You are on page 1of 20

OPTIMASI KERJA SEPARATOR

LAPORAN KERJA PRAKTEK

UNIT BISNIS PEMBANGKITAN KAMOJANG UNIT DARAJAT

Oleh :

Ramdani (140310140024)

Hilda Aprida (140310140057)

Ahmad Qosam Amrulhaq (140310140061)

UNIVERSITAS PADJADJARAN

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

PROGRAM STUDI FISIKA

JATINANGOR

2017

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirabbil’alamin, puji syukur penulis panjatkan kepada Allah

SWT atas segala rahmat-Nya sehingga terselesaikan skripsi dengan judul “Sintesis

dan Karakterisasi Anoda dengan Bahan Grafit-CMC-Graphene”.

Laporan kerja praktek ini telah disusun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan

dari banyak pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan laporan ini. Untuk itu

dengan penuh rasa hormat, penulis menyampaikan banyak terima kasih kepada :

1. Dr. Sahrul Hidayat, M.Si selaku dosen pembimbing lapangan yang telah

memberikan arahan, ilmu serta masukan sehingga dapat bermanfaat dalam

penyusunan skripsi ini.

2. Dr. Fitrilawati, M.Si selaku dosen pembimbing yang juga turut

menyumbangkan ilmu dan fikirannya sehingga memperlancar dari penyusunan

skripsi ini.

3. Prof. Dr. Sudradjat, M.S., sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu

Pengetahuan Alam, Universitas Padjadjaran.

4. Dr. Sahrul Hidayat, M.Si sebagai Kepala Departemen Fisika Fakultas

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Padjadjaran.

5. Lusi Safriani, M.Si sebagai Koordinator Program Studi Fisika Fakultas

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

6. Bapak dan Ibu Dosen Fisika Universitas Padjadjaran atas bimbingan,

nasihat dan ilmu yang telah diberikan selama ini.

7. Keluarga di rumah yang selalu memberikan semangat sehingga dapat

terselesaikannya ini.

Rekan seperjuangan magang IP yang telah menemani dari awal hingga akhir selesainya.8. susunan kalimat maupun tata bahasanya. Juli 2017 Penulis . 9. Teman . Dan pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah turut membantu sehingga laporan ini dapat terselesaikan tepat waktu.teman Fisika UNPAD 2014 yang telah memberikan semangat sehingga dapat terselesaikannya laporan praktek lapangan di PLTP UBP Darajat ini. Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman. Akhir kata semoga laporan ini dapat bermanfaat baik menambah wawasan ilmu pengetahuan baik penulis maupun pembaca juga dapat memberikan inpirasi penelitian selanjutnya. Jatinangor. penulis menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi isi. Oleh karena itu dengan tangan terbuka penulis menerima segala saran dan kritik yang bersifat membangun dari pembaca demi kesempurnaan laporan ini. 10.

Biasanya panas bumi yang keluar berbentuk uap air atau gas karena sudah bercampur cairan dan zat lainya. panas bumi tersebut di reinjeksi melalui sumur injeksi kembali ke perut bumi.[2] Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) merupakan suatu pembangkit listrik yang memanfaatkan tenaga panas dari perut bumi dalam bentuk uap air dan merupakan energi terbarukan bila penggunaannya menggunakan prinsip siklus dengan pompa injeksi.Diagram Alir PLTP UBP Darajat Berdasarkan data dari Badan Geologi. Saat panas bumi diambil dan digunakan untuk pembangkit listrik.Kementerian Energi Sumber Daya Mineral pada tahun 2010. Seringkali kita melihat panas bumi yang keluar dari celah kawah atau lereng lereng gunung. debu. Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi panas bumi yang cukup besar yaitu ± 29 GW atau setara dengan 40 % potensi panas bumi dunia. BAB II TEORI DASAR 2. PLTP .1. walaupun di beberapa tempat panas bumi keluar dari perut bumi dalam bentuk lava. . namun demikian pemanfaatannya masih kecil yaitu sebesar 1.189 MW atau setara 4.2% dari potensi yang ada.bara.lumpur panas seperti lapindo dll.

