You are on page 1of 12

Panduan

Jakarta. 4 Maret 2016 a. 196111021981011001 Pustekkom . Akhirnya kami berharap semoga petunjuk pemanfaatan ini dapat memberikan manfaat bagi yang membutuhkan. Untuk itu kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Panduan Register dan Pendaftaran Pelatihan ini Panduan Register dan Pendaftaran Pelatihan ini disusun bertujuan untuk memberikan panduan dan informasi kepada guru mata pelajaran dalam melakukan registrasi keikutsertaan pada pelatihan pemanfaatan rumah belajar yang diselenggarakan oleh Pustekkom di 34 lokasi Kabupaten/Kota/Propinsi. SE.. Kepala Kepala Bidang PTP berbasis MM & Web Nelwan Isa.Kemendikbud i . Kata Pengantar Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas berkah dan karunianya kami dapat menyusun “Panduan Register dan Pendaftaran Pelatihan Pemanfaatan Rumah Belajar untuk Guru Mata Pelajaran (SD/SMP/SMA/SMK) dan Pelatihan Guru Terampil Dalam Memanfaatkan TIK Berbasis RTF untuk Pendidikan ”. MM NIP. Dalam penyusunan Panduan Register dan Pendaftaran Pelatihan ini banyak mendapatkan bantuan yang berupa materiil maupun non materiil dari berbagai pihak. Dalam penyusunan Panduan Register dan Pendaftaran Pelatihan ini disadari masih banyak sekali kekurangan. untuk itu kami sampaikan permohonan maaf jika terdapat kesalahan-kesalahan dan ketidaksempurnaan serta kami berharap untuk memperoleh masukan yang membangun agar Panduan Register dan Pendaftaran ini menjadi lebih baik.n.

..................................................... 1 Syarat dan Ketentuan ............................. 4 Panduan Pendaftaran Pelatihan Pemanfaatan Rumah Belajar dan Pemanfaatan TIK Berbasis Radio Televisi dan Film (RTF) ........................................................................................................................... 6 Kesimpulan........................................................................................................................................................................................................ 9 Pustekkom ........ Daftar Isi Kata Pengantar......................................................................................................................... ii Keuntungan Mengikuti Pelatihan .. 3 Panduan Register Pelatihan Pemanfaatan Rumah Belajar dan Pemanfaatan TIK Berbasis Radio Televisi dan Film (RTF) .................................................................................................................................................................................................................................................Kemendikbud ii .......................................................................................................... i Daftar Isi .............................................................................................................................................. 2 Alur Pendaftaran ...............

Mendapat Sertifikat dari Pustekkom Kemendikbud. Pustekkom . 5. Mendapat Bahan-Bahan Pelatihan. Dapat Membuat Rancangan Pembelajaran Terintegrasi TIK. Keuntungan Mengikuti Pelatihan 1.Kemendikbud Halaman 1 . Gratis dan Tidak Dipungut Biaya. Dapat Mengembangkan Bahan Belajar Berbasis Multimedia dan Web. Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Pemanfaatan TIK. 4. Mengenal Portal Rumah Belajar dan Fitur-fiturnya. 6. 3. 7. 2.

Serfitikat peserta yang telah lulus pelatihan (diberikan setelah peserta mengumpulkan hasil pelatihan). 2. b. 5. Usia maksimal 45 tahun untuk pelatihan Pemanfaatan Rumah Belajar untuk Guru Mata Pelajaran 3. Peserta pelatihan bukan guru TIK (Khusus pelatihan pengembangan video dan audio pembelajaran diprioritaskan guru SMP). Panitia menyediakan konsumsi. Panitia tidak menanggung biaya transportasi dan penginapan. materi dan sertifikat (*). (*) Sertifikat terdiri dari dua jenis : a. Sertifikat peserta yang telah mengikuti pelatihan. Calon peserta belum pernah mengikuti pelatihan yang sejenis.Kemendikbud Halaman 2 . 4. Syarat dan Ketentuan 1. Pustekkom .

Kemendikbud Halaman 3 . Alur Pendaftaran 1 2 3 4 Pustekkom .

