You are on page 1of 4

KUESIONER

POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP POLA MAKAN ANAK USIA
PRA SEKOLAH DI PAUD TK AISYAH DESA BANGOAN
KECAMATAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

Petunjuk Pengisian

Beri tanda (√ ) pada jawaban pernyataan dibawah ini !
A. Data Umum

Identitas Responden

1. Tanggal pengisian : ......................

2. Kode Responden :

3. Umur Anak : 3 thn

: 4 thn

: 5 thn

4. Umur Ibu : 20-30 thn

: 31-40 thn

: > 41 thn

5. Pendidikan Terakhir : SD

: SMP

: SMA

6. Pekerjaan : IRT

: Tani

: Swasta

:

Pola Asuh Orangtua Petunjuk Pengisian Pilihlah jawaban yang sesuai dengan pengetahuan anda dengan memberi tanda √ yang telah disediakan NO Sangat Setuju Tidak Sangat Skor Komponen Penilaian setuju setuju tidak setuju A Pola Asuh Demokratis 1 orang tua memberikan kesempatan pada anak utuk membicarakan tentang keinginan anak 2 Orangtua selalu merundingkan segala hal yang terjadi kepada anak dan keluarga. Memberikan pujian bila anak berperilaku 10 baik dan menegur anak bila ia melakukan kesalahan . 9 Menemani anak belajar dan membantu anak memahami pelajaran. sehingga orangtua harus bersikap adil. B. untuk belajar. Sebagai orang tua kita harus selalu 7 bertanya tentang apa yang anak lakukan di sekolah Setiap anak memiliki tugasnya masing 8 masing. Data Khusus 1. walau orang tua tidak menyukainya Salah satu tugas orangtua adalah 4 memberikan jadwal harian anak untuk belajar 5 Menjelaskan pada anak tentang perbuatan baik dan perbuatan buruk Sebagai orangtua kita harus 6 mengingatkan anak setiap waktu. Orangtua mengarahkan anak ketempat 3 yang ia inginkan.

Memarahi anak bahkan memukul anak 8 adalah hal yang wajar dilakukan orang tua Mengharuskan anak untuk selalu belajar 9 setiap hari meski anak tidak menginginkannya. Orang tua tidak suka membicarakan 6 masalah yang terjadi kepada anaknya. Orangtua berhak memarahi bahkan 2 memukul anak bila anak melakukan kesalahan Orangtua tidak memberikan kesempatan 3 pada anaknya untuk menjelaskan keselahan yang ia lakukan 4 Orang tua tidak suka mendengar anak membantah perkataan yang ia bicarakan 5 Semua keputusan berada di tangan orangtua. 3 Memperbolehakan anak untuk bergaul dengan siapapun 4 Membiarkan anak bebas memilih apa yang ia ingin lakukan dan kerjakan . karena mereka lebih mengetahui mana yang terbaik untuk anak tanpa merundingkannya terlebih dahulu. 10 C Pola asuh Permisif 1 Sebagai orangtua kita tidak perlu membatasi pergaulan anak Bila anak melakukan kesalah itu 2 dianggapwajar.B Pola Asuh Ototriter Orang tua selalu memaksakan kehendak 1 dirinya. karena anak-anak masih belum mengerti apa-apa. karena merasa anak tidak mengerti apa- apa Anak harus selalu patuh terhadap 7 peraturan yang dibuat orang tua meskipun anak tidak menyukainya.

Selalu menuruti kemauan anak meski 9 orangtua tidak menyukainya merupakan salah satu cara oran tua menunjukan kasih sayang.5 Sebagai orang tua kita tidak berhak mengatur anak. 7 merupakan salah satu cara menunjukan kasih saying. . Anak mengerti apa yang ia lakukan. 6 sehingga orang tua tidak perlu bertanya atau melarang anak untuk melakukan hal yang ia inginkan. Dengan sendirinya anak akan memahami 8 mana yang baik dan yang buruk tanpa harus diberitahu orangtua. Memberikan apa yang diinginkan anak.