold into alternative options investasi.Tujuan
this study was to determine and describe the development of sharia associated gold pawn
between pawning gold with gold as an investment asset protection. The method used in this
research is descriptive, the research data obtained from interviews with shariah pawnshop
customers and questionnaires as well as using secondary data from literature literature, books
lainyya relevant sources. The results of this study indicate the development of gold pawn
pawnshop sharia sharia which was originally only as an alternative financing and additional
capital in the short term was started to be used as a means to invest, to take advantage of the
increase in the gold price and the ease and lightness in gold pawn sharia. Investing in gold by
way of buy, hold and then sold by using the service pawn by way of buy, hold and then pawn
is a strategy to invest in gold and gold investment solution to maintain.
Keywords: Gold Investments, Pawn sharia

I. PENDAHULUAN mengeluarkan produk berbasis syariah
Dalam perkembangan perekonomian, yang disebut dengan pegadaian syariah
perkembangan produk-produk berbasis (Mills Paul & Presly Jhon, 1999). Pada
syariah kian marak di Indonesia, tidak dasarnya, produk-produk berbasis syariah
terkecuali pegadaian. Perum pegadaian memiliki karakteristik seperti, tidak
81
EISSN: 2540-8402 | ISSN: 2540-8399

yakni Logam Mulia Pemerintah yang mengatur Pegadaian (emas batangan Antam). produk Investasi logam mulia di Indonesia saat gadai emas yang di Indonesia ditawarkan ini memang sedang mengalami oleh Perum Pegadaian dan perbankan perkembangan yang sangat pesat. kegiatan lembaga keuangan berupa Praktik yang telah sangat dikenal di pembiayan dalam bentuk penyaluran ke masyarakat terkait dengan emas sebagai masyarakat yang dalam menjalankan sumber pembiayaan ini adalah gadai. 2011 tentang Perusahaan Perseroan setelah Emas yang umumnya beredar di sebelumnya terdapat dua Peraturan Indonesia hari ini. emas juga dianggap sebagai sumber mempunyai izin untuk melaksanakan pembiayaan yang cepat dan handal. besar dibandingkan dengan produk Atas dasar Fatwa Dewan Syariah Nasional investasi lain seperti tabungan dan Nomor 25/DSN-MUI/III/2002. dinyatakan deposito pada dunia perbankan dan bahwa pinjaman dengan menggunakan obiligasi. bermunculan produk gadai (rahn) di dalam Pegadaian syariah diatur dalam lembaga keuangan berbasis syariah Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun (Haryanto. Selain sebagai sarana lindung usaha di Indonesia yang secara resmi nilai. investasi logam mulia juga berkembang menjadi produk investasi dianggap sebagai instrumen yang tidak canggih (menabung emas. Perkembangan gadai emas ke investasi emas Pada pegadaian syariah memungut bunga dalam berbagai bentuk tentang Perubahan Bentuk Perjan riba. merupakan salah syariah yaitu PP No. dan melakukan bisnis (Ade Sufyan Mulazid. cicilan emas. sampai syariah menjadi berkembang sangat pesat. harga emas dunia akhir-akhir ini. Pegadaian untuk memperoleh imbalan atas jasa dan syariah merupakan satu-satunya badan bagi hasil. Maka.Nunung Uswatun Habibah. operasionalnya berpegang teguh kepada Terkait dengan fenomena lonjakan prinsip syariah. menetapkan uang sebagai alat tukar Pegadaian menjadi Perum PP dan PP No bukan sebagai komoditas yang 103 Tahun 2000 Tentang Perum Pegadaian diperdagangkan. kebun emas) yang berpotensi Salah satu produk yang diberikan oleh menghasilkan keuntungan yang jauh lebih lembaga keuangan syariah adalah gadai. 2010). 10 Tahun 1990 satu instrument investasi yang liquid. 2012). pernah lekang oleh waktu. saat ini logam mulia masih dianggap Produk gadai emas tidak lagi dilihat investasi paling aman selain karena sebagai sumber pembiayaan tetap nilainya stabil. yang EISSN: 2540-8402 | ISSN: 2540-8399 . saham atau reksadana di pasar barang sebagai jaminan dalam bentuk modal. gadai syariah (Rahn) diperbolehkan.

