You are on page 1of 4

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

DINAS KESEHATAN
UPT PUSKESMAS TEMBILAHAN HULU
Jl. SEDERHANA NO 62 TELP 0768-21063 TEMBILAHAN HULU
Email : pkmhulu@gmail.com kode pos 29213

KERANGKA ACUAN KEGIATAN IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN HARAPAN
MASYARAKAT/SASARAN PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS)

A. Pendahuluan
Puskesmas merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat dimana
didalamnya meliputi pelayanan di dalam dan di luar gedung. Di dalam pelaksanaan
kegiatan Puskesmas tidak boleh mengenyampingkan kebutuhan masyarakat sebagai
pelanggan.

B. Latar Belakang
Tujuan pembangunan kesehatan adalah meningkatnya kemampuan masyarakat untuk
menolong dirinya sendiri dalam bidang kesehatan. Demi tercapainya tujuan tersebut
segala kegiatan yang dilaksanakan perlu memperoleh masukan dari masyarakat.
Sehubungan dengan hal tersebut dilakukan kegiatan menggali kebutuhan
masyarakat/sasaran dan diperlukan instrumen/alat untuk menampung pastisipasi dari
masyarakat.

C. Tujuan Umum dan Tujuan Khusus
1. Tujuan Umum
Mengetahui kebutuhan masyarakat/sasaran mengenai Usaha Kesehatan Sekolah
(UKS)
2. Tujuan Khusus
Mengetahui kebutuhan masyarakat/sasaran mengenai program Trias UKS yang
meliputi :
a. Pendidikan Kesehatan
b. Pelayanan Kesehatan terdiri dari promotif,preventif,kuratif dan rehabilitatif
c. Pembinaan lingkungan sekolah sehat

D. Kegiatan Pokok dan Rincian Kegiatan
Kegiatan pokoknya yaitu menggali saran dan usul dari lintas sektor melalui
pertemuan dan sosialisasi tentang pembentukan Tim Pelaksana Usaha Kesehatan
Sekolah (TP UKS) di tingkat SD/MI,SLTP/MTs, dan SLTA/MA.

E. Cara melaksanakan Kegiatan
1. Penanggung jawab dan pelaksana program UKS mengikuti pertemuan lintas
sektor ditingkat sekolah.
2. Melalui tanya jawab, penanggung jawab menggali saran dan usul dari peserta
tentang kebutuhan sekolah yang berkaitan dengan Trias UKS.
3. Penanggung jawab program mengolah data
4. Penanggung jawab program mendapat informasi mengenai kebutuhan sasaran

apakah kegiatan UKS sudah sesuai dengan kebutuhan sasaran.F. Evaluasi dilaksanakan setiap akhir tahun.19860513 201102 2 003 . dilaporkan kepada Kepala Puskesmas dan dievaluasi pada akhir tahun. Pelaporan dan Evaluasi Kegiatan Hasil kegiatan dicatat. Sasaran Sasaran identifikasi kebutuhan adalah pihak sekolah yang meliputi Kepala Sekolah. I. Guru UKS dan Siswa G.Elvia Rizka Rahmadhani NIP. Tembilahan. Pencatatan. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2016 H. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan dan Pelaporan Setelah melaksanakan analisis data. 25 Mei 2016 Penanggung jawab program UKS Drg. didapatkan informasi mengenai kebutuhan sasaran dan dilaporkan kepada Kepala Puskesmas.

5. Tujuan Umum dan Tujuan Khusus a. Cara Melaksanakan Kegiatan a. 2. Setelah masyarakat mengetahui kegiatan di Puskesmas. Penanggung jawab program mempersiapkan rencana kegiatan c. Pendahuluan Mekanisme Komunikasi dan Koordinasi Program adalah suatu cara untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada orang lain/pihak lain melalui media yang bertujuan untuk mensinkronisasikan dan menyelaraskan semua kegiatan program sehingga tercapai tujuan bersama. SEDERHANA NO 62 TELP 0768-21063 TEMBILAHAN HULU Email : pkmhulu@gmail. lintas program dan lintas sektor.masyarakat dan lintas sektor . kuratif dan rehabilitatif . PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR DINAS KESEHATAN UPT PUSKESMAS TEMBILAHAN HULU Jl. preventif. Tujuan Umum Mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan kegiatan program UKS b.com kode pos 29213 KERANGKA ACUAN KEGIATAN KOORDINASI DAN KOMUNUKASI LINTAS PROGRAM DAN LINTAS SEKTOR 1.Pendidikan Kesehatan . Ka TU merencanakan waktu dan tempat pelaksanaan rapat koordinasi b. Latar Belakang Dalam melaksanakan semua kegiatan. Ka TU mengundang penanggung jawab program. perlu dilakukan komunikasi dan koordinasi antara penanggung jawab program.Pelayanan Kesehatan yang terdiri dari promotif. 3. Kegiatan Pokok dan Rincian Kegiatan Kegiatan Pokoknya yaitu mengumpulkan pelaksana program dan Lintas Sektor di wilayah Puskesmas Tembilahan Hulu yang terkait kemudian dilakukan sosialisasi kegiatan tiap program sehingga masyarakat mengetahui kegiatan di Puskesmas. Tujuan Khusus Mendapatkan dukungan dari Lintas Program dan Lintas Sektor dalam pelaksanaan Trias UKS yang meliputi : . pihak Puskesmas meminta agar Lintas Sektor mau bekerja sama dan mendukung kegiatan Puskesmas demi mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. Hal ini dilakukan dengan maksud agar kegiatan dapat berjalan dan mendapat dukungan tidak saja dari ruang lingkup Puskesmas akan tetapi juga meliputi semua lintas sektor dalam wilayah Puskesmas Tembilahan Hulu sehingga kegiatan dapat berjalan baik.Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat 4.

Elvia Rizka Rahmadhani NIP. lintas sektor dan sasaran program.19860513 201102 2 003 . f.. Pelaporan dan Evaluasi Kegiatan Hasil kegiatan dicatat. g. masalah dan peluang inovatif l. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan dan Pelaporan Setelah melaksanakan koordinasi dan komunikasi serta kegiatan dilakukan. 8. Sasaran Sasaran kegiatan adalah Lintas Program. dilaporkan kepada Kepala Puskesmas dan dievaluasi. 25 Mei 2016 Penanggung jawab program UKS Drg. Pencatatan.. Penanggung jawab program mengkoordinasikan kegiatan program kepada lintas program. Tembilahan. j. masalah dan peluang inovatif k. Kepala Puskesmas menjelaskan tujuan rapat koordinasi e. Kepala Puskesmas menetapkan rencana kegiatan program yang telah dikoordinasikan dengan Lintas Program dan Lintas Sektor i.. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Kegiatan ini dilaksanakan. Hasil Identifikasi dan analisis didokumentasikan 6... Hasil rapat koordinasi dicatat dalam notulen h. 9.. Penanggung jawab program memaparkan rencana kegiatan program yang dibuat berdasarkan hasil analisis kebutuhan harapan sasaran program. Mengidentifikasi umpan balik. d. Menganalisis hasil identifikasi umpan balik. Lintas Sektor dan masyarakat 7. pelaksana kegiatan melakukan pelaporan dan evaluasi agar diketahui cakupan kegiatan dan target program. Kepala Puskesmas dan penanggung jawab program menyusun kerangka acuan untuk memperoleh umpan balik dari masyarakat dan sasaran program tentang pelaksanaan kegiatan program..