You are on page 1of 18

PROPOSAL

LOMBA INOVASI TEKNOLOGI
TINGKAT KABUPATEN LAMONGAN
TAHUN 2016

(E-Perpus) SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SMPN 1 LAMONGAN UNTUK
MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA

(BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)

INOVATOR : 1. ABDUL MALIK SR
2. RUKTIN HANDAYANI
3. EDY SANTOSO

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Jl. K.H. Ach. Dahlan No. 1, Lamongan - Jawa Timur
Telp. 0322 321168| Fax. 0322 321454
E-mail : kpde@lamongankab.go.id
Website : www.lamongan.go.id

KABUPATEN LAMONGAN
2016

0

29 Mei 2016 Peserta Abdul Malik SR BAB I PENDAHULUAN 1 .com Biaya Yang Dikeluarkan Untuk Produk Inovasi Jumlah dalam ribuan No Uraian (Rp) 1 Swadaya 2 Pihak di luar pemerintah Kab/kota 3 Kontribusi pmrintah Kab/Kota Total Biaya yang dikeluarkan Anggaran Pengembangan Teknologi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Jumlah dalam ribuan No Uraian (Rp) 1 Anggaran 2 APBD Pemerintah Kab/Kota Persentase (%) Lamongan. LEMBAR PENGUSULAN Judul Inovasi :(E-Perpus) SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SMPN 1 LAMONGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI KABUPATEN LAMONGAN BERBASIS WEB Inovasi Bidang Prioritas : Teknologi Informasi dan Komunikasi Lokasi Inovasi : UPT SMPN 1 Lamongan Keterangan Lembaga Pelaksana/Pengelola Inovasi Lembaga Pelaksana Inovasi : SMPN 1 Lamongan Ketua Tim Inovasi : ABDUL MALIK SR Unit Organisasi : Perorangan Alamat : Jl. Ki Sarmidi mangun Sarkara 18 Lamongan Telepon/Hp/e-mail : 0322 321183/081333279079/malikdul87@gmail.

mencatat pengembalian buku. mencatat jumlah pengunjung. peminjaman dan pengembalian buku. 2 . katalog buku. Selain itu dengan sistem digital dan berbasis web siswa lebih tertarik untuk datang ke perpustakaan. membuat grafik pengunjung tahunan. membuat katalog buku. membuat laporan kehadiran pengunjung bulanan. petugas perpustakaan harus melakukan tugasnya secara manual diantaranya merekap daftar hadir harian. mencari koleksi buku. mengecek stok buku secara online. Siswa cenderung lebih tertarik untuk melihat konten digital seperti website. membuat tabel jumlah pengunjung harian. Latar Belakang Kurangnya minat baca yang dimiliki oleh siswa SMPN 1 Lamongan adalah masalah serius yang harus diatasi oleh sekolah. membuat buku induk. Salah satu penyebab rendahnya minat baca siswa disebabkan oleh sistem pelayanan perpustakaan yang masih manual dan tradisional. melakukan pemesanan buku kapanpun dan dimanapun. Agar sistem administrasi perpustakaan lebih baik maka perlu dibuat sistem administrasi digital yang berbasis web sehingga dapat memudahkan pustakawan dalam menyelesaikan tugasnya. mencatat peminjaman buku. buku induk. Hal ini menyebabkan pustakawan kesulitan dalam merekam kehadiran pengunjung. hal ini juga yang membuat siswa enggan berkunjung ke perpustakaan. Dengan sistem pelayanan konvensional seperti itu. video daripada berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku. Setiap kali berkunjung di perpustakaan siswa diwajibkan menulis daftar hadir dan membubuhkan tanda tangan. Dengan banyaknya tugas laporan yang harus dikerjakan ditambah dengan jasa pelayanan yang harus tetap prima maka dibutuhkan sebuah sistem perpustakaan yang dapat meringankan tugas petugas perpustakaan Sistem administrasi perpustakaan SMPN 1 Lamongan selama ini masih menggunakan sistem manual dalam mencatat kehadiran pengunjung. mengetahui stok opname buku yang tersedia.A. Selain itu untuk mencari koleksi buku atau majalah siswa harus mencari di katalog buku di rak yang disediakan dan kemudian menuju rak buku. ebook. Siswa dapat melakukan presensi dengan menggunakan scan barcode.

