You are on page 1of 6

Critical appraisal

Jurnal yang berjudul

Nurses’ roles in health promotion practice: an integrative review

1. Judul
a. Apakah judul artikel jelas dan akurat? Apakah judul mencerminkan isi artikel?
Judul Jurnal “Nurses’ roles in health promotion practice: an integrative review”
judul artiket sudah jelas dan akurat dimana variabel independennya adalah The
Nurse’ Roles dan variabel dependennya adalah health promotion practice. Judul
jurnal juga sudah mencerminkan isi artikel
2. Penulis
a. Apa kualifikasi pendidikan dan posisi penulis saat ini?
Penulis merupakan mahasiswa di Department of Nursing Science, Faculty of
Health Sciences, University of Eastern Finland.
3. Waktu
a. Kapan Penelitian Dilakukan?
Pada artikel tidak dijelaskan kapan penelitian dilakukan.
b. Kapan Penelitian Di Publikasikan?
Artikel ini dipublikasikan pada tanggal 10 Agustus 2012
c. Apakah Penelitian merupakan karya baru?
Tidak, karena sudah ada penelitian yang hampir sama dengan artikel ini.
d. Apakah Penelitian ini relevan dengan praktik terkini?
Penelitian ini relevan karena penelitian ini merupakan penelitian mengenai peran
perawat sebagai edukator.
4. Jurnal
a. Apakah jurnal yang dipilih berhubungan dengan keperawatan
Jurnal ini berhubungan dengan keperawatan dimana peneliti meneliti bagaimana
peran perawat dalam mempraktekkan Health Promotion. Dimana peneliti
menganalisis studi penelitian-penelitian mengenai kegiatan Health Promotion
yang dilakukan oleh perawat.
b. Apakah anggota editorial berasal dari berbagai ahli dari pendidikan dan praktik
Disini tidak ditemukan anggota editorial
c. Siapakah target pembacanya? Luas atau khusus?
Target pembacanya khusus, dimana target pembaca pada artikel ini adalah perawat
dan mahasiswa keperawatan.
5. Abstrak
a. Apakah abstrak secara jelas menampilkan masalah penelitian,
hipotesis/pertanyaan penelitian, tujuan (umum/khusus), metodologi, hasil,
kesimpulan dan rekomendasi?
Pada abstrak, tujuan umum sudah jelas dijabarkan yaitu untuk menganalisis studi
penelitian (1998-2011) mengenai praktik Health Promotion yang dilakukan oleh
perawat. Masalah penelitian di tampilkan dengan jelas dimana masalah yang
diangkat oleh penulis adalah karena perawat memainkan peran penting dalam
Health Promotion pada masyarakat. Secara tradisional, fokus dari Health
Promotion yang dilakukan oleh perawat adalah di pencegahan penyakit dan

Apakah penulis mencantumkan rasional dilakukannya penelitian? Peneliti mencantumkan rasional dilakukannya penelitian dimana luasnya bidang health promotion yang dilakukan oleh perawat sehingga peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik health promotion yang dilakukan oleh perawat di lapangan dengan cara menganalisis studi penelitian mengenai health promotion yang dilakukan oleh perawat. Apakah anda dapat memahami dengan jelas fokus dari penelitian? Dapat. berbagai keahlian mereka. Berapa banyak pertanyaan penelitian/hipotesis yang di angkat? Apakah memadai (terlalu banyak)? Banyaknya pertanyaan penelitian pada artikel ini adalah sebanya 4 pertanyaan yaitu . dan rekomendasi tidak ditampilkan pada abstrak. Apakah tujuan (umum dan khusus) dinyatakan secara jelas ? Hanya tujuan Umum yang dijelaskan pada penelitian ini. Kesimpulan dijabarkan dengan jelas yaitu Perawat menganggap Health Promotion penting namun sejumlah kendala terkait dengan budaya mencegah pelaksanaan yang efektif. What type of health promotion expertise do nurses have? . karena mereka memiliki pengetahuan multi-disiplin. mengubah perilaku individu sehubungan dengan kesehatan mereka. Hasil penelitian dijelaskan dengan jelas oleh peneliti dimana hasil yang didapat mengenai teori dasar praktik Health Promotion yang dilakukan oleh perawat.What type of health promotion provides the theoretical basis for nurses’ health promotion practice? . Sedangkan hipotesis. tujuan khusus. What type of professional knowledge and skills do nurses undertaking health promotion exhibit? . dan tampaknya bahwa perkembangan konsep health promotion belum mempengaruhi praktik health promotion oleh perawat sehingga peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik health promotion yang dilakukan oleh perawat di lapangan dengan cara menganalisis studi penelitian mengenai health promotion yang dilakukan oleh perawat. . b. What factors contribute to nurses’ ability to carry out health promotion? Pada artikel ini tidak dituliskan hipotesisnya. disini fokus penelitian adalah mengidentifikasi bagaimana cara perawat melakukan health promotion 6. b. Identifikasi masalah a. 7. kompetensi Health Promotion dan budaya yang terkait dengan praktek Health Promotion. Namun. b. Formulasi pertanyaan penelitian atau hipotesis a. Metodologi yang digunakan oleh peneliti adalah integrated review. Apakah masalah dan/atau tujuan penelitian diidentifikasi secara jelas? Masalah dan tujuan pada jurnal ini dapat diidentifikasi secara jelas studi empiris menunjukkan bahwa dalam melakukan health promotion perawat telah mengadopsi pendekatan individualistik dan perubahan perilaku. peran mereka sebagai promotor kesehatan lebih kompleks.