bisa di saat di gunakan sebagai aksesoris jual kembali atau digadaikan di Pegadaian (salah satu tujuan investasi emas Syariah. adalah untuk perhiasan atau Gadai yang semula berfungsi aksesoris). Emas dapat digunakan untuk tentang bagaimana atau alasan perubahan mempertahankan kekayaan karena tujuan gadai emas bergeser kepada ketika disimpan nilai tukarnya akan investasi emas logam mulia dengan judul “ tetap sama. Investasi ini menunjukkan sebagai pembiayaan berkembang menjadi kemakmuran pilihan investasi (Lastuti. bantuan keuangan ( Amin dan Chong. membuat salah satunya. komoditas itu menjadi pilihan alternatif Gadai didalam lembaga syariah investasi. Emas merupakan simbol kebanggaan. Emas dapat digadaikan jika darurat. b. 2012). Vol. bahkan cenderung naik Perkembangan gadai emas ke investasi bila diperlukan dengan mata uang lain. Harga emas yang mengalami Berdasarkan latar belakang cenderung terus naik permintaan yang permasalahan tersebut maka penulis selalu melebihi jumlah yang tersedia. batang ataupun koin ). harga yang terus meningkat. Emas tersedia dalam bentuk yang Emas adalah salah satu alternative beragam (perhiasan berbagai bentuk. a. 1 (Januari. Hal 81-97 sewaktu-waktu diperlukan dana. Rahn didefinisikan Investasi emas merupakan investasi yang sebagai metode penyediaan pembiayaan paling aman jika dibandingkan jenis jangka pendek untuk seseorang dengan investasi lain. Nilai Investasinya yang tidak tergerus e. Investasi yang sangat menguntungkan. Amwaluna. 1 No. 2017). Banyak tempat yang mau menerima ditambah lagi transaksi jual belinya gadai emas. Menurut Gustina (2013) disebut dengan rahn. Gadai merupakan praktik transaksi karena memiliki prestise tersendiri keuangan yang sudah lama dalam sejarah 83 EISSN: 2540-8402 | ISSN: 2540-8399 . Ini merupakan salah atau keuntungan melebihi investasi high satu fasilitas pembiayaan mikro yang risk saja situasi dan kondisi tersedia untuk kalangan yang berpangsilan memungkinkan seperti lonjakan inflasi dan rendah dan menengah yang mencari naiknya harga emas dunia. inflasi. seperti pegadaian syariah fleksibel dan pasar terbuka. emas pada pegadaian syariah”. tertarik untuk melakukan penelitian c. Keuntungan investasi emas : 2011). Selain itu invetasi emas juga menggadaikan perhiasanya atau benda bisa membuka peluang bahwa investasi yang bisa menjadi jaminan kepada emas bisa memberikan imbal dan hasil pegadaian syariah. d.

Gadai emas tidak menerapkan imbalan yang cepat dan untuk memenuhi dalam bentuk bagi hasil karena produk kebutuhan modal kerjanya untuk ini diciptakan untuk menolong orang kelangsungan bisnisnya (Amin Dan yang sedang kesulitan dana dalam Chong. berdasarkan jangka waktu tertentu. dana tersebut harus dilunasi keuangan jangka pendek. yaitu digadaikan berkali-kali berpotensi besar dimana waraga masyarakat telah terbiasa mengalami kemacetan. 2011). waktu jangka pendek. sederhana pengertian gadai emas adalah b. Gadai emas syariah tergolong jenis Produk gadai emas pembiayan yang likuid (mudah sebenarnyasejatinya diperuntukkan bagi dicairkan) bagi nasabah yang pengusaha kecil atau menengah. Gadai emas syariah seseorang menemukan situasi yang tidak (Qardh beragunan emas) memiliki terduga seperti kematian dan kecelakaan sejumlah keuntungan dan kerugian yaitu : dimana mereka membutuhkan uang tunai a. tentunya menjebak nasabah dalam hutang Tujuan adanya gadai (rahn) adalah yang besar dan ini tentunya merugikan untuk tujuan pencagahan terutama ketika nasabah sendiri. Emas yang gadai sudah berumur ratusan tahun. bukan membutuhkan pinjaman cepat dan untuk kegiatan investasi emas yang tidak EISSN: 2540-8402 | ISSN: 2540-8399 . seperti bunga pinjaman ke pegadaian syariah. Gadai emas syariah tidak mengandung ketika pemilik emas menggadaikan emas unsur riba. sesuai jamina barang. selanjutnya sehingga produk ini mencerminkan berdasarkan taksiran tertentu maka pemilik unsur tolong menolong kepada sesama emas akan mendapatkan sejumlah dana yang sedang mengalami kesulitan tunai. Seara barang jaminan. c. adalah emas karena harga emas yang Potensi default yang besar ini fluktuasi (Hendi Suhendi . 2007).Nunung Uswatun Habibah. Di Indonesia praktek produktif dan rawan default. karena nsabah melakukan transaksi utang piutang dengan harus menebus berkali-kali lipat. Melakukan gadai emas dikenakan biaya sewa penitipan dan merupakan solusi untuk mendapatkan dana pemeliharaan emas yang dijadikan tunai yang bisa segra digunakan. nasabah hanya Gadai emas bukan merupakan kata diwajibkan melunasi pinjaman dengan yang asing lagi. gadai emas sangat jumlah yang sama akan tetapi tidak bermanfaat ketika kita membutuhkan dana dikenakan biaya modal. Kebanyakan yang menjadi dengan berapa kali nasabah menggadaikan barang jaminan dalam transaksi gadai emas tersebut. Perkembangan gadai emas ke investasi emas Pada pegadaian syariah peradaban manusia. namun hanya tunai segera.

