You are on page 1of 4

1.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Tanpa Menggunakan Obat

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Tanpa Menggunakan Obat - Gusi Bengkak merupakan salah
satu penyakit pada mulut yang sangat menggangu bila hal itu terjadi pada diri kita.
Gusi bengkak kerap kali terjadi pada mulut dikarenakan banyaknya plak yang menumpuk pada
gigi sehingga meyebabkan terjadinya pembengkakan. Biasanya plak pada gigi muncul pada saat
kita makan ataupun minum, selain itu plak juga mengandung banyak bakteri yang dapat memicu
terjadinya pembengkakan pada gigi.

Gusi yang sehat serta kuat tidak berdarah pada saat gosok gigi ataupun bersentuhan dengan yang
lain, selain itu ciri-ciri gusi yang sehat biasanya ditandai dengan warna merah muda, dapat
menahan gigi dengan kuat serta kencang.

Gusi bengkak juga dapat disebabkan oleh pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi lain yang
tidak tepat, sensitivitas gusi akibat penggunaan pasta gigi tertentu atau cairan kumur, atau bisa
juga akibat efek obat-obat dilantin, fenobarbital, atau obat penghambat saluran kalsium.
Cara Mengatasi Gusi Bengkak
Gangguan ringan, seperti gusi bengkak, umumnya dapat ditangani dengan memberikan lebih
banyak perhatian pada kebersihan mulut. Sikat gigi dua kali tiap hari dan lengkapi kebersihannya
dengan menggunakan benang gigi

Untuk membantu mengatasi gusi bengkak, penderita disarankan untuk memperbanyak konsumsi
sayur dan buah, serta menghindari merokok, minuman beralkohol, dan makanan yang
mengandung glukosa tinggi.

Gusi bengkak yang disebabkan oleh gigi sensitif terhadap pasta gigi, dapat diatasi dengan
mengganti produk yang biasa digunakan. Jika gusi bengkak disebabkan oleh produk obat kumur,
segera hentikan penggunaannya. Sedangkan, jika hal itu merupakan reaksi dari obat yang Anda
konsumsi, maka konsultasikan dengan dokter mengenai kemungkinan mengganti obat tersebut
dengan yang lain. Penghentian atau penggantian obat harus selalu dalam pengawasan dokter.

Penanganan lain di dokter gigi untuk mengatasi gusi bengkak akibat plak bisa melalui pembersihan
dengan prosedur scalling. Selain itu, untuk kasus tertentu dapat dilakukan root planning untuk
membersihkan

Gangguan gusi yang sudah tergolong parah, kemungkinan membutuhkan penanganan lebih lanjut.
perlu mendapatkan pengobatan, termasuk obat pereda nyeri, antibiotik serta obat kumur khusus
mengandung klorheksidin, atau hidrogen peroksida.

Bila gusi bengkak atau gangguan gusi lain berlangsung lebih dari dua minggu, segera temui dokter
gigi.

Mengatasi Gusi Bengkak

mineral. Banyak yang menggerakkan sikat gigi secara maju mundur. vitamin C dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.Banyak cara sederhana yang dapat kita lakukan yakni seperti menyikat gigi secara teratur dengan baik dan benar adalah salah cara paling efektif untuk mengatasi gusi bengkak serta berbagai gangguan lainnya yang terjadi pada mulut dan gigi Gunakan sikat gigi dengan berbahan nilon. Berikut ini adalah manfaat Buah semangka bagi kesehatan tubuh anda :  Mengurangi Lemak Semangka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan citruline yang mana berperan sebagai pengurang lemak berlebih yang berada di dalam tubuh kita. termasuk gusi. vitamin. Selain itu. termasuk kalsium dan vitamin C.  Jauhi rokok atau produk tembakau lain. Stres berlebihan dapat meningkatkan risiko peradangan. mulailah menyediakan semangka sebagai salah satu makanan penutup di setiap menu harian anda. Peran gusi dalam mulut sangatlah penting. padahal menyikat gigi sebaiknya dilakukan dengan gerakan memutar. Jaga kebersihan mulut dengan cermat dan rutin melakukan perawatan tiap enam bulan ke dokter gigi demi memiliki gusi dan gigi yang sehat. . Gangguan yang terjadi pada gusi dapat berakibat pada bagian mulut lain.  Perbanyak minum air putih dan hindari makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin. kalium. Oleh karena itu. jika sikat gigi yang berbahan keras dapat menganggu enamel gigi atau gusi. untuk mencegah terjadinya gusi bengkak kembali yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :  Konsumsi makanan dengan gizi seimbang.  Lakukan relaksasi. Tips Menjaga Kesehatan dengan Buah Semangka Semangka adalah jenih buah yang memiliki hampir 90 persen kandungannya terdiri atas air. Warna merah pada semangka ternyata menandakan bahwa buah ini mengandung berbagai nutrisi. Buah ini biasanya berwarna merah dan juga berwarna kuning dan sangat cocok di konsumsi pada waktu siang hari saat matahari sedang terik sebagai penghilang rasa dahaga. Kandungan nutrisi dan vitamin yang dimiliki semangka sangat melimpah dan membantu menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh. 2. betakaroten.

