You are on page 1of 18

BAB I

PENDAHULUAN

Di dalam Perjanjian Lama kata iman berasal dari kata kerja aman yang berate

memegang teguh. Jika diterapkan kepada Tuhan, maka kata iman berarti bahwa Tuhan harus

dianggap sebagai Yang Teguh atau Yang Kuat. Diterapkan kepada pengertian iman di

Perjanjian Baru, iman berarti mengamini dengan segenap hati dan dengan cara hidup yang

berkenan kepada Allah, bahwa di dalam Kristus telah mendamaikan dosa dengan Allah,

sehingga segenap hidup orang percaya dikuasai keyakinan yang seperti itu. Iman di dalam

kitab Filipi mengandung makna yang dalam meskipun kata “iman” itu sendiri secara umum

memiliki pengertian yang sama pada hakekatnya. Paulus sebagai rasul Yesus Kristus

mengajarkan bahwa iman di dalam Yesus Kristus harus tetap diaktifkan di dalam segala

kondisi.

Di dalam paper ini akan membahas mengenai “Iman dan Perjuangan Di Dalam Setiap

Situasi yang Tetap Percaya Kepada Yesus Kristus Menurut Perspektif Kitab Filipi”. Oleh

sebab itu, melalui berbagai analisa, paper ini akan berusaha mengupas beberapa ayat atau

kata-kata yang berhubungan dengan iman, secara khusus di dalam mempertahankan iman

orang Kristen di situasi-situasi yang terjepit, seperti halnya Rasul Paulus.

STT Berea | 1

Filipus menaklukkam tempat ini. dari suku Benyamin dan seorang Farisi (Rm. 3:5. STT Berea | 2 . Kota Tarsus adalah pusat ilmu pengetahuan. Pfeiffer dan Everett F. 2010). 2001). 11:1. Paulus lahir di Tarsus. Sekitar tahu 365 SM.1 Kota Filipi terkenal dengan tambang-tambang emasnya dan kedudukannya yang strategis sebagai gerbang menuju Eropa. dan patung dewa-dewi Romawi. Bertahun-tahun kemudian. karena berdekatan dengan tambang emas dan perak di pegunungan Pangaeus.3 Penulis Surat Paulus adalah orang Yahudi. 1926. Harrison. bebas dari pajak dan dibangun sesuai dengan ibu kota dunia itu. 1Lembaga Alkitab Indonesia. 767.2 Selain itu. Filipi memiliki banyak teater. Kis. tempat pemandian. Tafsiran Alkitab Wycliffe (Malang: Gandum Mas. ayah Aleksander Agung. Sisilia. 23:6). Filipi menjadi kota penting semenjak ditaklukkan Romawi. sebuah wilayah jajahan Romawi yang memiliki kebanggan sendiri. 2Charles F. jalan yang menghubungakan Bizantium di timur dengan pelabuhan-pelabuhan Laut Adriatik yang berada di barat. Kota ini merupakan Roma kecil. Alkitab Edisi Study. Alkitab Edisi Study (Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia. lapangan umum (forum). BAB II LATAR BELAKANG Geografis Kota Filipi Nama Kota Filipi diambil dari nama Raja Filipus II dari Makedonia. Dan banyak tentara Romawi yang setelah pensiun menetap di Filipi. 3Lembaga Alkitab Indonesia. Fil. yang membangun jalur Egnasia.

5 4F. Paulus diberi mandate untuk menganiaya orang-orang Kristen. Wellem. 768-769. rasa kecil hati menghadapi kaum kafir. STT Berea | 3 . Tafsiran Alkitab Wycliffe.sehingga pada masa muda Paulus belajar filsafat dan aliran-aliran kepercayaan di sana. Kemudian belajar Hukum Taurat pada Gamaliel di Yerusalem. Hidupku Bagi Kristus (Jakarta: BPK Gunung Mulia. 5 Pfeiffer dan Harrison. tiba-tiba sinar surgawi melingkupi Paulus. 9:1-19). Sebagai anggota Sandhedrin. jika dibiarkan tanpa kendali maka tidak lama lagi pastilah akan menghancurkan kepentingan Kristus di Filipi. dalam perjalanan ke Damsyik untuk menagkap orang-orang Kristen. Tujuan Penulisan Maksud penulisan surat ini adalah penyampaian sebuah penghargaan dan penjelasan bersama dengan Epafroditus untuk menghadang setiap kecaman terhadap tindakannya pulang sebelum waktunya. dan Yesus mengatakan kepada Paulus bahwa yang dianiaya adalah Yesus. Sekalipun masalah ini belum muncul dengan sangat jelas.4 Dan kemudian Paulus dipanggil menjadi seorang yang memberitakan Injil Yesus Kristus yang berani dan penuh antusias. serta ancaman golonganYudaisme. Namun melalui Ananias. D. dan khususnya bayangan perpecahan yang mulai membayangi jemaat Filipi. Paulus rebah ke tanah. Sesudah kematian Stefanus. Sebaliknya ini memberikan Paulus kesempatan untuk meyakinkan jemaat bahwa Paulus sangat berterimakasih atas pemberian jemaat Filipi dan untuk membenarkan sejumlah kekacauan kecil dalam jemaat seperti perasaan putus asa atas pemenjaraan Paulus yang berlanjut terus. 2003). Selama tiga hari Paulus mengalami kebutaan.42. Paulsu disembuhkan oleh Tuhan YEsus dan sesudah itu dibaptis (Kis.

