You are on page 1of 9

SMKIT FITRAH HANNIAH

LESSON PLAN
Tahun Pelajaran 2016-2017

IDENTITAS

Nama Guru : Khairunnisa, A.Md
Mata Pelajaran : IPA
Kelas : X
Semester : 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit ( 1 kali pertemuan)

SILABUS

Tema : Struktur Bumi

A. Standar Kompetensi :
1. Memahami gejala – gejala alam melalui pengamatan

B. Kompetensi Dasar :
1.2 Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh
informasi gejala alam abiotik
C. Indikator:
a. Siswa mampu menjelaskan struktur bumi dan peristiwa-peristiwa alam yang
menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi.
b. Siswa mampu membuat laporan hasil diskusi mengenai peristiwa gempa dan
tsunami yang terjadi di Indonesia.
c. Siswa mampu mempresentasikan hasil diskusi mengenai peristiwa gempa dan
tsunami yang terjadi di Indonesia.
d. Siswa mampu menjelaskan fungsi, sifat, dan jenis-jenis air, tanah, dan batuan
yang ada di bumi.
e. Siswa mampu menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta
pengaruhnya terhadap kehidupan di bumi.
f. Siswa mampu menjelaskan beberapa benda langit yang ada di tata surya.

D. Tujuan Pembelajaran :
(prinsip ABCD ; Audience (peserta didik), Behavior (perilaku/aktivitas
peserta didik), Condition (kondisi/kompetensi yang dicapai peserta didik)
Degree (tingkatan pencapaian kompetensi peserta didik) ; tidak perlu
berurutan.
1. Melalui pengamatan video dan ceramah interaktif, sisa mampu menjelaskan
struktur bumi dan peristiwa – peristiwa alam yang menyebabkan perubahan
bentuk permukaan bumi dengan baik dan benar.
2. Melalui tugas baca dan diskusi, siswa mampu membuat laporan mengenai
peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia dengan baik dan benar
3. Melalui tugas pembuatan laporan, siswa mampu mempresentasikan hasil diskusi
mengenai peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia dengan baik dan
benar
4. Melalui tugas baca dan ceramah interaktif, siswa mampu menjelaskan fungsi, sifat,
dan jenis – jenis air, tanah, dan batuan yang ada di bumi dengan baik dan benar.
5. Melalui pengamatan video, siswa mampu menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi
bumi serta pengaruhnya terhadap kehidupan di bumi dengan baik dan benar.
6. Melalui pengamatan video, siswa mampu menjelaskan benda – benda langit yang
ada di tata surya.
E. Muatan Islami

@copyright.SMKITFH.2016/2017.KN Page 1

2016/2017. Lapisan Teratas Pita Bumi (Pita Atas) 6. 12) Surah Al-Mulk [67]: ayat 3 di atas menjelaskan kepada kita bahwa ada dua sifat langit: 1. Lapisan Tengah Pita Bumi (Pita Tengah) 5. Lapisan Atas Kerak Bumi Sekarang kita berhenti sejenak pada kata Thibaaqan (berlapis-lapis) yang menerangkan tentang adanya tingkatan. @copyright. Lapisan Terbawah Pita Bumi (Pita Bawah) 4.SMKITFH. perintah Allah Berlaku padanya. 14 abad yang lalu telah mengungkap dan menerangkan tentang misteri bumi.KN Page 2 . dan Sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu. yakni sebagian langit berada di atas begian lainnya. Bila jumlah tingkatan langit ada 7. Berbagai kajian dan penelitian geofisika telah membuktikan bahwa bumi terbentuk dari 7 lapisan tertentu dari dalam ke luar dengan susunan sebagai berikut. Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Padahal Al-Qur’an jauh-jauh hari. Ini adalah apa yang ditemukan para ilmuwan abad ini bahwa bumi itu bertingkat-tingkat. maka begitu pula dengan jumlah tingkatan bumi juga ada 7. Centrosphere (Inti Bumi) 2. Lapisan Luar Inti Bumi 3. Jumlah langit ada tujuh 2. Hal ini seperti yang kita ketahui dalam tafsir-tafsir Al-Qur’an dan kamus- kamus bahasa Arab. Bentuk langit bertingkat-tingkat. agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Lapisan Bawah Kerak Bumi 7. (QS : At Thalaq. SMKIT FITRAH HANNIAH           ‫ا‬                 12. 1. Surat Ath-Thalaq [65] ayat 12 hanya memastikan bahwa bumi menyerupai langit.