Resiko tak terbayarnya utang penyimpana karena di pegadaian nasabah (wanprestasi) syariah akan terjamin keamanaya dan b. Vol. emas syariah ( Syafii Antonio. bisa Sejarah singkas pegadaian meningkatkan nilai emas tersebut. syariah karena emas memiliki kecenderungan Terbitnya PP/10 tanggal 1 april 1990 selalu meningkat harganya dari tahun dapat dikatakan menjadi tonggak awal ke tahun kebangkitan pegadaian. Pembiayaan yang diberikan melalui yang harus diemban oleh pegadaian untuk gadai emas syariah tergolong mencegah praktek riba. 1 No. mampu membayar tepat pada Adapun resiko yang terdapat pada gadai waktunya emas mudah dijual kembali. 2001) ialah f. Resiko penurunan nilai aset yang biaya pun relatif murah. Dengan menggadaiakn emas. 2017). emas. misi ini tidak pembiayaan jangka pendek (kurang berubah hingga terbitnya PP/103/2000 dari 1 tahun) sehingga hanya cocok yang dijadikan sebagai landasan kegiatan untuk membiayai kebutuhan yang usaha Perum pegadaian sampai sekarang. tidak cocok untuk Banyak pihak berpendapat bahwa investasi jangka panjang. Produk gadai emas syariah tanggal 16 Desember 2003 tentang Bunga mengandung resiko akibat perubahan Bank. Gadai emas syariah tergolong aman mempengaruhi keseimbangan pasar bagi bank pemberi pinjaman sebab emas. ditahan atau rusak g. Gadai emas sebenarnya adalah salah apabila diterapkan sebagai produk : satu cara yang efektif untuk tempat a. Kemudahan dan keuntungan emas memiliki nilai yang relatif stabil yang ditawarkan dalam gadai emas dibandingkan dengan barang jaminan syariha menyebabkan nasabah lainnya. bersifat mendesak. telah sesuai dengan konsep syariah harga emas. operasionalisasi Pegadaian pra Fatwa MUI b. satu hal yang Kelemahan gadai emas syariah dicermati bahwa PP/10 menegaskan misi a. d. Prosedur gadai emas syariah tergolong c. Hal 81-97 mudah. 1 (Januari. Amwaluna. produk gadai emas syariah dengan resiko menurunnya harga dapat dijadikan pilihan. dan apabila nasabah tidak beramai-ramai melakukan gadai emas. Berkat rahmat Allah SWT 85 EISSN: 2540-8402 | ISSN: 2540-8399 . Gadai emas syariah dipadukan dengan mudah dan tidak berbelit-belit. investasi emas berpotensi e. fluktuasi harga emas meskipun harus diakui belakangan bahwa merupakan resiko pasar yang dihadapi terdapat beberapa aspek yang menepis perbankan syariah yang berkaitan anggapan itu.

Pegadaian Syariah pertama b. 2007).Bukhari meriwayatkan dari Aisyah r. Adapun alasan yang dipakai adalah: Hadist juga dapat menunjukkan bahwa EISSN: 2540-8402 | ISSN: 2540-8399 . yang di pegang ( oleh yang berpiutang ). Konsep operasi Pegadaian syariah Akan tetapi jika sebagian kamu mengacu pada sistem administrasi modern mempercayai sebagian yang lain. bahwa agama Islam tidak membeda- Sebagaimana halnya institusi yang bedakan antara orang muslim dan orang berlabel syariah. S. 4 kantor cabang Pegdaian Syariah Menggadaikan Baju Besinya “. Fungsi operasional Pegadaian bertaqwa kepada Allah Tuhannya.Nunung Uswatun Habibah. dan Syariah/ Unit Layanan Gadai Syariah janganlah kamu (para saksi) (ULGS) sebagai salah satu unit organisasi menyembunyikan persaksian. a.A. Menyusul kemudian pendirian ULGS di dari Aisyah R. surakarta. Pegadaian ULGS ini merupakan unitbisnis maka sesungguhnya ia adalah orang yang mandir yang secara struktural terpisah berdosa hatinya. Dan di bawah binaan Divisi Usaha lain Perum barangsiapa yang menyembunyikanya. khusus yang menangani kegiatan usaha maka hendaklah ada barang tanggungan syariah. “Dari A’masy.W membeli makanan dari orang dan yogyakarta di tahun yang sama hingga yahudi dengan cara ditangguhkan September 2003. maka yaitu azas rasionalitas. maka landasan konsep non-muslim dalam bidang muamalah. dari Al-swad. Perkembangan gadai emas ke investasi emas Pada pegadaian syariah dan setelah melalui kajian panjang. semarang. Aceh di konversi menjadi Pegadaian Dari hadist diatas dapat dipahami Syariah. Al-Qur’an Surat Al Baqarah : 283 akhirnya disusunlah suatu konsep “ Jika kamu dalam perjalanan ( dan pendirian unit layanan Gadai Syariah bermu’amalah tidak secara tunai ) sedang sebagai langkah awal pembentukkan divisi kamu tidak memperoleh seorang penulis. Dari SAW. pegadaian Syariah juga mengacu kepada maka seorang muslim teap wajib Syariah Islam yang bersumber pada Al membayar hutangnya sekalipun non Qur’an dan Hadist Nabi Muhammad muslim (Hendi Suhendi. makasar. dan Allah Maha pengelolaanya dari usaha gadai Mengetahui apa yang kamu kerjakan konvensional. efisiensi dan hendaklah yang dipercayai itu menunaikan efektifitas yang diselaraskan dengan nilai amanatnya (hutangnya) dan hendaklah ia Islam. Masih di tahun yang pembayaranya kemudian nabi sama. Hadist kali berfiri di Jakarta dengan nama Unit Al. dari Ibrahim.A Bahwa nabi Muhammad surabaya.a Layanan Gadai Syariah (ULGS) Cabang yang artinya : Dewi Sartika di bulan Januari tahun 2003.

