You are on page 1of 12

Praktek Ilmu Hukum Terhadap Perusahaan Pertamina

(Persero) MOR V Dalam Bidang Hukum Agraria, Hukum
Bisnis dan Hukum Perburuhan
(Diajukan untuk Permohonan Magang pada PT. Pertamina (Persero) MOR V )

Nama Pemohon :
Adityadarma B.P.S.P (145010100111033)
Misbachul Munir (145010101111136)

FAKULTAS HUKUM
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2017/2018

Jawa Timur 65145 nomer telepon :(0341) 553898) Alamat rumah Jl Panglima Sudirman no 60. Wonokromo. Lowokwaru. Kec. agraria dan perburuhan Alamat Kantor Jl. desa Warujayeng kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Anggota Tim Nama Misbachul Munir NIM 145010101111136 3. Lokasi Magang Nama Perusahaan PT.P NIM 145010100111033 Telepon/Email 081336036230/misbachulmunir300@gmail. Permohonan Human Resource Development and General penempatan Affair . Veteran. Kota Malang. Ketawanggede. hukum bisnis dan hukum perburuhan 2. 88.S. Kota Surabaya. Ketua Tim Nama Adityadarma Bagus P. Jagir. Jawa Timur 60244 Telepon: (031) 8492400 4. Pertamina (Persero) MOR V Wilayah Mitra Kota Surabaya Alamat Mitra Jalan Jagir Wonokromo No.com Jurusan/Fakultas Ilmu Hukum/Hukum Perguruan Tinggi Universitas Brawijaya Bidang keahlian Hukum bisnis. HALAMAN PENGESAHAN 1. Wonokromo. Judul Magang Praktek Ilmu hukum terhadap perusahaan pertamina dalam bidang hukum agraria. Jagir.

P. 198305022008121003 Nim.Hum. 145010100111033 Menyetujui. NIP : 197201232003121001 . M. Pembimbing Akademik Ketua Tim Dr. 03 Juni 2017 Menyetujui. Adityadarma B.S. MH.. Wakil Dekan 3 Arif Zainudin. SH. Reka Dewantara.P NIP. Malang. SH.

DAFTAR ISI Halaman judul ........ Latar belakang ............................... 4 2..................................................................................... Manfaat .................................. Hasil yang Diharapkan ..................... 2 3........................................................................................................................................................................................................................................................................... Tujuan ......... 6 4............ i Halaman pengesahan ............... 1 2..... Indikator Keberhasilan ............................................................................................................................................................................... 7 BAB 3 : Penutup . 6 6......................... ii Daftar isi ........................................................................................ Pelaksanaan Kegiatan......... Rencana Implementasi kegiatan ............ iii BAB I : Pendahuluan 1................................ Ruang Lingkup Kegaiatan......................... 4 3........................................... 2 BAB 2 : Rencana Kegiatan 1......................................................................................................... 8 ................. 6 5............ Identifikasi Masalah ..........................................................

