You are on page 1of 9

SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP

)

Cara Pencegahan Konstipasi

Tugas Mata Kuliah Promosi KesehatanDisusun Oleh :
Sindy Puspasari
34403014039
Tingkat : II – A

AKADEMI KEPERAWATAN JAYAKARTA

DINAS KESEHATAN PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA

Tahun 2015

Satuan Acara Penyuluhan

Diet Tinggi Serat untuk Penderita Konstipasi

Ceramah 2. Media dan Alat 1. Contoh model makanan tinggi serat D. Tanya jawab C. Pelaksanaan Kegiatan No Tahap Kegiatan Penyuluhan Kegiatan Sasaran . 2. Menyebutkan gejala penderita konstipasi c. mengerti dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari tentang konstipasi dan diet tinggi serat. Menjelaskan jenis makanan yang dianjurkan dalam diet tinggi serat B.Aminah Hari/Tanggal : Selasa/15Desember 2015 Waktu : 15 menit Tempat : Ruang Melati RSUD Pasar Rebo Diagnosa Keperawatan : Resiko terjadinya konstipasi akibat kurangnya konsumsi serat A. Leaflet 2. Penyebab Konstipasi. b. d. Metode 1. Tujuan Instrumental Umum (TIU) : Setelah mendengar penyuluhan. Tujuan Instrumental Khusus (TIK) : Masyarakat kelurahan cipayung dapat : a. Tujuan 1. Menjelaskan pengertian konstipasi.Pokok Bahasan : Cara Pencegahan Konstipasi Sub Pokok Bahasan : Jenis makanan yang dianjurkan dalam diet tinggi serat Sasaran : Ny. Cara mencegah konstipasi e.tentang diet tinggi serat pada penderita konstipasi selama 30 menit ibu-ibu dan remaja wanita di puskesmas cipayung memahami. Lembar bolak-balik 3.

feses keras dan merasakan sakit atau sulit buang air besar. Jelaskan pengertian konstipasi? Konstipasi atau susah buang air besar adalah jarangnya buang air besar atau sulitnya mengeluarkan feses. Evaluasi Evaluasi dilakukan di akhir penyuluhan dengan mengajukan pertanyaan adapun pertanyaan sebagai berikut : 1.  Menjelaskan penyebab konstipasi.  Menjelaskan cara mencegah konstipasi. Kegiatan 1 Pendahuluan  Pembukaan.  Menjelaskan maksud mendengarkan.  Memperhatikan.  Menjawab salam 3menit  Memberi salam. Konstipasi terjadi jika tidak bisa buang air besar selama 3 hari berturut-turut. . dan tujuan.  Memberi salam.  Menjelaskan jenis makanan tinggi serat. dan menjawab  Memperkenalkan pertanyaan. konstipasi. pertanyaan. 3 Evaluasi  Tanya jawab  Partisipasi aktif 3 menit  Menanyakan kembali postest.  Mengkaji menjawab pengetahuan peserta.  Menyebutkan gejala konstipasi. diri. E. 4 Penutup  Meminta  Memberi salam dan 3 menit memberikan saran menjawab salam dan kesimpulan. 2 Penyajian  Menjelaskan  Mendengarkan 6menit pengertian dengan seksama.

3. atau wasir dapat terjadi. 4.Buah yaitu. . seperti mengkonsumsi beras tumbuk/merah. pisang. terasa tidak nyaman. kacang panjang. lesu. pola buang air besar yang kurang baik. daun singkong. daun papaya. Apa saja gejala penderita konstipasi? Tinja yang keras. dan hindari menunda keinginan buang air besar. mengurangi minuman alkohol dan kafein. yang sulit untuk dikeluarkan atau menimbulkan sensasi buang air besar yang tidak tuntas. brokoli. kacang hijau. olahraga. dan efek samping obat-obatan. Rentan sakit kepala. Protein nabati seperti kacang kedelai. minuman yang mengandung kafein dan alcohol. kurang minum air putih. nyeri punggung bawah. jeruk (dengan selaputnya).buncis dan ketimun. kacang tanah. Bagaimana cara mencegah konstipasi? Cara mencegah konstipasi yaitu dengan mengatur pola makan.perut terasa begah. dalam kasus parah dan lama. atau olahankacang- kacangan seperti tempe. hevermout dan roti gandum. Apa saja jenis makanan yang dianjurkan dalam diet tinggi serat? Jenis makanan yang dianjurkan dalam diet tinggi serat adalah karbohidrat yaitu. nanas. cepat lelah. anggur. mengkonsumsi makanan kaya akan serat. mangga.2. kembung dan ketidaknyamanan perut.tubuh tidak fit. jagung muda. Sayuran yaitu. 5.pepaya. penuh dan kaku. apel. kering. Apa saja penyebab konstipasi? Penyebab konstipasi berasal dari pola makan yang kurang baik. perdarahan rektum.