Sleuruh warga SMPN 1 Lamongan dapat mengakses seluruh Terintegrasi / Single sistem digital di SMPN 1 Lamongan. Perpustakaan ini dibangun dengan desain yang matang sesuai dengan kebutuhan manajerial SMPN 1 Lamongan dan juga kebutuhan seluruh Fitur-fitur berbasis pengguna layanan perpustakaan. mulai dari penataan kode buku. Tujuan dan Sasaran 1. serta laporan-laporan yang akan otomatis diperoleh dari sistem.id. 2.sch. Keistimewaan perpustakaan digital SMPN 1 Lamongan adalah sebagai berikut. e-Layanan ini dapat diakses di halaman resmi http://perpus. hanya dengan Sign On (Kemudahan menggunakan 1 (satu) akun. Tujuan Tujuan dari inovasi ini adalah membangun sistem perpustakan berbasis web yang dapat meningkatkan minat baca siswa dengan cara mengubah sistem layanan dari konvensional menjadi e-layanan. data terbaru pengunjung dan peminjam yang "real time".smpn1lamongan. 1 berinteraksi dengan Seluruh data peminjaman di perpustakaan. stok buku. Sasaran 3 . perubahan status buku. Perpustakaan SMPN 1 Lamongan dibangun secara sederhana dan dengan navigasi yang jelas sehingga 3 Mudah digunakan mudah digunakan baik oleh pihak manajerial dan administrator maupun pihak pengunjung dan peminjam. No Keistimewaan Keterangan Perpustakaan SMPN 1 Lamongan sudah terintegrasi dengan SIMAK (Sistem Informasi Manajemen Akademik) SMPN 1 Lamongan.B. Oleh sebab itu 2 kebutuhan (requirement sistem ini sangat membantu manajerial dalam based) menjalankan tugasnya. akan sistem) tampil juga di menu maisng-masing pengguna SIMAK Hal ini tentu saja akan mempermudah pengguna untuk mengingat dan menggunakan seluruh sistem yang berbasis TIK di SMPN 1 Lamongan Perpustakaan SMPN 1 Lamongan dibangun tidak semerta-merta hanya ingin bersinggungan dengan teknologi.

4 . Sasaran dari penelitian ini adalah meningkatnya jumlah kunjungan dan minat baca siswa SMPN 1 lamongan.

Informasi Buku (Search Engine) Bagi pengunjung umum yang tidak terdaftar sebagai anggota (tidak memiliki akun login) dapat memperoleh informasi koleksi buku di perpustakaan SMPN 1 Lamongan beserta dengan detail stoknya. 5 . e-Perpustakaan Sistem Informasi perpustakaan SMPN 1 Lamongan Adapun fitur-fitur sistem informasi perpustakaan SMPN 1 Lamongan secara garis besar adalah sebagai berikut. dan master buku. Klasifikasi buku mengikuti peraturan perundangan perpustakaan dan akan selalu diperbaharui sesuai dengan peraturan terbaru. BAB II Keuntungan dan Manfaat dari Produk Inovasi A. pengarang. Data Master Data master yang terdapat di perpustakaan SMPN 1 Lamongan terdiri dari jenis buku. Tampilan hasil search engine Pengunjung dapat menuliskan bagian dari judul buku yang diinginkan. maka dapat di klik menu pencarian. sehingga tampil kolom pencarian canggih (advanced search). Gambar 1. Jika ingin mendapatkan bantuan pencarian lebih detil. 1. klasifikasi. penerbit. aturan pinjam. 2. stok buku.

Barcode dan Stok Buku Menu stok buku ini digunakan untuk mengisi stok buku beserta status ketersediaan. Keluaran dari stok buku ini nantinya berupa “barcode” yang dapat ditempel di masing-masing buku. Pengunjung terbanyak akan 6 . Sehingga kode barcode mencerminkan tanggal pembelian buku. Gambar 2. Data Pengunjung (Buku Tamu) Seorang pengunjung dengan mudahnya dapat melakukan absensi dengan menggunakan kartu perpustakaan atau ID kartunya. Informasi detil buku 3. Tampilan Stok buku 4. jumlah. dan tanggal pembelian. kode klasifikasi buku dan urutan buku (sesuai dengan jumlahnya) Gambar 3.