sebagaimana dituangkan dalam Pasal 2 c. Badan Hukum Perum pegadaian menjadi sehingga dapat diangsur sesuai Perusahaan Persero. Permasalahan tanggal 26 Juli 2002 yang menyatakan mendasar adalah lembaga mana yang akan bahwa pinjaman dengan menggadaikan mengakomodasikan kepentingan barang sebagai jaminan utang dalam masyarakat kecil. dana secara cepat . 1 No. Amwaluna. tentunya mempunyai perhatian adalah bahwa pegadaian syariah kelebihan maupun kekurangan tetap berkonsentrasi pada pelayanan dibandingkan dengan bank (Iin Endang. Keanekaragaman barang yang dapat ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 51 dijadikan jaminan. 2017). Pihak pegadaian syariah tidak perubahan status tersebut adalah mempermasalahkan uang tersebut optimaslisi pemanfaatan sumber daya digunakan untuk apa. Oleh karena itu. masayarakat guna memenuhi kebutuhan 1994). Hal 81-97 transaksi atau perjanjian gadai dibenarkan perseroan terbatas menyiratkan bahwa PT dalam Islam bahkan Nabi pernah pegadaian tidak lagi menjadi perusahaan melakukanya. Adapun kelebihan-kelebihan tersebut keberadaan regulasi yang mengatur antara lain: (Muhammad . 1 (Januari. pegadaian syariah menjadi urgen. masyarakat tidak dirugikan oleh praktik sehingga memudahkan konsumen jasa pegadaian yang hanya bermotif profit. untuk memenuhinya.angsuran ringan tahun 2011 tentang Perubahan Bentuk karena tidak ditentukan besarnya.1997). diperkuat dengan Fatwa Dewan Syariah melainkan menjadi pelaku usaha yang Nasional No 25/DSN-MUI/III/2002 mengejar keuntungan. jadi sesuai perseroan dengan menerapkan prinsip 87 EISSN: 2540-8402 | ISSN: 2540-8399 . hal ini disebabkan prosedurnya Pegadaian menjadi perusahaan persero yang sedrhana cukup 15 menit. Waktu yang relatif singkat untuk semakin relevan dengan kehendak memperoleh uang yaitu pada hari itu pemerintah untuk mengubah status Perum juga. bentuk rahn diperbolehkan Pegadaian sebagai lembaga milik Hal yang paling penting untuk menjadi pemerintah. Persyaratan yang sangat sederhana. tersebut adalah usaha pegadaian ditujukan d. Vol. agar a. Landasan ini kemudian yang mengemban pelayanan publik. dan biaya ijarah dengan pemikiran bahwa tujuan lain dari e. Regulasi pegadaian syariah menjadi b. Hal yang perlu kemampuan dengan jangka waktu 120 diperhatikan dari peraturan pemerintah hari. Cukup dipungut biaya administrasi bagi masyrakat berpenghasilan menengah.

pengaruh yang cukup signifikan bagi f. Tidak semua SDM memahami betul bawah). EISSN: 2540-8402 | ISSN: 2540-8399 . Diperlukan kecermatan dalam menata Peluang ( Oppourtunity) Pegadaian kembali aturan tentang pegadaian syariah. 51 tahun 2011. pegadaian tidak dapat e. dapat menjadi peluang tapi dapat membayar biaya administrasi dan juga menjadi tantangan. jumlah kecil ( nasabah menengah- d. (Rais Sasli: 2005) tentang operasional gadai syariah Di masa datang. Saat ini. Adapun peluang biaya ijarahnya tersebut antara lain : g. Dapat dilunasi sewaktu-waktu atau pengembangan kinerja pegadaian syariah pun dapat diperpanjang hanya dengan sendiri. dimanfaatkan selama digadaikan pesaingnya hanya dari internal c. Syariah mengingat misi pelayanan publik yang Pegadaian sebagai lembaga semula diemban oleh perum pagadaian perkreditan milik pemerintah. akan diperkirakan akan berakhir dengan mendapatkan pengaruh juga dari luar terbitnya kebijakan pemerintah melalui PP lingkungan karena ke depan pengaruh No. Barang bergerak yang digadaikan harus pegadaian syariah. Perkembangan gadai emas ke investasi emas Pada pegadaian syariah dengan kehendak masyarakat atau keuangan hlobal ini akan memberikan nasabahnya. Belum memiliki visi dan misi sendiri dilepaskan dari fungsinya sebagai karena masih ikut dengan perusahaan alternatif pembiayaan bagi masyarakat. Jumlah kredit gadai yang dapat perusahaan sendiri “pegadaian diberikan masih terbatas untuk jenis konvensional” dan pegadaian illegal emas dan berlian terutama di kota-kota “swasta” yang jumlah assetnya masih besar padahal justru di kota besar ini cukup kecil. masih cukup diserahkan ke pegadaian. Konsumen atau calon nasabah b. Serta jumlah pinjaman angka kemiskinan relaatif tinggi atau ‘pendanaan” relatif masih dalam dibandingkan di daerah / kota kecil. induk( Perum pegadaian). Nasabah pegadaian syariah bukan dikeluarkan fatwa oleh MUI tentang hanya dari umat Islam. Umat non kebolehanya. Islam pun memanfaatkan keberadaan Kelemahan pegadaian syariah pegadaian syariah ini karena mereka yaitu : lebih pada faktor pelayanan bukan a. sehingga terbuka lebar dikarenakan pesaingnya barang tersebut tidak dapat relatif masih belum banyak. Operasional gadai syariah telah a.Nunung Uswatun Habibah. Harus ada jaminan berupa barang pada faktor “idialisme atau agama “ bergerak yang mempunyai nilai b.

