You are on page 1of 8

Lembar Kerja (LK) Analisis SKL, KI, KD dalam Perancangan Pembelajaran Mata Pelajaran

Program Kehalian :............................

Tujuan:
a. Melakukan analisis keterkaitan antara Standar Kompetensi Lulusan (SKL, Kompetensi Inti (KI),
dan Kompetensi Dasar (KD) untuk mata pelajaran yang saudara ampu.
b. Melakukan analisis linearitas pasangan dan tingkatan taksonomi KD-3 dengan KD-4
c. Menjabarkan KI dan KD ke dalam Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dan Materi
Pembelajaran

a. Analisis keterkaitan antara SKL, KI, dan KD
Langkah Kerja:
1). Gunakan format analisis keterkaitan antara SKL,KI, dan KD yang telah disediakan di bawah
ini
2). Cermati uraian tentang SKL, KI, dan KD pada butir 5 di atas, serta Permendikbud nomor
54 Tahun 2013 tentang SKL, dan Permendikbud nomor 60 Tahun 2014 tentang KI, dan
Permendikbud nomor 57 Tahun 2014 tentang KD.
3). Isilah kolom 2 dengan mengutip pernyataan kualifikasi kemampuan dalam SKL yang
tercantum pada Permendikbud nomor 54 Tahun 2013
4). Isilah kolom 3 dengan mengutip pernyataan KI-1, KI-2, KI-3, KI-4 yang tercantum pada
Permendikbud nomor 60 Tahun 2014 tentang Kurikulum SMK/MAK pada lampiran 1.a
5). Isilah kolom 4 dengan mengutip rumusan KD pada ...............................

tekun. (mengamalkan). toleran. belum terkait KI-1 yaitu beriman. objektif..1 Format Analisis Keterkaitan antara SKL.3. Menunjukkan perilaku ilmiah KD 2.1.1. Menghayati dan mengamalkan 1. 1 2 3 4 5 Sikap Memiliki perilaku yang 1.2. keteraturan dan kompleksitas sampai menghayati (A4) dan mengamalkan berilmu. “Mendeskripsikan” Berada pada gradasi alam serta dalam Tuhan yang menciptakan A2 (Merespon).2. KI. berakhlak mulia. bagian dari solusi atas berbagai inovatif dan peduli permasalahan dalam berinteraksi lingkungan) dalam aktivitas secara efektif dengan lingkungan sehari-hari sebagai wujud sosial dan alam serta dalam implementasi sikap dalam menempatkan diri sebagai melakukan percobaan dan cerminan bangsa dalam berdiskusi . hati-hati. LK-A4. Mendeskripsikan kebesaran KD 1. tanggung (memiliki rasa ingin tahu. responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai jawab. Rekomendasi diperbaiki pada perumusan tujuan pembelajaran di RPP 1. kritis. “Menunjukkan” berada pada gradasi A5 perilaku jujur. bertanggung santun. terbuka. damai). teliti.1. dan alam dan jagad raya terhadap (A5) bertanggung jawab dalam kebesaran Tuhan yang Rekomendasi diperbaiki pada perumusan tujuan berinteraksi secara efektif menciptakannya pembelajaran di RPP dengan lingkungan sosialdan 1. terkait KI-1 yaitu ajaran agama dalam menghayati (A4) dan mengamalkan (A5) kehidupan sehari-hari 2. “Memahami” Berada pada gradasi A1 mencerminkan sikap orang ajaran agama yang dianutnya dengan menyadari hubungan (Menerima). jujur. belum terkait KI-1 yaitu menempatkan diri sebagai berbagai sumber energi di sampai menghayati (A4) dan mengamalkan cerminan bangsa dalam alam (A5) pergaulan dunia. cermat. peduli (gotong royong.. Mengamalkan nilai-nilai KD 1. “Mengamalkan” berada pada gradasi A5 keimanan sesuai dengan (mengamalkan). Menghayati dan Mengamalkan 2. dan KD Mapel StandarKompetensiLulusan (SKL) KompetensiInti (KI) KompetensiDasar (KD) Analisis dan Rekomendasi KD Ranah KualifikasiKemampuan Kelas. Memahami nilai-nilai keimanan KD 1. disiplin.3. terkait KI-2 yaitu jawab. percaya diri.1. menghayati (A4) dan mengamalkan (A5) kerjasama. kreatif.

