You are on page 1of 5

1.

Lembar Kerja Perancangan Penilaian Autentik dalam PembelajaranPK Teknik Mesin

Buatlah instrument untuk melakukan pengukuran pada ranah kompetensi dengan menggunakan rubric
penilaian skala 4.
LK-B2.1
a. Ranah Sikap,
LEMBAR PENILAIAN ASPEK SIKAP

JUJUR PERCAYA KERJASAMA TANGGUNG SANTUN
NO NAMA SISWA DIRI JAWAB
(1-4) (1-4) (1-4) (1-4) (1-4)
1 Budi
2 Amir
3 Jon
4 Tika

b. Rubrik Penilaian
Peserta didik memperoleh skor:
4 = jika empat indikator terlihat
3 = jika tiga indikator terlihat
2 = jika dua indikator terlihat
1 = jika satu indikator terlihat

IndikatorPenilaianSikap:
Disiplin
1) Tertib mengikuti instruksi
2) Mengerjakan tugas tepat waktu
3) Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
4) Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif

Jujur
1) Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
2) Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
3) Tidak menyontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
4) Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari

Tanggung Jawab
1) Pelaksanaan tugas piket secara teratur
2) Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
3) Mengajukan usul pemecahan masalah
4) Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan

Santun
1) Berinteraksi dengan teman secara ramah
2) Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
3) Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
4) Berperilaku sopan

Interaksi server. 2. Membedakan protocol (model OSI) 3. EMAIL. WEB.2. WEB. Jelaskan Interaksi Server-client Layanan. Penomoran layanan klien ( protocol TCP (protokolTCP-UDP. Ranah Pengetahuan  Kisi-kisi soal  Soal  Kunci jawaban  Rubrik/kriteria  Indikator  Pengolahan Nilai Kisi-Kisi dan Soal Kompetensi Indikator Indikator Soal Jenis Soal Dasar Soal 3.IM. Kategori nilai sikap: Sangat baik : apabila memperoleh nilai akhir 4 Baik : apabila memperoleh nilai akhir 3 Cukup : apabila memperoleh nilai akhir 2 Kurang : apabila memperoleh nilai akhir 1 b. EMAIL.4. Menerangkan 1.1. VOICE) FTP.3. Jelaskan Perbedaan Voice) VOICE) pemodelan lapisan dan 3. 3. IM. FTP. WEB. layanan-layanan Aplikasi dan Layanan- (Server DNS. Nilai akhir sikap diperoleh berdasarkan modus (skor yang sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas. EMAIL.4 Memahami 3.4. Siswa dapat Pemodelan Lapisan dan Protokol (Model menyebutkan perbedaan OSI) pemodelan lapisan dan Protokol (Model OSI) . layanan server (DNS. Siswa Dapat layanan protocol jaringan Protokol aplikasi dan Menjelaskan Protokol server (DNS. dan UDP. FTP. Siswa dapat menjelaskan Tes 1.Penomoran port TCP/IP Jaringan Penomoran port TCP/IP port TCP/IP). Menguraikan 2. Jelaskan pengertian layanan- 3.IM.4. interaksi server – client Tertulis (Protokol TCP/IP.

 Pengirim memberikan informasi tentang data yang dikirim.  Konsisten. IP address sebuah komputer bisa berubah tapi host name tidak berubah. WEB. Jelaskan pengertian layanan-layanan protocol jaringan server (DNS.IM. b. EMAIL. VOICE) Jawabannya : Server Adalah Sebuah Sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. dll  2. DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail. FTP. juga di lengkapi dengan sistem operasi khusus yg disebut sebagai sistem operasi jaringan. a. Proses pengiriman informasi melalui internet Jawabannya : Untuk proses interaksi client-server dapat digunakan banyak protokol. user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet maupun di Intranet. suatu aplikasi harus memberikan informasi-informasi secara detail tentang :  Informasi tentang apakah dia client atau server. dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. Aplikasi client-server menggunakan protokol transport untuk saling berinteraksi. Selain digunakan di Internet. . EMAIL E-mail adalah sarana kirim dan mengirim surat melalui jalur Internet atau bisa juga diartikan surat dengan format digital (ditulis dengan menggunakan komputer atau gedget yang telah mendukung aplikasi email) dan dikirimkan melalui jaringan Internet. DNS Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).  Simple. DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet dimana DNS memiliki keunggulan seperti:  Mudah. server didukung dengan prosessor yang bersifat scalable dan Ram yang besar. Layanan e-mail dapat dikelompokkan dalam 2 basis. Pertimbangannya adalah karena protokol TCP/IP adalah protokol standard yang paling banyak digunakan untuk komunikasi data di internet. tetapi untuk program ini akan digunakan protokol TCP/IP.Kunci Jawaban Soal 1. DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer cukup host name (nama Komputer). Ketika proses interaksi terjadi.  Penerima memberikan informasi tentang dimana data diletakkan. yaitu email berbasis client dan email berbasis web.

