You are on page 1of 14

dan keinginan memiliki barang orang lain. seiring dengan ilmu informasi juga teknologi. Dalam penelitian ini penulis memfokuskan pada lingkungan sekolah dan Penulis sangat menyadari bahwa salah satu faktor penyebab pencurian dalam kehidupan sehari-hari karena ada niat. Hormat saya. KATA PENGANTAR Ilmu sosiologi saat ini berkembang pesat. pergaulan. Sehingga dampah negatif sering dialami di zaman modern seperti contoh saja banyaknya pencurian di tengah-tengah masyarakat. Penulis .

Latar Belakang 2. Metode Pengumpuln data  Wawancara  Observasi 2. Kesimpulan 2. Sebab dan Akibat BAB III PENUTUP 1.. Hipotesis 4. Rumusan Masalah 3. Saran DAFTAR PUSTAKA . Hasil Wawancara BAB III Landasan Teori BAB IV PEMBAHASAN 1. Tujuan dan Manfaat BAB II METODE PENELITIAN 1. DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1.

sering terjadi pencurian ditengah-tengah kehidupan masyarakat khususnya di lingkungan sekolah dikarenakan adanya niat untuk mencuri dan menginginkan suatu barang orang lain. Hipotesis a. Untuk mengetahui penyebab pencurian 2. Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab pencurian  Manfaat 1.Tujuan dan Manfaat Penelitian  Tujuan 1. Rumusan Masalah a. BAB I PENDAHULUAN 1. 2. Latar Belakang Pada masa sekarang ini. Apa penyebab terjadinya pencurian? b. Karena banyak siswa yang tidak mentaati peaturan sekolah dan juga bersikap sewenang-wenang saja sehingga terjadi pencurian di kalangan pelajar. Mengapa banyak terjadi pencurian ditengah-tengah sekolah? 3. Menambah wawasan dan informasi . 4. b. Karena siswa juga kekurangan ekonomi sehingga ia melakukan pencurian. Mengetahui tingkat pencurian di sekolah 2.

Apakah korbannya kamu atau teman mu ? 3. 1.  Wawancara Metode ini merupakan proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab dan bertatap muka atau melalui media sosial. Apakah di sekolah kamu pernah terjadi pencurian ? 2. contoh seperti : melihat dan mewawancarai korban pencurian yang terjadi Pertanyaan Wawancara 1. Apa yang terjadi saat pencurinya tertangkap ? 6. Apakah pencurinya salah satu siswa di sekolahmu ? 5. Penulis mewawancarai siswa – siswi sman 4 dan sma lainnya. juga salah satu guru BP di sman 4 bandung  Observasi Melakukan pengamatan langsung dengan objek. Apa sanksi yang diberikan sekolah terhadap murid yang melakukan pencurian ? HASIL WAWANCARA Berikut hasil wawancara beberapa orang yang dijadikan sampel untuk bahan penelitian. Apa alasan pencuri tersebut mengambil barang milik orang lain ? 7. Metode Pengumpulan Data Metode yang saya lakukan adalah metode wawancara dan observasi dimana data yang saya dapat adalah berdasarkan wawancara dengan beberapa teman di kalangan satu sekolah dan di luar sekolah sman 4 bandung dan juga apa yang saya pernah lihat dan amati tentang pencurian yang dilakukan oleh beberapa kalangan pelajar. Data Pertama . BAB II METODE PENELITIAN 1. Apakah pencurinya tertangkap ? 4.

Apakah pencurinya tertangkap ? . Data Kedua : Nama : Danu Sukmawijaya Umur : 16 Sekolah : SMAN 18 Bandung / XI a. Apa yang terjadi saat pencurinya tertangkap ? - f. tidak ada yang melihat d. Apakah pencurinya salah satu siswa di sekolahmu ? Ga bisa di prediksi. Apa alasan pencuri tersebut mengambil barang milik orang lain ? - g. Apakah di sekolah kamu pernah terjadi pencurian ? Pernah b. Apakah di sekolah kamu pernah terjadi pencurian ? Pernah b. Apakah pencurinya tertangkap ? Ga ketahuan siapa yang mencuri karna kelas kosong saat itu. Apakah korbannya kamu atau teman mu ? Korbannya teman sebangku saya c. Apa sanksi yang diberikan sekolah terhadap murid yang melakukan pencurian ? - 2. Apakah korbannya kamu atau teman mu ? Korbannya beberapa teman saya c. mungkin juga pelakunya siswa atau bukan e. Nama : Intan Siti Fatimah Umur : 17 Sekolah : SMA Pasundan 1 Bandung / XI a.