Menggambarkan peran perawat dalam Health Promotion.Apakah rancangan penelitian disampaikan dengan jelas? Disini peneliti menggunakan metode integrated review karena dengan metode ini peneliti bisa meneliti penelitian kualitatif dan kuantitatif. . c. Apakah penulis menampilkan diskusi yang tidak bias? Pada artikel tidak ditemukan masalah yang bias b. Saya dapat mengidentifikasi jenis rancangan penelitiannya. Swedia atau Finlandia 2. . Apakah penulis hanya menampilkan kumpulan kutipan langsung atau mengkritisi hasil dari penelitian-penelitian terdahulu? Peneliti juga ikut mengkritisi hasil dari penelitian-penelitian terdahulu karena artikel ini merupakan integrated review 9. Apakah penulis menggunakan metode pemilihan sampel yang tepat? . Apakah penulis menggunakan sumber pustaka terkini? Peneliti menggunakan sumber pustaka dari tahun 1998-2011 d. Bahasa harus bahasa Inggris. c. Disini penulis sudah mencerminkan pemahamannya terhadap subjek yang diteliti. Kriteria inklusi dan ekslusi pada penelitian ini antara lain : Inklusi 1. Apakah penulis mencerminkan pemahamannya terhadap subjek yang diteliti? Iya. Apakah karakteristik dari sample dipertimbangkan? Iya. Jurnal peer-review 3. 8. c. Apakah hipotesis yang diangkat disusun secara logis mengikuti masalah penelitian? d. pengetahuan atau keterampilan dan / atau faktor-faktor yang berkontribusi dalam melaksanakan Health Promotion dalam pelayanan di rumah sakit atau di pelayanan kesehatan primer.Apakah peneliti menuliskan alasan memilih instrumen/alat ukur yang digunakannya? Disini Peneliti tidak menggunakan instrumen/alat ukur. b. Rancangan . Kajian Pustaka a. Alat Ukur . Dimana peneliti juga memasukkan kriteria inklusi dan ekslusi pada penelitian ini. . Metodologi a. Sampel .Apakah sampel mewakili populasi yang diteliti? Iya. Dengan jumlah sample studi penelitian sebanyak 40 penelitian sudah mewakili populasi yang diteliti. Apakah anda dapat mengidentifikasi jenis rancangan penelitian apa yang digunakan? Iya. Apakah tujuan dan atau pertanyaan penelitian yang diangkat disusun secara logis mengikuti masalah penelitian? Pertanyaan penelitian yang diangkat sudah disusun secara logis.

