You are on page 1of 10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SMP …………………….
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX/I
Materi Pokok : Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan
harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan
prestasi
Alokasi waktu : 4 Jam Pelajaran (2 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat), dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
interpersonal dengan guru dan teman.

3.1 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari
ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi,
serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan
harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menunjukkan rasa syukur atas kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris

2. Menunjukkan perilaku santun saat menggunakan ungkapan ungkapan harapan atau
doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responnya

3. Menunjukkan perilaku peduli dengan tidak segan memberikan ucapan yang
mengandung harapan atau selamat atas suatu kebahagian atau prestasi

Diskusi F. di dalam maupun di luar kelas. Materi Pembelajaran Salam dan berdoa. can (3)Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat. You did it well. sesuai dengan konteks penggunaannya.. I hope so. 4. Struktur teks (ungkapan hafalan.Tanya jawab . Menulis ucapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat 7. MetodePembelajaran . Melakukan dialog sederhana yang mengungkapkan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat D. my. (2)Tata bahasa: will. Unsur kebahasaan (1)Kosa kata: hope. (5)Ejaan dan tanda baca Contoh dialog yang menggunakan ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat Penyajian situasi yang memerlukan penggunaan ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi E. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama: (2 JP) Keigiatan Deskripsi Waktu Pendahulu menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk 10 an mengikuti proses pembelajaran. so. Congratulations! happy for you. the. those. tekanan kata. this. Thanks. sesuai dengan konteks penggunaannya 5. Menggunakan unsur kebahasaan yang tepat untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi. dan semacamnya. dsb secara tepat dalam frasa nominal (4)Ucapan. serta responnya.that. their. 6. b. I got the first price of Speech Contest. dengan atau tanpa a. intonasi. dengan memberikan keteladanan tentang perilaku santun dan peduli. menit . Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran. Menggunakan struktur teks yang tepat untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi. Congratulations. I’m happy for you. these. tidak perlu dijelaskan tata bahasanya) a. dan semacamnya. I hope everything is fine.. serta responnya.

role-play. dsb. .  Mengarahkan peserta menggunakan bahasa Inggris didik untuk bekerjasama untuk menyatakan dan dengan teman memberikan ucapan kelompoknya untuk selamat.”  Memerintahkan peserta didik untuk menonton dan mengamati. ucapan selamat. menit selamat dalam bahasa Inggris dari film. dan unsur menirukan contoh-contoh kebahasaan) interaksi yang sudah diberikan menyatakan dan memberikan kepada mereka. belum lengkap sesuai simulasi. dan informasi yang telah kegiatan lain yang terstruktur. Peserta Didik Pendidik Mengamati Peserta didik mengamati  Menampilkan film dialog film dialog tentang yang menyatakan “congratulatin” “congratulation. Menanya  Peserta didik menanyakan antara lain tentang cara  Pendidik menyampaikan menyatakan dan memberi kembali pertanyaan peserta ucapan selamat. mereka temukan sendiri dari buku atau pun sumber belajar yang lain.  Secara kolaboratif. pertanyaan temannya. menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas. mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari. mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. harapan dan doa.  Mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh  Pendidik menegaskan interaksi dengan menyatakan kembali pertanyaan peserta didik dengan memberikan 60 dan memberikan ucapan Inti contoh. MengumpulkanInformasi  Mengidentifikasi ciri-ciri  Meminta peserta didik (ungkapan. buku teks. kemungkinan didik kepada peserta didik menggunakan ungkapan ucapan yang lain untuk menjawab selamat yang berbeda dsb.harapan dan doa mengisi teks dialog yang dalam konteks pembelajaran.

Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram. baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik. . Pendidik bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil 10 Penutup pembelajaran.  Meminta peserta didik di dalam kelompoknya untuk mempraktekkan ungkapan-ungkapan ucapan selamat. menit Memberikan tugas.harapan dan doa dalam dialog yang bermakna. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.  Meminta siswa untuk mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan dan struktur teks ungkapan yang menyatakan persetujuan.

