You are on page 1of 29

1

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Dengan berkembangannya zaman dan lingkungan maka banyak orang
untuk memulai berhati-hati dalam memilih dan membeli sesuatu, dan
kebutuhan yang paling utama dari manusia yaitu makanan. Zaman dulu orang
membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, ini
terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Dua hal inilah yang
menjadi prioritas utama dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu
memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan
yang mereka beli.
Namun dizaman yang lebih modern ini ada kecenderungan masyarakat
mulai bosan atas menu makanan yang hanya itu-itu saja, mereka ingin
makanan yang berbeda namun dari bahan-bahan yang mudah didapat dan
umum. Oleh karena itu, kami memilih buah pisang untuk kami olah menjadi
menu makanan yang unik dan khas, dimana dari segi rasa, pisang menawarkan
rasa yang cocok disemua lidah orang Indonesia, dari segi gizi juga memenuhi
kebutuhan gizi manusia, dari segi harga, pisang mudah dijangkau semua
kalangan masyarakat.
Dari fakta yang telah dikemukakan diatas maka sangat cocok dan
potensial bila kami mendirikan usaha jualan Piju-Piju Nyerah, dimana dari
segi rasa memenuhi rasa enak, dari segi gizi
Piju-Piju Nyerah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen
karena mengandung nilai-nilai gizi yang cukup baik. piju piju nyerah ini
bermanfaat meningkatkan energy tubuh karena pisang mengandung
karbohidrat yang cukup, dapat mengobati diare karena kalium yang
terkandung dalam pisang mampu menghasilkan anti bakteri dan bisa
meningkatkan penghasilan produsen sehingga membantu perekonomian
produsen serta piju piju nyerah merupakan camilan yang bisa membuat
kenyang.

2

1.2 RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana cara untuk memanfaatkan olahan pisang yang ada
disekitar kita untuk dijadikan produk yang bernilai jual tinggi ?
2. Bagaimana Membuat Piju-Piju Nyerah yang mempunyai berbagai
varian rasa dan bentuk yang berbeda, sehingga diminati masyarakat
luas?
3. Bagaimana berwirausaha yang efektif dengan olahan pisang keju
melihat kebutuhan yang ada disekitar kita sebagai peluang usaha?

1.2 TUJUAN

Tujuan perancangan atau penciptaan Piju-Piju Nyerah ini yaitu :

1. Meningkatkan daya kreativitas mahasiswa mengenai suatu produk
makanan dengan melihat kebutuhan sekitar.
2. Membuat kreatifitas dari Piju-Piju Nyerah yang ada pada umumnya
menjadi berbeda dari Piju-Piju Nyerah yang ada sebelumnya.
3. Melatih kemandirian dan kreatifitas mahasiswa untuk
berwirausaha.

1.3 LUARAN YANG DIHARAPKAN

Terciptanya produk Piju-Piju Nyerah yang benar-benar:

1. memerhatikan kesehatan, pemenuha gizi yang tepat dengan harga yang
terjangkau dan mudah untuk didapatkan.

2. Memperoleh keuntungan yang berkelanjutan.

3. Mahasiswa mampu membuat produk yang lebih inovatif dan ramah
lingkungan serta menyerap tenaga kerja yang banyak.

4. Serta diharapkan produk ini bisa menjadi produk unggulan dari kampus
Akper Panti Waluya Malang.

5. Untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa 4. Bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain. kita sebagai bangsa Indonesia mampu bersaing dan berkembang sebagai pelaku usaha. 2. Mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa dan masyarakat sehingga membuka lapangan pekerjaan yang baru dan dapat bersaing dalam AEC (Asian Economic Community) yang sudah dimulai pada tahun 2015 kemarin. Mendapat pengalaman dalam usaha kewirausahaan. Menambah pengetahuan akan bisnis kewirausahaan serta mengenai kandungan gizi dalam pisang dengan topping keju yang digunakan. 3 1.4 KEGUNAAN PROGRAM Kegunaan dari program PKM Kewirausahaan ini sebagai berikut: 1. 6. Meningkatkan inovasi mahasiswa dalam menciptakan hasil karya yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha 3. sehingga. .