7 . Tampilan daftar peminjaman buku 6. Gambar 4. Sistem akan secara otomatis mengetahui denda keterlambatan pengembalian. Dengan demikian akan memberikan motivasi bagi para anggota perpustakaan untuk sering berkungjung ke perpustakaan.mendapatkan penghargaan. Transaksi Pengembalian Buku Proses pengembalian buku dilakukan dengan sistem barcode. Hal ini mempermudah admin perpustakaan dan juga mempercepat proses pengembalian buku. Hal ini mempermudah admin perpustakaan dan juga mempercepat proses peminjaman. Tampilan daftar pengunjung 5. Transaksi Peminjaman Buku Proses peminjaman buku dilakukan dengan sistem barcode. Gambar 5.

per bulan. Laporan Pengunjung Laporan pengunjung diberikan secara otomatis oleh sistem. Laporan ini disajikan dalam bentuk table (diunduh dalam bentuk dokumen excel) dan juga disajikan dalam bentuk grafik. Gambar 6. atau keseluruhan sesuai dengan kebutuhan manajerial. Tampilan daftar pengembalian buku 7. Gambar 7. Tampilan laporan pengunjung 8 . Laporan pengunjung terdiri dari laporan per kelas. per tahun.

diantaranya: 1. Laporan dapat disajikan dalam bentuk table sederhana dan juga dapat diunduh dalam bentuk dokumen excel untuk keterangan lebih lengkap. 9 . Gambar 8. per tahun. Laporan Peminjam Laporan peminjam diberikan secara otomatis oleh sistem.8. 9. Laporan peminjam terdiri dari laporan per kelas. Laporan Stok Opname Laporan keseluruhan buku yang ada di perpustakaan digital SMPN 1 Lamongan disajikan dalam bentuk laporan stok opname buku. Jumlah pengunjung perpustakaan meningkat Sebelum dilakukan program revolusi ini. Keuntungan sistem yang dikembangkan Dari pelaksanaan program inovasi ini didapat beberapa manfaat utama. Jika pengunjung semakin meningkat maka budaya minat baca semakin meningkat pula. Namun setelah dilaksakan program ini pengunjung harian perpustakaan mencapai 120 siswa. Laporan ini disajikan dalam bentuk table (diunduh dalam bentuk dokumen excel) dan juga disajikan dalam bentuk grafik. per bulan. atau keseluruhan sesuai dengan kebutuhan manajerial. rata-rata jumlah pengunjung per hari adalah 20 sampai dengan 30. Tampilan stok opname koleksi B.

cetak buku induk. Laporan buku yang dipinjam 3. laporan denda. laporan pengunjung bulanan. Gambar 10. Laporan pengunjung bulanan 2. Gambar 9. cetak katalog. Seluruh administrasi perpustakaan dapat dicetak secara otomatis dari sistem. Administrasi perpustakaan semakin tertib Setelah diterapakanya sistem e-Perpustakaan administrasi perpustakaan semakin baik. meliputi grafik pengunjung. laporan peminjaman. Sebagai perpustakaan alternatif bagi masyarakat 10 .

11 . masyarakat banyak yang memanfaatkan perpustakaan SMPN 1 Lamongan untuk membaca. Maka masyarakat banyak yang melakukan kunjungan ke perpustakaan. browsing internet. Hal ini dikarenakan letak SMPN 1 Lamongan yang berada di tengah kota yang mudah dan aman untuk diakses oleh masyarakat. Gambar 11. siswa SMA dari lingkungan Kabupaten Lamongan. Dengan melakukan pendaftaran anggota baru dan mendapat kartu anggota. Sejak diterapkanya program inovasi ini. akan tetapi pengunjung perpustakaan juga berasal dari lingkungan luar sekolah seperti siswa TK. siswa SD. Kunjungan siswa TK Darma Wanita Pengunjung perpustakaan SMPN 1 Lamongan tidak hanya berasal dari warga sekolah. dan tempat rekreasi.