Sehingga tulang dan sendi akan lebih sehat dan kuat sepanjang waktu. entah karena tidak tahu bagaimana cara merawat kulit tubuh atau memang benar-benar sama sakali tidak mau . Tips Paling Ampuh Mengatasi Nyeri Haid 4. Cara Mudah Menjaga Handuk Agar Tetap Segar  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Semangka merupakan sumber vitamin C yang memiliki fungsi membantu meningkatkan sistem imun tubuh. 3.  Memperkuat Tulang Semangka merupakan buah yang kaya akan kandungan kalisum yang berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh.  Mata Yang Lebih Sehat Buah ini mengandung betakaroten yang akan di ubah didalam tubuh menjadi vitamin A yang akan menyehatkan organ penglihatan anda. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit di saat cuaca kurang baik atau sangat ekstrem.  Organ Ginjal Sehat Mengkonsumsi buah semangka akan membantu meningkatkan aliran urine. Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan 3. Cara Merawat Kulit Tubuh dengan Air Putih Masih banyak sekali orang yang mengabaikan kesehatan kulit. Penyebab Munculnya Penyakit Paru Paru Basah 2.  Jantung Yang Sehat Buah semangka merupakan sumber likopen dan Likopen yang terkandung dalam buah semangka berperan penting untuk menjaga kesehatan organ jantung yang anda miliki.  Mengurangi Lemak Pada Tubuh Semangka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan citruline yang mana berperan mengurangi lemak berlebih yang berada di dalam tubuh anda. Baca Juga : 1. Dengan lancarnya aliran urine maka akan berdampak pula pada kesehatan organ ginjal di didalam tubuh.

Cara yang paling mudah untuk merawat kesehatan kulit adalah dengan banyak mengonsumsi air putih.memperdulikannya. akan tetapi alangkah lebih baiknya jika kita melindungi diri dari sinar ultraviolet langsung. dan juga kosmetik yang biasa digunakan sehari-hari. kita harus bisa menjaga kulit dari segala jenis ancaman yang bisa membahayakan kulit kita. olaraga teratur dan istirahat yang cukup juga sangat membantu untuk menjaga kesehatan kulit. Hal itu dibenarkan karena sinar ultraviolet dapat menyebabkan sunburn pada kulit kita. Selain itu. Makanan yang memiliki rasa asam dipercaya bisa menyebabkan alergi pada kulit. Semua hal itu membuat kulit menjadi tidak sehat dan bisa saja menimbulkan masalah pada kulit yang membahayakan. Sebenarnya banyak sekali cara merawat kulit tubuh yang mudah dilakukan. sinar matahari. Cara merawat kulit yang maksimal bisa ditempuh dengan meminum setidaknya 6 sampai 8 gelas air setiap harinya. Kita juga harus memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. setiap hari ulit ita terkena bebagai macam hal di luar sana. banyak orang yang ingin selalu terlihat cantik dan sehat. Bagaimanapun jenis kulit yang dimiliki. Secara tidak sadar. Bukan berarti kita sama sekali tidak boleh terkena sinar matahari. Lebih baik mengonsumsi sayuran dan buah yang emngandung cukup banyak serat Mungkin sering sekali mendengar laragan untuk tidak berada di bawah sinar matahari terlalu lama. Minyak itu berasal dai kelenjar yang bernama sebasea. seharusnya lebih memperhatiakan kesehatannya. Padahal cara itu tidak memakan waktu yang terlalu lama dan tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar pula. Hanya saja banyak juga orang yang tidak melakukannya karena berbagai alasan yang kadang tidak masuk akal. air putih adalah yang paling aman karena air bersifat basa. Akan tetapi. Tidak sulit kan menjaga kesehatan kulit dengan cara merawat kulit tubuh yang sudah dijelaskan? Mulai sekarang ayo jaga kesehatan kulit kita . Sebagai pemilik yang menginginkan kulit yang sehat. anehnya adalah pada saat yang bersamaan. Apabila memng benar-benar ingin memiliki kulit tubuh yang selalu terlihat cantik dan awet muda. seperti debu. Air bisa membantu memproduksi minyak atau biasa disebut sebum. usahakan hindari makanan yang memiliki rasa asam. Jika tidak ingin kulit menjadi kering.