1. hanya pada PLTU uap dibuat di permukaan menggunakan boiler. Mekanisme kerja Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) pada prinsipnya sama seperti Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Pemanfaatan sumber panas bumi memerlukan peralatan separator.2. [3] Gambar 2. Definisi dan Komponen Separator merupakan alat yang digunakan untuk memisahkan fluida cair dan padat dengan fluida gas (Swandaru. 2007). Sistem panas bumi sebagai pembangkit listrik[4] 2. Karena terdapat kasus panas bumi yang hendak dimanfaatkan masih memiliki kadar air walaupun hanya sedikit.1. Oleh sebab itu separator gas-cair digunakan agar uap yang masuk keturbin dalam keadaan uap jenuh serta untuk menghindari terjadinya korosi dan timbulnya kerak pada peralatan pembangkit. .2. uap berasal dari reservoir panas bumi. Separator 2. sedangkan pada PLTP.

stasiun 2 adalah jalur masuk dari campuran uap dan air sebelum masuk ke separator. Stasiun 1 merupakan sebuah sumur. b) Steam Outlet Saparator Steam Outlet Saparator adalah saluran pipa tempat keluarnya uang menuju demister dan pembangkit. Stasion 3 adalah keluaran yang berupa uap. [7] Komponen – Komponen Separator Pada saparator terdapat bebarapa bagian-bagian yaitu sebagai berikut. c) Dusi Collector . Pemilihan tekanan pada separator merupakan hal yang sangat kritis untuk pembangkit listrik. a) Inlet Saparator Inlet Saparator adalah saluran pipa tempat masuknya steam atau fluida dari main unit isolation valve menuju saparator. Gambar 2.dan stasiun 4 ada keluaran yang berupa brine. Model sederhana dari sumur dan separator[7] Parameter panas utama untuk reservoir dalam hal desian pembangkit listrik adalah enthalpy.2. namun jumlah uapnya akan semakin sedikit tergantung dari kesetimbangan energi antara separator dan juga produktivitas tekanan wellhead yang semakin tinggi. Semakin tinggi tekanan separator maka semakin baik uap yang tersedia untuk turbin.

Dusi Collector adalah wadah penampungan kotoran hasil pemisahan yang kemudian di buang ke parit saat level kotoran telah mencukupi. dimana ketika air dalam drain pot telah mencapai level ketinggian tertentu maka float naik hingga menyentuh switch dan secara otomatis membuka katup drain dan membuang kondensat tersebut.Pada saat kondensasi berlangsung sebagian dari silica dan material lain yang bermassa lebih berat akan masuk ke steam trap. d) Man Hole Man Hole adalah pintu masuk petugas perawatan pada saat pemeliharaan e) Sight Glass Sight Glass adalah alat pembaca lever separator f) Ruputure Glass Ruputure Glass adalah piringan pengaman separator g) Condensate Collection Flash Vessel Condensate Collection Flash Vessel adalah wadah untuk mengumpulkan air condensate hasil pemisah dari separator yang kemudian di salurkan ke basin cooling tower. i) Silencer .Sistem kerjanya menggunakan magnetic float switch. fungsinya adalah untuk menjebak air hasil kondensasi sepanjang pipa. h) Condensation Drain Plot Condensation Drain Plot adalah peralatan berupa silinder yang dipasang pada dasar pipa uap.

