You are on page 1of 7

Pertemuan Lokakarya Mini

Tribulan
No. Dokumen :
No. Revisi :
SOP
Tanggal Terbit :
Halaman : 1 dari 2
PUSKESMAS DTP dr. Yulius Stepanus
CIKALONGWETAN NIP. 197403032006041010
1. Pengertian Pertemuan Lokakarya Mini Tribulanan adalah upaya menjalin komunikasi
dengan lintas sector dan masyarakat yang dilakukan untuk menyampaikan
informasi kesehatan sekaligus juga untuk mendapatkan informasi dari lintas
sector dan masyarakat dalam rangka peningkatan program UKM dan UKP
serta mutu layanan kesehatan.
2. Tujuan Sebagai upaya untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat dalam
melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan baik berupa Upaya Kesehatan
Masyarakat (UKM) maupun Upaya Kesehatan Perorangan (UKP).
3. Kebijakan SK Kepala Puskesmas DTP Cikalong Wetan Nomor: / /Pkm.Ckw//2017
tentang Menjalin Komunikasi dengan Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas
DTP Cikalong Wetan.
4. Referensi  Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara RI Nomor 13
tahun 2009 tentang Pedoman Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
dengan Partisipasi Masyarakat.
 Peraturan Menteri Pendayaguanaan Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi RI Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar
Operasional Prosedur
 Peraturan Meneteri Kesehatan RI Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat
Kesehatan Masyarakat
5. Prosedur  Kepala Puskesmas melakukan koordinasi dengan Kepala Tata Usaha,
Pokja UKM, Pokja UKP dan lintas sektor tentang rencana pelaksanaan
kegiatan lokakarya mini tribulanan.
 Koordinasi dilakukan untuk menyiapkan topik pembahasan yang akan
disampaikan, menentukan waktu pelaksanaan kegiatan dan menentukan
pihak-pihak yang akan diundang dalam pertemuan tersebut.
 Kepala Puskesmas berkoordinasi dengan Camat untuk dibuatkan surat
undangan pertemuan lokakarya mini tribulanan.
 Staf kecamatan menyampaikan undangan rapat tersebut kepada semua
undangan.
 Rapat pertemuan lokakarya mini tribulanan dipimpin oleh Camat
 Semua peserta rapat lintas sector menyampaikan informasi program
pelaksanaan kegiatan di masing-masing instansi/lembaga/badan.
 Camat memimpin sesi tanya jawab antara peserta rapat.
 Camat membacakan hasil pertemuan dan rencana tindak lanjutnya.
 Semua hasil kegiatan rapat pertemuan lokakarya mini tribulanan dituli oleh
notulen rapat.
6. Unit Terkait  Pokja UKM
 Pokja UKP

Mulai diberlukan Histori Perubahan . Rekaman No Yang di Ubah Isi Perubahan Tgl.7.

4. Unit Terkait  Pokja UKM  Pokja UKP 7. 2.  Petugas Promosi Kesehatan mencatat jenis dan tema informasi yang akan ditempel pada papan pengumuman. 197403032006041010 1. 3. Dokumen : No. Mulai diberlukan Histori Perubahan . Menjalin Komunikasi Dengan Masyarakat Dalam Bentuk Papan Pengumuman No. Prosedur  Kepala Puskesmas.Ckw//2017 tentang Menjalin Komunikasi dengan Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas DTP Cikalong Wetan. Revisi : SOP Tanggal Terbit : Halaman : 1 dari 1 PUSKESMAS DTP dr. Pengertian Menjalin komunikasi dengan masyarakat adalah upaya komunikasi 2 (dua) arah yang dilakukan untuk menyampaikan informasi kesehatan sekaligus juga untuk mendapatkan informasi dari masyarakat dalam rangka peningkatan mutu layanan kesehatan.  Petugas Promosi Kesehatan atau petugas lain melakukan pemasangan informasi pada papan pengumuman 6. TU. Kebijakan SK Kepala Puskesmas DTP Cikalong Wetan Nomor: / /Pkm. Referensi  Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara RI Nomor 13 tahun 2009 tentang Pedoman Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dengan Partisipasi Masyarakat. Pokja UKM dan Pokja UKP melakukan koordinasi tentang rencana pemasangan sebuah informasi pada papan pengumuman. Ka. Tujuan Sebagai upaya untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan baik berupa Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) maupun Upaya Kesehatan Perorangan (UKP). Yulius Stepanus CIKALONGWETAN NIP. Rekaman No Yang di Ubah Isi Perubahan Tgl.  Peraturan Menteri Pendayaguanaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur  Peraturan Meneteri Kesehatan RI Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat 5.

Pokja UKM dan Pokja UKP melakukan koordinasi dengan media cetak untuk rencana penyampaian informasi tertentu kepada masyarakat. Mulai diberlukan Histori Perubahan . TU. 3. Menjalin Komunikasi Dengan Masyarakat Dalam Bentuk Media Cetak Surat Kabar No. TU. Ka. 4. Dokumen : No.  Kepala Puskesmas. 2. Ka. Yulius Stepanus CIKALONGWETAN NIP. Pokja UKM dan Pokja UKP memberikan pers rilis kepada wartawan yang meliput tentang sebuah informasi. TU. Pokja UKM dan Pokja UKP memberikan klarifikasi kepada wartawan yang meliput tentang sebuah informasi 6. Prosedur  Kepala Puskesmas.Ckw//2017 tentang Menjalin Komunikasi dengan Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas DTP Cikalong Wetan. Revisi : SOP Tanggal Terbit : Halaman : 1 dari 1 PUSKESMAS DTP dr. Pengertian Menjalin komunikasi dengan masyarakat adalah upaya komunikasi 2 (dua) arah yang dilakukan untuk menyampaikan informasi kesehatan sekaligus juga untuk mendapatkan informasi dari masyarakat dalam rangka peningkatan mutu layanan kesehatan. Unit Terkait  Pokja UKM  Pokja UKP 7.  Peraturan Menteri Pendayaguanaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur  Peraturan Meneteri Kesehatan RI Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat 5. Kebijakan SK Kepala Puskesmas DTP Cikalong Wetan Nomor: / /Pkm. Referensi  Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara RI Nomor 13 tahun 2009 tentang Pedoman Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dengan Partisipasi Masyarakat. Rekaman No Yang di Ubah Isi Perubahan Tgl. Ka. Tujuan Sebagai upaya untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan baik berupa Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) maupun Upaya Kesehatan Perorangan (UKP).  Atau Kepala Puskesmas. 197403032006041010 1.