dari teori yang di dapat selama perkuliahan dapat di implementasikan di dunia kerja. tidak menutup kemungkinan perusahaan tersebut merekrut peserta Magang dan kemudian dijadikan pegawai setelah lulus nanti. Bahkan jika peserta Magang dapat menunjukkan kinerja dan prestasi yang baik serta memuaskan. Dalam waktu kurang lebih empat tahun mahasiswa yang menempuh strata satu di haruskan mengikuti perkuliahan dengan sebaik-baiknya sampai dengan semester delapan. karena disini teori akan diimplementasikan dan dengan mudahnya mahasiswa akan cepat memahami dan belajar. dengan mengikuti proses perkuliahan. Proses Magang yang dilakukan dengan terjun langsung kedalam perusahaan. akan menciptakan suatu deskripsi pemikiran baru. Oleh karena itu kami Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Mata Kuliah Magang di Program Studi Ilmu Komunikasi FH UB merupakan salah satu bagian dari proses pembinaan bagi mahasiswa agar menjadi tenaga yang siap dan terserap dalam lingkungan pekerjaan baik di perusahaan atau instansi maupun memiliki kontribusi dalam perbaikan masyarakat. BAB I PENDAHULUAN A. konsentrasi Hukum Bisnis Fakultas Hukum Universitas Brawijaya bermaksud untuk menjalankan kegiatan Magang di PT Pertamina Persero sebagai . hukum Agraria dan hukum Perburuhan. Sehingga pada saat mahasiswa duduk di meja kerja akan dengan mudah beradaptasi. ilmu dan jejaring yang merupakan aspek penting dalam membangun landasan untuk kesuksesan karir di kemudian hari. yakni dunia kerja dengan profesi yang hendak Ia tempuh di Program Studi Ilmu Hukum. yang biasa di sebut dengan Magang Pelaksanaan Magang akan membawa mahasiswa pada sebuah pengalaman nyata. maka mahasiswa akan mendapatkan bebagai macam mata kuliah yang bersifat materi maupun praktek. Setiap mahasiswa diwajibkan mengikuti perkuliahan dengan jadwal dan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pihak fakultas. Latar Belakang Salah satu bagian dari kajian Ilmu Hukum adalah bidang hukum Bisnis. Dengan mengikuti Magang ini maka mahasiswa Proposal Magang Program Studi Ilmu Hukum Universitas Brwijaya akan mendapatkan pengalaman.

C. Manfaat Kegiatan Dalam kegiatan KKL atau magang ini. 2.lokasi praktek kerja selama kurang lebih 1 bulan. diharapkan mendapatkan manfaat berupa : 1.  Tujuan Khusus 1. dan emosional mahasiswa. konsep. Proposal Magang Program Studi Ilmu Hukum Universitas Brawijaya 3. Memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa sesuai dengan komptensi. perusahaan atau organisasi dan memperoleh gambaran nyata pelaksanaan di lapangan berkaitan dengan profesi.profesi dibidang Keuangan dan Bisnis Suport. Pertamina (Persero) MOR V . Serta dapat meningkatkan kompetensi. adapun posisinya di bagian Keuangan dan Bisnis Suport. Bagi Mahasiswa Memberikan gambaran dan pemahaman yang lebih dalam tentang aplikasi teori. dan proses dalam praktek dan sebagai evaluasi tentang pengetahuan yang telah diterima oleh mahasiswa selama perkuliahan dengan realitas yang kondisi serta evaluasi yang ada dilapangan. kecerdasan intelektual. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan teori atau konsep yang telah didapat di bangku kuliah pada instansi. Tujuan  Tujuan Umum Memberikan kemampuan mahasiswa melalui kesepadanan pengetahuan yang diperoleh dengan fenomena yang ada diinstitusi dan perusahaan yang relevan dengan bidang ilmu Hukum. B. Bagi PT. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menganalisis kegiatan serta persoalan yang berhubungan dengan konsentrasi Hukum Bisnis di perusahaan. Sebagai sarana memperluas pegetahuan dan pengalaman sebelum terjun kedunia kerja yang sesungguhnya. 2.

khususnya bagi Dosen dan Mahasiswa dalam konsentrasi Hukum Perburuhan. Untuk memperkenalkan mahasiswa dengan almamater perguruan tinggi pada dunia kerja. Bagi Masyarakat Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan kepada masyarakat berdasarkan hasil dari praktek yang telah dilakukan mahasiswa untuk dapat dijadikan bahan pembelajaran serta bahan informasi dengan segala hal yang akan terkait kedepannya. Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) atau magang ini diharapkan dapatmemperluas jaringan ataupun kerjasama dengan lembaga lain terkait dengan peningkatan mutu pendidikan. Bagi Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi perkembangan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. 4. 3. . sebagai bahan alternatif tambahan mata kuliah dan penyempurnaan kurikulum yang lebih efektif dan efisien.