Bagaimana penelitian pendahuluan dilakukan? Peneliti tidak melakukan Studi Pendahuluan b. Apakah peneliti menampilkan rasional untuk menampilkan atau tidak menampilkan uji statistik tertentu? Tidak. . d. Dimana dari 1141 studi yang didapatkan dari berbagai situs jurnal di pilih sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi oleh ke-3 peneliti. Hasil . b. Pilot study a.Apakah metodologi penelitian Bias? Pada penelitian ini tidak ada Bias walaupun penelitian ini menggunakan sampel penelitian kuantitaif dan kualitatif 10.Apakah peserta menerima lembar persetujuan untuk ikut serta dalam penelitian? Tidak . hasil penelitian ditampilkan dengan mapping dan narasi pada setiap pertanyaan penelitian. Apakah Penulis menampilkan gambar untuk membantu mengkomunikasikan hasil penelitian? Tidak. . Penulis sudah menggunakan metode pemilihan sampel yang tepat. Peneliti tidak ada menampilkan gambar pada artikel ini. Diskusi/ Rekomendasi . Modifikasi apa yang dilakukan dan mengapa? 11. . Apakah peserta bebas dalam perlakuan yang membahayakan? Disini penelitian tidak melakukan intervensi yang membahyakan.Apakah hasil penelitian dalam wujud persentase atau narasi/teks ditampilkan Pada penelitian ini. Apakah persetujuan komite etik diperoleh? Disini penelitian sudah mendapatkan izin penelitian dari The Finnish Foundation for Nurse Education and The Finnish Nurses Association.Apakah diskusi hasil penelitian dapat dipahami? . Apakah kerahasiaan dan privasi peserta penelitian dijamin? Tidak . Penelitian Utama a. . Reliabilitas dan validitas . Penelitian ini hanya menganalisis studi penelitian. e.Apakah permasalahan terkait reabilitas dan validitas dipertimbangkan? Disini penelitian tidak menggunakan kuisioner atau alat ukur lainnya. Etik . Karena penelitian ini tidak menggunakan uji statistik. Apakah hak peserta menolak ikut serta dalam penelitian disampaikan? Tidak .

Karena disini penulis sudah berani menyertakan sumber-sumber studi- studi penelitian yang di gunakan sebagai sampel. Namun mengetahui tentang tren yang akan mempengaruhi kesehatan penduduk di masa depan. Apakah penulis menampilkan hasil penelitian sesuai dengan tujuan. pertanyaan atau hipotesis? . Dikatakan bahwa meskipun ada banyak perdebatan publik dan penelitian telah menekankan bahwa kebijakan kesehatan harus membimbing kegiatan promosi kesehatan perawat di seluruh dunia. Apakah penulis menampilkan saran untuk penelitian selanjutnya? Penulis menyarankan untuk melakukan penelitian mengenai bagaimana caranya untuk membantu praktik health promotion yang dilakukan perawat. .Apakah penulis berupaya untuk memanipulasi temuannya ? Tidak. Kesimpulan . . Dalam kebanyakan studi menemukan bahwa praktik health promotion yang dilakukan oleh perawat berdasarkan multidisiplin ilmu. Disini saya dapat memahami hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Kompetensi perawat dalam melakukan health promotion antara lain general health promoters. seperti multikulturalisme. Dapat. Terkait dengan sikap. . teknologi baru dan perubahan ekologi. sikap tidak ditekankan sebagai salah satu kompetensi yang paling penting meskipun perawat harus menjadi pendorong kesehatan yang baik. kebijakan kesehatan berdampak kecil terhadap praktik keperawatan. Konsep yang paling umum digunakan oleh perawat dalam melakukan Health Promotion adalah perspektif individual. Apakah rekomendasi dapat/memungkinkan untuk diimplementasikan? Sangat memungkinkan . Dimana hasil penelitian yang di dapatkan antara lain. Pada kesimpulan sudah mencakup semua isi dari hasil penelitian. Perawat juga mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan health promotion karena berbagai faktor di tempatnya bekerja.Apakah kesimpulan yang disampaikan berkaitan dengan hasil penelitian? Iya. tidak diidentifikasi sebagai kompetensi perawat dalam melakukan health promotion. c. Apakah rekomendasi yang ditampilkan sesuai dengan hasil? Disini penulis merekomendasikan penelitian lebih lanjut mengenai bagaimana caranya membantu perawat dalam mempermudah melakukan praktik health promotion. . patient focused health promoters dan managers of health promotion projects. Apakah penulis menampilkan keterbatasan penulisan? Tidak .

Sudah. Pada artikel sudah dijabarkan hasil temuan peneliti sesuai dengan pertanyaan penelitian. . Informasi apa yang tidak ditampilkan dan apakah penulis merujuk pembaca untuk mendapatkan informasi terkait? Tidak ada informasi yang tidak ditampilakan. . namun disini penulis sudah mencantumkan alamat emailnya.