Jiwa dan Semangat Perjanjian Lama I: Iman Leluhur (Yogyakarta: Lembaga Biblika Indonesia. dan yang terakhir dalam bab. kecuali bagian 2: 5-11. kecaman lain dari 'enemis dari salib Kristus' (3:. tampaknya keluar dari tempat di latte dari yang nada umum adalah pribadi dan lembut.7 Abraham harus seorang diri melanjutkan perjalanan. Sejak saat itu ada banyak perhatian dalam Irenaeus. Clement dari Alexandria Dan Tertullian. Pengesahan dari Filipi dalam literatur awal gereja Kristen adalah meyakinkan Dan cukup. 7Darmawijaya. dengan sindiran sebelumnya dalam surat Ignatius Dan saya Clement. Tyndale New Testament Commentaries: Phipilians (Grand Rapids: Eermands Publishing Company. Martin. 37-38. Tidak ada serius keberatan keaslian perusahaan. Untuk yang 'hal yang sama' adalah Menyinggung rasul? Serangan pedas nya pada skismatik Kristen Yahudi 3: 2 dst. 1987). 36. kesatuan surat ini dikonfirmasi oleh tradisi tekstual yang tak terputus di mana surat itu selalu dikenal sebagai keseluruhan yang lengkap. daripada di kalangan sesat awal. Ada gema bisa diragukan dari surat dalam surat Polikarpus kepada Filipi (awal Sentury kedua). harus meninggalkan 6Ralph P. Juga kalimat (3: 1b): "Ini tidak masalah bagi saya untuk menulis hal yang sama kepada Anda lagi 'memiliki komentator lama bingung. Dan jawaban yang jelas mungkin diberikan bahwa surat beruang atasnya paling jelas yang terkesan kepribadian dan Karakter rasul. Dalam Perjanjian Lama Tradisi Yahudi sangat menghargai sikap Abraham sebagai sikap hamba Allah. STT Berea | 4 . 18) yang mungkin orang Yahudi atau orang Kristen bukan Yahudi yang terlempar kendala hukum moral. yang menunjukkan betapa Abraham mau menggantungkan diri sepenuhnya kepada Allah yang mengasihinya. 1992). Keaslian dan Kesatuan Dokumen6 Dengan keaslian kita untuk memahami klaim bahwa surat itu adalah produksi asli dari rasul Paulus. Tetapi ada berbagai saran yang kontes kesatuan surat terutama atas dasar pasal 3.

dan hanya menyerahkan diri kepada Allah.. Ini semua hanya dapat dilakukan Abraham oleh karena iman. Pada masa-masa ini muncul sekte-sekte yang mengharapkan kedatangan Mesias. Musa melihat rencana Allah yang besar bagi umat-Nya. Abraham adalah model bagi kehidupan iman yang diharapkan pada setiap orang Kristen.negeri dan sanaknya. tidak dapat lepas dari satu tokoh Perjanjian Lama yang bernama Musa. 2009). 10Ibid. Musa mempunyai kedudukan dan peranan dalam memperkembangkan kemerdekaan bangsa dalam iman. Sejarah Kerajaan Allah I (Jakarta: BPK Gunung Mulia. Bakker. 3:14).8 Oleh sebab itu Abraham disebut sebagai bapa orang percaya. Menurut tradisi Yahudi perubahan mendasar dalam diri Musa terjadi dalam teofania di padang gurun. STT Berea | 5 . 37. 98. kharismatikus. Pada masa ini dikenal juga dengan Intertestamental Period atau Masa Antar Perjanjian. ketika melihat semak menyala yang tidak menghanguskan (Kel. Dalam diri Musa ada semacam tiruan atau gambaran yang selaras mengenai pengalaman Israel sebagai pribadi dan bangsa beriman.. Menurut Paulus. perumus hukum.10 Masa Antar Perjanjian Sebuah masa kegelapan di antara Perjanjian Lama yang diakhiri dengan Kitab Maleakhi dengan Perjanjian Baru yang diawali dengan Kitab Matius (Kitab Markus yang tertua) dan masa itu terjadi sekitar 400 tahun. yakni Allah berdiam diri. dan Musa ikut terlibat dalam perjuangan bangsa tersebut. 3. 89. pemimpin. Nabi terakhir di PL yakni Maleakhi bernubuat dan setelahnya seolah-olah Allah tidak berfirman lagi. memisahkan diri dari semua yang dicintai dan yang dapat melindunginya.L. dan pembaharu hidup ibadah. 8F.1-5). Orang Kristen yang percaya bersama Abraham masuk dalam misteri kasih Allah dan masuk dalam berkat yang dinyatakan Allah dalam Yesus Kristus (Gal. Musa adalah seorang pejuang. 9Ibid.9 Berbicara mengenai iman.