Prinsip Kerja Separator Steam yang berasal dari perut bumi masih berupa aliran multifasa (Vapor solid particle dan liqud). maka dapat menimbulkan penyempitan dan penyumbatan aliran uap serta peningkatam tekanan dan menyebabkan over preassure. Aliran udara yang mengandung partikulat masuk dari bagian bawah cyclone dan dipaksa masuk ke rotasi berbentuk spiral oleh baling-baling pemutar yang . Silencer adalah peredam suara air yang di buang dan memisahkan air panas dan uap yang masih kering.Steam juga mengandung solid berupa silica dan zat lain akan mempengaruhi sistem kerja turbin.Jika nozzle turbin terkena solid ini . Jenis – Jenis Separator 2.3.2.2. uap di ambil dari chevron dan kemudian memasuki area power plant melalui main unit isolation valve.2. Pemisahan dengan separator adalah sebuah metoda pemisahan partikulat dari udara.Pada main unit isolation valve di pasang dua buah rupture disk sebagai pengaman agar aliran uap yang masu di jaga tekanannya tidak melebihi batas operasi sistem pembangkit yaitu 10 barg. 2.Begitupun uap yang di pakai oleh PLTP Indonesia Power.Rupture disc akan membuka dan membuang uap apabila terbaca tekanan melebihi batas operasi yang mungkin muncul saat unit beroperasi. gas dan aliran liquid tanpa menggunakan filter melalui pemisahan vortex.Pemisahan ini penting untuk menghindari timbulnya hujan gerimis yang dapat mematkan tanaman dan lingkungan sekitar karena steam tersebut masih mangandung air dan zat berbahaya lainnya.Maka dipasang separator yang di pasangkan dengan condensate collection flash vessel.

Sedangkan untuk air hasil pemisahan dari separator disalurkan ke condensate collection flash vessel untuk ditampung dan disalurkan ke basin cooling tower yang diatur menggunakan control valve level ketinggian. Sehingga ketika temperaturnya naik katup inlet cooling tower ke condensate collection flash vessel membuka agar temperaturnya kembali normal. . Partikel dengan massa yang lebih berat akan ditangkap dan disalurkan ke debu kolektor (dust collector) untuk seterusnya dikumpulkan hingga mencapa tingkat ketinggian yang ada maka kotoran atau partikel yang berhasil dipisahkan akan dibuang ke parit yang ada dibawah kolektor debu melalui exhaust outlet secara blow down. Pada separator dan mist eliminator jika telah mencapai level yang tinggi dan melewati batas operasi maka switch yang beroperasi akan mematikan unit. Semua sistem pemipaan dipasang alat ukur temeperatur dan tekanan sehingga ketika ada kenaikan temperatur dan tekanan yang melibihi batas operasi akan menyalakan alarm. Pada dust collector hanya membuang kotoran kering saja. Control valve level ketinggian akan membuka dan mengalirkan air ke basin cooling tower jika level air di condensate collection fash vessel telah mencapai batas dengan menggunakan sistem DCS (distributed control and information system) dan akan menyalakan alarm jika level ketinggian berlebih dan temperatur terlalu tinggi. Temperatur outlet kondensat dari power house diatur lebih tinggi beberapa derajat dari batas operasi.stabil. Juga apabila differensial tekanan antara masukan dan keluaran separator terlalu tinggi hal ini pun dapat menyalakan alarm.

mendorong partikulat jenuh. Dengan efek rotasi dan gravitasi digunakan untuk memisahkan campuran padat dan fluida lainnya.Apabila tekanan dalam separator melebihi tekanan nominalnya maka repture disk akan pecah dan uap panas akan di buang ke atmosfir. . Aliran udara tambahan juga membuat pengumpul partikulat mengalir horizontal. Separator sendiri di lindungi oleh lempengan tembaga yang di sebut repture disk yang mampu menahan tekanan di dalam separator hingga sebesar 14.Uap yang berhasil di pisahkan masih mengandung butiran air dan akan di saring oleh mist eliminator kemudian dikumpulkan di bawah mist eliminator dan di alirkan menuju power house flash vessel. maka steam bersih tersebut menuju ke bagian outlet saparator dan menuju mist eliminator. uap yang di hasilkan di pisahkan dan di bersihkan dari zat atau material berbahaya mempunyai massa yang relative lebih ringan dari kotoran. Dari separator.Rufture disk ini selain menjaga tekanan juga sebagai alat pengaman ila sewaktu-waktu terjadi over preassure di dalam separator. Aliran udara tambahan masuk dari bagian atas cyclone dan bergerak ke bawah. memotong aliran partikulat dari aliran udara utama.76 barg.

