You are on page 1of 6

ROLE PLAY TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK

ORIENTASI REALITA (SESI I)

A. Jenis kegiatan : orientasi orang

B. Kriteria klien : Klien yang mengalami gangguan orientasi orang

C. ALAT
- Papan nama sejumlah klien dan perawat yang ikut TAK
- Bulpen
- Boneka
- Laptop
- Lagu “Pop”

D. Fase Orientasi
Leader : selamat pagi semua?
Klien : pagi juga,
Leader : bagaimana perasaannya hari ini?
Klien : baik,,, (sambil menganggukkan kepala)
Leader : Kenalkan, nama saya zahri. baiklah Saya mahasiswa Keperawatan STIKES
BINA SEHAT PPNI MOJOKERTO.
Klien : iya!!!
Leader : nah disini kalian semua berkumpul akan diadakan permainan, dan disini saya
yang akan memimpin jalannya kegiatan tersebut. Permaianan ini bertujuan agar kalian saling
mengenal dan berani untuk memperkenalkan diri. Bagaimana kalian mau bermain-main?
Klien : mau...
Leader : baiklah, waktu untuk permainan ini mungkin butuh 45 menit. Apakah kalian
sudah siap?
Klien : siaappp..

Fase Kerja
Leader : nah, kalau sudah siap saya akan menjelaskan tentang kegiatan ini. Disini saya
sudah sediakan papan nama dan bolpen. nanti kalian tuliskan nama lengkap,nama
panggilan,alamat asal,dan hobi. Kemudian kalian memperkenalkan diri secara berurutan searah
jarum jam,dimulai dari saya. Setelah kalian menyebutkan nama, maka akan diputarkan music

. Saya berasal dari situbondoo.nama panggilan. Hobi saya bermain gitar dan menyanyi.. senangnya dipanggil arif. bagus sekali mbk fita dengan perkenalan dirinya. Leader : iya.asal. sekarang siapa yang memegang bola terakhirnya? Ternyata mbk fita ya!! Ya silahkan mbk fita perkenalkan diri anda agar teman-temannya tahu dan saling mengenal? Klien fita : iya. Leader : stop!!! Nah. kemudian apabila ingin kekamar kecil nanti izin kepada saya agar permainan ini tidak terganggu nantinya. Leader : nah sekarang kita lanjutkan ya permainannya. Dan ketika musik dimatikan. (menyebut nama teman…. Leader : baik sekarang saya bagikan papan nama dan bolpen ini……. dan kalian pindahkan bonekah ini dari anda ke teman anda. sekarang bagaiman perasaan bapak/ibu setelah memperkenalkan diri dan berkenalan dengan kelompok lain”. operator musik!!! Operator memainkan musik dan bola perlahan berpindah-pindah dari genggaman tangan klien. Leader : iya bagus sekali. boneka itu berada dalam genggaman klien arif. jika music berhenti anda yang mmemegang boneka ini wajib menyebutkan nama lengkap. Observer: iya. Leader : nah. (sambil menganggukkan kepala) Klien arif: nama saya arif nursoleh. Saya berasal dari magetan. Dan ketika musik dimatikan. bagaimana. (10menit kemudian)sekarang operator nyalakan musiknya! Bonekah pertama dipegang oleh bapak arif! Operator memainkan musik dan boneka perlahan berpindah-pindah dari genggaman tangan klien rizal. nama saya fita.. Semua : senang bisa berkenalan dan bercanda dengan kelompok lain.. Aplus dulu donk buat mbk endang?? Semua : tepuk tangan. apakah sudah mengerti? Sekarang kita mulai ya permainannya? Klien : iya sudah mengerti. saja. Dan arif pun diberi kesempatan sesuai perjanjian di awal.. . musiknya berhenti!!! Sekarang siapa yang memegang bonekahya?? Harap memperkenalkan diri temannyasesuai perjanjian di awal tadi? Untuk observer segera mencatat serta mengamati respon klien..asal………hobi………. dan hobi saya adalah membaca. Klien n co leader: bertepuk tangan. pak arif sangat antusias ya dalam permainan ini. Fase terminasi  Evaluasi Leader : nah.asal…. Kita kasih aplus dulu donk buat pak arif sebagai orang pertama yang mendapat kesempatan untuk memperkenalkan dirinya..(5menit kemudian) ….hobi.. Apakah sudah jelas? Klien : sudah jelas! Leader : nah. (sambil memperkenalkan nama yang dihafalkan) nama teman :…………….mbk fita sebagai orang terakhir yang memegang bola.dan hobi teman kalian.sekarang kalian mulai perkenalkan diri kalian dan hobi masing-masing.

berhubung waktu kita sudah habis. Bagaiman. Untuk pertemuan kali ini kita sudahi dulu.. kita lanjutkan besok. apakah sudah jelas? Semua : iya jelas!!! Leader : besok kita kumpul lagi disini jam 08... Besok kita akan menyampaikan topik yang ingin dibicarakan seperti bercerita. Leader : coba sebutkan kegiatan apa saja yang kita lakukan untuk pertemuan hari ini? Semua : memainkan musik dan mengoper boneka!!! Leader : bagus sekali  Kontrak Leader : nah. Semua klien meninggalkan ruangan ROLE PLAYTERAPI AKTIVITAS KELOMPOK .00 pagi ya?? Tempatnya di ruangan ini saja!! Sekarang kalian boleh meninggalakan ruangan untuk beristirahat. Untuk pertemuan besok kita akan bermain lagi seperti tadi tapi kita ganti topiknya.