dan pasti digenapi oleh Allah. bahasa Yunani tetap dipakai sepakai bahasa perserikatan. yakni para wakil Aleksander memperebutkan tahta yang luar biasa besar dan begitu menggoda tersebut. 11:4) mengenai binatang berkepala empat. Bangsa Israel telah pulang dari Babel. Kerajaan Yunani yang pecah menjadi empat itu dibagi menurut ukuran STT Berea | 6 . Zelot. Eseni. Dan pada masa ini. keadaan di Israel adalah terbebas dari jajahan bangsa manapun secara politik.Sekte-sekte tersebut antara lain: Farisi. Sangat jelas di sini bahwa sebuah nubuatan tidak mungkin salah. Orang Yahudi tidak lagi mengalami penindasan. Perlu diperhatikan bahwa Daniel bernubuat mengenai Aleksander sekitar 200 tahun sebelum kelahirannya. Tanpa menyiapkan satu pun suksesor. ada sebuah Kerajaan yang sangat luar biasa yakni Yunani yang mencapai puncak kejayaannya pada masa Raja Aleksander Agung (Iskandar Zulkarnain) yang menjadikan bahasa Yunani sebagai bahasa Internasional yang bahkan sampai pada masa Kerajaan Romawi. 7:6. Bagaimana bahasa Yunani menjadi bahasa perserikatan bangsa Israel? Maka tentu saja hal ini hanya bisa dijawab ketika melihat ke dalam peristiwa-peristiwa apa saja yang terjadi di dalam periode Antar Perjanjian ini. maka kini keempat tanduk dalam kitab Daniel. Raja Aleksander Agung yang menghormati dan menghargai bangsa Yahudi sangat disayangkan ia berusia pendek ia hanya mencapai usia 33 tahun karena penyakit yang membuatnya meninggal. Saduki. Sehingga muncul lah Kerajaan Yunani yang mengalahkan Kerajaan Persia. di bawah Aleksander Agung. Aleksander Agung itulah yang dinubuatkan oleh nabi Daniel (Dan. Kini tampuk kekuasan berpindah dari Persia ke Yunani. Kerajaan Yunani yang mahabesar itu kemudian terpecah menjadi empat bagian. menurut titah Koresy Raja Persia (Ez. karena masing-masing dari empat raja kecil mengklaim bahwa Kerjaan Yunani adalah milik mereka. Pada zaman Nabi Maleakhi sebagai nabi terakhir dalam PL. 1:1).

3. 2. 4. telah mendorong orang berpikir dengan berani dan mengakibatkan orang mempertanyakan dewa-dewa Olympus kuno yang bertabiat dan berlaku seperti manusia. Pada sektor olahraga dikenal dengan istilah Olympic Game yang diadakan setiap 4 tahun sekali. dsb. dan genaplah nubuat Nabi Daniel terhadap keempat tanduk ini (Dan. Aristoteles dll. 7:6. didirikan banyak kuil-kuil untuk dewa-dewa di setiap provinsi. Pada zaman kekaisaran lebih banyak memperhatikan hal-hal praktis bagaimana 11Christson James STT Berea | 7 . telah beralih tekanannya kepada hal-hal yang berkenan dengan manusia. Filsafat yang tadinya lebih memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan Kosmologi. dan Asia Kecil yang disebut Armenia. orang bersikap tanggap – bukan tidak peduli – terhadap hal-hal keagamaan. Bagian Barat dikuasai oleh Cassander yang menguasai Makedonia dan Yunani. mata angin. jiwa serta hubungan manusia dengan Tuhan dan alam. Filsafat yang dianjurkan oleh filsuf-filsuf terkenal seperti Socrates. 11 Dunia di mana agama Kristen lahir berada dalam keadaan gelisah. Bagian Utara yang dikuasai oleh Seleucus yang menguasai Siria. Untuk perihal agama. dan berlanjut sampai saat ini yang kita kenal dengan istilah olimpiade yang diadakan setiap 5 tahun sekali. Perkembangan kebudayaan Yunani selalu menitik beratkan pada agama dan olah raga untuk menyatukan negara- negara jajahan (disebut provinsi). Babel. seperti pengetahuan. Palestina (Israel). Plato. Bagian Selatan yang dikuasai oleh Ptolemy yang menguasai seluruh Tanah Mesir. Bagian Timur dikuasai oleh Lysimachus yang menjadi raja atas Turki. 11:4): 1. Kebiasaan Aleksander Agung yang semasa hidupnya mencampur kebudayaan bangsa jajahan dengan kebudayaan Yunani dimana kebudayaan Yunani haruslah menjadi kebudayaan utama yang dikenal dengan istilah Helenisme.