Jaringan terkait dengan KI-3 yaitu C2 sampai C4 Tingkat pengetahuan “Layanan-layanan jaringan” merupakan pengetahuan Konsep 3.3 “Memahami” berada pada gradasi C2. Memahami pengalamatan KD 3. konseptual kemanusiaan. Tingkat pengetahuan “Hubungan komputer ke dan metakognitif berdasarkan pengetahuan.3.6. 3.4 “Memahami” berada pada gradasi C2. kebangsaan. Memahami penyambungan KD 3. jaringan” merupakan pengetahuan rasa ingin tahunya tentang ilmu dan budaya dengan wawasan pengetahuan. Memahami Internet dan pemanfaatannya KD 3. prosedural. Memahami Meja bantuan Tingkat pengetahuan “Layanan-layanan jaringan” (help desk) merupakan pengetahuan Konsep .. Memahami hubungan KD 3.2 “Memahami” berada pada gradasi C2. belum terkait KI-2 yaitu sehari-hari sebagai wujud sampai menghayati (A4) dan mengamalkan implementasi melaksanakan (A5) percobaan dan melaporkan Rekomendasi diperbaiki pada perumusan tujuan hasil percobaan pembelajaran di RPP Pengetahuan Memiliki pengetahuan faktual. konseptual. teknologi. Memahami. budaya.2. kenegaraan. menerapkan dan 3.4. Jaringan terkait dengan KI-3 yaitu C2 sampai C4 Tingkat pengetahuan “Pengalamatan jaringan” merupakan pengetahuan Konsep 3. dan menganalisis pengetahuan komputer ke jaringan terkait dengan KI-3 yaitu C2 sampai C4 metakognitif dalam ilmu faktual. Memahami Layanan-Layanan KD 3. prosedural. seni. terkait penyebab serta dampak kebangsaan. 2. peradaban terkait penyebab Tingkat pengetahuan “Penyambungan internet fenomena dan kejadian dalam melalui ISP” merupakan pengetahuan bidang kerja yang spesifik untuk Konsep memecahkan masalah 3.2. konseptual.5. StandarKompetensiLulusan (SKL) KompetensiInti (KI) KompetensiDasar (KD) Analisis dan Rekomendasi KD Ranah KualifikasiKemampuan Kelas.1. 3. terkait dengan KI-3 yaitu C2 sampai C4 3. dan peradaban wawasan kemanusiaan.2 “Menghargai” berada pada gradasi A3 kelompok dalam aktivitas (Menghargai).6.. 3. teknologi. pergaulan dunia.1 “Memahami” berada pada gradasi C2. dan internet melalui ISP terkait dengan KI-3 yaitu C2 sampai C4 fenomena dan kejadian. seni.5 “Memahami” berada pada gradasi C2. dan humaniora dalam kenegaraan. Menghargai kerja individu dan KD 2.

KD 3. Memahami Layanan.9.11 “Memahami” berada pada gradasi C2. computer terkait dengan KI-3 yaitu C2 sampai C4 Tingkat pengetahuan “Routing jaringan computer” merupakan pengetahuan prosedural 3.10. Memahami perencanaan pemutakhiran Jaringan KD 3. Memahami Perencanaan struktur pengalamatan KD 3.9 “Memahami” berada pada gradasi C2.11.8.7 “Memahami” berada pada gradasi C2. Memahami konfigurasi KD 3.6 “Memahami” berada pada gradasi C2.StandarKompetensiLulusan (SKL) KompetensiInti (KI) KompetensiDasar (KD) Analisis dan Rekomendasi KD Ranah KualifikasiKemampuan Kelas. layanan ISP terkait dengan KI-3 yaitu C2 sampai C4 Tingkat pengetahuan “Routing jaringan computer” merupakan pengetahuan konsep .7. terkait dengan KI-3 yaitu C2 sampai C4 Tingkat pengetahuan “Perencanaan struktur pengalamatan” merupakan pengetahuan konsep 3..8 “Memahami” berada pada gradasi C2. terkait dengan KI-3 yaitu C2 sampai C4 Tingkat pengetahuan “perencanaan pemutakhiran jaringan” merupakan pengetahuan konsep 3. terkait dengan KI-3 yaitu C2 sampai C4 Tingkat pengetahuan “meja bantuan” merupakan pengetahuan konseptual 3.. Memahami Routing jaringan KD 3. Peralatan-peralatan Jaringan terkait dengan KI-3 yaitu C2 sampai C4 Tingkat pengetahuan “konfigurasi Peralatan- peralatan Jaringan” merupakan pengetahuan prosedural 3.10 “Memahami” berada pada gradasi C2. KD 3.

pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara menalar. .. sudah terkait . Membiasakan (P2 Simpson). Menyajikan pengalamatan KD 4.. Sudah terkait dan konkret sebagai pengembangan dari yang dengan tuntutan KI-4 yaitu mengolah. Mengolah. .1. . .3. Menyajikan penyambungan KD 4.2 “Menyajikan” penyambungan . dan mampu 4. dan tindak yang efektif dan dalam ranah konkret dan ranah ke jaringan merupakan keterampilan abstrak gradasi kreatif dalam ranah abstrak abstrak terkait dengan Menalar (P4 Dyers). dan menyaji dipelajari di sekolah secara mandiri. menalar.. StandarKompetensiLulusan (SKL) KompetensiInti (KI) KompetensiDasar (KD) Analisis dan Rekomendasi KD Ranah KualifikasiKemampuan Kelas.. sudah terkait dengan tuntutan KI-4 yaitu mengolah. melaksanakan tugas spesifik di internet melalui ISP merupakan keterampilan konkrit gradasi bawah pengawasan langsung. .1 “Menalar” hubungan komputer .2. dan menyaji 4.3 “Menyajikan” pengalamatan . Jaringan merupakan keterampilan abstrak gradasi Menyaji (P5 Dyers).. Keterampilan Memiliki kemampuan pikir dan 4. menalar. dan menyaji 4. Menalar hubungan komputer KD 4. bertindak secara efektif madiri dan kreatif.

4 “Menalar” layanan-layanan jaringan Jaringan merupakan keterampilan abstrak gradasi Menalar (P4 Dyers). Menalar Layanan-Layanan KD 4.5 “Menalar” internet dan pemanfaatannya pemanfaatannya merupakan keterampilan abstrak gradasi Menalar (P4 Dyers).5. menalar.StandarKompetensiLulusan (SKL) KompetensiInti (KI) KompetensiDasar (KD) Analisis dan Rekomendasi KD Ranah KualifikasiKemampuan Kelas.. dengan KI-4 yaitu mengolah. dan menyaji 4. menalar. Sudah terkait dengan tuntutan KI-4 yaitu mengolah.. dan menyaji . dan menyaji 4. Menalar Internet dan KD 4.4. menalar. Sudah terkait dengan tuntutan KI-4 yaitu mengolah.