harapan dan doa yang telah dipelajari  Meminta siswa membandingkan tersebut di atas dengan yang ungkapan yang ada di sumber-sumber lain. ucapan selamat.  Meminta peserta didik bekerja berpasangan untuk  Peserta didik melakukan menyusun dialog dialog berpasangan di depan kelas berdasar teks dialog  Meminta peserta didik yang di buat bersama sesuai pasangannya untuk pasangannya mengenai melakukan dialog di depan ucapan selamat. Pendidik memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil . harapan dan kelas berdasar pada teks doa. yang telah dibuat bersama pasangannya. menyatakan dan  Memperoleh balikan memberikan ucapan (feedback) dari guru dan selamat dan harapan dan teman-temannya tentang doa yang telah dipelajari Inti unsur kebahasaan yang tersebut di atas dengan 60 menit digunakan.. berdasarkan ungkapan yang telah diperoleh sebelumnya. Peserta didik d membuat rangkuman dengan mengisi jurnal. harapan dan doa  Membandingkan ungkapan yang telah dikumpulkan menyatakan dan memberikan dari berbagai sumber. Pendidikm melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap Penutup kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan 10 menit terprogram.  Memberi umpan balik Mengomunikasikan (feedback) pada siswa  Peserta didik berpasangan tentang unsur kebahasaan untuk menysusun dialog yang digunakan. yang ada di sumber- sumber lain. selamat.Pertemuan Kedua: 2 JP Kegi Deskripsi Waktu atan Guru Peserta Didik Mengasosiasi  Membandingkan ungkapan menyatakan dan memberikan  Meminta siswa membandingkan ucapan selamat. harapan dan ungkapan yang doa yang telah dikumpulkan menyatakan dan dari berbagai sumber tersebut memberikan ucapan di atas.

Pendidik memberikan tugas. Siti : “I think we need a lot of money to make a wall magazine. So we do not need a lot of money to make a wall magazine. 1. kerjasama. Aspek yang Kriteria Skor dinilai Sangat sering menunjukkan sikap Tanggung 5 jawab Sering menunjukkan sikap Tanggung jawab 4 Tanggung Beberapa kali menunjukkan sikap Tanggung 3 1 jawab jawab Jarang menunjukkan sikap Tanggung jawab 2 Tidak pernah menunjukkan sikap Tanggung 1 jawab Sangat sering menunjukkan sikap peduli 5 Sering menunjukkan sikap peduli 4 2 Peduli Beberapa kali menunjukkan sikap peduli 3 Jarang menunjukkan sikap peduli 2 Tidak pernah menunjukkan sikap peduli 1 Sangat sering menunjukkan sikap kerjasama 5 Sering menunjukkan sikap kerjasama 4 3 Kerjasama Beberapa kali menunjukkan sikap kerjasama 3 Jarang menunjukkan sikap kerjasama 2 Tidak pernah menunjukkan sikap kerjasama 1 Sangat sering menunjukkan sikap cinta damai 5 Sering menunjukkan sikap cinta damai 4 4 Cinta damai Beberapa kali menunjukkan sikap cinta damai 3 Jarang menunjukkan sikap cinta damai 2 Tidak pernah menunjukkan sikap cinta damai 1 b. Pendidik menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. PenilaianPengetahuan. Teknik Penilaian : Observasi (sikap). We can also use used wood for the frame.” Lina : “Yes. we can. or D.dan unjuk kerja (keterampilan) 2. We can use used paper. Instrumen penilaian a. B. pembelajaran. Penilaian Sikap (tanggung jawab. I don’t think so C. What we need is hard work. Choose the correct answer by crossing A. C. cinta damai) No. testertulis (pengetahuan). I think so . Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 1. baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik. peduli.” A. Penilaian. G.” Edo : “ __________(1).

whiteboard.2. Media/alat. Sumber Belajar: Buku Paket Bahasa Inggris kelas IX “Think Globally Act Locally” Mengetahui: . Fluency Mampu mengucapkan dengan sangat lancar 4 Mampu mengucapkan dengan cukup lancar 3 Mampu mengucapkan dengan kurang lancar 2 Mampu mengucapkan dengan tidak lancar 1 3. I agree with you D. 3. etc. N Aspek yang Kriteria Score o dinilai 1. Bahan. flashcard. boardmarker. slide. etc. video. Keterampilan (tulis) soal: 3. Bahan Gambar. 2. B. Kunci dan Pedoman Penskoran H. It’s a good idea 2. dan Sumber Belajar 1. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan (dalam proses) 4. laptop/komputer. LCD. Media/Alat Screen. text script. Pronunciation Nyaris tidak ada kesalahan 4 Ada beberapa kesalahan tetapi tidak mengganggu 3 makna Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna 2 Ada banyak kesalahan sehingga sulit dipahami 1 c. Intonation Nyaris tidak ada kesalahan 4 Ada beberapa kesalahan tetapi tidak mengganggu 3 makna Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna 2 Ada banyak kesalahan sehingga sulit dipahami 1 2.

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran …………………………………………… .