BAB II RENCANA KEGIATAN 1. selain itu peserta bisa saja mengalami kebingungan dalam menempatkan diri di tempat magang-nya.3. 2. 2. Rencana Implementasi Kegiatan 2. Deskripsi kegiatan Deskripsi Kegiatan ini adalah Kuliah Kerja Lapangan (KKL) atau Magang jurusan ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Brawijaya bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) MOR V. kami diajarkan mengenai dasar-dasar hukum bisnis. Dalam program Magang yang diikuti. ia tidak diperlakukan dan ditempatkan sebagaimana mestinya sehingga apa yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu selama Magang tidak sesuai dengan bidang keilmuan yang digeluti. 2. Tidak menutup kemungkinan jika selama satu bulan berada di perusahaan atau instansi tempat peserta Magang berada.1. Selain itu kami juga diajarkan bagaimana membuat kontrak perjanjian yang baik dan benar. peserta pasti akan mengalami berbagai macam kendala mengingat hal inidapat dikatakan pertama kalinya peserta magang berada dalam posisi dunia kerja. Tempat Pelaksanaan Kegiatan . Dalam perkuliahan. hukum agraria dan hukum perburuhan. Durasi Kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini dilaksanakan pada tanggal 3 Juli – 4 Agustus 2017 dengan tidak menutup kemungkinan adanya penyesuaian jadwal dari pihak PT Pertamina (Persero) MOR V. Identifikasi Masalah Mahasiswa Ilmu Hukum Universitas Brawijaya selama masa perkuliahannya dibekali dengan beragam macam sisi keilmuan yang diharapkan dalam bidang hukum dan legal drafter yang professional baik di perusahaan maupun di instansi. Serta ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan mungkin akan jauh meleset dari dugaan ketika dihadapkan pada kondisi dan persoalan yang lebih kompleks.2.

dimana mahasiswa yang bersangkutan terlibat langsung dalam proses kegiatan yang dilakukan oleh lembaga KKL. mengamati. 2. Observasi Cara untuk memperoleh data dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap suatu obyek tertentu dengan cara ikut serta aktif melihat. Adapun metode pencarian data yang dilakukan untuk melengkapi penyusunan. Metode Pelaksanaan Kegiatan Metode dalam kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini adalah Metode Partisipatif. hukum agraria dan hukum perburuhan pada prakteknya dilaksanakan. 2. Tahap Kegiatan .4. Dokumentasi Cara untuk memperoleh data yang dilakukan dengan cara menelusuri dokumentasi yang terdapat dalam perusahaan PT.4.1.3. Dalam metode analisis ini memungkinkan untuk menemukan suatu hal yang dalam perkuliahan belum diajarkan atau modifikasi dari ilmu yang sudah diajarkan dari bangku perkuliahan 2.4. yaitu: 2. Pertamina (Persero) MOR V 2. Jagir Wonokromo 88 Surabaya. Analisis Adalah cara yang diguanakan untuk mengetahui apakah ilmu yang diajarkan di perkuliahan mengenai hukum bisnis.2. Partisipasi Pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL)/Magang ini akan dilakukan dengan cara ikut serta dalam kegiatan operasional rutin pada hari-hari kerja di kantor PT Pertamina (Persero) MOR V.5.4.4. dan juga melaksanakan kegiatan yang terjadi pada obyek yang bersangkutan serta mengadakan pencatatan secata sistematis terhadap obyek penelitian. Tempat Pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan atau Magang ini adalah di PT Pertamina (Persero) MOR V Jl. 2.4.