Data Kedua : Nama : Letty Umur : 16 Sekolah : SMAN 4 Bandung / XI a. Apakah korbannya kamu atau teman mu ? Teman dikelas dan satu ekstrakulikuler c. ada yang teman sekelas ada juga yang tidak sekelas tapi satu sekolah e. Apakah di sekolah kamu pernah terjadi pencurian ? Pernah b. Apa alasan pencuri tersebut mengambil barang milik orang lain ? Siswa lain tidak diberi tahu alasan mengapa dia mencuri oleh guru g. Ada yang tertangkap d. Apakah pencurinya tertangkap ? Ada yang tertangkap karna beberapa mencuri saat kelas sedang kosong ataupun saat kita melakukan kegiatan dan tidak begitu memperhatikan barang berharga yang dibawa d. Apa alasan pencuri tersebut mengambil barang milik orang lain ? Karna kekurangan ekonomi dan ingin memiliki barang yang dicuri . Apa yang terjadi saat pencurinya tertangkap ? Pencuri yang tertangkap diadukan ke wali kelas dan diberi sanksi f. Apa sanksi yang diberikan sekolah terhadap murid yang melakukan pencurian ? Paling parah sih skorsing 3. Apakah pencurinya salah satu siswa di sekolahmu ? Ya pencurinya siswa e. Apakah pencurinya salah satu siswa di sekolahmu ? Ya. Apa yang terjadi saat pencurinya tertangkap ? Pencuri di tindak lanjuti oleh guru f.

Data Kedua : Nama : Umur : Sekolah : a. Apakah korbannya kamu atau teman mu ? c. Apakah pencurinya salah satu siswa di sekolahmu ? e. Apa yang terjadi saat pencurinya tertangkap ? f. Data Kedua : Nama : Umur : Sekolah : a. Apa alasan pencuri tersebut mengambil barang milik orang lain ? g. Apa sanksi yang diberikan sekolah terhadap murid yang melakukan pencurian ? 5. Apa sanksi yang diberikan sekolah terhadap murid yang melakukan pencurian ? . Apakah di sekolah kamu pernah terjadi pencurian ? b. Apakah pencurinya salah satu siswa di sekolahmu ? e. Apa sanksi yang diberikan sekolah terhadap murid yang melakukan pencurian ? Diberi peringatan untuk tidak mencuri lagi 4. Apa alasan pencuri tersebut mengambil barang milik orang lain ? g. Apakah pencurinya tertangkap ? d.g. Apakah korbannya kamu atau teman mu ? c. Apakah di sekolah kamu pernah terjadi pencurian ? b. Apakah pencurinya tertangkap ? d. Apa yang terjadi saat pencurinya tertangkap ? f.

Apakah di sekolah sering terjadi pencurian ? b. Apakah korbannya siswa di sman 4 ? c. Apakah pencurinya salah satu siswa di sekolah ? f. Apa alasan pencuri tersebut mengambil barang milik orang lain ? h. Penulis mengambil sampel dari pihak guru konseling di sman 4 bandung berikut hasil wawancara : 6. Apakah pencurinya tertangkap ? e. Apa sanksi yang diberikan sekolah terhadap murid yang melakukan pencurian ? . Kira – kira dalam waktu tiga bulan ada berapa kali kasus pencurian di lingkungan sekolah? d. Data Kedua : Nama : Umur : Mengajar di Sekolah : a. Apa yang terjadi saat pencurinya tertangkap ? g.

. Lima tingkat kebutuhan itu dikenal dengan sebutan Hirarki Kebutuhan Maslow. kebutuhan aktualisasi diri: mendapatkan kepuasan diri dan menyadari potensinya) Bila makanan dan rasa aman sulit diperoleh. diterima. rasa haus.1. dan rasa aman. dimulai dari kebutuhan biologis dasar sampai motif psikologis yang lebih kompleks. yang hanya akan penting setelah kebutuhan dasar terpenuhi. dan mendapatkan dukungan serta pengakuan) • Kebutuhan aktualisasi diri (kebutuhan kognitif: mengetahui.1970) mengemukakan bahwa pada dasarnya semua manusia memiliki kebutuhan pokok. Orang hanya akan mempunyai waktu dan energi untuk menekuni minat estetika dan intelektual. TEORI MOTIVASI ABRAHAM MASLOW (1943-1970) Abraham Maslow (1943. dan menjelajahi. Kebutuhan pada suatu peringkat paling tidak harus terpenuhi sebagian sebelum kebutuhan pada peringkat berikutnya menjadi penentu tindakan yang penting. berkompetensi. • Kebutuhan fisiologis (rasa lapar. pemenuhan kebutuhan tersebut akan mendominasi tindakan seseorang dan motif-motif yang lebih tinggi akan menjadi kurang signifikan. Karya seni dan karya ilmiah tidak akan tumbuh subur dalam masyarakat yang anggotanya masih harus bersusah payah mencari makan. memiliki) • Kebutuhan akan penghargaan (berprestasi. Ia menunjukkannya dalam 5 tingkatan yang berbentuk piramid. perlindungan. kebutuhan estetik: keserasian. dan sebagainya) • Kebutuhan rasa aman (merasa aman dan terlindung. dan keindahan. jauh dari bahaya) • Kebutuhan akan rasa cinta dan rasa memiliki (berafiliasi dengan orang lain. Landasan Teori A. memahami. orang memulai dorongan dari tingkatan terbawah. jika kebutuhan dasarnya sudah dapat dipenuhi dengan mudah. keteraturan.