13. Dengan keyakinan itu Israel berani berjuang masuk tanah Kanaan sebagai tanah yang telah dijanjikan oleh Allah. ikatan janji dengan Allah dan perebutan tanah yang dijanjikan oleh Allah kemudian dirumuskan sebagai pedoman hidup bersama sebagai satu bangsa. satu nusa.. maka dalam perjalanan di padang gurun Allah yang sama dirumuskan sebagai Allah penyelenggara. 14Ibid. Masa antar Perjanjian Lama Perjanjian Baru (Surakarta: Intheos. Allah Abraham.hidup baik. 37. Rumusan itulah yang kemudian disebut Taurat.15 12Pontas Pardede. Bagi orang yang tidak senang dengan falsafah. dapat menghibur diri dengan agama-agama rahasia yang menjanjikan jalan kelepasan dari sengsara kini dan menikmati suatu sukacita. 12.12 Tulisan-Tulisan Yahudi/Yunani Yudaisme merupakan pengakuan kehidupan iman. yang mengikat perjanjian dengan bangsa yang dikasihi Allah. 13Darmawijaya.14 Bagi naskah Perjanjian Lama dan bagi Israel tidak ada keraguan dalam hal ini. dan Yakub adalah Allah yang sama dengan Allah yang disembah oleh orang Kristen. perantauan di padang gurun. Yesus Kristus. 15Ibid.. dengan melawan orang-orang yang tinggal di tanah itu. Di Mesir Israel merumuskan pengalaman akan Allah itu sebagai Allah pembebas. 11. Ishak. dan satu iman. Pengalaman pembebasan. Taurat menjadi identitas dan jati diri bagi hidup iman bangsa Israel kepada Allah. Pangkal kehidupan iman Israel dalam sejarah adalah peristiwa pembebasan dari Mesir dan perjalanan di padang gurun yang membawa bangsa itu ke tanah perjanjian. STT Berea | 8 .13 Dalam penelusuran hidup rohani yang menjadi titik tolak penting adalah awal sejarah kehidupan iman Israel yang sesungguhnya. 1993).

Buktinya. Joy in the faith berarti bersukacita di dalam iman (ITB). sedangkan KJV menerjemahkan sebagai “joy of the faith”. Col 2:12. komitmen-1. USA: Tyndale House Publisher. 26:18. iman dalam arti aktif = 'percaya. Ef 1:15. Gal 5:22. kepercayaan. Jd 3. 8. Kata “iman” dalam surat Filipi secara inplisit dituliskan sebanyak 5 kali: 1:25. doktrin Gal 1:23. Iman didefinisikan Hb 11: 1. which is of God by faith). Itu yang diyakini. Js 1: 3. komitmen Mt 23:23.πίστεως. janji khidmat. berjanji Ac 17:31. 2:17. seperti yang tertulis di 2:17. 17BibleWorks 9. Js 1: 6. dari hubungan dengan Allah dan Kristus Mt 9: 2. 4102. Gal 2:16. STT Berea | 9 .-2. keyakinan. kepercayaan. Ro 3: 3. EKSEGESIS Perbandingan Terjemahan Iman  πίστις. sedangkan joy of faith berarti bersukacita dari iman atau sukacita iman. 13:13. Wigram dan Raplh D. 3:9) . 20. τετήρηκα Saya telah dihormati kewajiban saya 2 Ti 4: 7. Lk 18:42. 1 Pt 1: 9.4. di NT dari keyakinan atau kepercayaan menghormati hubungan manusia dengan Tuhan dan hal-hal 16George V.17 1:27. keyakinan.. 27. Hb 12: 2.-3. 1 Kor 2: 5. Keyakinan Ro 14: 22f. Illinois. Tit 2: 10. kata iman menggunakan πίστει.' esp. 2 Kor 1:24. sumpah 1 Ti 5:12. “ibadah imanmu” yaitu “service of your faith” (NAS). Artinya: 1) keyakinan tentang kebenaran apa pun. tubuh iman atau kepercayaan. The Word Study Condordance (Wheaton. Gal 3 passim. Ada perbedaan arti antara kedua terjemahan tersebut. dan 3:9 (faith of Christ. ). lih 1 Ti 01:19. Winter. sebagai karakteristik atau kualitas suatu kesetiaan. loyalitas. bahwa yang membangkitkan kepercayaan diri. τὴν π. 1 Pt 01:21. ἡ keyakinan. Ro 4: 5. Ro 1: 5. kata benda feminim datif tunggal kata dasar dari πίστις.16 Pasal 1:25 (2:17. NIV dan NAS menerjemahkan kata “bersukacita dalam iman” sebagai “joy in the faith”. Ac 14: 9. Iman sebagai komitmen. 9. Kristen Luk 18: 8. kata benda feminim genetif tunggal kata dasar dari πίστις. 11-13. kehandalan. εως. Mk 11:22.

