You are on page 1of 19

ASUHAN KEPERAWATAN

RUANG PERAWATAN ANAK

I. Biodata
A. Identitas Klien
1. Nama/Nama panggilan : An. S.A
2. Tempat tgl lahir/usia : Banjar baru, 26 Juli 2015 (1 tahun)
3. Jenis kelamin : Perempuan
4. A g a m a : Islam
5. Pendidikan :-
6. Alamat : Jl. Srikaya No. 24 Banjar baru
7. Tgl masuk : 5 Desember 2016 (jam 11:00)
8. Tgl pengkajian : 6 Desember 2016
9. Diagnosa medik : ALL
10. Rencana terapi : Kemoterapi
11.Asal Rujukan :-

B. Identitas Orang tua
Ayah/Ibu
a. N a m a : Misna
b. U s i a : 26 tahun
c. Pendidikan : SMA
d. Pekerjaan : Swasta
e. A g a m a : Islam
f. Alamat : Jl. Srikaya No. 24 Banjar baru

C. Identitas Saudara Kandung
No NAMA USIA HUBUNGAN STATUS KESEHATAN
1 S.A 5 tahun Kakak pasien Sehat

II. Riwayat Kesehatan
A. Riwayat Kesehatan Sekarang :
Keluhan Utama:
Pasien datang ke rumah sakit untuk melanjutkan kemoterapi.
Keluhan Pada Saat Pengkajian:
Ibu pasien mengatakan anaknya kurang nafsu makan.

Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1

Ibu memeriksakan kehamilannya setiap minggu di puskesmas. Riwayat Kesehatan Lalu (khusus untuk anak usia 0 – 5 tahun) 1. b. Jenis persalinan : normal c. Riwayat terkena radiasi: tidak ada riwayat terkena radiasi c. Penolong persalinan : bidan d. Anak pada saat lahir langsung menangis dan tidak mengalami gangguan seperti asfiksia atau BBLR. intranatal care a. (Untuk semua Usia) ¤ Klien diketahui menderita penyakit ALL pada tanggal 18 Oktober 2016. PB: 47cm. Keluhan selama hamil yang dirasakan oleh ibu: mual muntah selama kehamilan. Kondisi bayi : normal APGAR : 7-8-9 BBL : 2800 gram. ¤ Riwayat kecelakaan : klien tidak memiliki riwayat kecelakaan ¤ Riwayat mengkonsumsi obat-obatan berbahaya tanpa anjuran dokter dan menggunakan zat/subtansi kimia yang berbahaya : tidak ada C. : tinggal serumah Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1 . b. Tempat melahirkan : klinik bersalin b.B. Prenatal care a. Post natal a. Riwayat berat badan selama hamil : selama hamil berat badan naik 7-8 kg e. Riwayat Kesehatan Keluarga ¤ Genogram Keterangan: : laki-laki : meninggal : perempuan : pasien -----. Golongan darah ibu : B Golongan darah ayah: O 2. Komplikasi yang dialami oleh ibu pada saat melahirkan dan setelah melahirkan : tidak ada komplikasi 3. LK: 32 cm.

III) 3x 3. Berat badan : 7.III. Berdiri : 12 bulan 5. Riwayat Nutrisi A.6 kg 2. Setelah usia lebih dari 6 tahun juga tetap diberikan ASI tetapi sudah mulai diberikan susu formula B. Perkembangan Tiap tahap Usia anak saat 1. Riwayat Immunisasi (imunisasi lengkap) NO Jenis immunisasi Frekuensi 1. Berjalan : 1 tahun 1 bulan 6. Berguling : 3 bulan 2. Tinggi badan : 76 cm 3. Senyum kepada orang lain pertama kali: 2 bulan VI. Alasan pemberian : ibu klien mengatakan susu formula diberikan setelah pasien berusia lebih dari 6 bulan 2.IV) 4x 4. Pertumbuhan Fisik 1.II. Cara pemberian : menggunakan dot Pola perubahan nutrisi tiap tahap usia sampai nutrisi saat ini Usia Jenis Nutrisi Frekuensi Pemberian < 6 bulan ASI Eksklusif 8x / hari >6 bulan Susu Formula 5x / hari Sejak 9 bulan Bubur dan susu 3x / hari Sejak 11 bulan Nasi 3x / hari Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1 . Riwayat Tumbuh Kembang A. Waktu tumbuh gigi: gigi mulai tumbuh sejak usia 4 bulan B. BCG 1x 2. Pemberian ASI Sejak lahir klien langsung mengkonsumsi ASI sampai usia 6 bulan dengan frekuensi sekitar 8x / hari.IV. Pemberian susu formula 1. Campak 1x 5.II. Jumlah pemberian : 4-5 dot / hari 3. Hepatitis 3x V. DPT (I. Merangkak : 7 bulan 4. Duduk : 7 bulan 3. Polio (I.

