You are on page 1of 17

MAKALAH

MATERIAL CERDAS

Anggota :

Maharani Devi Dhieniaty 2413100101

Muhammad Thoriq Azmi 2414100023

Pieter Karunia Deo 2414100068

Kadek Sunantara 2414100098

Amalia Puruhita 2414100119

DEPARTEMEN TEKNIK FISIKA

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER

SURABAYA

2017

Mengetahui biomimikri b. berayunan dari satu sisi ke sisi yang lain seperti pendulum oleh sapuan angin kencang selama 20 menit di Greenland Center. 1. tiongkok pernah melaporkan kejadian yang menimpa dua pekerja pembersih kaca. d. c. Australia. masih ada yang memanfaatkan tenga manusia. Sehingga dengan mekanisme tersebut dapat membantu pekerjaan manusia. perkembangan teknologi semakin pesat guna memudahkan pekerjaan manusia. self-healing dan self-assembly? c. Bagaimana biomimikri itu? b. Contohnya terjadi pada Luke Lamont. Berdasarkan pengalaman tersebut. . provinsi Shaanxi. self-healing dan self-assembly. Mengetahui mekanisme dari selfcleaning. Luke Lamont adalah seorang pembersih jendela pencakar langit di Melbourne. Xi’an. Mengetahui maerial yang cocok untuk jendela pada gedung tinggi. Pekerjaan sebagai pemberih gedung bertingkat memiliki resio yang besar. termasuk Eureka Tower. Tetapi. Mengetahui metode pembuatan self cleaning. yang merupaakn gedung tertinggi di ota Melbourne. Bagaimana metode pembuatan self cleaning? d. du pekerja tersebut membersihkan kaca d lantai 12 dan 15 gedung itu akhirnya meninggal. Peniruan alam disebut dengan biomimetik atau biomimikri.2 Rumusan Masalah Rumusan masalah yang akan dibahas pada makalah ini adalah : a. BAB I PENDAHULUAN 1. Bagaimana pemilihan material yang cocok untuk jendela dari gedung tinggi tersebut? 1. Dari ketinggian 270 meter gedung pencakar langit yang difungsikan sebagai pusat komersi itu. resiko yang dihadapi para pekerja pembersih kaca gedung pencakar langit dapat dihindari dengan meniru mekanisme yang terjadi di alam.3 Tujuan Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah : a. Bagaimana mekanisme dari self-cleaning.1 Latar Belakang Pada zaman sekarang ini.

