You are on page 1of 6

Format Analisis Keterkaitan antara SKL, KI, dan KD

LK-A4.1
MATA PELAJARAN : RANCANG BANGUN JARINGAN
KD : 3.4 Memahami Layanan-Layanan Jaringan
4.4. Menalar Layanan-layanan Jaringan

StandarKompetensiLulusan (SKL) Kompetensi Inti (KI) KompetensiDasar (KD)
Analisis dan Rekomendasi KD
Ranah KualifikasiKemampuan Kelas XI (SKL) (silabus)- aspek religious dan sosial
1 2 3 4 5
Sikap Memiliki perilaku yang KI-1.Menghayati dan mengamalkan 1.1. Memahami nilai-nilai keimanan dengan KD.1.1.
mencerminkan sikap ajaran agama yang dianutnya. menyadari hubungan keteraturan dan
orang beriman, berakhlak kompleksitas alam dan jagad raya Memahami nilai-nilai keimanan berada pada gradasi
mulia, berilmu, percaya terhadap kebesaran Tuhan yang (menerima) taksonomi Krathwohl (S1) belum sesuai
diri dan bertanggung menciptakannya dengan tuntutan KI 1.
jawab dalam berinteraksi
Rekomendasi:
secara efektif dengan
diperbaiki pada perumusan tujuan yang diikatkan
lingkungan social dan
pada KI 2 sebagai refleksi KI 1
alam serta dalam
menempatkan diri
1.2. Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang KD.1.2.
sebagai cerminan bangsa
menciptakan berbagai sumber energi di Mengamalkan nilai-nilai keimanan, berada pada
dalam pergaulan dunia.
alam. gradasi (mengamalkan) taksonomi Krathwohl (S5)
sesuai tuntutan KI-1.

1.3. Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai KD. 1.3.
dengan ajaran agama dalam kehidupan “Mengamalkan” nilai tingkat Gradasi tingkat A5,
sehari-hari. terkait KI-1 yaitu menghayati (A4) dan
mengamalkan (A5)

terkait KI-1 dan mengamalkan (A5). santun.1. inovatif damai). jujur. . peduli (gotong cermat. 2.Menghayati dan Mengamalkan 2. tingkat A5. rasa ingin tahu.2. disiplin. toleran.2. dengan lingkungan sosial dan dalam aktivitas sehari-hari sebagai “Menghargai” kerjasama merupakan gradasi tingkat A5. percobaan. 2. kritis. jawab. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki KD. kreatif.aspek religious dan sosial KI-2. objektif. terbuka. Menghargai kerja individu dan kelompok KD. hati-hati. tanggungjawab. bertanggung royong. responsif dan dan peduli lingkungan) dalam aktivitas proaktif dan menunjukan sikap sehari-hari sebagai wujud implementasi sebagai bagian dari solusi atas sikap dalam melakukan percobaan dan berbagai permasalahan dalam berdiskusi. berinteraksi secara efektif 2. StandarKompetensiLulusan (SKL) Kompetensi Inti (KI) KompetensiDasar (KD) Analisis dan Rekomendasi KD Ranah KualifikasiKemampuan Kelas XI (SKL) (silabus).1. “mengamalkan” perilaku merupakan gradasi perilaku jujur. alam serta dalam menempatkan wujud implementasi melaksanakan terkait KI-1 yaitu menghayati (A4) dan diri sebagai cerminan bangsa percobaan dan melaporkan hasil mengamalkan (A5) dalam pergaulan dunia. teliti. tekun. kerjasama.

4. dan jaringan” Merupakan pengetahuan Konseptual dalamilmu pengetahuan metakognitif berdasarkan teknologi. dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. seni dan rasa ingin tahunya tentang budaya dengan wawasan ilmu pengetahuan. kemanusiaan. dan dan peradaban terkait humaniora dalam wawasan penyebab. kenegaraan. Tingkat Pengetahuan” layanan-layanan dan metakognitif. Memahami. Menalar Layanan-Layanan KD. bertindak secara efektif dan kreatif. prosedural. kebangsaan. konseptual. Konseptual pengetahuan faktual. dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah Keterampilan 4. seni.4 Memahami Layanan-Layanan KD. factual. fenomena dan kejadian. terkait dengan KI-3.4.4. StandarKompetensiLulusan (SKL) Kompetensi Inti (KI) KompetensiDasar (KD) Analisis dan Rekomendasi KD Ranah KualifikasiKemampuan Kelas XI (SKL) (silabus).aspek religious dan sosial Pengetahuan Memiliki pengetahuan 3. yaitu C2 procedural. kebangsaan. dan 4.1. sampai C4. 3. konseptual. menerapkan 3. menalar. budaya. . Mengolah. dan menganalisis Jaringan “Memahami” gradasi C2. Gradasi menalar (K4-Dyer) konkret dan ranah abstrak terkait dengan tuntutan KI-4 terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri. kenegaraan teknologi. “Menalar” Layanan-layanan Jaringan merupakan menyaji dalam ranah Jaringan keterampilan abstrak. serta dampak kemanusiaan.

4 Rekomendasi : Untuk diperbaiki pada IPK (Indikator Penilaian Kopetensi) dan perumusan tujuan poembelajaran. Menalar Layanan-Layanan Jaringan Pasangan KD-3. Memahami Layanan-Layanan Jaringan 4. KD-4. . LK-A4.4. jadi KD3-4 tidak linearitas tingkatan KD-4.4 (C2).4.4 (P3 Keterampilan Abstrak).2 Format Analisis Linearitas Pasangan dan Tingkatan Kompetensi KD-3 terhadap KD-4 Mata Pelajaran : Rancang Bangun Jaringan (kelas XI) Pasangan KD-3 dengan KD-4 berdasarkan linearitas materi Analisis Linearitas Tingkatan Kompetensi (taksonomi) KD-3 KD-4 KD-3 terhadap KD-4 dan Rekomendasi 1 2 3 3.