melompat dari iman dalam 2) kesetiaan yang sama. service of a ritual or other cultic nature Lk 1:23. λειτουργία. Dalam terjemahan BIS mengatakan: “… Mungkin saya akan dibunuh dan darahku menjadi seperti kurban curahan di atas apa yang kalian persembahkan kepada Allah sebagai tanda bahwa kalian percaya kepada- Nya. ἡ—1.ilahi. penyedia dan pemberi keselamatan kekal melalui Kristus 1b) yang berkaitan dengan Kristus 1b1) keyakinan yang kuat dan diterima atau keyakinan bahwa Yesus adalah Mesias.” (BIS Filipi 2:17) Kata “ibadah” di ayat ini menggunakan kata λειτουργίᾳ (kata benda feminim datif tunggal kata dasar dari λειτουργία). “service coming from your faith” yang berarti “pelayanan atau persembahan datang dari imanmu”. 9:21. Phil 2:17. Sedangkan NIV menerjemahkan. Phil 2:30 (layanan yang bersifat ibadat ritual atau lainnya Luk 1:23. Phil 02:30). melalui siapa kita memperoleh keselamatan kekal dalam kerajaan Allah 1c) agama keyakinan Kristen 1d) keyakinan dengan ide mendominasi kepercayaan (atau keyakinan) baik dalam Tuhan atau dalam Kristus. 9: 21. layanan yang diberikan kepada orang yang membutuhkan 2 Kor 9:12. Hb 8:6. kata iman yang digunakan adalah πίστεως (kata benda feminim genetif tunggal kata dasar dari πίστις). umumnya dengan ide disertakan kepercayaan dan semangat suci lahir dari iman dan bergabung dengan itu 1a) yang berkaitan dengan Tuhan 1A1) keyakinan bahwa Allah ada dan pencipta dan penguasa segala sesuatu. 18BibleWorks 9 – NAS Philippians 2:17 – word “service” – Analysis. ας. 2:17.-2.—2. Hb 8: 6. kesetiaan 2a) karakter yang dapat diandalkan. yang dalam ITB disangkutpautkan dengan ibadah. NAS dan KJV menerjemahkan frasa “ibadah imanmu” dengan “service of your faith”. Phil 2:17. yang berarti juga “pelayanan (ministry)18 imanmu atau persembahan imanmu”. STT Berea | 10 . service rendered to one in need 2 Cor 9:12.

. dalam terjemahan NIV mengatakan “I am in chains for Christ” yang berarti “aku berada di dalam penjara untuk Kristus”. ἡ pertahanan Ac 25:16. Meskipun secara logika itu benar. Membela dan meneguhkan  ἀπολογία ἀπολογία. ITB tidak menerjemahkan kata “πίστεως dan πίστει” sebagai “iman” melainkan keduanya diterjemahkan sebagai “kepercayaan”. Flp 1:. ἡ konfirmasi Phil 1: 7. εως. 16. Phil 1: 7. Phi 4: 3. Penemuan sejumlah papyrus membuktikan bahwa kata apologia (membela) dan bebaiosis (meneguhkan) merupakan istilah-istilah hukum. Phi 1:17. Dalam arti yang positif dapat dikatakan bahwa Paulus dipenjara bukan karena berbuat kejahatan. karena Paulus memberitakan Injil Yesus Kristus. Phi 2:22. Sehingga dapat dikatakan bahwa Kristuslah yang menyebabkan Paulus dipenjara. 772. 3:9. melainkan karena memberitakan Injil Kristus Yesus. Tetapi dalam terjemahan lain seperti ITB dan NAS “the cause of Christ” seolah-olah penyebab dipenjaranya Paulus oleh karena Kristus.19 “Dipenjarakan karena Kristus”  δεσμούς μου φανεροὺς ἐν Χριστῷ Frasa “dipenjarakan karena Kristus” (ITB). 5. Terjemahan NIV lebih menekankan bahwa diri Paulus berada di dalam penjara justru semua itu untuk Kristus. [Maaf] Phi 1: 13f. namun terjemahan tersebut seperti menyalahkan keadaan bahwa Kristuslah yang menyebabkan sampai Paulus dipenjara (negatif). konfirmasi. Kepercayaan. phi 04:15  βεβαίωσις βεβαίωσις. 27. Percaya 19Wycliffe. STT Berea | 11 . ας. Phi 1:12. menjamin Hb 06:16.