dan sebagainya. pola. Gecko Tape ini terinspirasi dari nanostructure pada rambut halus yang terdapat di kaki gecko (reptil). Efek Lotus. d. Berikut merupakan beberapa aplikasi biomimetic yang sudah ada: a. meurpakan kait kecil yang dapat menempel pada loop di kain. Teknisi dari University of Florida. Perusahaan Sharklet Technologies meniru pola dari sisik hiu untuk menghambat pertumbuhan bakteri pada perangkat dan permukaan alat medis. efisien. terinspirasi dari kulit hiu yang memiliki struktur sisik yang berupa gigi yang dapat mengurangi hambatan (tarikan) dan menolak mikroorganisme yang menempel pada kulit tersebut maka dapat meningkatkan kemampuan renang hiu tersebut. permukaan daun lotus yang memiliki mekanisme pembersihan diri secara alami. salah satunya adalah dalam desain produk. Diciptakan oleh George de Mestral pada tahun 1940 yang terinspirasi dari tanaman xanthium yang dapat menempel pada kain atau bulu. Drag Reduction oleh Shark Skin. Dalam desain produk.1 Biomimetik Biomimetik merupakan metode yang menggunakan sistem alam sebagai model untuk memecahkan masalah yang dihadapi manusia. Kedua. menyerupai struktur bentuk. Dengan mempelajari sistem alam. Beberapa ahli dari nanotechnology sedang mengembangkan metode untuk membuat cat dan pembersihan pada pelapis permukaan pipa pada kilang minyak. dan lebih ramah dari pada rancangan-rangcangan yang sudah ada. Teknologi biomimetic yang dapat diterapkan pada desain produk dapat dibagi menjadi tiga tingkat. tekstur. yang terlalu kasar sehingga bakteri pun tidak bisa bergabung. kita dapat melihat lebih jauh bagaimana alam sebenarnya sudah menghasilkan pemecahan atas masalah serupa yang manusia hadapi. imitasi dari mekanisme yang ditemukan dari alam. Anthony Brennan mengatakan bahwa semua hiu memiliki sisik-sisik yang saling tumpang tindih. Velcro. raut. dapat mengambil lumpur. Ketiga. Ketiga tingkat ini dapat digunakan salah satunya maupun gabungan diantaranya. seramhha dan bahan – bahan pengotor bersamanya. Pertama. karena struktur mikroskopik pada permukaannya menyebabkan daun tersebut tidak pernah basah. biomimetic dapat digunakan untuk menciptakan inovasi khususnya untuk merancang desain yang maksimal. . Butiran – butiran air pada daun akan menggumpal seperti air raksa. University of California – Berkeley membuat yaitu sebuah perekat sekumpulan micro-fibers sintetik dengan gesekan yang kuat agar dapat perekat tersebut dapat menahan beban pada permukaan yang halus. b. BAB II PEMBAHASAN 2. seperti gerakm proses. atau dentikula. dan sebagainya. mempelajari tingkah laku organisme. Saat ini biomimetic terus berkembang dan digunakan dalam berbagai disiplin ilmu. mimicking. Gecko Tape. c.

Sealant tidak dimaksudkan untuk pemindahan beban dan karena itu biasanya kekuatannya lebih rendah daripada perekat.2. Selain itu juga digunakan untuk mengisi celah. meringankan beban kendaraan dan kebebasan yang lebih besar dalam merancang/mendesain mobil. run-flat tire. Akibatnya adalah udara tercegah untuk keluar atau bocor. Sealant adalah bahan yang dapat melekat ke setidaknya dua permukaan dan mengisi ruang di antara itu sebagai pembatas atau lapisan pelindung. Gambar 2. Berikut skemanya. dan menjaga air atau udara keluar. Khususnya untuk kaum menengah atas. anti bocor ataupun lainnya.1 Contoh aplikasi sealant Pada coreseal tire. .2 Coreseal Tire Technology Teknologi ban telah berkembang seiring berjalannya waktu. Tidak hanya menambah keamanan dengan menjaga tekanan udara ketika ban tertusuk. Terdapat beberapa jenis ban sekarang ini seperti ban tubeless. ketahanan atau mengakomodasi gerakan antara substrat. Coreseal tire merupakan teknologi ban yang mengaplikasi beberapa lapisan dari sealant. Dengan begitu akan menghemat sumber. tidak ada istilah ban anti-peluru ataupun anti-bocor. seperti anti peluru. mereka menginginkan ban yang memiliki performansi lebih. coreseal tire. Sebenarnya. sealant digunakan pada lapisan dalam. dll. maka sealant akan mengisi dan menghadang lubang itu.2 Lapisan sealant pada ban Ketika ban terkena paku atau tertusuk. tetapi juga menghilangkan keberadaan ban cadangan. Kebutuhan manusia akan inovasi dari telah juga mengalami perkembangan. yang ada hanyalah ban tersebut mampu mengurangi efek dari peluru atau bocor tersebut. tetapi memiliki fleksibilitas lebih tinggi. Gambar 2.