2 ANALISIS EKONOMI USAHA Analisis mengenai Ekonomi Usaha mengenai Product Piju-Piju Nyerah ini meliputi Analisis SWOT. Mempunyai ciri khas menu yang berbeda dengan usaha pisang keju yang lainnya yaitu pisang keju kami dilapisi gula sehingga saat digigit akan lebih renyah. Cara pembuatan yang mudah f.1 DISKRIPSI USAHA Dikota Malang khususnya dilingkungan sekitar kampus kami yaitu Universitas Akper Panti Waluya Malang yang beralamatkan di Jln. Bentuk yang menarik e. Rasanya sangat enak. . Piju-Piju Nyerah yang kami ciptakan bisa membuat ketagihan. 4 BAB II GAMBARAN UMUM USAHA 2. Dari situlah kami mencoba untuk menciptakan kreasi baru yaitu Piju-Piju Nyerah. Lokasi pemasaran mudah dijangkau. Strength atau Kelebihan : a. Malang banyak berdiri lingkungan sekolah yang dimulai dari lingkup SD. Rumah Sakit. saya melihat banyak peluang bisnis terutama peluang bisnis dalam usaha makanan. no. Sumber Daya Mahasiswa Potensial d. kemudian digemari banyak orang. Toko-toko hingga Perguruan Tinggi.62. Mulai dari situ kami mempunyai ide gagasan untuk membuat Piju-Pisang Keju yang ada menjadi Pisang Keju yang memiliki berbagai varian dan bentuk yang menarik kami menamakan produk yang kami ciptakan dengan sebutan Piju-Piju Nyerah. Piju-Piju Nyerah yang kami buat banyak sekali manfaatnya dan kami juga berharap Piju-Piju Nyerah yang kami buat bisa diterima dimasyarakat dan pada kalangan Mahasiswa. g. 2. c. yaitu : a. Yulius Usman. Bahan baku mudah didapat b.

Opportunity atau Peluang : a. Banyak saingan diluar sana.terjangkau. Munculnya pesaing baru yang meniru konsep kami b. Mudah basi b. Banyak pesaing c. Di gemari sebagian besar masyarakat. Tidak cocok buat orang yang tidak suka pisang. Harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga pisang keju yang mungkin dapat mengurangi pembeli. Belum mempunyai cabang. Cabang yang semakin banyak membawa konsumen mudah mendatanginya. Weakness atau Kelemahan : a. pelayanan memuaskan. Keuntungan cepat didapatkan e. rapi dan bersih. 5 h. d. Fasilitas yang cukup memadai b. Sulit berkembang c. Harganya cukup murah . b. g. Belum banyak produk yang jual d. e. d. Ciri khas menu yaitu pisang keju “krenyes” menjadikan usaha ini sangat menjanjikan. Threat atau Ancaman : a. Cakupan lokasi pemasaran yang luas c. . d. f. Mudah lembek c.

mereka akan menganggap kalau Piju-Piju Nyerah ini cuman pisang biasa yang digoreng dengan tepung.3 BAURAN PEMASARAN 1. Twitter. lezat. Kemudian Piju-Piju Nyerah ini lebih praktis dan murah dapat dikomsumsi oleh masyarakat umum mulai dari pelajar. kemudian melalui sosial media seperti. Tempat Tempat merupakan salah satu hal yang penting untuk memasarkan produk kami yaitu Piju-Piju Nyerah ini. Harga Karena belum ada konsep mengenai Pisang yang sama dipasaran .-per satuannya. Kami memilih area Kota Malang dan sekitarnya. maka kami menjual Pisang Keju Nyerah ini tidak sama dengan pisang – pisang yang ada dipasaran . Instagram. kami menganjurkan untuk target utama penjualan. Facebook. Kami menjual Piju-Piju Nyerah ini sangat terjangkau yaitu seharga Rp. 3. karena menumbuhkan image yang tinggi pada makanan ini serta pisang juga dapat diolah menjadi makanan yang enak. BBM. 6 2. kami targetkan pada usia dewasa. Selain itu kami memasarkan produk ini ke Kampus seKota Malang. mahasiswa dan perkerja. 2. 5000. . Produk Piju-Piju Nyerah ini merupakan product yang aman selagi dikomsumsi pada waktu yang ditentukan dalam artian tidak lebih dari batas komsumsi. ditakutkan mereka akan menganggap Piju-Piju Nyerah ini hanya makanan yang biasa-biasa saja. Karena Piju-Piju Nyerah ini mempunyai berbagai varian rasa dan bentuk yang menarik. dan bergizi. Maka dari itu. Padahal Piju-Piju Nyerah ini memiliki berbagai varian rasa dan bentuk yang menarik. Jika orang yang tidak mengerti mengenai Piju-Piju Nyerah ini. ke Toko – toko.