Ibu membawa anaknya ke RS karena : ingin melanjutkan kemoterapi anaknya . tempat bermain: di rumah kamar klien : klien tidur bersama orang tua klien ¤ Rumah ada tangga : tidak ada ¤ Hubungan antar anggota keluarga : baik ¤ Pengasuh anak : orang tua pasien sendiri. VIII. Nutrisi Kondisi Sebelum Sakit Saat Sakit Selera makan Klien makan 1-2x / hari Klien makan sedikit dan dan menghabiskan porsi kurang nafsu makan makanannya Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1 .Orang tua selalu berkunjung ke RS : ya . IX. ¤ Kegiatan keagamaan : keluarga pasien merupakan keluarga yang taat beragama dan sering melakukan kegiatan keagamaan seperti pengajian.Apakah dokter menceritakan tentang kondisi anak : ya . Aktivitas sehari-hari A. Reaksi Hospitalisasi A. keluarga sangat mendukung dan memberikan semangat kepada orang tua pasien untuk bersabar dalam menghadapi cobaan. Pengalaman dan persepsi anak mengenai sakit termasuk perawatan dan pengobatan sebelumnya: anak sekarang baru berusia 14 bulan jadi belum mengerti tentang sakit dan pengobatannya. Riwayat Spiritual ¤ Support sistem dalam keluarga : baik.VII. Pemahaman anak tentang sakit dan rawat inap Anak sekarang baru berusia 14 bulan jadi belum mengerti kenapa harus dirawat inap C. Pengalaman keluarga tentang sakit dan rawat inap . Pengalaman keluarga mengenai sakit termasuk perawatan dan pengobatan sebelumnya: keluarga mengatakan sudah pernah membawa anaknya berobat ke Rumah Sakit dan memahami bahwa anaknya perlu pengobatan D. X.Perasaan orang tua saat ini : sedih . Riwayat Psikososial ¤ Anak tinggal bersama : orang tua di : rumah ¤ Lingkungan berada di : daerah hutan-hutan kota ¤ Rumah dekat dengan : hutan.Yang akan tinggal dengan anak : orang tua klien B.

Frekuensi minum 7-8 x / hari 4-5 x / hari 3. Eliminasi (BAB&BAK) Kondisi Sebelum Sakit Saat Sakit 1. Malam Dari jam 20:00-06:00 Dari jam 21:00-06:00 2. Siang 1 jam 1 jam . Olah Raga Kondisi Sebelum Sakit Saat Sakit 1. Kesulitan Tidak ada Tidak ada 5. Program olah raga Tidak ada Tidak ada 2. Kebutuhan cairan . Konsistensi Sedikit padat Cair 4. Cairan Kondisi Sebelum Sakit Saat Sakit 1. Kebiasaan sebelum Minum susu Minum susu tidur 4. Cara pemenuhan Lewat mulut ½ Ns dengan 20 tpm Lewat mulut dan NGT C. Kondisi setelah Tidak ada Tidak ada olah raga Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1 . Tempat pembuangan Toilet Toilet 2. Jenis minuman Susu dan air putih Susu dan air putih 2. Kesulitan tidur Tidak ada Tidak ada E. Istirahat tidur Kondisi Sebelum Sakit Saat Sakit 1. Pola tidur Teratur Teratur 3. Pasien terpasang infuse D5 4. Jam tidur . Jenis dan frekuensi Tidak ada Tidak ada 3. Frekuensi (waktu) BAB 1x / hari BAB: 1x / 3 hari BAK 4-5x / hari BAK: 3-4 x / hari 3. Obat pencahar Tidak ada Tidak ada D.B.