Memahami KD 3..3 berada pada gradasi C2 pengalamatan Jaringan 4.3 Rekomendasi diperbaiki pada IPK dan Tujuan Pembelajaran di RPP 3.. Cermati kolom 1 dan 2 pernyataan pasangan KD-3 dengan pernyataan KD-4 berdasarkan linieritas materi 3)..4 berada pada gradasi P4 Menalar Dyers Tidak memenuhi tingkatan linearitas KD 4. Menalar hubungan KD 3...1 Rekomendasi diperbaiki pada IPK dan Tujuan Pembelajaran di RPP 3.1 berada pada gradasi P4 Dyers Tidak memenuhi tingkatan linearitas KD 4. Gunakan Format Analisis Linearitas Pasangan dan Tingkatan Kompetensi (Taksonomi) KD-3 terhadap KD-4 yang telah disediakan di bawah ini 2)....b. Menyajikan KD 3..1 berada pada gradasi C2 komputer ke jaringan komputer ke jaringan KD 4..4. Memahami 4.4 berada pada gradasi C2 Layanan Jaringan Jaringan KD 4.1...2. Menyajikan pengalamatan KD 4. Analisis linieritas pasangan dan tingkatan kompetensi (taksonomi) KD -3 terhadap KD-4 Langkah Kerja: 1). Dinyatakan linier jika kedudukan gradasi taksonomi setara atau selisih satu tingkat di bawah atau di atas LK-A4.3.4 Rekomendasi diperbaiki pada IPK dan Tujuan Pembelajaran di RPP . 4.2 Format Analisis Linearitas Pasangan dan Tingkatan Kompetensi KD-3 terhadap KD-4 Mata Pelajaran.3 berada pada gradasi P5 Menyaji Dyers Jaringan Tidak memenuhi tingkatan linearitas KD 4..2....) Pasangan KD-3 dengan KD-4 berdasarkan linearitas Analisis Linearitas Tingkatan Kompetensi materi (taksonomi) KD-3 terhadap KD-4 dan KD-3 KD-4 Rekomendasi 1 2 3 3.2 berada pada gradasi P2 Simpson melalui ISP melalui ISP Memenuhi tingkatan linearitas KD 4..2 berada pada gradasi C2 penyambungan internet penyambungan internet KD 4. Isilah kolom 1 dan 2 mengutip pernyataan KD-3 dan KD-4 pada format sebelumnya 4).4.2 3.... Menalar Layanan-Layanan KD 3.. Memahami hubungan 4.(kelas.. Isilah kolom 3 dengan melakukan analisis dengan cara mempertimbangkan kedudukan gradasi taksonomi ranah pengetahuan (KD-3) terhadap kedudukan gradasi taksonomi ranah keterampilan (KD-4).1..3. Memahami Layanan.

Tata bahasa sangat komunikatif dan efektif.50 Hasil analisis keterkaitan KI-KD dideskripsikan dengan benar. rumusan IPK belum memenuhi tuntutan KI. rumusan tujuan meliputi aspek pengetahuan dan keterampilan yang dikaitkan dengan pembentukan sikap. Tata bahasa komunikatif dan efektif. rumusan tujuan meliputi aspek pengetahuan dan keterampilan yang dikaitkan dengan pembentukan sikap. KD. KD. Kurang (K) ≤ 1. rekomendasi yang ditawarkan tidak mengacu kepada tunutan KI. rumusan IPK masih sudah memenuhi tuntutan KI tetapi tata bahasanya belum efektif. Peringkat Nilai Kriteria Amat Baik 3.51 < AB ≤ 4. Langkah-langkah Penilaian Hasil Analisis Keterkaitan KI.00 Hasil analisis keterkaitan KI-KD dideskripsikan dengan (AB) benar. Cukup (C) 1. Baik (B) 2. KD. digunakan oleh fasilitator untuk menilai hasil analisis peserta pelatihan terhadap analisis keterkaitan KI. serta hasil analisis peserta yang akan dinilai. 1) Cermati format penilaian analisis analisis keterkaitan KI.84 Hasil analisis keterkaitan KI-KD dideskripsikan dengan benar. KD. tetapi rumusan IPK belum memenuhi tuntutan KI. 2) Berikan nilai pada setiap komponen sesuai dengan penilaian Anda terhadap hasil analisis peserta dengan menggunakan rentang nilai sebagai berikut . rumusan IPK sudah memenuhi tuntutan KI. rekomendasi yang ditawarkan mengacu kepada tunutan KI. sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. rekomendasi yang ditawarkan mengacu kepada tunutan KI.KD Rubrik penilaian analisis keterkaitan KI.84 Hasil analisis keterkaitan KI-KD tidak dideskripsikan dengan benar. rekomendasi yang ditawarkan mengacu kepada tunutan KI. R-A4.1 Rubrik Penilaian Analisis Keterkaitan KI .85 < B ≤ 3. .85 < C ≤ 2.