Setahun kemudian. Pada tanggal 3 Oktober 2000. Perubahan nama ini merupakan upaya . pada tahun 1994 PLN diubah statusnya dari Perum menjadi Persero. yang dipertegas dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden No. Langkah kearah deregulasi tersebut diawali dengan berdirinya Paiton Swasta I. BAB II PROFIL PERUSAHAAN 2.1 Sejarah Singkat Perusahaan Pada awal 1990-an. PT. 37 tahun 1992 tentang pemanfaatan sumber dana swasta melalui pembangkit-pembangkit listrik swasta.Sebagai penerapan tahap awal. atau lebih dikenal dengan nama PLN PJB I. PLN (Persero) membentuk anak perusahaan yang tujuannya untuk memisahkan misi sosial dan misi komersial yang diemban oleh badan usaha milik negara tersebut. pemerintah Indonesia mempertimbangkan perlunya deregulasi pada sektor ketenagalistrikan. Anak perusahaan ini ditujukan untuk menjalankan usaha komersial pada bidang pembangkitan tenaga listrik danusaha-usaha lain yang terkait. Menteri Pertambangan dan Energi (MENTAMBEN) menerbitkan kerangka dasar kebijakan Sasaran dan Kebijakan Pengembangan Subsektor Ketenaga listrikan yang merupakan pedoman jangka panjang restrukturisasi sektor ketenaga listrikan. INDONESIA POWER. bertepatan dengan ulang tahunnya yang kelima.Salah satu dari anak perusahaan itu adalah PT. tepatnya pada tanggal 3 Oktober 1995. Pembangkitan Tenaga Listrik Jawa-Bali I.manajemen perusahaan secara resmi mengumumkan perubahan nama PLN PJB I menjadi PT. Kemudian pada akhir 1993.

PT. Dari sini dapat dipandang bahwa secara kesejahteraan pada dasarnya usia PT. termasuk meningkatnya persaingan serta kebutuhan untuk melakukan privatisasi melalui sebuah IPO (Initial Public Offering). Namun demikian. INDONESIA POWER sama dengan keberadaan listrik di Indonesia. Pembangkit pembangkit tersebut memanfaatkan teknologi modern berbasis komputer dengan menggunakan beragam energi primer seperti air. dari pembangkit tersebut terdapat pembangkit paling tua di Indonesia sepeerti PLTA Plengan. PLTA Ubrug. PLTA Ketenger dan sejumlah PLTA lainnya yang dibangun pada tahun 1920-an dan sampai sekarang masih beroperasi.Lebih dari sekedar perubahan nama. PT. solar. Walaupun sebagai perusahaan komersial di bidang pembangkitan baru didirikan pada pertengahan 1990-an. batu bara. langkah tersebut merupakan penegasan atas tujuan perusahaan untuk menjadi perusahaan pembangkitan independen yangberorientasi murni bisnis sesuai dengan tuntutan dan perubahan yang terjadi di pasarketenagalistrikan Indonesia. dan sebagainya.untuk menyikapi persaingan yang semakin ketat dalam bisnis ketenagalistrikan dan sebagai persiapan untuk privatisasi perusahaan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. INDONESIA POWER merupakan perusahaan pembangkit tenaga listrik terbesar di Indonesia (9040 MW) dengan delapan Unit Pembangkit dan Jasa Pembangkitan utama di beberapa lokasi strategis di pulau Jawa dan Bali serta unit . gas bumi. INDONESIA POWER mewarisi berbagai jumlah aset berupa pembangkit dan fasilitas-fasiltas pendukungnya.