Akibat dari Pencurian Akibat dari pencurian adalah siswa merasa kehilangan jati diri sebagai seorang pelajar yang terdidik dan bahkan menahan malu dikarenakan teman- temannya telah mengetahui dia seorang pencuri. Lingkungan keluarga Lingkungan sekolah merupakan tempat dimana seorang anak / siswa belajar. Karena ingin memiliki barang orang lain 2. bergaul dan bersosialisasi dengan yang lainnya dalam waktu dan tempat yang sama rata-rata seorang siswa menghabiskan setidaknya 5 hari dalam seminggu dan 8 jam dalam sehari di sekolah 4. beberapa contoh penyebab mencuri di sekolah yaitu : 1. Karena ingin di terima dalam pergaulan teman-teman 3. Apa penyebab siswa ingin melakukan pencurian Penyebab dari siswa ingin melakukan pencurian adalah dikarenakan adanya niat dari siswa tersebut untuk mendapatkan barang tersebut dan ingin mengikuti tingkat pergaulan yang ditunjang dengan zaman yang semakin modern ini. dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum. Mencuri karna mencontoh yang salah 4. . 3.2. diancam karena pencurian. yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain. Pernyataan Umum Pencurian menurut hukum adalah mengambil barang sesuatu. dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah. Banyak penyebab seseorang untuk melakukan tindakan pencurian khususnya di kalangan sekolah.

Metode Penelitian Metode kuantitatif 1 dari 5 siswa menunjukkan sudah pernah melakukan pencurian di sekolah adalah mencuri helm. Kesimpulan Pencurian adalah perbuatan yang sudah melanggar hukum dan apa bila dilakukan dapat dikenakan sanksi. dan mencuri uang temannya. 6. 7. BAB III PENUTUP 1. mencuri HP. Oleh karena itu. Setelah mengamati secara langsung pencurian terjadi karna beberapa alasan dari pihak pencurinya sendiri seperti : 1) Faktor ekonomi yang kurang dapat memicu seseorang untuk mengambil barang orang lain karna ingin sekali memiliki barang tersebut akan tetapi tidak mampu membelinya sehingga siswa mencuri 2) Adanya kelalaian pada korban pencurian sehingga ini pun menjadi faktor pemicu seseorang untuk mencuri 3) Faktor ingin di akui dalm pergaulan maksudnya sesorang mencuri untuk bisa masuk dalam pergaulan dan diakui oleh teman-temannya seperti . Sampel Sampel dari pencurian ini adalah beberapa siswa SMP dan SMA.5. Populasi dan Sampel Populasi Pencurian yang pernah saya amati adalah dilakukan beberapa siswa di berbagai sekolah yang berada di lingkungan sekolah saya. Pencurian juga dapat merusak massa depan mereka masing-masing atau siswa itu sendiri. kita tidak boleh melakukan pencurian baik dalam lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal sendiri.

contoh siswa mencuri uang temannya kemudian memakai uang tersebut untuk mentraktir teman – teman lainnya 2. Saran  Jangan pernah melakukan pencurian karena dapat membahayakan dan merugikan diri kita sendiri  Jauhkan diri dari perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum  Siswa tidak boleh lalai dengan barang berharganya saat di kelas  Pihak sekolah memberikan pengarahan pada murid – muridnya .

Muri. . 2014. Dr. Sumber : https://id. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Prenada.wikipedia. Prof. Kualitatif Dan Penelitian Gabungan.Pd .DAFTAR PUSTAKA Yusuf.org/wiki/Pencurian .M. A.