3 Self-healing Material yang dapat menyembuhkan dirinya sendiri bukan lagi sebuah ilusi dan kita berada tidak jauh dari hari dimana benda buatan manusia dapat mengembalikan struktur diri mereka sendiri ketika mengalami kerusakan. Bagaimanapun juga. Beberapa strategi dari perancangan material self-healing adalah sebagai berikut : a. yaitu : a. Reversible cross-links c. Sebenarnya. Pada kasus material struktural. Sesungguhnya. Autonomic (tanpa intervensi) b.3 Skema kerja coreseal tire technology 2. ini adalah apa yang semua orang lihat pada kasus seperti penyembuhan natural dari luka dan goresan pada makhluk hidup. self-healing hanya dianggap sebagai pemulihan dari kekuatan mekanik melalui pemulihan retakan. Self-healing dapat didefinisikan sebagai kemampuan material untuk menyembuhkan (memulihkan/memperbaiki) kerusakan-kerusakan secara otomatis dan oleh diri mereka sendiri. Self-healing dapat dibagi menjadi dua tipe. Contohnya. semua material sangat terpengaruh oleh alam atau mengalami degrasi dan rusak oleh waktu. Gambar 2. tanpa interfensi dari luar. Miscellaneous technologies – electrohydrodynamics – conductivity – shape memory effect – nanoparticle migration . Release of healing agent b. Nonautonomic (butuh campur tangan manusia/pemicu dari luar) Saat ini. ada juga contoh dimana tidak hanya retakan tapi juga lubang kecil dapat diisi dan disembuhkan untuk memiliki performansi yang lebih baik. Kemudian. perbaikan tidak dapat dihindarkan untuk meningkatkan reliabilty dan jangka waktu pemakian material tersebut. proses degradasi untuk waktu yang panjang dapat menyebabkan retakan kecil tersebut menyebabkan kegagalan/kerusakan yang lebih besar. retakan-retakan pada bangunan dapat menutup sendiri retakan itu atau goresan – goresan pada bodi mobil kita dapat kembali pada tampilan mengkilat seperti aslinya.

Akhirnya terjadi polimerisasi dan retakan tertutup. tetes kecil dari liquid atau gas pada lapisan kulit. Kemudian akan mengalami kontak dengan katalis dan mengalami pengerasan. tipe lain dari tampungan (reservoir) yang mampu menyalurkan jumlah lebih banyak dari agen penyembuh . Ketidakpastian dalam mencapai kondisi pulih sepenuhnya dan atau beberapa penyembuhan karena memiliki jumlah agen penyembuh yang terbatas dan tidak diketahui kapan agen penyembuh akan habis seluruhnya. Mikrokapsul memiliki dua bagian. 2. dinamakan inti dan kulit.1. dan akan mengeluarkan healing agent dan mengalir menuju retakan.3. Konsep mikrokapsul memiliki kerugian besar.2 Hollow Fiber Embedment Untuk mencapai penyembuhan secara ganda dalam material komposit. dan pengeras mengandung kapsul mikro.3.1 Release of healing agent Agen aktif liquid seperti monomer-monomer.1 Microcapsule embedment Mikroenkapsulasi adalah proses melapisi partikel padat berukuran mikron. maka penampung akan pecah dan agent reaktif tertuang pada daerah retakan melalui tekanan kapilaritas dimana itu akan mengeras karena kehadiran katalis dan menyembuhkan retakan. Gambar 2.3. – co-deposition. atau saluran yang tertanam pada sistem polimerik selama proses pembuatan. tinta. serat berongga. Jika terjadi keretakan. Agen penyembuhan atau katalis mengandung mikrokapsul digunakan untuk mendesain komposit polimer self-healing. 2. Produk akhir mikroenkapsulasi adalah mikrokapsul. 2.1. yang mana akan mengisolasi dan melindungi dari pengaruh lingkungan luar.6 Skema representasi dari konsep self-healing menggunakan konsep embedded microcapsules Kapsul-kapsul berwarna merah akan pecah ketika terdapat retakan.

9 Bagian dari serat berongga Beberapa keuntungannya adalah: a.8 Skema kerja self-healing dengan konsep serat berongga Gambar 2. Mereka menggunakan serat berongga sebagai wadah dari agen penyembuh dan katalis. Volume dari agen penyembuh untuk memperbaiki kerusakan lebih banyak b. Metode aktivasi berbeda dari resin dapat digunakan c.dikembangkan oleh Dry and coworkers.7 Bentuk hollow fiber Skema kerja dari konsep serat berongga adalah seperti pada gambar dibawah Gambar 2. Gambar 2. Inspeksi visual dari daerah terdampak adalah bagus/layak .