Pengenalan seputar PT Pertamina (Persero) MOR V (dua kali pertemuan) 3. Ruang Lingkup Kegiatan Berdasarkan kerangka dasar berfikir sebagaimana diuraikan pada bagian latar belakang. Tahap Evaluasi : minggu VI 3. dan misi PT Pertamina (Persero) MOR V 2) Fungsi dan tugas PT Pertamina (Persero) MOR V 3) Struktur organisasi PT Pertamina (Persero) MOR V 4) Kendala yang dihadapi oleh PT Pertamina (Persero) MOR V 5) Upaya yang telah dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) MOR V 6) Rekomendasi yang diberikan penulis untuk penyempurnaan atau alternatif dalam pemecahan kendala yang dihadapi oleh PT Pertamina (Persero) MOR V 4. Dalam melaksanakan kegiatan magang yang dilakukan selama satu bulan ini. Pertamina (Persero) MOR V adalah untuk mengidentifikasikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan: 1) Nama. Tahap Persiapan : minggu I 2. Membantu menganalisis hal yang berkaitan dengan hukum bisnis. yaitu : 1. Membantu persiapan rapat di kantor PT Pertamina (Persero) MOR V 4. maka ruang lingkup kegiatan Kuliah Kerja Lapangan yang akan di lakukan di PT. Tahap Pelaksanaan : minggu II. Membantu merencanakan kegiatan. III dan VI 3. mempersiapkan bahan dalam rangka menyusun ikhtisar. kami membagi fokus kegiatan kedalam 3 bagian. hukum perburuhan dan hukum agraria secara praktek dalam ruang lingkup PT Pertamina (Persero) MOR V 5. visi. pembekalan di Fakultas (satu kali pertemuan) 2.resume rapat/pertemuan lainnya yang diselenggarakan oleh PT Pertamina (Persero) MOR V . Pelaksanaan Kegiatan Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan : 1.

serta sebagai upaya untuk memperluas cakrawala wawasan kerja. Dapat mengenal dan membiasakan diri terhadap suasana kerja sebenarnya. Indikator yang sulit diukur atau abstrak dapat menimbulkan kesulitan dalam mengontrol proses kerja. Membuat indikator keberhasilan kerja dalam format tabel / matriks sehingga memudahkan kontrol proses magang. 3. Diskusikan indikator-indikator tersebut dengan pembimbing magang. Dapat mengetahui secara lebih mendalam gambaran tentang kondisi nyata dunia kerja sehingga nantinya diharapkan mampu menerapkan ilmu yang telah didapat dalam aktivitas dunia kerja yang sebenarnya 6. 3. Indikator Keberhasilan 1. 5. Dapat mengembangkan dan mengaplikasikan pengalaman di kerja lapangan untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan Tugas Akhir. 4. sehingga dapat membangun etos kerja yang baik. Dapat membantu membuat berbagai macam anggaran dasar yang baik dan benar. . Membuat indikator keberhasilan kerja yang realistis dengan menimbang waktu dan tingkat kesulitan yang mungkin akan ditemukan selama proses magang. Hasil yang diharapkan Hasil yang diharapkan dari kegiatan-kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) atau magang yang dilakukan adalah : 1. 2. 4. Atau indikator yang abstrak menandakan belum adanya rencana kerja yang jelas.5. Dapat menyajikan pengalaman-pengalaman dan data-data yang diperoleh selama kerja lapangan kedalam sebuah laporan Kuliah Kerja Lapangan. Membuat indikator keberhasilan kerja yang dapat diukur/dilihat ouput- nya/hasil kerja-nya. 2. Mengetahui secara umum kondisi di Kantor PT Pertamina (Persero) MOR V sebagai instansi yang melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan adanya Magang ini bisa dijadikan pengalaman dan pengetahuan baru mengenai dunia kerja yang sesungguhnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. dimana dunia kerja nyata dibutuhkan adanya suatu keahlian serta pengalaman yang diseimbangkan dengan teori-teori yang selama ini didapat. Pertamina (Persero) MOR V Maka besar harapan saya agar proposal ini segera disetujui sehingga saya dapat menentukan langkah ke tahap selanjutnya. Pertamina (Persero) MOR V dalam dunia profesional kerja yang sesungguhnya dan dapat memberikan wawasan baru dalam bidang Keuangan dan Bisnis Suport dan bermanfaat bagi saya untuk kedepannya. . BAB III PENUTUP Besar ketertarikan saya untuk memilih PT. Demikian proposal Magang ini saya buat sebagai satu syarat pengajuan Magang di PT.