Instagram. mahasiswa. maka dalam 5 bulan kami memproduksi sebanyak 5x600= 3000bungkus.000.15. 2. 12. Facebook.4 ANALISIS BIAYA Harga dari satu Piju-Piju Nyerah.000 = Rp. dan BBM. Promosi Target utama dalam mempromosikan dan pemasaran produk yang kami jual adalah masyarakat umum. kami memilih area kampus kami yaitu Akper Panti Waluya Malang karena diarea kampus kami sangat strategis. 7 5. Twitter.849. Jika dalam 1 Bulan kami mampu memproduksi sebanyak 600 bungkus. keuntungan dalam 5bulan=Hasil penjualan .000 Jadi.151.5000. kemudian kami juga mempromosikan dari mulut ke mulut terutama dipromosikan kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu contohnya seperti para dosen akper panti waluya dan kami juga mempromosikan melalui media sosialseperti. pelajar kemudian kampus yang ada di Malang. Untuk mempromosikan produk Piju – Piju Nyerah ini. 2. kami jual Rp.000.000.000 . 15. Hasil penjualan 5bulan = 5000x3000bungkus = Rp.Rp.biaya operasional = Rp.

Panaskan wajan Teflon lalu masukkan mentega 3. Pisang Keju siap disajikan 3. Persiapan Alat dan Bahan Alat : Kompor Parutan Keju Tirisan Teflon Sepatula Pisau Bahan : Mentega Pisang Keju Tepung Gula Palam Susu kental (putih dan coklat) Mesis . Angkat lalu susun menjadi beberapa bagian.1 TAHAP PEMBUATAN PIJU-PIJU NYERAH 1. Goreng pisang masak hingga kecoklatan 4. siram dengan susu kental manis coklat dan meises coklat / kacang/ saus aneka rasa buah 5. dikupas dan dipotong-potong serong 2. parut keju di atasnya.1. Pisang yang sudah dipilih.1 Proses Pembuatan Piju-Piju Nyerah a. 8 BAB III METODE PELAKSANAAN 3.

Setelah itu parut keju. Setelah penggorengan panas. masukan pisang kedalam penggorengan 5. Selanjutnya panaskan Teflon/penggorengan 4. Cara Pembuatan Piju-Piju Nyerah : 1. Setelah dikupas lalu baluri pisang dengan mentega 3. 9 b. Angkat pisang setelah berwarna kecoklatan emas 6. baluri dengan susu coklat dan taburi mesis serta keju diatas pisang 7. Kupas pisang terlebih dahulu dan potong pisang serong 2. Pisang keju berselimut coklat siap dikemas dan dipasarkan .

sehingga jelas alur keuangan pada saat pembeliaan peralatan dan bahan . Pengawas Lingga Dewi mengecekdan memastikansaat Saraswati pembelian bahan untukproses perancanganserta memastikan proses perancangan berjalan secara lancar . 10 3. Bendahara Frederika Puspita mencatat semua bentuk Lusiana transaksi keluar masuknya uang. .2 TAHAP PELAKSANAAN Nama Tugas Ketua Defri Alfiansyah Mengkoordinasikan pembagian Pelaksana tugas serta memastikan kegiatan berjalan dengan lancar dan bisa mengatasi jika terjadi masalah. Produksi Ketua dan Anggota memastikanproses perancanganberjalan lancar dan terkendali Pemasaran Ketua dan Anggota mempromosikan product kelingkup internal kampus terlebih dahulu.

000 . 601. 415.151.450 . 2.000 SUB TOTAL Rp.000 4 Biaya lainnya Rp.000 3 Biaya Perjalanan Rp.685.000 2 Bahan Habis Pakai Rp.1 ANGGARAN BIAYA No Jenis Pengeluaran Jumlah 1 Peralatan Penunjang Rp . 11 BAB IV BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN 4.

Penjualan 6.Pekan ke. Survey bahan baku ke toko- toko 3. Monitoring 7. Penyusunan Laporan . 12 4.Pekan ke. Evaluasi 5.Pekan ke. Persiapan perlengkapa n alat dan bahan 2.Pekan ke- 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1. Proses Pembuatan 4.2 JADWAL KEGIATAN Bulan ke- 1 2 3 4 5 No Kegiatan Pekan ke.

Identitas Diri NAMA Defri Alfiansyah NIM 151329 PROGRAM STUDI DIII Keperawatan ANGKATAN 18 TEMPAT/ TANGGAL LAHIR Lumajang. Riwayat Pendidikan SD SMP SMA NAMA INSTITUSI SDN 01 SMPN O1 SMA PGRI 01 tempursari TEMPURSARI LUMAJANG JURUSAN IPS TAHUN MASUK. BIODATA KETUA KELOMPOK a. dan Dosen Pembimbing 1. - .LAMPIRAN Lampiran 1. Biodata Ketua. 13 LAMPIRAN .2002-2008 2008-2011 2011-2014 LULUS c. 17 Desember 1995 ALAMAT Tempur Sari Lumajang JENIS KELAMIN Laki-Laki EMAIL Defrialfiansyah95@gmail. . Pemakalah Seminar Ilmiah NO Nama Pertemuan Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat Ilmiah / Seminar .com NO.HP 085288030225 b. Anggota Kelompok.