Bagaimanapun juga. tinta organik dialirkan mengikuti sebuah array 3D dan pori-pori diantara garis-garis yang dicetak. seperti modulus yang tinggi.3 Microvascular System Untuk mengatasi kesulitas dari supply pendek agen penyembuh pada mikrokapsul.3. Serat berongga dapat dengan mudah dicampur dan disesuaikan dengan fiber konvensional Sedangkan kekurangannya adalah: a. d. foton. dan kekuatan patah yang tinggi. Dalam proses. itu berdampak negatif terhadap kemampuan refabrication dari polimer. yang mana merupakan proses yang tidak dapat dikembalikan atau irreversible. meterial polimer diaplikasi untuk menghasilkan sifat mekanis super. material yang memiliki hubungan silang memiliki kerugian seperti mudah rapuh dan memiliki kecenderungan untuk retak. Fiber harus hancur untuk melepaskan agen penyembuh b. Resin dengan viskositas rendah harus digunakan untuk infiltrasi fiber c. Pendekatan ini berdasarkan pada jaringan yang terpusat untuk distribusi agen penyembuh pada sistem polimer dalam jalan yang berkelanjutan. pendekatan lain pada sistem vaskular biologis dari tumbuh-tumbuhan dan binatang dipelajari. . Multistep fabrikasi dibutuhkan 2. atau aktivasi kimia dibutuhkan untuk mencapai proses pengembalian dan kemampuan penyembuhan. Gambar 2. Lebih lagi.3.1. Proses fabrikasinya komplek dan sangat sulit untuk mencapai material sintesis dengan jaringan-jaringan untuk aplikasi praktis. Ketika polimer disembuhkan. Sebuah pemantik dari luar seperti termal. tinta akan dihilangkan dan menyisakan sebuah saluran mikrovaskular 3D dengan konektivitas yang sangat baik. ketahanan pelarut. Sistem reversible cross-linked tidak melakukan kemampuan self- repairing oleh dirinya sendiri. diinfiltrasi dengan sebuah resin epoxy.2 Reversible Cross-Links Hubungan silang.10 Visualisasi konsep dari microvascular system 2.

pada bodi pesawat. Cat hidrofobik dapat memperbaiki goresan-goresan pada permukaan mobil dan efektif selama 3 tahun. Cat tersebut mengandung resin yang memiliki elastisitas tinggi yang mencegah goresan untuk mengenai lapisan dalam dari permukaan cat mobil. Nissan Motor mengomersialkan lapisan self-healing pertama di dunia untuk lapisan mobil. proses penyembuhan/pengembalian terjadi antara satu sampai tujuh hari.11 Proses reversible cross-links 2. bata ringan yang dapat memulihkan retakan. Gambar 2.13 Bio-concrete . Dinamakan “Stratch guard coat”.3 Aplikasi Berbagai aplikasi telah dikembangkan seperti di dunia otomotif. Faktor kedalaman dari goresan dan temperatur sekitar.3. Gambar 2.12 Contoh pengembalian dari goresan pada mobil Nissan Masih banyak aplikasi lainnya seperti lapisan pada smartphone LG G-Flex. Gambar 2.

Gambar 2.4. Gaya antarmolekul ini memiliki sifat tarik menarik dan .14 Self-repairing aircraft 2.1 Proses terjadinya self assembly Proses nanopartikel melakukan self assemble ada 2 yaitu dari interaksi molekular dan externally directed  Interaksi molekular dibagi 2 yaitu gaya intermolekular dan interaksi Hamaker i) Gaya antar molekular : sistem ini untyk meminimalkan energi bebas maka merakit diri sebagai salah satu opsi untuk sistem untuk mencapai energi bebas terendah secara temodinamika. Nanopartikel dapat diprogram menjadi self assemble dengan mengubah fungsi dari kelompok mereka.15 struktur DNA (kiri) akan mengalami self assemble menjadi struktur yang divisualisa oleh mikroskop atom (kanan) 2. hal ini dapat terjadi akibat dari interaksi spesifik langsung atau tidak langsung melalui lingkungan mereka.4 Self-Assembly Self assembly adalah fenomena dimana komponen dari sistem tersebut merakit drinya secara spontan melalui interaksi guna memebentuk unit yang lebih besar. Gambar 2.