mereka akan pergi Saya Yakin bahwa mereka akan Pergi. waxing confident (KJV) verba πεποιθότας participle sempurna aktif jamak maskulin akusatif dari πείθω. 13:6. Fil 2:17. 2:24. BIS menjadi percaya diri dalam Tuhan. Yakin. 3:4 (2x) Sukacita. kata kerja perfect partisipel nominative aktif maskulin jamak dari kata dasar πείθω (3:3)  πεποιθέναι kata kerja perfect infinitf aktif dari kata dasar πείθω (3:4)  πιστεύειν kata kerja present infinitf aktif dari kata dasar πιστεύω (percaya) 1:29. Sukacita dengan. ks. 9 (συγχάρητε 2 aorist pasif imperatif 1 Kor 12:26. 15:6. kata benda feminism akusatif tunggal kata dasar dari χαρά 1:25 2:2  χαίρω kata kerja present indikatif aktif kata ganti orang pertama tunggal dari kata dasar χαίρω 1:18 2:17  συγχαίρω kata kerja present idndikatif aktif kata ganti orang pertama tunggal συγχαίρω 2:17 συγχαίρω—1. they will go Saya yakin bahwa mereka akan pergi. 3:3. pasti. Kepercayaan (ITB). merasa bahagia dengan Lk 1:58. Saya c.  πεποιθότας kata kerja perfect partisipel aktif akusatif maskulin jamak dari kata dasar πείθω. confident ks.  πεποιθότες. percaya diri. NAS trusting in the Lord.  συγχαίρετέ kata kerja present imperative aktif kata ganti orang kedua jamak dari kata dasar συγχαίρω 2:18  χαρῆτε verb subjunctive aorist passive 2nd person plural from χαίρω 2:28  χαρᾶς noun genitive feminine singular common from χαρά 1:4 2:29 STT Berea | 12 . yakin. (ITB) 1:14 NIV become confident in the Lord. NAS “percaya kepada Tuhan”. I am c. Pasti. Bersukacita  χαράν.

Work out Phil 2:12. create Ro 4:15. be effective act. jemaat di Filipi mengutus Epafroditus. 1 Cor 5:3. do Ro 1:27. 7:15. Semasa pelayanannya. Mk 6:14. 4:3 συναθλοῦντες kata kerja present partisipel aktif nominative maskulin jamak dari kata dasar συναθλέω Phil 1:27 συνήθλησάν kata kerja aorist indikatif aktif kata ganti orang ketiga jamak dari kata dasar συναθλέω (4:3). 9:11. Eph 1:11. produce. Saat Paulus di penjara.—2. sebagai teman sekerja dan teman seperjuangan Paulus. 20. ἐνεργῶν kata kerja present partisip katif nominative dari kata dasar ἐνεργέω (2:13) ἐνεργεῖν kata kerja present infinitive aktif dari kata dasar ἐνεργέω (2:13) Analisa-Analisa Kata “Kristus” dalam kitab Filipi ditulis sebanyak 37 kali oleh Paulus. 2:25). perh. Prepare 2 Cor 5:5. effective prayer Js 5:16.—3. 2 Cor 7:10f. Js 1:3. Eph 6:13 (see 1 above). become effective 2 Cor 1:6. 1 Pt 4:3. 13.—2. intrans. achieve. work. τὸ θέλειν καὶ τὸ ἐ. produce. δέησις ἐ. bring about.  ἐνεργέω ἐνεργέω—1. Gal 2:8. Hal ini menunjukkan bahwa berita mengenai Kristus sangat ditekankan oleh Paulus di dalam suratnya kepada Jemaat di Filipi.  χαίρετε verb imperative present active 2nd person plural from χαίρω 2:18 3:1 4:4 (2x) Berjuang  συναθλέω fight or contend beside Phil 1:27. Eph 3:20. Phil 2:13a. 7:8. untuk melayani Paulus dalam penjara dan membawa pemberian jemaat kepadanya (Fil. Mengerjakan  κατεργάζεσθε kata kerja present imperative midel kata ganti orang kedua tunggal dari kata dasar κατεργάζομαι κατεργάζομαι—1. the will and the action Phil 2:13b. 17f. accomplish. Eph 6:13 (see 3 below). operate. Eph 2:2. subdue. 1 Th 2:13. effect 1 Cor 12:6. be at work. work. Epafroditus pernah jatuh STT Berea | 13 . transitive work. Pekerjaan. 2:2. Mid. 2 Cor 4:12. be at work Ro 7:5. conquer perh.