Sebelum Register.Panduan Register Pelatihan Pemanfaatan Rumah Belajar dan Pemanfaatan TIK Berbasis Radio Televisi dan Film (RTF) 1.kemdikbud. User wajib untuk melakukan pendaftaran (Register) 2. mohon agar di buka menu Syarat dan Ketentuan untuk mengetahui kriteria pendaftar 4. Klik Tombol Register Maka akan muncul tampilan seperti di bawah Klik PENDAFTARAN PELATIHAN GURU 5.go. Pilih Tombol hijau PENDAFTARAN PELATIHAN GURU Pustekkom . Buka Portal Rumah Belajar di alamat http://belajar.Kemendikbud Halaman 4 .id/Pelatihan 3.

6. Isikan field-field dengan lengkap.Kemendikbud Halaman 5 . maka tekan tombol SUBMIT 7. maka klik Tombol Warna Hijau SUBMIT Pustekkom . untuk tanda *) adalah tanda yang mewajibkan field harus diisi dan tidak boleh kosong 8. Isikan field-field dari Informasi Akun seperti gambar di bawah Jika telah selesai mengisi semua field. Setelah Semua field diisi.

lakukan pendaftaran dengan cara pilih menu Pelatihan 3. Setelah pilih menu Pelatihan maka akan muncul 3 pilihan menu Drop Down. kemudian Pilih Pendaftaran Pelatihan Pilih Pendaftaran Pelatihan 4.Kemendikbud Halaman 6 .Kab. Setelah Registrasi. User (guru) wajib melakukan Registrasi 2. Pilih Jenis Pelatihan misalnya Pelatihan Pemanfaatan Rumah Belajar Untuk Guru Mata Pelajaran. Pelatihan Pemanfaatan Rumah Belajar untuk Guru Mata Pelajaran dan b. Lokasi : Kalimantan Selatan . Banjar dan Pilih Tombol DAFTAR Pustekkom . Kemudian muncul Jenis Pelatihan yang terdiri dari 2 (dua) jenis pelatihan yaitu: a. Panduan Pendaftaran Pelatihan Pemanfaatan Rumah Belajar dan Pemanfaatan TIK Berbasis Radio Televisi dan Film (RTF) 1. Pelatihan Guru Terampil Dalam Memanfaatkan TIK Berbasis RTF untuk Pendidikan Pilih Lokasi – Klik Tombol DAFTAR 5.

Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah: 6. Berikan tanda centang (v) sebelum Kalimat “Dengan ini saya menyatakan bahwa menyetujui segala syarat dan ketentuan yang berlaku” 8. Pilih tombol DAFTAR Kemudian muncul tampilan PENDAFTARAN PELATIHAN AGREEMENT Berikan Tanda Centang (v) 7.Kemendikbud Halaman 7 . Klik Tombol DAFTAR Pustekkom .

User telah berhasil mendaftar pelatihan dan Menunggu Konfirmasi Pustekkom . 9.Kemendikbud Halaman 8 .

20.V. Dalam penyusunan panduan ini. dan kami mohon untuk saran peserta. SP. Perlu kami sampaikan juga bahwa dalam pelaksanan kegiatan ini Pustekkom Kemendikbud hanya memfasilitasi instruktur. Untuk biaya transportasi peserta dari Sekolah ke tempat Pelatihan ditanggung oleh masing-masing sekolah.Kemendikbud Halaman 9 .1. bahan-bahan pelatihan.18052016.0. Kesimpulan Panduan Register dan Pendaftaran Pelatihan Pemanfaatan Rumah Belajar untuk Guru Mata Pelajaran (SD/SMP/SMA/SMK) dan Pelatihan Guru Terampil Dalam Memanfaatkan TIK Berbasis RTF untuk Pendidikan dibuat dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Kegiatan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di 34 lokasi Kabupaten/Kota/Propinsi. agar dikemudian hari kami dapat membuat yang lebih baik lagi. sertifikat. dan konsumsi pelatihan.19 Pustekkom . maka kami memohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan. kami sadari masih banyak kekurangan dan kesalahan. Peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 90 orang peserta yang terdiri dari 90 orang guru SD/SMP/SMA/SMK yang akan diseleksi melalui pendaftaran online di Rumah Belajar.