luas jumlah nanopartikel dalam sistem self- assemble memungkinkan untuk diterapkan. gaya tolak antara muatan yang sama akan timbul dan semakin tinggi energi tolaknya. Ketika dua molekulnya berdekatan.  Externally directed dibagi menjadi 3 i) Medan listrik dan magnet Medan listrik dan magnet memungkinkan induksi interaksi untuk menyelaraskan partikel. Ketika interaksi medan induksi ini mengatasi gerak acak Brown.interaksi partikel harus ditingkatkan dengan cara yang sama. interaksi Hamaker menjumlah semua kekuatan antara semua partikel dan pelarut (s) yang terlibat dalam sistem. Interaksi hamaker memperhitungkan polarisasi karakteristik dari sejumlah besar partikel di dekatnya dan pengaruh mereka pada satu sama lain.16 Self Assembly akibat interaksi gaya antar molekul ii) Interaksi hamaker : Interaksi nanopartikel berlangsung pada nano. juga tolak-menolak antar molekul.17 Apabila terdapat aliran viscous makroskopis . ii) Medan aliran Gambar 2. Sementara teori Hamaker umumnya menggambarkan sistem makroskopik. medan memanfaatkan dari polarisabilitas dari nanopartikel dan kelompok fungsional mereka. partikel bergabung untuk membentuk rantai dan kemudian merakit. Oleh karena itu akan dibutuhkan energi yang lebih tinggi pula untuk memampatkan suatu molekul Gambar 2.

Cara kerjanya masing2 satu bagian dari serat karbon diprogram untuk mengubah bentuknya sehingga dapat menciptakan keunggulan aerodinamik. Dengan programmed carbon fiber agar dapa mengubah sendiri dengan mencetak bahan yang aktif pada serat karbon yang fleksibel. sensor atau aktuator . Walaupun. seperti skalabilitas dan kesederhanaan. iii) Kombinasi dari medan medan tersebut Jika medan dan kondisi yang dioptimalkan. partikel yang tersusun tersebut dapat menjaid partikel acak kembali ketika lairannya berhenti.4. self-assembly bisa permanen dan lengkap. Ketika sebuah Kombinasi medan digunakan dengan nanopartikel yang disesuaikan secara intrinsik responsif. Sistem ini dimulai ketika pada ketidakseimbangan . Kombinasi dari bidang memungkinkan manfaat dari self-assembly. berat rendah sehingga menguntungkan untuk digunakan dalam pengaplikasian industri. kombinasi lapangan memiliki satu potensi terbesar untuk masa depan diarahkan kerja self-assembly (kombinasi dari medan yang paling kompleks diamati sehingga akan menghasilkan potensi yang besar untuk pengembangan dari self assembly) 2. Hal ini tidak memerlukan elektronika yang kompleks. Contoh lainnya adalah BAC morphing supercar wing dan engine flap airbus. medan aliran ini berguna untuk merelaksasi sistem sehingga menjadi seimbang. perakitan yang paling lengkap diamati. dipertahankan sementara bisa mengontrol orientasi dan pembentukan struktur. kekuatan tarik yang susah. Melalui medan aliran viscous makroskopis partikel dapat self-assembling langsung dari larutan yang awalnya memiliki partikel acak menjadi patikel yang tersusun seperti pada gambar diatas. Dan menerapkan panas sebagai aktivator. .3 Aplikasi a) Programmable carbon fiber Serat karbon diketahui secara umum bahwa mempunyai kekakuan tinggi.