Dengan mengerti dan menerima impartasi dari surat ini. 1:4 & 25. Sebagai manusia. Orang percaya juga dipanggil untuk memiliki pikiran dan perasaan Kristus Yesus. ditinggikan dan diberikan nama di atas segala nama. walaupun dipenjara (mengalami penderitaan). dengan tema utamanya “Bersukacita dalam Tuhan!” (Fil. dan 11 kali kata ”bersukacita” (dalam Bahasa Yunani. 3:1.sakit (Fil. Kristus diungkapkan sebagai Allah. sebagai Manusia dan sebagai Yang dimuliakan (Fil. Paulus mengutus dia kembali ke Filipi. bahkan pemenjaraannya pun. Yesus justru mengosongkan diriNya sendiri untuk menjadi sama dengan kita. 2:26-27). 2:5- 11). karena ia sendiri menghidupnya. justru menyebabkan kemajuan Injil.” (Fil. “Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. 4:10). supaya nanti akan mengunjungi mereka (Fil. Tema dari surat Filipi adalah Kristus sebagai sumber sukacita. tetap hidup kuat dan bersukacita dalam menjalankan fungsinya sebagai seorang rasul. Surat ini bagaikan panduan untuk hidup sehari-hari. Paulus berbicara tentang Kristus sebagai pusat kehidupan orang-orang percaya dan bagi jemaat di Filipi. 4:1). Segala sesuatu yang terjadi terhadap Paulus. Lima kali kata ”sukacita” (dalam Bahasa Yunani. Segala STT Berea | 14 . 1:21). 1:18. 2:28. ”cara”) (Fil. Ini semua menunjukkan betapa Paulus. Di sinilah nasehat Paulus untuk bersukacita dalam kesusahan menjadi ”hidup”. Karena itu. 2:2 & 29. 2:19-23). Yesus menjadi Yang Termulia. 2:24). Karena itu Surat Filipi sering disebut sebagai ”nyanyian sukacita” Paulus. Paulus bicara tentang Kristus sebagai teladan orang percaya. kita akan diperlengkapi untuk hidup sebagai orang Kristen yang penuh sukacita dan kemenangan. 4:4. bukan serangkaian doktrin. di mana sebagai Allah Ia tidak mempertahankan kesetaraan dengan Allah. Ia pun menjadi seorang hamba dan merendahkan diriNya sampai mati di kayu salib. 2:17 & 18. Dalam pasal pertama. Selain itu. tetapi sesudah ia sembuh. kekuatan. Dalam pasal kedua. hidup. Paulus juga berharap bahwa dia sendiri akan dilepaskan dari penjara. Paulus juga bermaksud mengutus Timotius sebagai anak rohaninya untuk melayani di antara mereka (Fil. 4:4). ”cairein”) disebut dalam Surat Filipi (Fil.

dapat dilihat sebagai kekuatan. “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi STT Berea | 15 . Paulus menganggap semua kedagingan sebagai sampah. menjadi hamba dan melayani Kristus dan jemaat sebagai anak-anak Allah. Paulus menjelaskan kepada jemaat di Filipi bahwa tidak akan kembali ke hukum taurat dan “diyahudikan” tetapi akan hidup dalam anugerah yang berdasarkan iman dan yang menghasilkan kebenaran.makhluk di langit. tujuan. bermegah dalam Kristus Yesus dan tidak menaruh percaya pada hal-hal lahiriah (Fil.” (Fil. merendahkan diri. Paulus menasehatkan kepada jemaat di Filipi akan beribadah oleh Roh Allah. Kristus yang adalah kehidupan setiap. berita yang menjadi dasar kehidupan orang-orang percaya. Dengan Kristus sebagai tujuan hidup. maka kehidupan orang percaya tidak akan hidup sebagai seteru Kristus. Paulus berbicara mengenai Kristus sebagai tujuan hidup orang percaya. teladan. Kemudian dalam pasal keempat. di bumi dan di bawah bumi akan mengaku Yesus Kristus adalah Tuhan. Kalau setiap orang percaya memiliki pikiran dan perasaan seperti Kristus. di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematianNya. Dalam pasal ketiga. kesanggupan dan kuasa orang percaya. sehingga serupa dengan Kristus. ”Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitanNya dan persekutuan dalam penderitaanNya. Allah sendiri akan mengerjakan kemauan dan kesanggupan di dalam kehidupan umat-Nya. Ini berita yang luar biasa yang disampaikan oleh Paulus. 3:3). Untuk mengenal Dia. setiap orang percaya juga akan mendapt bagian dalam kemuliaanNya. untuk hidup seperti Kristus hidup di dalam dunia ini. Di dalam Kristuslah terdapat kuasa untuk memperlengkapi orang percaya. 3:10). seperti orang yang hanya mencarai keuntungan sendiri dengan memuaskan hawa nafsu (perut). Timotius dan Epafroditus juga menjadi teladan orang yang sudah melepaskan hak. Jemaat Filipi menaruh pengharapan kepada Kristus yang akan membangkitkan dan mengubahkan. Saat Kristus dimuliakan.