yaitu sifat mengelilingi. F. Pada hadits tersebut. Apakah ini bukan sesuatu yang sangat menabjubkan?! Dan Rasulullah SAW pun bersabda.2016/2017. maka Allah akan mengalungkan tujuh bumi kepadanya.KN Page 3 .” (HR. Hadits di atas menjelaskan kebenaran tentang tingkatan bumi ini saling mengalungi satu sama lain.SMKITFH. bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‫ن‬ ‫ن‬ ‫ن أن ن‬ ‫ن‬ ‫ضي ي ن‬ ‫سب يضع أنر ض‬ ‫ن ن‬ ‫م ي‬ ‫مة ض ض‬ ‫قنياَ ن‬ ‫م ال ض‬ ‫ه ي هط نووقه ه‬ ‫ه ي نوي ن‬ ‫ض ظ هل ي م‬ ‫ فنإ ضن و ه‬،َ‫ما‬ ‫ن الير ض‬ ‫م ن‬ ‫خذ ن ض‬ ‫شب يمرا ض‬ ‫م ي‬ ‫ن‬ “Barangsiapa yang mengambil sejengkal tanah secara zalim. Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha. SMKIT FITRAH HANNIAH mendahului para ilmuwan abad 21 yaitu bentuk bumi yang bertingkat-tingkat dan jumlah tingkatannya ada 7. Materi Pembelajaran (bisa diinsertkan bisa juga dilampirkan) @copyright. Bukhari dan Muslim). kita mendapati bahwa Rasulullah SAW telah menjelaskan sifat tingkatan dengan sifat yang ketiga.

Siswa mampu membuat laporan hasil diskusi mengenai peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia. Indikator pencapaian SKL JSIT : a. b. Model pembelajaran : discovery learning I. Siswa mampu mempresentasikan hasil diskusi mengenai peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia. sifat.SMKITFH. d.KN Page 4 . Metode : (pilih sesuai KD) c. Siswa mampu menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta pengaruhnya terhadap kehidupan di bumi. Terbiasa mengungkapkan wawasan f. c. duniawi. Apa sajakah yang terdapat dalam lapisan bumi kita ini ? 2. f. tanah. Siswa mampu menjelaskan fungsi. dan batuan yang ada di bumi. dan jenis-jenis air. eksplorasi. e. Al-Mulk . Siswa mampu menjelaskan beberapa benda langit yang ada di tata surya.67 dengan cara guru membaca siswa mendengarkan kemudian siswa mengulang bacaan guru  Siswa memperhatikan tujuan pembelajaran yang disampaikan guru mempelajari tentang penciptaan bumi  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang manfaat yang akan diperoleh setelah mempelajari materi ini Eksplorasi @copyright. mandiri dan pekerja keras dalam kehidupan sehari-hari c.12. rumuskan. Berlatih menunjukkan sikap iniisatif. Membicarakan dan siap dalam menerima kritik dan koreksi dari orang lain e. Kegiatan Awal  Apersepsi  Alpha zone : Salam pembuka/ Ice breaking (Pemutaran Video yang berhubungan dengan pelajaran)  Scene setting : Guru memutarkan film pendek mengenai struktur bumi Lalu siswa diminta untuk menjawab pertanyaan. Pendekatan/ Strategi/Metode Pembelajaran a. Membiasakan diri memperhatikan adab berbicara kepada orang lain d. Menumbuhkan dan mengembangkan sikap percaya diri berlandaskan kepada nilai . Terbiasa mengendalikan emosi H.nilai kebenaran b. Siswa mampu menjelaskan struktur bumi dan peristiwa-peristiwa alam yang menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi.2016/2017. Langkah-langkah Pembelajaran 1. Kegiatan Inti Telaah  Guru dan siswa membaca surat At Thalaq . aplikasikan. G. Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik TERPADU (telaah. ukhrowi) b. SMKIT FITRAH HANNIAH KEGIATAN PEMBELAJARAN Pertemuan pertama : (diisi tanggal) (2 x 35 menit) Indikator: a.

Internet @copyright. Penutup  Kegiatan penguatan materi dan menarik kesimpulan dari materi yang telah dipelajari. Al-Mulk – 67 per kata secara berkelompok  Siswa mencoba memahami kandungan surat At Thalaq . Buku IPA 1.2016/2017.  Guru menekankan islamic value (ukhrowi) untuk menambah keimanan peserta didik kepada Allah SWT. SMKIT FITRAH HANNIAH  Siswa membaca surat At Thalaq .67 secara berkelompok Rumuskan  Siswa secara berkelompok mencatat hasil dari kegiatan. masing-masing kelompok 5 siswa. maupun hasil dari penelaahan sumber belajar  Siswa secara berkelompok mengolah data identifikasi ke laporan tertulis  Siswa menggunakan beberapa sumber belajar yang mendukung hasil kegiatan yang dilakukan  Siswa menyimpulkan tentang materi yang dipelajari hari ini Presentasikan  Kelompok yang selesai lebih dahulu melakukan presentasi . diantaranya merawat tumbuhan. siswa yang lain memperhatikan dan memberi komentar Aplikasikan  Setiap kelompok diberikan tugas untuk melakukan kegiatan hemat energi disekolah dan di rumah  Setiap kelompok diberikan tugas membawa 2 jenis tanaman (jenis tanaman disepakati di kelompok)  Setiap kelompok bertanggung jawab untuk merawat tanaman tersebut Duniawi  Siswa diarahkan untuk terbiasa menjaga kelestarian lingkungan hidup. hemat energi. Media. Al-Mulk .12.12. J.  Siswa mengartikan surat Ar At Thalaq . membuang sampah pada tempatnya  Memberikan pemahaman kepada siswa bahwa demgan menjaga kelestarian lingkungan hidup akan mendukung kehidupan manusia Ukhrowi  Menjelaskan kembali tentang ayat-ayat yang mengandung perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup  Menjelaskan kembali tentang ayat yang melarang manusia berbuat kerusakan dimuka bumi  Memberikan pemahaman bahwa jika kita tidak menjaga kelestarian lingkungan hidup berarti telah melanggar perintah Allah  Menjaga lingkungan hidup adalah ibadah 3. Lembar Kerja Siswa 4. Al-Mulk – 67  Siswa dibagi menjadi 5 kelompok. alat dan sumber pembelajaran 1.  Bisa dilakukan evaluasi.KN Page 5 . Mushah Al Qur-an 2. penerbit Erlangga 3.SMKITFH.12.