F. Kesulitan pergerakan tubuh Tidak ada Tangan sulit bergerak karena terpasang infuse Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1 .Alat mandi Sabun. Kegiatan sehari-hari Bermain dengan Berbaring dan keluarga di rumah bermain di tempat tidur 2.Cara Dari depan ke bagian gigi Dari depan ke bagian gigi belakang dengan belakang dengan didampingi oleh ibu pasien didampingi oleh ibu pasien G.Cara Dipotong dengan potongan Dipotong dengan potongan kuku kuku 4. Gunting kuku . Penggunaan alat bantu aktifitas Aktivitas dibantu oleh Sebagian besar keluarga pasien aktivitas dibantu oleh keluarga pasien 4. Pengaturan jadwal harian Jadwal harian diatur Tidak ada oleh orang tua pasien 3. Gosok gigi . Personal Hygiene Kondisi Sebelum Sakit Saat Sakit 1.Cara Mandi didampingi oleh ibu Mandi didampingi oleh pasien di kamar mandi ibu pasien di kamar mandi . Aktifitas/Mobilitas Fisik Kondisi Sebelum Sakit Saat Sakit 1.Frekuensi 1x / hari 1x / hari .Frekuensi 2x / hari 1x / hari . Mandi .Cara Menggunakan shampoo Menggunakan shampoo 3. Cuci rambut .Frekuensi 2x / hari 2x / hari .Frekuensi 2x / minggu 1x / minggu . shampoo dan air Sabun dan air di kran dalam bak mandi 2.

Kesadaran : compos mentis .6 kg . Kepala Inspeksi Keadaan rambut & Hygiene kepala a. 70C c. Pernapasan : 30 x/ menit . Waktu luang Untuk bermain banyak menghabiskan 3. Kegiatan hari libur Tidak ada kegiatan - khusus XI. Kebersihan rambut : bersih Palpasi Benjolan : ada / tidak ada : tidak ada Nyeri tekan : ada / tidak ada : tidak ada Tekstur rambut : kasar/halus : halus Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1 . Perasaan saat sekolah . Denyut nadi : 150x / menit b. Pemeriksaan Fisik . waktunya ditempat tidur 4. H. Penyebaran : berdistribusi normal c. Berat Badan : 7. Mudah rontok : ya d. Tanda – tanda vital a. Warna rambut : hitam b.CDC: BB : 7. Tinggi Badan : 76 cm .CDC = 81% (mild malnutrisi) .TB : 76 cm 7. Rekreasi Kondisi Sebelum Sakit Saat Sakit 1.CDC =9. Keadaan umum : baik .4 𝑥 100 . Waktu senggang keluarga Bermain di rumah - 5. Perasaan setelah rekreasi . Suhu : 36.6 kg .6 . Anak tampak lebih 2.

Posisi hidung : normal . Posisi telinga : normal . Penglihatan : normal . Ukuran / bentuk telinga : normal . Gerakan abnormal : tidak ada . Pemakaian alat bantu : tidak ada tidak ada gangguan pendengaran . Telinga Inspeksi . Posisi mata : Simetris / tidak : simetris e. Keadaan septum : normal . Simetris / tidak : simetris . Keadaan gigi : belum lengkap Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1 . Hidung & Sinus Inspeksi . Keadaan bulu mata : normal h. Gigi . Muka Inspeksi . Mata Inspeksi a. Sclera : tidak ikterus c. Lubang telinga : bersih . Bentuk hidung : normal . Mulut Inspeksi . Penutupan kelopak mata : normal g. Conjungtiva : tidak radang anemis d. Bentuk wajah : normal . Ekspresi wajah : normal Palpasi Nyeri tekan / tidak : tidak ada nyeri tekan . Gerakan bola mata : normal f. Secret / cairan : tidak ada sekret atau cairan yang keluar dari hidung .. Pelpebra : tidak edeme tidak radang b.