2. Surat ini menjelaskan bagaimana jemaat Filipi dapat hidup berkemenangan dan bersukacita di tengah aniaya. tantangan. STT Berea | 16 . Sukacita Di Dalam Kristus (Bandung: Kalam Hidup. Wierbe. 4:13). karena memiliki Kristus adalah memiliki segalanya. 1994). Itu sebabnya. kekenyangan atau kelaparan. namun dalam pemberitaan Injil Kristus. Zuck. memiliki Kristus adalah cukup bagi orang percaya dapat senantiasa bersukacita. Kuasa Kristus dapat mengalami damai sejahtera yang luar biasa dan segala pikiran dapat diubah menjadi tenang dan penuh kekudusan dan damai. Euodia dan Sintikhe dinasihati supaya sehati sepikir dalam Tuhan. bahwa dalam segala kondisi dan situasi tidak lepas dari campur tangan Tuhan.20 Surat Filipi juga berisi mengenai pengenalan akan Kristus dan hidup sebagai warga kerajaan sorga dalam dunia yang berdosa.” (Fil. 20Warren W. Sukacita merupakan bukti iman kepada Yesus Kristus. 2011).” (Fil. Iman percaya kepada Yesus Kristus tidak bergantung kepada situasi apapun. “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus. 21Roy B. pemohonan dan pengucapan syukur. Dengan kuasa Kristus dapat mengatasi segala kekuatiran dengan doa. 4:19). 365. tekanan.21 RUMUSAN TEOLOGI 1. A Biblikal Theology of The New Testament (Malang: Gandum Mas. dalam hubungan yang dapat mengatasi segala perselisihan dan konflik. Dengan kuasa Kristus dapat hidup dalam persatuan.kekuatan kepadaku. Dengan kuasa Kristus juga dapat bersukacita dalam segala sesuatu. Mengapa? Karena dalam Kristus Paulus sendiri berkata dengan yakin. Mungkin ayat tersebut tidak hanya mengacu kepada hal yang bersifat materi. 22. penderitaan dan kesusahan seperti yang dialami oleh Paulus. Dengan kuasa Kristus dapat hidup dalam kelimpahan atau kekurangan.

BAB III KESIMPULAN Surat Filipi menunjukkan sukacita Paulus di dalam menjaga imannya kepada Tuhan Yesus dalam segala situasi. yaitu dengan disertai pemberitaan Injil. Perjuangan dalam memberitakan Injil merupakan bukti bahwa orang percaya sungguh-sungguh memiliki iman kepada Yesus Kristus. Dukungan dan teladan dari orang-orang yang dikasihi maupun para pendahulu akan menolong dan mendorong orang percaya tetap kuat di dalam mempertahankan iman kepada Yesus Kristus. 4. 5. 6. 3. Orang-orang yang berjuang mempertahankan iman di dalam Yesus harus dijadikan teladan bagi setiap orang percaya di dalam menjaga iman kepada Yesus Kristus. Dan iman yang dimiliki Paulus dapat menjadi telada bagi jemaat di Filipi. Iman tidak hanya diam melainkan aktif. meski harus mempertaruhkan nyawa harus percaya kepada Yesus. Sebagai orang Kristen masa kini. Aplikasi Kita harus tetap mempertahankan iman di dalam segala situasi. STT Berea | 17 .

DAFTAR PUSTAKA Lembaga Alkitab Indonesia. 2003). 37-38. Bakker. Jiwa dan Semangat Perjanjian Lama I: Iman Leluhur (Yogyakarta: Lembaga Biblika Indonesia. Wigram dan Raplh D. Sukacita Di Dalam Kristus (Bandung: Kalam Hidup. 22. D. Alkitab Edisi Study (Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia. 1926. 1987). 2001). Illinois. F. 1993). Zuck. Ralph P. Tyndale New Testament Commentaries: Phipilians (Grand Rapids: Eermands Publishing Company. 37. USA: Tyndale House Publisher. Tafsiran Alkitab Wycliffe (Malang: Gandum Mas. The Word Study Condordance (Wheaton. Pfeiffer dan Everett F. Sejarah Kerajaan Allah I (Jakarta: BPK Gunung Mulia. Wierbe. Masa antar Perjanjian Lama Perjanjian Baru (Surakarta: Intheos. A Biblikal Theology of The New Testament (Malang: Gandum Mas. 2010). Darmawijaya. 36. STT Berea | 18 . Winter. ).42. 4102. Hidupku Bagi Kristus (Jakarta: BPK Gunung Mulia. 1992). 2011). Harrison. Warren W. Wellem. Charles F. 1994). Martin. Pontas Pardede. Roy B. George V. 767. 2009. F. 365.L.