mengubah motif dari memiliki perhitungan sendiri yang kita pelayanan publik menjadi orientasi tidak ketahui. kira-kira berapa nilai literatur dan sumber tertulis lain yang yang wajar bagi emas yang kita berhubungan dengan masalah yang sedang 89 EISSN: 2540-8402 | ISSN: 2540-8399 . biasanya terakomodasi dalam tataran regulasi timbul biaya adimnistrasi yang harus c. Amwaluna. Persyaratan untuk melakukan gadai sertifikasi dan perdagangan logam gadai emas di pegadaian syariah mulia. maka Data yang diperoleh peneliti pihak pegadaian syariah akan menilai dengan cara mempelajari buku-buku atau menaksir. selanjutnya kita bagi masyarakat berpenghasilan akan diberikan pinjaman berupa uang menengah. profit ( keuntungan) b. pelayanan jasa taksiran. Setelah ditaksir Mengacu pada perubahan status dan nilai emasnya. Ini berarti usaha mikro sebesar 90% dari nilai taksiran. selanjutnya isi formulir menengah bawah ke arah menengah gadai emas. Vol. jasa titipan. maka akan ditetapkan kegiatan usaha pegadaian syariah dan draf berapa pinjaman yang akan diberikan. 2017). kecil dan masyarakat kecil tidak lagi c. 1 (Januari. dapat dikatakan bahawa dipisahkan dari kemauan warga PT pegadaian syariah di masa datang tidak masyarakat Islam untuk melaksanakan diposisikan sebagai alternatif pembiayaan transaksi akad gadai berdasarkan prinsip masyarakat komplemen bagi dunia hukum Islam yang dilatar belakangi oleh perbankan. a. memperjelas pangsa pasar cukup mudah. Usaha pegadaian syariah ditujukan emas tersebut maka. yakni menyalurkan pinjaman d. Biaya gadai yang menjadi hak berdasarkan hukum gadai termasuk pegadaian (Ijaroh). petugas pegadaian. Cukup membawa pegadaian syariah begeser dari emasnya. maraknya aspirasi dari warga masyarakat Ketika melakukan gadai emas di islam di berbagai hukum Islam dalam pegadaian syariah ada beberapa komponen berbagai aspeknya termasuk pegadaian perhitungan yang harus kita ketahui : syariah. 1 No. Setelah diketahui berapa taksiran nilai b. Pada saat menggadaikan emas. Perubahan status badan hukum gadaikan . Kegiatan utama PT pegadaian syariah kita tanggung. Untuk menaksir nilai emas pegadaian syariah dari perum menjadi yang digadaikan pegadaian syariah persero. Dalam proses gadai emas. Emas akan ditaksir oleh atas. rancangan Undang-undang tentang Pegadaian Syariah di Indonesia tidak dapat pegadaian syariah. Hal 81-97 a.

jumlah responden. mengutip/ Berdasarkan data responden menganalisa dan meragnkum hal-hal yang berdasarkan jenis kelamin dapat dijelaskan diperlukan. Perkembangan gadai emas ke investasi emas Pada pegadaian syariah diamati oleh peneliti yaitu data sekunder.Nunung Uswatun Habibah. Kemudian pekerjaan Dari jumlah responden yang telah PNS sebanyak 15 orang dengan persentase EISSN: 2540-8402 | ISSN: 2540-8399 . dan tabulasi silang (cross tab). keterangan-keterangan pribadi mengenai Berdasarkan data responden responden. kemudian penulis orang dengan tingkat persentase 20% dan memberikan beberapa pertanyaan tersebut 31-40 tahun sebanyak 19 orang dengan akan disajikan dalam bentuk tabel. berumur < 20 tahun tidak ada sama sekali Perbandingan jenis kelamin yaitu 0. Penulis memperoleh banyak yaitu 21 orang dengan persentase profil responden dengan cara melakukan sebesar 42% dibandingkan dengan nasabah observasi langsung ke Pegadaian Syariah yang berumur 20-30 tahun sebanyak 10 cabang Tasikmalaya. bahwa dari hasil penelitian yang dilakukan Kuesioner adalah penulis membuat terhadap 50 responden dapat diketahui daftar pertanyaan yang relevan dengan bahwa jumlah nasabah perempuan lebih penelitian yang dilakukan. syariah cabang Tasikmalaya sehingga hasil maka jumlah nasabah perempuan sebanyak isian dari responden cabang Tasikmalaya 33 orang dengn tingkat persentase sebesar merupakan tanggapan dan jawaban atas 66% dari total responden yang ada. ditujukan kepada nasabah pegadaian Diliat dari frekuensi dan persentasenya. ditentukan sebagai penelitian. nasabah dapat dilihat dari hasil kuesioner Berdasarkan data responden yang telah disebar. Kuesioner ini banyak dari pada jumlah nasabah laki-laki. Perbandingan jenis berdasarkan pekerjaan dapat dikethui kelamin ini dapat digunakan untuk bahwa didominasi oleh nasabah yang mengetahui seberapa besar menggunakan pekerjaanya wiraswasta yaitu sebanyak 19 produk pegadaian syariah yaitu gadai emas orang dengan persentase 38 % dari total yang diberikan oleh pegadaian Syariah. berbagai pertanyaan yangdiajukan. Responden dalam penelitian ini berdasarkan usia diketahui bahwa nasabah merupakan nasabah Pegadaian Syariah yang berusia>41 tahun ke atas lebih cabang Tasikmalaya. yaitu Dimana langkah-langkah yang dilakukan sebanyak 50 orang. tingkat persentase 38%.grafik. Sedangkan untuk nasabah laki-laki sebanyak 17 orang dengan tingkat II. PEMBAHASAN persentase sebesar 36% dari total jumlah Profil responden adalah responden yang ada. Sedangkan yang frekuensi. adalah dengan cara mambaca.