Tenggorokan .Kelenjar limfe : tidak membesar . Gusi Merah / radang / tidak : tidak ada radang Lidah Kotor / tidak : tidak kotor . Cianosis / pucat / tidak : pucat . Bunyi jantung tambahan : tidak ada . Ada luka / tidak : tidak ada luka Palpasi a.Jantung . Suara tambahan : tidak ada . Nyeri tekan : tida ada nyeri tekan Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1 .Pengembangan di waktu bernapas : normal . Bunyi jantung S1 dan S2 . Mulut berbau / tidak : tidak . Hepar : tidak ada pembesaran b.Nyeri menelan : tidak ada .Kelenjar thyroid : tidak mengalami pembesaran .Bentuk dada : simetris . Karang gigi : tidak ada .Thorax dan pernapasan .Irama pernafasan : normal . . Bibir .Abdomen Inspeksi . Pemakaian gigi palsu : tidak ada .Tipe pernapasan Auskultasi a.Kaku kuduk / tidak : tidak . Suara nafas : vesikuler b. Basah / kering / pecah : kering .Nyeri tekan : tidak ada .Leher Inspeksi Kelenjar thyroid : tidak membesar Palpasi . Membuncit : tidak .

Pemeriksaan Tingkat Perkembangan (0 – 6 Tahun ) Tingkat perkembangan klien sesuai dengan tingkat tumbuh kembang dan tidak ada permasalahan tumbuh kembang pada klien.30 juta/ul Impedance Hematokrit 39. Test Diagnostik Tanggal: 5 Desember 2016 Pemeriksaan Hasil Nilai rujukan Satuan Metode HEMATOLOGI Hemoglobin 10.8* 11. Rencana tindakan Operasi Klien tidak ada rencana untuk dilakukan operasi.6* 12.3 ribu/ul Impedance Eritrosit 4.00 Vol% Analyzer Calculates Trombosit 402* 150-356 ribu/ul Impedance RDW-CV 19.0 g/dl Colorimetric Leukosit 12.Genitalia dan Anus : tidak ada gangguan . XIII. XI. Motorik . Refleks menela pasien baik. XII.6 37. Pergerakan bola mata maupun kelopak mata tidak mengalami gangguan.Status Neurologi Indra penghidu dan pendengaran tidak terdapat gangguan. Pergerakan kanan / kiri : normal .1-14.00-47. . Rasa raba : normal . Sensori .Ekstremitas Ekstremitas atas .0 % Analyzer Calculates Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1 .00-16. Rasa raba : ya Ekstremitas bawah a. Pergerakan kanan / kiri : normal b.80 4. Sensori . Refleks .65-10.00-5.8* 4. Motorik . Babinsky kanan / kiri : normal c. Pasien dapat menggerakan kepala kekiri maupun kekanan.

4* 1.0 % Analyzer Calculates HITUNG JENIS Gran% 43. NaCl kalori.0-32.0-40.0 % Impedance Limfosit % 49.1 3.6-1.5 33.0-96. air mengembalikan B/menit.50-7. Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1 .9* 25.7* 50.8 ribu/ul Impedance KIMIA FAAL LEMAK DAN JANTUNG LDH 736* 225-450 u/l Optimised (C ) HATI SGOT 78* 0-46 u/l IFCC SGPT 347* 0-45 u/l IFCC GINJAL Ureum 23 10-50 mg/dl Modif-Berhelc Creatinin 0.4-5.MCV.7 mg/dl Colorimetric ELEKTROLIT Natrium 135 135-146 mmol/l ISE Kalium 4.5 gram.0-11. menambah am atau 70 gram.4 mmol/l ISE XIV.MCHC MCV 82.0-37.8* 28.2 mg/dl Jaffe Asam Urat 3.4-5.60 2.25-4.4 4.0 % Impedance MID% 6.0 % Impedance Gran # 5.0 Pg Analyzer Calculates MCHC 32.00 ribu/ul Impedance Limfosit # 6.0 Fi Analyzer Calculates MCH 26.6 2.0-70. Therapy saat ini (tulis dengan rinci) Nama Obat Komposisi Golongan Indikasi/Kontaindikasi Dosis Cara Obat Pemberian D5 ½ Ns Per 100 mL Obat resep Indikasi: Injeksi iv 3 Intravena mengandung dokter (K) Untuk mengatasi mL/KgBB/j glucose 55 dehidrasi.6 75. dan tetes/70KgB 4.0 ribu/ul Impedance MID # 0.4* 0.MCH.