Hal ini tentu saja akan mempermudah pengguna untuk mengingat dan menggunakan seluruh sistem yang berbasis TIK di SMPN 1 Lamongan 12 . Seluruh data peminjaman di perpustakaan. Dalam hal apa inovasi ini kreatif dan inovatif Inovasi yang dikembangkan adalah sistemm informasi perpustakan yang memiliki beberapa keunggulan dan keunikan. Siswa melakukan pengisian daftar hadir dengan scan kartu C. akan tampil juga di menu maisng-masing pengguna SIMAK. Terintegrasi / single sign on Sistem Perpustakaan SMPN 1 Lamongan sudah terintegrasi dengan SIMAK (Sistem Informasi Manajemen Akademik) SMPN 1 Lamongan. diantaranya: 1. Gambar 12. Seluruh warga SMPN 1 Lamongan dapat mengakses seluruh sistem digital hanya dengan menggunakan satu akun.

Sehingga akan memudahkan user dalam mengakses informasi kapanpun dan dimanapun tanpa terkendala batas ruang dan waktu.sch. stok buku.perpus. Oleh sebab itu sistem ini sangat membantu manajerial dalam menjalankan tugasnya.smpn1lamongan. 13 . Fitur berbasis kebutuhan Sistem Perpustakaan SMPN 1 Lamongan dibangun tidak semerta-merta hanya ingin bersinggungan dengan teknologi. Tampilan dashboard user setelah login 2. perubahan status buku. data terbaru pengunjung dan peminjam yang real time. Berbasis online e-Perpus yang dikembangkan sudah dibangun berbasis online.id 3. E-Perpus SMPN 1 lamongan beralamat domain www. Perpustakaan ini dibangun dengan desain yang matang sesuai dengan kebutuhan manajerial SMPN 1 Lamongan dan juga kebutuhan seluruh pengguna layanan perpustakaan. Gambar 13. mulai dari penataan kode buku.

User Interface untuk mengetahui stok opname buku 4. pustakawan dapat membuat laporan harian. Siswa dengan mudah melakukan pemesanan buku kapanpun dan dimanapun. 14 . bulanan. D. User Friendly Sistem informasi perpustakaan yang dikembangkan di sini sangat mudah digunakan. Adapun hasil dari inovasi yang dijalankan diantaranya: 1. tahunan secara cepat dan akurat. presensi kehadiran di perpustakaan dengan menscan barcode yang ada di kartu. Smart Card one for All Smart card yang dikembangkan berfungsi sebagai kartu tanda pelajardan sekaligus sebagai kartu perpustakaan. Sehingga kartu ini dapat digunkan untuk meminjam atau mengambalikan buku. Gambar 14. Apa saja keluaran (output) yang paling berhasil? Inovasi perpustakaan SMPN 1 Lamongan menghasilkan dampak yang positif bagi budaya membaca di lingkungan sekolah.

pengarang dan penerbit. Bagi petugas perpustakaan. Tampilan home sistem e-perpus 15 . Gambar 15. Sistem Informasi Perpustakaan (ePerpus) SMPN 1 Lamongan Sistem informasi perpustakaan memungkinkan siswa mengetahui stok buku. memesan buku secara online. sistem ini memudahkan petugas untuk melihat jumlah pengunjung harian atau bulanan. Jumlah koleksi tiap kategori. Sistem ini memungkinkan user untuk mengetahui informasi jumlah koleksi buku secara cepat dan akurat. Smart card SMPN 1 Lamongan 2. melayani peminjaman dan pengembalian secara cepat dan akurat. Sehingga dengan informasi ini akan memudahkan siswa dalam memperoleh informasi yang ingin didapat. Gambar 16.

3. Sehingga buku yang sudah dipesa 16 . Untuk mengatasi masalah tersebut siswa dapat memesan buku secara online dengan menggunakan sistem yang dikembangkan. Sistem pemesanan buku online Terkadang siswa ingin meminjam koleksi dan takut jika koleksi buku itu dipinjam siswa lain terlebih dahulu.

Penerapan aplikasi ini berimbas pada diraihnya juara I perpustakaan SMP tingkat jawa timur Tahun 2015. Aplikasi ini dapat membantu layanan di perpustakaan di Indonesia khususnya di Kabupaten Lamongan. Keberadaan aplikasi ini dapat membantu tugas pustakawan dalam melakukan administrasi perpustakaan. Selain itu sistem e-perpus ini dapat meningkatkan minat baca di lingkungan sekolah khususnya dan di Kabupaten Lamongan pada umumnya. 17 . BAB III PENUTUP Pembuatan Sistem informasi perpustakaan e-Perpus SMPN 1 Lamongan adalah sebuah inovasi baru di bidang pendidikan dan teknologi.