terdiri dari Unit Bisnis Pembangkitan. 2. Unit Pembangkit dan Jasa Pembangkitan Kamojang berlokasi di daerah perbukitan sekitar 1500 meter dari permukaan laut dan 42 km kearah tenggara kota Bandung. mulai beroperasi pada 6 Oktober 1994 diikuti dengan pembangunan PLTP di UPJP Gunung Salak yang terdiri dari unit 1 dan unit 2 yang mulai beroperasi pada tanggal 12 Maret 1994.bisnis yang bergerak di bidang jasa pemeliharaan yang disebut Unit Pembangkit dan Jasa Pembangkitan (UPJP). Priok. Semarang. yakni UPJP Kamojang. serta unit 3 yang mulai beroperasi pada tanggal 16 Juli 1997. UPJP Darajat. Kemudian. PT. Mrica. unit 2 dan unit 3 beroperasi masing-masing pada bulan Juli dan November 1987. unit PLTP Darajat dan Unit PLTP Gunung Salak. dan 3 kapasitas yang terpasang masing-masing . Pada awal operasinya Unit Gunung Salak 1. Pengembangan PLTP di UPJP Darajat diselesaikan pada 1993. Unit bisnis ini mengelola dan mengoperasikan tujuh pusat listrik tenaga panas bumi (PLTP). Saguling. Unit Pembangkit dan Jasa Pembangkitan yang dikelola PT. INDONESIA POWER Unit Pembangkit dan Jasa Pembangkitan (UPJP) Kamojang adalah Badan Usaha Milik Negara dan merupakan Objek Vital Daerah (OBVITDA) yang mengelola unit Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang terdiri dari 3 Unit yaitu unit PLTP Kamojang. INDONESIA POWER adalah Unit Pembangkit dan Jasa Pembangkitan Suralaya. dan UPJP Gunung Salak. Unit Bisnis Pembangkit Kamojang mulai beroperasi pada 22 Oktober 1982 walaupun secara resmi Presiden Soeharto baru meresmikan operasi unit 1 pada tanggal 7 Februari 1983. Kamojang. Grati dan Bali serta Unit Bisnis Jasa Pemeliharaan. Perak.

.2 Paradigma.2. misi. 2. visi.motto. (TABEL BAGIAN QOSAM) Panas Bumi adalah energi terbarukan yang bersih dan memiliki beberapa keunggulan: mudah didapat secara kontinu dalam jumlah besar. INDONESIA POWER adalah “Hari ini lebih baik dari hari kemarin. INDONESIA POWER sebagai perusahaan memiliki paradigma. Paradigma PT. ketersediaanya tidak terpengaruh oleh cuaca.Lapangan panas bumi kamojang diperkirakan memiliki potensi energi sebesar 300 MW.2. dan Tujuan Perusahaan PT.2 Visi Perusahaan Menjadi perusahaan publik dengan kinerja kelas dunia dan bersahabat dengan lingkungan. Pada tahun 2005. Misi. masing-masing kapasitas unit ditingkatkan menjadi 60 MW. Indonesia merupakan negara dengan potensi panas bumi terbesar di dunia dengan potensi energi panas bumi sebesar 27 GW (potensi panas bumi dunia 50 GW). bebas polusi udara karena tidak menghasilkan gas berbahaya.unit adalah 55 MW.Potensi ini perlu dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri dan mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil yang semakin menipis.1 Paradigma Perusahaan Paradigma adalah suatu kerangka berfikir yang melandasi cara untuk menilai sesuatu. Saat ini UPJP Kamojang mengoperasikan PLTP dengan kapasitas total daya sebesar 375 MW. hari esok lebih baik dari hari ini”. Visi . 2. serta tujuan perusahaan yakni : 2.