asidosis. ekstrak curcumae xanthorrhizae rhizome 150 mg. Prednison Tiap tablet Obat resep Indikasi: 2-2-1 Per oral mengandung: jenis Sebagai obat anti Prednisone kortikoste. hipertensi. hipokalemia. membantu ekstrak melindungi dan schisandrae memulihkan kerja fructus 135 hati mg. lupus eritematosus. Kontraindikasi: Penyakit tb aktif. untuk larutan keseimbangan Maksimal elektrolit. ulkus peptikum. ekstrak liquiritiae radix 135 mg. penyakit pada kulit karena proses peradangan atau alergi. :1500 mL/70KgB Kontraindikasi: B/hari. herpes simplex mata. infeksi jamur. Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1 . Hipernatremia. 5mg roid rematoid arthritis asma bronchial. inflamasi akut. Curliv Tiap tablet Obat bebas Indikasi: 3x ½ tab Per oral mengandung: Mengatasi gangguan Silymarin yang berhubungan phytosome dengan hati serta 35 mg. diabetes melitus.

terpasang infuse D5 ½ Ns .8 gr/dl .Disfungsi imun .Limfosit diatas batas normal= 49.Konjungtiva anemis .Ibu pasien mengatakan anaknya Penyakit kronik Ketidakseim- kurang nafsu makan bangan nutrisi .Profil darah yang abnormal  Gangguan faktor pembekuan darah Trombosit : 402 ribu/ul Normal :150-356  Penurunan kadar Hb Hb : 10.Terdapat sariawan di pipi bagian dalam . XV.Ibu pasien mengatakan anaknya kurang dari makan hanya sedikit dan tidak kebutuhan menghabiskan 1 porsi makanan tubuh yang diberikan .CDC = 81% (mild malnutrisi) .0-40.Pasien tampak hanya menghabiskan setengah porsi makanan yang diberikan . Risiko cedera 10:00 .Ibu pasien mengatakan anaknya mengalami sariawan DO: . choline bitartrate 150 mg.0 %) 2 6 -12-2012 Faktor risiko: . ANALISIS DATA NO Tanggal/Jam Data Fokus Etiologi Problem 1 6 -12-2012 DS: 09:30 .Terpapar bahan kimia : obat kemoterapi Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1 . vitamin B6 2 mg.9 % (Normal: 25.

d 3x24 jam nutrisi yang nutrisi pada anak tubuh pada saat penyakit kronik kurang dapat teratasi.  Kolaborasi dalam  Memberikan pemberian supplement bisa supplement meningkatkan penambah nafsu nafsu makan makan 2 00035 Risiko cedera Setelah dilakukan 1. meningkatkan nafsu makan.Nafsu makan pasien  Tingkatkan intake  Cara khusus meningkat. Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh b. Risiko cedera (00035) 3. makan dengan cara tingkatkan nafsu . Identifikasi resiko  Menganalisis tindakan keperawatan yang meningkatkan faktor risiko selama 1x24 jam kerentanan potensial.  Anjurkan ibu untuk  Meningkatkan memberikan makan intake makanan sedikit tapi sering. diberikan  Anjurkan ibu untuk  Mulut yang menjaga kebersihan bersih mulut pasien.Pasien menyajikan makanan makan. masa dengan kriteria hasil: pertumbuhan dan perkembangan . mengahabiskan 1 dalam kondisi porsi makanan yang hangat. cedera tidak terjadi terhadap cedera menentukan Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1 . PERENCANAAN KEPERAWATAN NO No Diagnosa Diagnosa Nursing Outcome Nursing Intervention Rasional Keperawatan 1 00002 Nutrisi kurang Setelah diberikan  Anjurkan ibu  Nutrisi sangat dari kebutuhan asuhan keperawatan untuk memberikan diperlukan untuk tubuh b. 3 6 -12-2012 Faktor Risiko : − Prosedur invasif (Anak .d penyakit kronik (00002) 2. PRIORITAS DIAGNOSA KEPERAWATAN (dibuat urutan/prioritas diagnosa yang harus diatasi terlebih dahulu) 1. Risiko infeksi (00004) XVII. Risiko Infeksi 11:00 terpasang infus) XVI.