Laptop b. Jenis kegiatan : orientasi tempat B.. Begini permaianannya. kita kemarin bermain musik sambil mengoperkan boneka kan? Leader : iya bagus sekali.. Leader : bagaimana perasaannya hari ini? Klien : baik. Ketika musik ini berhenti dan boneka dalam genggaman tangan maka yang memegang bola tersebut . Klien mampu mengenal ruang perawatan . kita bertemu lagi ya dalam pagi ini. Klien mampu mengenal kamar tidur 4. ORIENTASI REALITA (SESI II) A. Fase Kerja Leader : nah... ternya masih ingat ya dengan yang kita lakukan kemaren. Kriteria klien : Klien yang mengalami gangguan orientasi tempat C. kalau sudah siap saya akan menjelaskan tentang peraturan permainan ini. Masih ingat tidak apa yang kita lakukan kemarin? Klien : iya masih. operator yang disana akan menyalakan musik dan boneka akan di edarkan searah jarum jam. Nah sekrang kita akan bermain-main lagi. ruang makan . Lagu “Pop” c. Klien mampu mengenal nama ruangan tempat dirawat 3. ALAT a. ruang istirahat .. (sambil menganggukkan kepala) Leader : nah. bagaiman apakah kalian siap? Klien : ssssiiiaaappp. Klien mampu mengenal tempat tidur 5. Klien : iya jelas.. Leader : untuk permaianan ini waktu yang diperlukan Cuma 40 menit saja kug. Boneka Fase Orientasi Leader : selamat pagi semua? Klien : pagi juga. kamar mandi . permainan ini sama seperti kemarin Cuma kali ini kita menyebutkan nama tempat/ruangan yang ada di rumah sakit ini. Klien mampu mengenal nama rumah sakit 2. Seperti peraturan kemarin disini saya sudah sediakan boneka. TUJUAN 1. dan WC D.

disini saya akan menyebutkan nama ruangan.. Leader : nah sekarang kita lanjutkan ya permainannya. (sambil menganggukkan kepala) Klien dina : iya. Leader : iya. operator musik!!! Operator memainkan musik dan boneka perlahan berpindah-pindah dari genggaman tangan klien. bagus sekali mbk tyas sudah menyebutkan nama tempat yang mbk tyas sukai. Leader : coba sebutkan kegiatan apa saja yang kita lakukan untuk pertemuan hari ini? Semua : memainkan musik dan mengoper boneka!!! Trus yang memegang boneka menyebutkan tempat/ruangan di rumah sakit ini. akan kami berikan kesempatan untuk menyebutkan nama rumah sakit dan nama ruangan tempat anda di rawat.. Dan ketika musik dimatikan. Aplus dulu donk buat mbk tyas?? Semua : tepuk tangan. Dan dina pun diberi kesempatan sesuai perjanjian di awal.. apakah ada yang kurang jelas tentang permainan ini? Klien : tidak. musiknya berhenti!!! Sekarang siapa yang memegang bonekanya?? Harap menyampaikan satu nama ruangan? Untuk observer segera mencatat serta mengamati respon klien.mbk tyas sebagai orang terakhir yang memegang boneka. Leader : stop!!! Nah.. bagaimana. Fase terminasi  Evaluasi Leader : nah. sekarang siapa yang memegang boneka terakhirnya? Ternyata mbk tyas ya!! Ya silahkan mbk tyas sebutkan nama tempat yang paling disukai di ruangan ini? Klien tyas: iya.. Leader : sekarang. sekarang bagaimana perasaan bapak/ibu setelah kita bermain-main tadi? Semua : saya sedikit lega karena dapat menyebutkan nma tempat/ruangan yang ada di rumah sakit ini. yaitu ruang melati Leader : iya bagus sekali dina. kemudian apabila ingin kekamar kecil nanti izin kepada saya agar permainan ini tidak terganggu nantinya. Bagaiamana. Dan ketika musik dimatikan. Leader : bagus sekali  Kontrak . Leader : nah. apakah sudah mengerti? Sekarang kita mulai ya permainannya? Klien : iya sudah mengerti. boneka itu berda dalam genggaman klien dina.. saya akan menyebutkan tempat yang saya sukai yaitu kamar tidur. Kita kasih aplus dulu donk buat dina sebagai orang pertama yang mendapat kesempatan untuk menyebutkan tempat. Observer : iya.. Klien dan co leader: bertepuk tangan. sudah jelas! Leader : nah. operator nyalakan musiknya! Boneka pertama dipegang oleh bapak zahri! Operator memainkan musik dan boneka perlahan berpindah-pindah dari genggaman tangan klien.

Semua klien meninggalkan ruangan . berhubung waktu kita sudah habis...Leader : nah.00 pagi ya?? Tempatnya di ruangan ini saja!! Sekarang kalian boleh meninggalkan ruangan untuk beristirahat. Untuk pertemuan kali ini kita sudahi dulu. kita lanjutkan besok. Semua : iya!!! Leader : besok kita kumpul lagi disini jam 08..