4. Rekaman No Yang di Ubah Isi Perubahan Tgl.Ckw//2017 tentang Menjalin Komunikasi dengan Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas DTP Cikalong Wetan. 3. Menjalin Komunikasi Dengan Masyarakat Dalam Bentuk Iklan Layanan Masyarakat No. Referensi  Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara RI Nomor 13 tahun 2009 tentang Pedoman Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dengan Partisipasi Masyarakat. TU. Yulius Stepanus CIKALONGWETAN NIP. Kebijakan SK Kepala Puskesmas DTP Cikalong Wetan Nomor: / /Pkm. Dokumen : No. Revisi : SOP Tanggal Terbit : Halaman : 1 dari 1 PUSKESMAS DTP dr. Pokja UKM dan Pokja UKP melakukan koordinasi tentang rencana pemasangan sebuah informasi pada iklan layanan masyarakat. 197403032006041010 1.  Petugas Promosi Kesehatan atau petugas lain melakukan penyajian iklan layanan masyarakat 6. Tujuan Sebagai upaya untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan baik berupa Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) maupun Upaya Kesehatan Perorangan (UKP).  Petugas Promosi Kesehatan mencatat jenis dan tema informasi yang akan disajikan dalam iklan layanan masyarakat. Prosedur  Kepala Puskesmas. Mulai diberlukan Histori Perubahan . Ka. Unit Terkait  Pokja UKM  Pokja UKP 7. Pengertian Menjalin komunikasi dengan masyarakat adalah upaya komunikasi 2 (dua) arah yang dilakukan untuk menyampaikan informasi kesehatan sekaligus juga untuk mendapatkan informasi dari masyarakat dalam rangka peningkatan mutu layanan kesehatan.  Peraturan Menteri Pendayaguanaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur  Peraturan Meneteri Kesehatan RI Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat 5. 2.

Mulai diberlukan Histori Perubahan . Revisi : SOP Tanggal Terbit : Halaman : 1 dari 1 PUSKESMAS DTP dr.  Informasi yang disampaikan masyarakat baik melalui telpon maupun sms dicatat oleh staf TU pada buku khusus tentang media komunikasi dengan masyarakat. Unit Terkait  Pokja UKM  Pokja UKP 7. Kepala TU. 4. Tujuan Sebagai upaya untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan baik berupa Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) maupun Upaya Kesehatan Perorangan (UKP). Pengertian Menjalin komunikasi dengan masyarakat adalah upaya komunikasi 2 (dua) arah yang dilakukan untuk menyampaikan informasi kesehatan sekaligus juga untuk mendapatkan informasi dari masyarakat dalam rangka peningkatan mutu layanan kesehatan. Menjalin Komunikasi Dengan Masyarakat Dalam Bentuk Telepon dan SMS No.  6. Rekaman No Yang di Ubah Isi Perubahan Tgl. Prosedur  Kepala Puskesmas. Dokumen : No. Pokja UKP dan Pokja UKM adalah pemegang HP untuk media komunikasi dengan masyarakat.  Peraturan Menteri Pendayaguanaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur  Peraturan Meneteri Kesehatan RI Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat 5. Yulius Stepanus CIKALONGWETAN NIP. Referensi  Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara RI Nomor 13 tahun 2009 tentang Pedoman Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dengan Partisipasi Masyarakat. 197403032006041010 1. 2.Ckw//2017 tentang Menjalin Komunikasi dengan Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas DTP Cikalong Wetan. Kebijakan SK Kepala Puskesmas DTP Cikalong Wetan Nomor: / /Pkm. 3.

........ Apakah Petugas menentukan kegiatan? 5..................... Pelaksana / Auditor ( ................ Apakah Petugas mendiskusikan topik pembahasan bersama sasaran? 8..................... Tanggal Pelaksanaan : ........................................................ Kegiatan Ya Tidak Tidak berlaku No 1........ Apakah Petugas menyiapkan topik pembahasan yang akan disampaikan? 3..... Pelayanan Klinis No............. Nama Petugas : ....................................... 197403032006041010 Unit : .................. Apakah Petugas menentukan sasaran? 4.... Cikalongwetan............. Apakah Petugas membuat notulen sosialisasi? 9........... ........... Apakah Petugas mengevaluasi hasil.................... Apakah Petugas menentukan waktu pelaksanaan? 6................. Apakah Petugas melakukan koordinasi dengan kepala puskesmas tentang mekanisme pelaksanaan kegiatan? 2.......................... Apakah Petugas menyampaikan program melalui sosialisasi? 7............................................. sosialisasi dan diskusi? CR = {Ya/ (Ya + tidak)} x 100% = …. Dokumen : DAFTAR No........ Yulius Stepanus CIKALONGWETAN NIP............ ) .................................................................. Revisi : TILIK TanggalTerbit : Halaman : 1/2 PUSKESMAS DTP dr......