Pantau hasil lab  Hasil labortorium darah darah digunakan untuk mendiagnosa suatu penyakit dan mengetahui bagaimana repon tubuh terhaap suatu penyakit 3 00004 Risiko infeksi Setelah dilakukan 1. Mencegah untuk mencuci  Tidak terdapat transmisi tangan sebelum tanda-tanda infeksi mikroorganisme. Anjurkan keluarga  Dengan untuk melaporkan melaporkan apabila terjadi adanya cedera cidera dapat dilakukan tindakan segera 4. Anjurkan orang tua (36. Manajement  Memantau dan lingkungan memanipulasi lingkungan fisik untuk memfasilitasi keamanan 3. Kriteria Hasil : dengan cara resiko kesehatan . dan sesudah kontak dengan anaknya. 2. Kaji TTV 1.Pasien bebas dari memperhatikan dan cidera aktivitas yang memprioritaskan dilakukan strategi penurunan resiko cedera 2. Pakai gaun yang 3. Mencegah bersih ketika akan transmisi masuk/kontak mikroorganisme dengan pasien. dari lingkungan Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1 .5°C) 2.5-37. 3. Perubahan tanda- intervensi selama 1x tanda vital yang 24 jam tidak terjadi signifikan dapat infeksi mengindikasikan  Suhu dalam adanya tanda- rentang normal tanda infeksi.

luar. Ajarkan kepada 6. yang dapat masuk melalui tubuh 5. Membantu keluarga tanda. terpasang infus 6. Jaga kebersihan adanya saat melakukan mikroorganisme tindakan. Peradangan tanda-tanda merupakan tanda peradangan pada awal akan area yang terjadinya infeksi. IMPLEMENTASI KEPERAWATAN Hari /Tanggal: Selasa / 6-12-2016 NO Jam Nomor Tindakan Evaluasi Tindakan Paraf Tindakan Daignosa NANDA 1 6-12-16 00002 09: 30  Menganjurkan ibu pasien untuk  Ibu pasien mendengarkan memberikan asupan nutrisi pada anjuran perawat 09: 40 anaknya  Menganjurkan ibu untuk  Ibu pasien mengatakan meningkatkan intake makan akan menyajikan makanan dengan cara menyajikan makanan dalam kondisi hangat dalam kondisi hangat 09: 45  Menganjurkan ibu untuk menjaga  Ibu pasien mendengarkan kebersihan mulut anaknya anjuran perawat Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1 . Batasi pengunjung 7. Menghindari penyebaraan mikroorganisme XVIII. 7. 4. mengenali secara dini dan menginformasika n kepada perawat jika terjadi infeksi. keluarga tanda infeksi. Observasi adanya 5. Menghindari 4.