Custom Printed Wood Grain . Gambar 2.18 Programmable carbon fiber b) Morphing supercar wing Gambar 2.19 CFD dari morphing supercar wing c) Programmable Wood .

ringan dan mudah dibentuk adalah sifat darii tekstil yang digunakan dalam arsitektur. d) Programmable textile Gambar 2.20 Programmable Wood Teknik kayu-lipatan membutuhkan peralatan yang komplek seperti instrumen steaming. dan tingkat keahlian yang tinggi. furnitur dan desain pakaian. pola alami dari serat kayu dan sifat fisik dari kayu membuatnya sulit untuk melipat ke bentuk yang komleks. Biasanya kain yang luwes tersebut untuk menjadi kain yang strukturnya kakau membutuhkan cetakan yang kompleks dan metode mekanis. . Cara kerjanya adalah lembaran datar dari komposit kayu dicetak dengan material yang dapat diprogram sehingga dapat dikontrol.21 Programmable Textile Sifat tembus. Cara kerjanya yaitu mencetak material dalam ketebalan lapisan yang bervariasi ke tekstik yang lebar sehingga mampu menciptakan struktur untuk mengubah sendiri dengan diprogram . Untuk media aktivasinya adalah melalui air sehingga komposit kayu ini dapat berubah meyesuaikan kondisi lingkungan. Pencetakan terbaru dan pengembagan teknologi material komposit dapat mengatasi keterbatasan yang disebutkan sebelumnya. Gambar 2. Selain itu.

.

3. Self assembly adalah fenomena dimana komponen dari sistem tersebut merakit drinya secara spontan melalui interaksi guna memebentuk unit yang lebih besar. Struktur anatase pada material TiO2 digunakan dan dalam pelapisan ke kaca dipadukan dengan dispersant jenis PEG 4000. 2. Reversible cross- links. Interaksi molekular dibagi 2 yaitu gaya intermolekular dan interaksi Hamaker. Sedangkan externally directed dibagi menjadi 3 yaitu akibat Medan listrik Dan magnet. Biomimetik atau Biomimikri merupakan metode yang menggunakan sistem alam sebagai model untu memecahkan masalah yang dihadapi manusia. Beberapa strategi dari perancangan material self-healing adalah Release of healing agent. Biomimetik dapat digunakan untuk menciptakan inovasi khususnya untuk merancang desain yang maksimal.Proses nanopartikel melakukan self assemble ada 2 yaitu dari interaksi molekular dan externally directed. Medan aliran Dan kombinasi semua Medan. BAB III PENUTUP Adapun kesimpulan yang didapat dalam penyusunan laporan ini antara lain: 1. dan Miscellaneous technologies 5. dan lebih ramah daripada rancangan rancangan yang sudah ada. Material yang dapat menyembuhkan dirinya sendiri bukan lagi sebuah ilusi dan kita berada tidak jauh dari hari dimana benda buatan manusia dapat mengembalikan struktur diri mereka sendiri ketika mengalami kerusakan. . 4. efisien. Dalam mendesain self cleaning pada kaca digunakan metode hidrofilik dengan bantuan fotokatalis pada material TiO2.

Marek (2010). (2012).thn. “Self healing materials: fundamentals. Grzelczak..” (Willey-VCH Verlag). Y.org/wiki/Self-assembly_of_nanoparticles?oldid=773601407 diakses pada tanggal 12 April 2017 pukul 8. SELF HEALING POMYMERS AND COMPOSITES. and applications.34 Ghosh. ACS Nano. design strategies. 1st ed. FL: CRC. Id.wikipedia. Boca Raton. Blaiszik.org/wiki/Efek_lotus.wikipedia. t. DAFTAR PUSTAKA Bar-Cohen. L.2017 pukul 18.wikipedia. [Online]. dan Kramer S. "Efek lotus". Available: https://id.Apr. Biomimetics.J. .org. “Directed Self-Assembly of Nanoparticles”. 2010.22 https://en. B. Swapan Kumar. Diakses pada tanggal 12. B. 4 (7): 3591–3605. 2017.