000. masyarakt perepuan lebih banyak Berdasarakan data responden dibandingan jumlah masyarakat laki-laki berdasarkan pendapatan dapat diketahui dari total jumlah responden yang ada yaitu bahwa nasabah didominasi oleh nasabah 61 jumlah perempuan dan 39 jumlah laki- yang berpendapatan Rp. 2017). memilih alasan kebutuhan hidup sebanyak Dari alasan nasabah memilih 30 orang dengan persentase 72%. pendidikan SMA lah yang dengan persentase 38%.000.00 sebanyak dari lamanya menjadi nasabah di 9 orang dengan persentase 18% dari total pegadaian syariah 38 jumlah masyarakat jumlah responden.000. dan dilihat 1.000. 1 (Januari. Kemudian lebih dominan yaitu sebanyak 41 orang nasabah yang berpendapatan Rp. Untuk pekerjaan berpendapat lebih dari Rp. Pegadaian Syariah sebagai suatu solusi Kemudian diikuti dengan alasan modal dalam menggdaiakan emas dapat dilihat 91 EISSN: 2540-8402 | ISSN: 2540-8399 .000.00 – laki. Selanjutnya yang yang lebih dominan lama Tabel 1 Penyajian data dan Analisis Deskriptif Data Alasan Nasabah Menggadaikan Emasnya di Pegadaian Syariah Alasan nasabah menggadaikan emasnya di Frekuensi Persentase Pegadaian Syariah Kebutuhan Hidup/konsumsi 36 72 Modal usaha 14 28 Total 50 100 Sumber : Data Primer Dari tabel tersebut dapat dijelaskan usaha sebanyak 14 orang dengan bahwa yang menjadi alasan utama nasabah persentasae 28%. Hal 81-97 30% dari total responden. sebanyak 16 orang dengan persentase 32 Berdasarkan data bahwa jumlah %. 1 No.00 lain-lain buruh pabrik. 2. 2. dari total jumlah responden. 3. Amwaluna.000. tukang bakso sebanyak 3 orang dengan persentase 6%.000.000.00 yaitu sebanyak 19 orang pendidikan.00 – Rp. Dapat disimpulkan memilih menggadaikan emasnya di bahwa yang menjadi alasan terbesar pegadaian Syariah adalah karena untuk nasabah dalam menggadaikan emasnya di kebutuhan hidup/konsumsi. sedangkan dilihat dari tingkat Rp. Vol. hal ini dapat pegadaian Syariah adalah untuk kebutuhan dilihat dari jumlah responden yang hidup/konsumsi yang merreka butuhkan. 3.000.000.

Masih Sedangkan jumlah responden dengan jenis terdapat sebanyak 36% reponden kelamin wanita sebanyak 33 responden menyatakan tahu mengenai akad dengan persentase sebesar 66. Pengetahuan tentang logam karena proses menggadaiakan emas muliapada pegadaian syariah dengan syarat yang mudah. cepat dan Data penelitian menujukkan bahwa aman. tahu. Hal itu didasarkan pada Syariah.0%. yang digunakan pada produk ligam Berdasarkan teori yang mulia dan sebanyak 225 sangat dikemukakan oleh steven M. Respon Kognitif (Pengetahuan) menggadaikan emas di Pegadaian Syariah a.Chaffe. respon terbagi menjadi tiga bagian yaitu : c. guna pegadaian Syariah sebagai solusi dalam mengetahui respon nasabah terhadap menggadaikan emas mempunyai alasan pembelian logamm mulia pada Pegadaian yang beragam. Hal ini dengan jeis kelamin pria sebanyak 17 ditunjukkan mayoritas 37% responden dengan persentase sebesar responden kurang tau dan sebanyak 34. Prosedur/Tata cara pembelian EISSN: 2540-8402 | ISSN: 2540-8399 . responden diminta menjawab 18 jumlah responden sebanyak 32 orang atau item pertanyaan respon. Pengetahuan Tentang Kognitif (pengetahuan). Pengetahuan tentang akad yang dapat disimpulkan bahwanasabah dipergunakan pada produk Logam menggadaikan emasnya di pegadaian mulia syariah dengan alasan karena proses Data penelitian menunjukkan menggadaiakan emas dengan syarat yang bahwa responden memiliki mudah. Nunung Uswatun Habibah. sehingga tidak memberatkan mayoritas 58% respon mengetahui peminjam. Berikut hasil sebesar 72% dari total responden kuesioner masing-masing pertanyaan: menyatakan bahwa alasannya 1. pengetahuan mengenai akad yang Berdasarkan tabel diatas terlihat digunakan dalam produk logam bahwa frekuensi atau jumlah responden mulia kurang baik. Perkembangan gadai emas ke investasi emas Pada pegadaian syariah bahwa alasan nasabah memilih perum konatif (tindakan).0%. cepat dan aman. Sebanyak 5 orang atau sebesar adanya produk Logam Mulia dan 10% dari total responden menyatakan bahkan sebanyak 42%sangat tahu. hal ini dibuktikan dengan kecil. Sebanyak 9 orang atau kecil sebesar secara keseluruhan pengetahuan 18% dari total responden menyatakan reposnterhadap logam mulia sangat segala biaya yang ada persentasenya (%) positif. Afektif (sikap). tidak ada pilihan lain. Untuk itu. 5% menyatakan tidak tahu. Dengan demikian b.