Gejala penderita konstipasi .Buang air besar yang normal sangat bervariasi antara individu. bukan penyakit. feses keras dan merasakan sakit atau sulit buang air besar. Konstipasi merupakan gejala. Materi Penyuluhan 1. Pengertian konstipasi Konstipasi atau susah buang air besar adalah jarangnya buang air besar atau sulitnya mengeluarkan feses. 2. antara tiga kali sehari sampai tiga kali seminggu. Feses orang yang mengalami konstipasi atau susah buang air besar biasanya keras karena mengandung jumlah air yang lebih sedikit.Konstipasi terjadi jika tidak bisa buang air besar selama 3 hari berturut- turut.

a. a. kering. . Tinja yang keras. dkk (2010). makanan yang kaya akan hewani (produk susu. Kurang minum air putih juga dapat menyebabkan feses keras. Mengabaikan keinginan untuk buang air dapat memulai siklus konstipasi atau susah buang air besar karena jika dibiarkan lama. 3. Pola buang air besar yang kurang baik. Minuman yang mengandung kafein dan alkohol dapat menyebabkan kecing lebih sering. Feses sulit dikeluarkan atau dibuang ketika buang air besar. perdarahan rektum. Menurut Akmal. dan terkadang harus mengejan atau menekan-nekan perut terlebih dahulu supaya dapat mengeluarkan dan membuang feses (bahkan sampai mengalami ambeien wasir). yang sulit untuk dikeluarkan atau menimbulkan sensasi buang air besar yang tidak tuntas. c. ada beberapa tanda dan gejala yang umum ditemukan pada sebagian besar atau terkadang beberapa penderita sembelit sebagai berikut: a. Perut terasa begah. Dalam kasus parah dan lama. atau wasir dapat terjadi. c. kecuali anda memiliki kondisi medis yang mengharuskan anda membatasi asupan cairan. b.Minum minimal 8 gelas air sehari. d. Tentunya hal ini dapat mengakibatkan kurangnya air untuk menjaga agar feses tetap lembut. daging dan telur) dan gula akan tetapi kurang mengkonsumsi makanan yang berserat seperti buah dan sayuran dapat menyebabkan konstipasi. Pola makan yang kurang baik. nyeri punggung bawah. lesu. terasa tidak nyaman. Kembung dan ketidaknyamanan perut. cepat lelah sehingga malasmengerjakan sesuatu bahkan terkadang sering mengantuk. penuh dan kaku. b. Tubuh tidak fit. pada saat bersamaan tubuh berkeringat dingin. b. orang tersebut juga dapat kehilangan keinginan untuk buang air besar. Penyebab konstipasi Berikut ini ada beberapa penyabab konstipasi atau susah buang air besar yang sering di alami oleh orang-orang yang menderita konstipasi. c.

Mengkonsumsi makanan kaya akan serat Serat penting bagi kesehatan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. b. yaitu serat yang terlarut dan tak larut. Cara mencegah konstipasi a. suplemen kalsium.Serat terlarut ditemukan dalam makanan semisal apel. Minimal 10-15 menit untuk olahraga ringan. Mengurangi minuman Alkohol dan Kafein Untuk pengobatan konstipasi atau susah buang air besar yang harus anda lakukan adalah mengurangi minuman yang mengandung kafein dan beralkohol.konstipasi biasanya akan reda saat anda berhenti meminum obat tersebut. Efek samping obat-obatan. c. Hindari menunda keinginan buang air besar . (Campbell. gandum hitam. dan polong-polongan. sayuran hijau. suplemen zat besi. e. 4. untuk mendapatkan feses yang lembut di perlukan 20-35 gr serat setiap hari. pir. obat deuretik. 2006 ). Karena dengan setiap minum satu gejal kopi atau teh atau alkohol harus di imbangi dengan meminum segelas air (di luar dari 7-8 gelas setiap hari).Serat yang cukup pada makanan akan membuat feses menjadi lunak dan licin sehingga mudah melewati usus. d. Jika serat tidak bisa diperoleh dari makanan. anda dapat memperolehnya dari suplemen. Jenis-jenis obat yang terkadang dapat menyebabkan konstipasi adalah: antasida yang mengandung almunium. e. seperti jalan kaki (jogging) bisa dilakukan. Serat tak terlarut yang ditemukan didalam kacang-kacangan. Olahraga Dengan melakukan olahraga secara rutin dapat memicu keinginan untuk melakukan buang air besar. buah. Olahraga. havermut (oat).Selain itu terdapat dua macam serat. Mengatur pola makan dengan lebih banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak serat.Serat membantu kenyang lebih lama dan menjaga pelepasan gula yang stabil kedalam darah.

b. seperti jeruk (di makan dengan selaputnya). kacang hijau nanas mata  Disamping daging acar  Opor  Setup sapi itu minum  Setup tempe brokoli air putih 8-  Sayur  Sayur wortel 10 gelas asem lodeh +  Lalapan  Sambel buncis  Apel (selada dan ketimun)  Sambal . atau olahan kacang-kacangan seperti tempe. hevermour dan roti gandum. brokoli.Menunda ketika dorongan buang air besar muncul justru dapat menimbulkan konstipasi. pisang. Sayuran : Sayuran yang serat tinggi. jagung muda. kacang hijau. Karbohidrat : Beras tumbuk/merah. serta buah yang dimakan dengan kulitnya. kacang panjang. Jenis makanan yang dianjurkan dalam diet tinggi serat a. d. Contoh menu tinggi serat dalam sehari Pagi Pukul 10. papaya.00 Malam  Nasi  Bubur  Nasi  Setup  Nasi  Telur  Semur  Ikan bb. daun papaya. sirsak. Buah : Buah-buahan yang berserat tinggi. 5. c. kacang tanah. Terkadang banyak yang memilih untuk menunda pergi ke kamar mandi ketika dorongan buang air besar muncul dengan berbagai alasan. dan anggur.00 Siang Pukul 16.daun kacang panjang. dan buncis. seperti apel. oyong. nanas. Protein nabati : Kacang kedelai. manga. seperti daun singkong.

 Jeruk DAFTAR PUSTAKA Alamatsier Sunita. (2006). Buku Saku Dokumentasi Keperawatan. Buku Saku Diagnosa Keperawatan. (2007).Penuntun Diet Edisi baru. Juall Lynda. Jakarta: EGC T. (2006).Edisi 10. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Carpenito. Jakarta: EGC .M Marelli.