3 Misi Perusahaan Melakukan usaha dalam bidang ketenagalistrikan dan mengembangkan usaha lainnya yang berkaitan berdasarkan kaidah indutri dan niaga yang sehat guna menjamin keberadaan dan pengembangan perusahaan dalam jangka panjang. Meningkatkan pertumbuhan perusahaan secara berkesinambungan dengan bertumpu pada usaha penyediaan tenaga listrik dan sarana penunjang yang berorientasi pada permintaan pasar yang berwawasan lingkungan c. keandalan. Mengoperasikan pembangkit tenaga listrik secara kompetitif serta mencapai standar kelas dunia dalam hal keamanan. Mengembangkan budaya perusahaan yang sehat di atas saling menghargai antar karyawan dan mitra serta mendorong terus kekokohan integritas pribadi dan profesionalisme. Menciptakan mekanisme peningkatan efisiensi yang terus menerus dalam.2. .4 Motto Perusahaan “Bersama… Kita Maju” 2.5 Tujuan Perusahaan a.2. efisiensi.2. 2. Menciptakan kemampuan dan peluang untuk memperoleh pendanaan dari berbagai sumber yang saling menguntungkan d. penggunaan sumber daya perusahaan b. maupun kelestarian lingkungan e.2.

menunjukkan identitas yang kuat dan kokoh sebagai pemilik sumber daya untuk memproduksi tenaga listrik. Merah Diaplikasikan pada kata INDONESIA. Biru .3. dan juga di luar negeri b.Dengan simbol yang kecil ini diharapkan identitas perusahaan dapat langsung terwakili.1 Bentuk Logo Karena nama yang kuat. yaitu Futura Book/Regular dan Futura Bold.3. INDONESIA dan POWER ditampilkan dengan menggunakan jenis huruf yang tegas dan kuat. (LOGO PT IP BAGIAN HILDA) 2. Titik atau bulatan merah (red dot) di ujung kilatan petir merupakan simbol yang digunakan di sebagian besar materi komunikasi perusahaan.guna dimanfaatkan di Indonesia. Aplikasi bentuk kilatan petir pada huruf “O” melambangkan tenaga listrik yang merupakan lingkup usaha utama perusahaan.2 Warna Logo a. Secara keseluruhan nama INDONESIA POWER merupakan nama yang kuat untuk melambangkan lingkup usaha perusahaan sebagai power utility company di Indonesia.3 Makna Dan Bentuk Logo Makna bentuk dan warna logo perusahaan PT. INDONESIA POWER merupakan cerminan identitas dan lingkup usaha yang dimilikinya. 2.2.

Filosofi. Pada dasarnya warna biru menggambarkan sifat pintar dan bijaksana. efisien.4.dan ramah lingkungan 2. aman.4 Budaya.4. Diaplikasikan pada kata POWER. filosofi dasar ini diwujudkan dalam tujuh nilai perusahaan PT. INDONESIA POWER (IP-HaPPPI) 2. maka warna ini menunjukkan produksi tenaga listrik yang dihasilkan perusahaan memiliki ciri-ciri berteknologi tinggi.1 Budaya Perusahaan Salah satu aspek dari pengembangan sumber daya manusia perusahaan adalah pembentukan budaya perusahaan. dan Nilai Perusahaan 2.2 Lima Filosofi Perusahaan . Di INDONESIA POWER. Unsur-unsur budaya perusahaan tersebut adalah: a) Perilaku akan ditunjukan seseorang akibat adanya suatu keyakinan akan nilai-nilai atau filosofi b) Nilai adalah bagian dari budaya atau kultur c) Perusahaan yang dirumuskan untuk membantu upaya mewujudkan budaya perusahaan tersebut. Budaya perusahaan diarahkan untuk membentuk sikap dan perilaku yang didasarkan pada 5 filosofi dasar dan lebih lanjut. Dengan aplikasi pada kata power. nilai ini disebut dengan “Filosofi Perusahaan” d) Paradigma adalah suatu kerangka berpikir yang melandasi cara seseorang menilai sesuatu.