Muliasangat baik. Sikap Setelah mengetahui Produk yakin. sebanyak 155 mayoritas 595 responden menyatakan sangat setuju dan yang menyatakan sangat yakin dan banyak 41% menyatakan yakin. Keyakinan Kesesuaian Sistem Dari data penelitian diketahui Pembelian dengan Syariah bahwa sikap responden setelah Keyakinan responden mengenai mengetahui produk logam mulia sistem pembelian prosuk Logam secara keseluruhan sangat positif. 2017). bahwa mayoritas 52% responden b. Hal ini dibuktikan dengan Hal ini berdasarkan data penelitian mayoritas 56% responden yang menunjukkan bahwa menyatakan setuju. Keyakinan Kesesuaian Akad bahwa pengetahuan responde dengan Syariah mengenai prosedur/ tata cara Keyakinan responden mengenai pembelian produk Logam kesesuaian akad dengan syariah. akad yang digunakan sesuai syariah Respon Afektif ( Sikap) dan sebanyak 48% menyatakan a. Keyakinan Keaslian Kadar Emas administrasi yang dikenakan dalam Keyakinan responden mengenai produk logam Mulia cukup positif. Logam Mulia d. 93 EISSN: 2540-8402 | ISSN: 2540-8399 . Sikap mengenai Biaya meyatakan yakin bahwa sistem Administrasi Produk logam Mulia pembelian produk logam mulia Dari data penelitian. 1 (Januari. Hal 81-97 produk logam Mulia di pegadaian kurang setuju dan tidak setuju Syariah masing-masing 26% dan 3%. keaslian kadar emas sangat positif. hal ini berdasarkan data mayoritas 54% responden penelitian yang menunjukkan menyatakan setuju. Mulia dengan sistem syariah sangat Hal ini dibuktikan dengan positif . Hal ini responden sebanyak 74% didasarkan dari data penelitian menyatakan tahu. bahkan sebanyak yang menunjukkan bahwa 22% responde menyatakan sangat mayoritas 52%responden tahu dan hanya sebanyak 4% menyatakan sangat yakin bahwa menyatakan kurang tahu. 1 No. Vol. Hal ini responden memiliki keyakinan ditunjukkan dengan mayoritas yang sangat positif . Amwaluna. Data penelitian menunjukkan c. responden terhadap biaya e. sikap sesuai dengan sistem syariah.

bagus. sebanyak 28% 64% responden menyatakan menyatakan tidak setuju dan sebanyak 3% pegawai pegadaian syariah dalam menyatakan sangat tidak setuju. Pembelian Produk Logam Mulia Menawarkan Produk logam mulia dengan Cara Tunai Data penelitian menunjukkan Data penelitian menunjukkan bahwa bahwa pendapat responden minat nasabah membeli produk logam mengenai pegawai pegadaian mulia dengan cara tunai kurang positif.Nunung Uswatun Habibah. mulia pada pegadaian syariah secara Respon Konatif (Tindakan) keseluruhan. Terdapat menawarkan produk logam mulia pula sebanyak 10% respon menyatakan adalah bagusdan bahkan sebanyak sangat setuju dan sebanyak 23% 23% responden menyatakan sangat menyatakan setuju. b. diperoleh dengan cara a. dibuktikan dengan mayoritas 60% penyebaran total skor data variabel respon terhadap pembelian logam mulia pada EISSN: 2540-8402 | ISSN: 2540-8399 . Berdasarkan ketertarikan nasabah terhadap produk data penelitian dapat diketahui bahwa skor logam mulia adalah positif. Hal ini Data penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data penelitian yang minat nasabah pada produk logam mulia menunjukkan bahwa mayoritas cukup baik. Ketertarikan Membeli Produk menjumlahkan skor yang didapat dari Logam Mulia di Pegadaian Syariah variabel respon terhadap pembelian logam Dari data penelitian bahwa mulia di pegadaian syariah. Hal ini dibuktikan dari data 59% responden menyatakan sangat bahwa mayoritas 68% responden yakin dan sebanyak 41% menyatakan setuju dan sebanyak 32% menyatakan yakin. Namun masih ada sebanyak Selanjutnya untuk mengetahui 13% responden yang menyatakan respon nasabah terhadap pembelian logam kurang bagus. Keyakinan Keaslian Serifikat responden menyatakan sangat setuju dan Keyakinan mengenai keaslian sebanyak 40% menyatakan setuju. menyatakan setuju. Perkembangan gadai emas ke investasi emas Pada pegadaian syariah f. sertifikat produk logam mulia. Hal ini terendah 71 dan skor tertinggi adalah 94. Pegawai Pegadaian Syariah c. Hal ini diperoleh mayoritas 36% responden berdasarkan data bahwa mayoritas menyatakan kurang setuju. Sudah Membeli Produk logam responden memiliki keyakinan mulia yang sangat positif. syariah dalam menawarkan produk Hal ini dapat dibuktikan dengan data yang logam mulia cukup bagus. g.