anjuran perawat dan mengatakan akan memberikan makanan sedikit tapi sering. 4 7-12-16 00035 10: 22  Mengidentifikasi resiko yang  Aktivitas pasien tidak ada 10:25 meningkatkan kerentanan yang menimbulkan cidera terhadap cedera dengan cara memperhatikan aktivitas yang dilakukan 10:28  Memanajement lingkungan  Barang –barang yang dapat dengan memberikan lingkungan menimbulkan bahaya tidak yang aman dan nyaman dan terdapat di kamar juga menjauhkan barang-barang perawatan pasien yang berbahaya 10:33  Menganjurkan keluarga untuk  Keluarga mendengarkan melaporkan apabila terjadi anjuran perawat cidera Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1 .2 6-12-16 00035 10:00  Mengidentifikasi resiko yang  Aktivitas pasien tidak ada meningkatkan kerentanan yang menimbulkan cidera terhadap cedera dengan cara memperhatikan aktivitas yang dilakukan 10: 13  Memanajement lingkungan  Barang –barang yang dapat dengan memberikan lingkungan menimbulkan bahaya tidak yang aman dan nyaman dan terdapat di kamar juga menjauhkan barang-barang perawatan pasien yang berbahaya 10:16  Menganjurkan keluarga untuk  Keluarga mendengarkan melaporkan apabila terjadi anjuran perawat cidera 3 7-12-16 00002 10: 10  Menganjurkan meningkatkan  Ibu pasien mendengarkan intake makan dengan cara anjuran perawat dan menyajikan makanan dalam mengatakan akan kondisi hangat menyajikan makanan dalam kondisi hangat. 10:15  Menganjurkan memberikan  Ibu pasien mendengarkan makan sedikit tapi sering.

EVALUASI KEPERAWATAN (CATATAN PERKEMBANGAN/SOAP) Hari /Tanggal: Selasa/6-12-2016 No Jam Nomor Respon Subjektif Respon Objektif Analisis Masalah (A) Perencanaan Paraf Evaluasi Daignosa (S) (O) Selanjutnya (P) NANDA 1 10:10 00002 Ibu pasien Anak hanya Masalah belum Intervensi mengatakan menghabiskan teratasi dilanjutkan anaknya kurang setengah porsi nafsu makan makanan 2 10:15 00035 Ibu pasien Anak hanya Faktor risiko tidak Intervensi mengatakan berbaring di terjadi dilanjutkan anaknya tidak tempat tidur dan tidak Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1 . akan memberikan makanan sedikit tapi sering.  Menganjurkan memberikan  Ibu pasien mengatakan makan sedikit tapi sering. 6 8-11-16 00035 15: 24  Mengidentifikasi resiko yang  Aktivitas pasien tidak ada meningkatkan kerentanan yang menimbulkan cidera terhadap cedera dengan cara memperhatikan aktivitas yang dilakukan 15:27  Memanajement lingkungan  Barang –barang yang dapat dengan memberikan lingkungan menimbulkan bahaya tidak yang aman dan nyaman dan terdapat di kamar juga menjauhkan barang-barang perawatan pasien yang berbahaya 15:32  Menganjurkan keluarga untuk  Keluarga mendengarkan melaporkan apabila terjadi anjuran dari perawat cidera XIX. 5 8-12-16 00002  Menganjurkan ibu pasien untuk  Ibu pasien mendengarkan 15: 10 memberikan asupan nutrisi pada anjuran perawat anaknya 15:15  Menganjurkan meningkatkan  Ibu pasien pasien intake makan dengan cara mendengarkan anjuran menyajikan makanan dalam perawat dan mengatakan kondisi hangat akan menyajikan makanan yang hangat.

ada keluhan mengalami cedera 3 10:20 00002 Ibu pasien Anak hanya Masalah belum Intervensi mengatakan menghabiskan teratasi dilanjutkan anaknya masih setengah porsi kurang nafsu makanan makan 4 10:30 00035 Ibu pasien Anak hanya Faktor risiko tidak Intervensi mengatakan berbaring di terjadi dilanjutkan anaknya tidak tempat tidur ada keluhan dan tidak mengalami cedera 5 15:20 00002 Ibu pasien Anak masih Masalah belum Intervensi mengatakan menghabiskan teratasi dilanjutkan anaknya mulai hanya mau makan setengah porsi sedikit-sedikit makanan 6 15:30 00035 Ibu pasien Anak hanya Faktor risiko tidak Intervensi mengatakan berbaring di terjadi dilanjutkan anaknya tidak tempat tidur ada keluhan dan tidak mengalami cedera Panduan Profesi Stase Keperawatan Anak Universitas Muhammadiyah Banjarmasin1 .