Terdepan dalam memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara optimal d) Menjunjung tinggi etika bisnis. keterampilan. teknologi finansial dan proses bisnis yang handal dengan semangat untuk memenangkan persaingan c) Mempelopori pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menerapkan etika bisnis sesuai standar etika bisnis internasional e) Memberi penghargaan atas prestasi. Menciptakan keunggulan melalui sumber daya manusia. seimbang dalam pengembangan kualitas pribadi. selaras. c) Harmoni Serasi. 2.3 Tujuh Nilai Perusahaan (IP-HaPPPI) a) Integritas Sikap Moral yang mewujudkan tekad untuk memberikan yang terbaik kepada perusahaan. a) Mengutamakan pasar dan pelanggan. dan kode etik sesuai bidang. Berorientasi kepada pasar serta memberikan pelayana yang terbaik dan nilai tambah kepada pelanggan b) Menciptakan keunggulan untuk memenangkan persaiangan. b) Profesional Menguasai pengetahuan. Memberikan penghargaan atas prestasi untuk mencapai kinerja perusahaan yang maksimal. dan hubungan dengan lingkungan hidup d) Pelayanan Prima .4. hubungan dengan pihak terkait (stakeholder).

dan kemudian berbagi dengan orang lain g) Inovatif Terus-menerus dan berkesinambungan menghasilkan gagasan baru dalam usaha melakukan pembaharuan untuk penyempurnaan baik proses. f) Pembelajar Terus-menerus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta kualitas diri yang mencakup fisik. Memberikan pelayanan yang memenuhi kepuasan pelanggan melebihi harapan pihak terkait (stakeholder) e) Peduli Peka-tanggap dan bertindak untuk melayani pihak terkait (stakeholder) serta memelihara lingkungan sekitarf. sosial. agama. Untuk mencapai sasaran tersebut. mental. strateginya adalah sebagai berikut: a) Melakukan optimalisasi kemampuan produksi terutama pembangkit beban dasar dengan biaya murah b) Meningkatkan efisiensi operasi pembangkit baik biaya bahan maupun biaya pemeliharaan c) Meningkatkan optimalisasi pola operasi pembangkit d) Meningkatkan kehandalan pola pembangkit .5 Sasaran Dan Program Kerja Bidang Produksi Sasaran dari bidang ini adalah mendukung pemenuhan rencana penjualan dengan biaya yang optimal dan kompetitif serta meningkatkan pelayanan pasokan.maupun produk dengan tujuan peningkatan kinerja 2.

6 Struktur Organisasi (BAGAN BAGIAN QOSAM) 2.Untuk mencapai lokasi pembangkitan dapat di akses melalui daerah semarang yang selanjutnya masuk jalan Kecamatan Pasirwangi.7 Lokasi PLTP UBP Darajat PT Indonesia Power UPB Kamojang Unit PLTP Darajat terletak di kaki gunung papandayan dengan ketinggian sekitar 1750 meter di atas permukaan laut. menekan gangguan dan memperpendek waktu pemeliharaan Adapun program kerja di bidang produksi: a) Mengoptimalkan kemampuan produksi b) Meningkatkan efisiensi operasi dan pemeliharaan pembangkit meliputi efisiens termal. Jawa Barat. e) Meningkatkan kehandalan dengan meningkatkan availability. Desa Padaawas.PLTP Darajat merupakan salah satu unit PT Indonesia Power UBP Kamojang dengan satu unit pembangkit (1x55 MW) (FOTO LOKASI PLPT DARAJAT BAGIAN HILDA) . efisiensi pemeliharaan. Kabupaten Garut. 44101 Indonesia. Kecamatan Pasirwangi.Yang berlokasi di kampong Cileleuy . dan pengawasan volume dan mutu bahan bakar c) Melakukan optimasi biaya bahan bakar d) Meningkatkan keandalan pembangkit e) Meningkatkan waktu operasi pemeliharaan 2.