You are on page 1of 8

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM

)
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

Nama Sekolah : SMPN 1 kedungbanteng
Kelas/Semester : VII/2
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Nilai KKM : 70

DAYA

KOMPLEKSITAS
DUKUNG

INTEKS
PRASARANA

SISWA
INDIKATOR

KKM
SARANA/
STANDAR KOMPETENSI
PENCAPAIAN

GURU
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI

Aspek : 7.1 Merespon Merespon
Mendengarkan makna dalam ungkapan-
percakapan ungkapan :
7. Memahami transaksional (to 1.Meminta & 2 2 2 2
makna dalam get things done ) memberi jasa
percakapan dan interpersonal
transaksional (bersosialisasi)
dan sangat sederhana
2. Meminta & 2
interpersonal secara akurat,
sangat lancar dan memberi
sederhana berterima untuk barang
untuk berinteraksi
berinteraksi dengan 3.Meminta & 2
dengan lingkungan memberi
lingkungan terdekat yang fakta
terdekat melibatkan
tindak tutur :
meminta dan
memberi jasa,
meminta dan
memberi barang,
serta meminta
dan memberi
fakta
KKM KOMPETENSI DASAR 7.1.
7.2 Merespon makna Merespon
dalam ungkapan-
percakapan ungkapan :
transaksional 1. Meminta dan 2 2 2 2
( to get things memberi
done) dan pendapat
interpersonal
(bersosialisasi )
2.Menyatakan 2
sangat sederhana
secara akurat, suka dan tidak
lancar dan suka
berterima untuk
berinteraksi 3.Meminta 2
dengan klarifikasi
lingkungan

8. berbentuk : lancar dan . Menentu kan 2 ciri kebahasaan dari masing-masing teks fungsional yang didengar KKM KOMPETENSI DASAR 8.2. Memahami fungsional fung- makna dalam pendek sangat sional pendek : teks lisan sederhana secara .1 Merespon makna 1. KKM STANDAR KOMPETENSI 7 Aspek : 8.Pngumuman untuk berinteraksi 2.Merespon 2 2 2 3 Mendengarkan yang terdapat makna dalam teks lisan dalam teks 8. Merespon 2 melibatkan secara tindak turur : interpersonal meminta dan memberi pendapat dan menyatakan suka dan tidak suka. 3.Instruksi fungsional dan akurat.Daftar monolog dan berterima barang pendek sangat untuk belanjaan sederhana yang berinteraksi . Menentukan 2 dengan Fungsi komuni- lingkungan katif teks yang terdekat didengar.Diskriptif berterima untuk . meminta klarifikasi.Procedur berinteraksi . DAYA KOMPLEKSITAS DUKUNG INTEKS PRASARANA SISWA INDIKATOR KKM SARANA/ STANDAR KOMPETENSI PENCAPAIAN GURU KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI terdekat yang 4. dan merespon secara interpersonal KKM KOMPETENSI DASAR 7.Ucapan berbentuk dengan selamat descriptive dan lingkungan procedure terdekat .2 Merespon makna Merespon 2 2 2 2 yang terdapat informasi dalam dalam monolog teks lisan sangat sederhana monolog secara akurat.1. lancar .

1. 9. rmeminta dan dmemberi barang.1 * Bertanya dan 2 2 2 3 9. teks berbentuk descriptive dan Menentukan 2 procedure fungsi komunikatif teks yang didengar. KKM STANDAR KOMPETENSI 8 Aspek : Membaca 9.2 Bertanya dan Mengungkapkan menjawab makna dalam berbagai percakapan Informasi : 2 2 2 3 transaksional (to 1. KKM KOMPETENSI DASAR 8. lancar fakta gdan berterima kuntuk uberinteraksi ndengan glingkungan aterdekat yang nmelibatkan tindak tutur : tmeminta dan ememberi jasa. mengungkapkan Mengungkapkan menjawab makna dalam makna dalam berbagai percakapan percakapan informasi : transaksional transaksional ( 1.Meminta dan 2 sederhana untuk ( bersosialisasi ) memberi berinteraksi sangat sederhana barang dengan dengan menggunakan lragam bahasa 3.Meminta dan 2 ilisan secara memberi nakurat.Meminta dan dan to get things memberi jasa interpersonal done ) dan sangat interpersonal 2. Meminta & get things done) memberi & interpersonal pendapat (bersosialisai) . edan meminta kmemberi fakta a KKM t KOMPETENSI DASAR 9.2. DAYA KOMPLEKSITAS DUKUNG INTEKS PRASARANA SISWA INDIKATOR KKM SARANA/ STANDAR KOMPETENSI PENCAPAIAN GURU KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI dengan Menentukan ciri 2 lingkungan kebahasaan teks terdekat dalam yang didengar.

lancar dan berterima untuk 4. DAYA KOMPLEKSITAS DUKUNG INTEKS PRASARANA SISWA INDIKATOR KKM SARANA/ STANDAR KOMPETENSI PENCAPAIAN GURU KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI sangat 2.2. Menyatakan 2 sederhana suka dan dengan tidak suka menggunakan 2 ragam bahasa 3.  Memberi 3 terdekat dan berterima instruksi untuk secara lisan. Mengungkapkan Mengungkapka n makna dalam makna dalam n makna yang teks fungsional teks lisan terdapat dalam pendek fungsional dan teks lisan berbentuk : monolog pendek fungsional .1 . berinteraksi dengan  Menyebutkan 3 lingkungan daftar barang terdekat tertentu.  Mengumumka 2 n sesuatu  Mengucapkan 2 selamat KKM KOMPETENSI DASAR 10. Mengungkapka 2 2 1 2 10. Meminta lisan secara klarifikasi akurat. meminta klarifikasi.Pengumuma procedure untuk menggunakan n berinteraksi ragam bahasa .Instruksi sangat sederhana pendek sangat .1. Merespon 2 berinteraksi secara dengan interpersonal lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi pendapat. KKM STANDAR KOMPETENSI 9 Aspek : Berbicara 10.Daftar berbentuk sederhana barang descriptive dan dengan . menyatakan suka dantidak suka.Ucapan dengan lisan secara selamat lingkungan akurat. lancar. merespon secara interpersonal KKM KOMPETENSI DASAR 9.

terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan 3. 2 2 1 2 Mengungkapka Mengungkapka n makna dalam n monolog berbagai pendek sangat informasi sederhana dalam teks dengan monolog menggunakan berbentuk ragam bahasa -Descriptive lisan secara -Procedure akurat.Ucapan lingkungan lingkungan terdekat terdekat selamat - Pengumuman 2.Menyebutkan 2 untuk fugsi berinteraksi komunikatif dengan teks lingkungan yang didengar.Daftar berkaitan berkaitan barang dengan dengan .2 KKM STANDAR KOMPETENSI 10 Aspek : Membaca 11. lancar dan berterima 2.Melakukan 2 monolog dalam bentuk deskriptif / prosedur KKM KOMPETENSI DASAR 10.mengidentifikas 3 2 1 3 11.Instruksi procedure yang berterima yang .1. Memahami makna yang i makna teks tulis terdapat dalam berbagai fungsional dan teks tulis informasi esai pendek fungsional dalam teks sangat pendek sangat fungsional sederhana sederhana pendek berbentuk secara akurat.2 1. DAYA KOMPLEKSITAS DUKUNG INTEKS PRASARANA SISWA INDIKATOR KKM SARANA/ STANDAR KOMPETENSI PENCAPAIAN GURU KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI 10.Merespon 2 berbagai informasi dalam teks fungsional . Merespon 1. 4.Menyebutkan 2 procedure ciri kebahasaan teks yang didengar. berupa: descriptive dan lancar dan .

KKM KOMPETENSI DASAR 11. cedure 3.1 11. 2 dengan Mengidentifikasi lingkungan fungsi terdekat dalam omunikatif teks berbentuk teks deskriptif / descriptive/pro procedure.2 11.2 Merespon 1. lancar dalam teks dan berterima descriptive dan dalam esai procedure sangat sederhana yang berkaitan 2. frasa dan bermakna teks kalimat dengan fungsional dan baik dan benar esai pendek dan sangat Membaca kata 3 sederhana frasa dan berbentuk kalimat dengan descriptive/ intonasi yang . DAYA KOMPLEKSITAS DUKUNG INTEKS PRASARANA SISWA INDIKATOR KKM SARANA/ STANDAR KOMPETENSI PENCAPAIAN GURU KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI pendek 3.3 membaca Melafalkan 2 2 2 3 nyaring kata. 3 2 2 3 makna dan Mengidentifikasi langkah berbagai retorika secara informasi akurat.Membaca 3 nyaring teks fungsional / pendek. KKM KOMPETENSI DASAR 11. 2 Mengidentifikasi langkah retorika teks deskriptif /prosedur 4 menyebutkan 3 ciri kebahasaan teks descriptive / procedure.

lancar procedure dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkunguan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/ procedure .Descriptive/ akurat. KKM KOMPETENSI DASAR 11. lancar .Ucapan descriptive dan dan berterima Selamat procedure untuk berinteraksi untuk dengan berinteraksi Menulis 2 lingkungan dengan kalimat terdekat lingkungan sederhana terdekat KKM KOMPETENSI DASAR 12. Menyusun 2 sangat teks sederhana dengan menggunakan 3.Instruksi fungsional dan sederhana . tekanan dan intonasi yang berterima 2 Membaca nyaring teks descriptive/proc edure dengan baik dan benar. Mengungkapkan teks tulis pendek makna dalam fungsional berbentuk : teks tulis pendek sangat . Melengkapi 2 2 2 2 Mengungkapka teks - n makna dan descriptive langkah .3 KKM STANDAR KOMPETENSI 11 Aspek : Menulis 12.2 1.Daftar esai pendek dengan barang sangat menggunakan - sederhana ragam bahasa Pengumuman berbentuk tulis secara akurat.1 Mengungkapka Menulis teks 2 2 1 2 n makna dalam fungsional 12. Menulis teks 2 ragam bahasa berbentuk tulis secara .procedure retorika dalam esai pendek 2. DAYA KOMPLEKSITAS DUKUNG INTEKS PRASARANA SISWA INDIKATOR KKM SARANA/ STANDAR KOMPETENSI PENCAPAIAN GURU KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI procedure benar dengan ucapan.1 12.

Lilie Nindyawati) NIP. Januari 2010 Kepala SMP N 1 Guru Mapel Bahasa Inggris kedungbanteng ( Nur Gianto. Kedungbanteng.) ( Dra. 19690107 200801 1 009 NIP. Catatan : Mengetahui. DAYA KOMPLEKSITAS DUKUNG INTEKS PRASARANA SISWA INDIKATOR KKM SARANA/ STANDAR KOMPETENSI PENCAPAIAN GURU KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI KKM KOMPETENSI DASAR 12.Pd.2 KKM STANDAR KOMPETENSI 12 KKM SEMESTER 2 (DUA) Catatan : *) Diisi prosentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).S. 19630311 198603 2 008 .