sadar akan pentingnya investasi atau Solusi untuk mempertahankan menabung emas dimana karakteristik emas investasi emas logam mulia adalah dengan yang kebal akan inflasi dari tahun ke tahun menggunakan jasa pegadaian syariah jika harga emas akan terus meningkat. berbagai negara. mencukupi rencana masa dan Riba). terhitung dijual belum tentu dapat dimiliki lagi sebanyak 37 responden dengan persentase dalam jangka waktu cepat. Amwaluna. mempertahankan nilai beli terlepas dari unsur Magrib (Maysir. pasti akan berfikir akan menjualnya jalan yang sangat mudah dilakukan. sebab sudah banyak warga yang untuk membeli lagi emas yang diinginkan. mudah 74% menyatakan tertarik dengan investasi menjualnya tetapi belum tentu mudah emas. Vol. 2017). pendidikan maupun memerlukan dana. jarang sekali pihak segala kebutuhan. investasi emas untuk tujuan mengamankan Sedangkan faktor label syariah yang kekayaan. diperkuat dengan fatwa MUI depan. pegadaian syariah mau menawarkan emas Secara makro. meskipun mempengaruhi untuk berinvestasi emas di udah berkali-kali masuk ke pegadaian pegadaian syariah serta didukung oleh syariah jika emas tersebut termasuk jenis penduduk Indonesia yang mayoritas emas logam mulia tidak akan menurunkan beragama Islam yang sangat menghendaki harga. SIMPULAN solusi yang tepat karena emas yang telah Dari 50 responden. 1 (Januari. Mayoritas memilih kebutuhan lainya. netral dan respon emas ketika terdesak himpitan ekonomi negative. Keamanan akan emas dalam berbagai transaksi untuk memenuhi juga akan terjaga. terpaksa membutuhkan dana lebih baik ditambah lagi tingginya likuiditas emas emas digadai sebagai tambahan modal. investasi emas akan tersebut untuk disewa orang lain. dan bisa juga untuk menambah yang baru-baru ini tentang pengharaman kekayaan bunga adalah bagian dari faktor yang Nilai emas akan tetap aman. Inflasi sesungguhnya Pola berfikir masyarakat dalam adalah suatu kemudhratan ekonomi yang memanfaatkan emas telah berubah karena harus ditekan. sehingga mudah dijual kapan saja saat kita baik itu untuk usaha. bahkan semakin lama akan semakin diterpkanya prinsi-prinsip syariat Islam naik dan melonjak. Salah satunya ialah dengan 95 EISSN: 2540-8402 | ISSN: 2540-8399 . tidak mengurangi inflasi yang selama ini terus seperti kendaraan yang memang memiliki membayangi dan terjadi ekonomi di nilai fungsi cukup banyak. Hal 81-97 pegadaian syariah di bagi berdasarkan selama ini masyarakat yang memiliki aset kategori respon positif. 1 No. dan bukan III. Gharar dimasa depan.

Jakarta : Keuangan Lainnya. Pertimbangan Return 2. (2002). (2009).co.Yang perlu diperhatikan pada keuangan Syariah. ( 1997). Edisi Pertama. (2005). Jakarta : PT Sinar Grafika Offset.id Ali Zainudin. emas batangan tersebut digadaikan Penyunting). Http://Pegadaian Syariah Mulia DAFTAR PUSTAKA Http://www. Himpunan Fatwa Dewan Syariah manage gadai emas kita dengan Nasional. Hartono. tentunya) memadai. batangannya. darurat dan kiranya income Anda (setelah Anshori & Abdul Ghofur. Jakarta : RENAISAN mendorong perputaran bisnisnya. Surakarta : Orasi Guru gadai dan menebus emas Besar UNS. Kementerian Agama: Surabaya. EISSN: 2540-8402 | ISSN: 2540-8399 . Firdaus.Nunung Uswatun Habibah. Jadi kita tidak tekor hanya karena tidak me. (2006) Gadai Anda perhitungkan dengan matang. Syariah di Indonesia. Muhammad et.al (Tim 1. Konsep. Hasil dari perputaran bisnisnya. (2001).Pegadaian. dengan bantuan gadai Implementasi dan emas syariah. Mengatasi yang mana uang hasil gadai Masalah Dengan Pegadaian tersebut dia manfaatkan untuk Syariah. cara ini adalah kita mesti memahami Jakarta : Diterbitkan atas dan mengkalkulasi secara cermat Kerjasama DSN-MUI dan Bank kemampuan kita untuk membayar Indonesia.25/DSN-MUI/III/2002 atas kebutuhan/modal usaha yang kita perlukan. biaya gadai dan biaya menebus emas batangan yang kita gadaikan. Untuk Lembaga baik. Bank dan Lembaga Syariah. Jika keadaan begitu mendesak atau CV Jaya Sakti. Raja Grafindo Persada. kita dapat memanfaatkan emas kita untuk mendapatkan pembiayaan Fatwa DSN No. dia dan Resiko Dalam keputusan gunakan untuk membayar biaya Investasi. Perkembangan gadai emas ke investasi emas Pada pegadaian syariah menginvestasikan uang jertas dalam Al-Qur’an dan Terjemahanya. Hukum Gadai Kasmir. (2008). Edisi 1. bentuk cadangan emas.

Sigit Triandaru. Amwaluna. Lewis. Implikasi Aktivis Ekonomi Syariah terhadap Perkembangan Hukum Ekonomi di Indonesia. (2009) Investasi Syariah. Al Haod. University of trisakti.. Susilo. Capasity Building Nasabah Pegadaian Syariah. Artikel: Jakarta Sharia Economic magazine. Latifs M. Desember). Jakarta : Lembaga Penelitian UIN Jakarta. (Vol. (2001). No. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. (1995). Yogyakarta : AMP YKPN Lasturi Abubakar. 1 No. No. Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Binis dan Ekonomi. Manajemen Lembaga Keuangan. (2010). Sri. (2008). (2005) Perbankan Syariah. (2000).1.. Intermedia. Radoni & Ahmad.Y. Jakarta: Salemba Empat. 1 (Januari.2. Jakarta : Pt Serambi Ilmu Semesta.. Jakarta : CV. 4) 2008. 97 EISSN: 2540-8402 | ISSN: 2540-8399 . Mervin K. Totok Budi Santoso. Hal 81-97 Kuncoro & Mudrajat. (Vol 7. Legal Review.. Rais & Sasli. 2017). A.. prinsip praktik dan prospek.. Cetakan pertama. Usman & Marzuki. Vol.