seperti internet ataupun packet-switched networks. perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. suatu bentuk komunikasi secara langsung antara dua orang atau lebih menggunakan teks yang diketik. e. Peralatan pada pusat operasi jaringan a. Jelaskan Perbedaan pemodelan lapisan dan protocol (model OSI) Jawabannya Pemodelan memudahkan dalam mempelajari apa yg terjadi di jaringan. data). FTP sendiri merupakan singkatan dari File Transfer Protocol. device-device network dari vendor berbeda dapat berkomunikasi. FTP FTP adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi sebagai standar untuk pengiriman file komputer antar mesin-mesin dalam sebuah jaringan. IM Pengirim pesan instan (biasanya disebut dengan IM atau Instant Messenger) merupakan perangkat lunak yang memfasilitasi pengiriman pesan singkat (instant messaging). Sedangkan Protokol Model OSI merupakan sebuah aturan / standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan. Jika tidak menjawab penjelasannya skor 1 2. Jika menjawab secara lengkap penjelasannya skor 4 b. VOICE VOIP singkatan dari Voice Over Internet Protocol atau biasa disebut digital phone merupakan salah satu bagian dari teknologi transmisi untuk mentransmisikan komunikasi suara melalui IP. Rubrik penilaian pengetahuan NAMA SKOR SETIAP NO SOAL NILAI NO SISWA/KELOMPOK NO 1 NO 2 NO 3 1 Budi 2 Amir 3 Jon 4 Tika Indikator penilaian pengetahuan 1. 3. komunikasi. d. Jika menjawab 3 jenis kabel dan 2 jenis konektor skor 4 b. Jika menjawab tidak lengkap penjelasannya skor 2 d. Jika menjawab 2 jenis kabel dan 1 jenis konektor skor 2 . Jika menjawab secara kurang lengkap penjelasannya skor 3 c. dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Jika menjawab 1 peralatan dengan benar skor 1 3. Jika menjawab 4 peralatan dengan benar skor 4 b. Jika menjawab 2 jenis kabel dan 2 jenis konektor skor 3 c. Jika menjawab 3 peralatan dengan benar skor 3 c. dan juga untuk para vendor pembuat network device . Atau dalam bahasa Indonesianya berarti Protokol Pengiriman File (berkas. Proses pengiriman informasi melalui internet a. Jika menjawab 2 peralatan dengan benar skor 2 d. Pada tingkatan yang terendah. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras. c. Jenis-jenis kabel dan konektor a. Hasil akhirnya. protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. hal ini mejadi sangat penting karena dengan pemodelan ini tercipta suatu standardisasi atas protokol-protokol yang berjalan di atas suatu jaringan.

b). Menginstalasi dan Mengkofigurasi Server DNS. 4.2. WEB. WEB.3. Siswa mampu menginstalasi mengkonfigurasi layanan WEB b). Urutan warna kabel terjalin (twisted pair) straight ! a. Voice) 4. IM.Penomoran port TCP/IP). Membedakan Pemodelan Lapisan dan Protokol (Model OSI) NO NAMA SISWA DNS. Menguraikan Protokol aplikasi dan layanan-layanan (Server DNS. IM. IM.4. Siswa mampu menginstalasi mengkonfigurasi layanan IM b). Siswa mampu menginstalasi mengkonfigurasi layanan VOICE - . VOICE a). Menerangkan Interaksi server-klien ( protocol TCP dan UDP. d.VOICE 1 2 3 4 1 2 3 4 Keterangan : 4 : Jika Tiga indikator di lakukan 3 : jika Dua indikator di lakukan 2 : Jika Satu indikator di lakukan 1 : Jika tidak ada indikator yang dilakukan Indikator Penilaian Kopetensi 1.4.4. FTP. FTP EMAIL. Menginstalasi dan Mengkonfigurasi server EMAIL. Jika menjawab 1 jenis kabel dan 1 jenis konektor skor 1 4. WEB. Jika menjawab 2 urutan warna dengan benar skor 1 Jumlah skor yang diperoleh Rumus pengolhan nilai adalah Nilai = x4= Jumlah skor maksimal 1.1. Jika menjawab 4 urutan warna dengan benar skor 2 d. Jika menjawab 6 urutan warna dengan benar skor 3 c. Siswa mampu menginstalasi mengkonfigurasi layanan server EMAIL b). Jika menjawab 8 urutan warna dengan benar skor 4 b. Siswa mampu menginstalasi mengkonfigurasi layanan FTP 2. Siswa mampu menginstalasi mengkonfigurasi layanan server DNS. FTP a). EMAIL.4. Ranah Keterampilan KD 4. Menalar Layanan-layanan Jaringan Indikator pencapaian kompetensi 4.