bebek. (pelajari kembali tentang teknik penilaian) L. . kulit kaki cecak tipis dimiliki hewan tertentu dan banyak memiliki (kelawar. cicak) bulu-bulu halus . Buat rubrik penilaiannya. Penilaian Akademik (Dibawah ini adalah salah satu contoh penilaian) Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Bentuk Teknik Instrumen/ Soal Instrumen . cicak. bebek) dan banyak memiliki .KN Page 6 . Menjelaskan bulu-bulu kasar ciri-ciri khusus yang c. 3 Kelengkapan isi separuh atau lebih (50% . Menjelaskan d. kulit kaki cecak tebal. Penilaian Penilaian harus direncanakan dengan baik merujuk pada indikator yang sudah dibuat. SMKIT FITRAH HANNIAH K.70%) 1 laporan Mencantumkan sedikit informasi. Uraian dinding atau langit-langit tertentu yang memiliki Sikap Perilaku rumah. memenuhi diskusi dan banyak memiliki kebutuhannya Produk Laporan Hasil bulu-bulu halus (kelelawar. kulit kaki cecak tipis.SMKITFH. karena . Diskusi b. kurang 2 dari separuh Tidak mencantumkan hal penting dalam 1 laporan (yang seharusnya di laporkan ) Tidak membuat laporan 0 2 Keruntutan Di tulis urut dan mudah di pahami 3 laporan Agak urut namun masih ada beberapa yang 2 sulit di pahami @copyright. Isian. Menyebutka Tes lisan Tanya Jawab Cecak dapat berjalan di n contoh hewan Tertulis PG.2016/2017. . kulit kaki cecak tebal hubungan antara ciri dan banyak memiliki khusus yang dimiliki bulu-bulu tebal hewan tertentu dengan tempat hidupnya Rubrik Penilaian Diskusi NO ASPEK INDIKATOR SKOR Menulis laporan secara lengkap 5 Mencantumkan laporan sebagian besar 4 (75%) lengkap Mencantumkan laporan agak lengkap. . ciri khusus untuk Perbuatan Keaktifan dalam a.

Penilaian Sikap Disiplin Rajin Berfkir positif Hormat Tanggung jawab Rendah hati Ikhlas Mutu Bersih Sabar Syukur Khusyuk Ramah Istiqomah Qona’ah Kasih Sayang Jujur Taqwa Nam N a O Sisw a 1 2 Kriteria penilaian : BT : Belum Terlihat Apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator karena belum memahami makna dari nilai itu. karena selain sudah ada pemahaman dan kesadaran juga mendapat penguatan lingkungan terdekat dan lingkungan yang lebih luas.2016/2017.SMKITFH.KN Page 7 . SMKIT FITRAH HANNIAH Belum urut dan sulit di pahami 1 Tidak membuat laporan 0 Rapi dan Bersih 2 3 Penampilan Kurang rapi / kurang bersih 1 Tidak rapi dan kotor 0 Skor maksimal 10 I. SM : Sudah Membudaya @copyright. MB : Mulai Berkembang Apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten. MT : Mulai Terlihat Apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten karena sudah ada pemahaman dan mendapat penguatan lingkungan terdekat.

II. SMKIT FITRAH HANNIAH Apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten karena selain sudah ada pemahaman dan kesadaran dan mendapat penguatan lingkungan terdekat dan lingkungan yang lebih luas sudah tumbuh kematangan moral.2016/2017.SMKITFH. Masalah 2. Ide Baru Kejadian 3 khusus @copyright. Pencapaian Standar Kelulusan JSIT (SKL) Berwawasan luas Mandiri Terampil Ibadah Benar Memahami Al Qur’an Aqidah Lurus Akhlak Mulia Nama NO Siswa 1 2 Predikat penilaian : A : Sangat Baik B : Baik C : Cukup D : Perlu Bimbingan TEACHER COMMENT 1.KN Page 8 .

S.Md @copyright. A.KN Page 9 .SMKITFH. SMKIT FITRAH HANNIAH Cibitung.2016/2017.I Khairunnisa. 9 Januari 2017 Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala SMKIT Fitrah Hanniah Wiwik Wilasti.Sos.