saya sanggup menerima sanksi. November 2016 Yang menyatakan. Malang. Apabila di kemudian hari terdapat ketidaksesuaian dengan kenyataan. Defri Alfiansyah NIM. 14 Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. 151329 .

com NO. 15 2. Riwayat Pendidikan SD SMP SMA NAMA INSTITUSI SD Inpres SMP N 1 SMA N 1 Maiskolen Amanuban Amanuban Selatan Selatan JURUSAN TAHUN MASUK. Anggota Pertama a. . 08 juli 1996 ALAMAT Jl Yulius Usman gang 1 JENIS KELAMIN PEREMPUAN EMAIL Yunitha060619@gmail. - . Pemakalah Seminar Ilmiah NO Nama Pertemuan Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat Ilmiah / Seminar . BIODATA ANGGOTA KELOMPOK A.2003-2009 2009-2012 2012-2015 LULUS c.HP 081287835021 b. Identitas Diri NAMA Yunita Nabuasa NIM 151364 PROGRAM STUDI DIII Keperawatan ANGKATAN 18 TEMPAT/TANGGAL LAHIR Kupang.

Apabila di kemudian hari terdapat ketidaksesuaian dengan kenyataan. saya sanggup menerima sanksi. November 2016 Yang menyatakan. 151364 . Malang. 16 Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Yunita Nabuasa NIM.

. 17 B. HP 08996688628 b. - Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. saya sanggup menerima sanksi. . Apabila di kemudian hari terdapat ketidaksesuaian dengan kenyataan.2003-2009 2009-2012 2012-2015 LULUS c. Pemakalah Seminar Ilmiah NO Nama Pertemuan Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat Ilmiah / Seminar .com NO. Identitas Diri NAMA Lingga Dewi NIM 151347 PROGRAM STUDI DIII Keperawatan ANGKATAN 18 TEMPAT/TANGGAL LAHIR Malang. Anggota Kedua a. 18 juli 1997 JENIS KELAMIN Perempuan EMAIL linggabagaskara@gmail. Riwayat Pendidikan SD SMP SMA NAMA INSTITUSI SDK Santa SMPK SMAK Santa Maria 3 Santa Maria Maria 3 2 JURUSAN IPA TAHUN MASUK.

18 Malang. Lingga Dewi NIM. November 2016 Yang menyatakan. 151347 .

. 09 Juni 1997 ALAMAT Jl. - Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. 62 Malang JENIS KELAMIN Perempuan EMAIL frederikaitaita@gmail. . Pemakalah Seminar Ilmiah NO Nama Pertemuan Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat Ilmiah / Seminar . Identitas Diri NAMA Frederika Puspita Lusiana NIM 151338 PROGRAM STUDI DIII Keperawatan ANGKATAN 18 TEMPAT/TANGGAL LAHIR Metro.2003-2009 2009-2012 2012-2015 LULUS c. Apabila di kemudian hari terdapat ketidaksesuaian dengan kenyataan. HP 081330766772 b. Anggota Ketiga a. saya sanggup menerima sanksi. Yulius Usman no. 19 C.com NO. Riwayat Pendidikan SD SMP SMA NAMA INSTITUSI SD N 6 SMP N 3 SMA N 5 Metro Timur JURUSAN IPA TAHUN MASUK.

20 Malang. NIM. November 2016 Yang menyatakan.151338 . Frederika Puspita L.

DOSEN PEMBIMBING a. HP 085755593456 b. Identitas Diri NAMA (dengan gelar) Auliana Farabanie Al-Arsy M.P. Riwayat Pendidikan Tahun Program PerguruanTinggi Jurusan / BidangStudi Lulus Pendidikan 2008 S1 Universitas Pendidikan Ekonomi Negeri Malang 2010 S2 Universitas Pendidikan Ekonomi Negeri Malang c.d NIDN 0727038506 JABATAN FUNGSIONAL Tenaga Pengajar TEMPAT/ TANGGAL LAHIR Jember/ 27 Maret 1985 JENIS KELAMIN Perempuan ALAMAT Perum Sapto Royal Park No.16 Bandula XIII Malang EMAIL kurmakurmaku@gmail.com NO. 21 3. Riwayat Penelitian Tahun Judul Keterangan 2013 PENERAPAN MODEL EXPICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMBUATAN MEDIA AJAR DALAM MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN 2014 PENGEMBANGAN MODEL BAHAN AJAR KEWIRAUSAHAAN DENGAN WEB INTERAKTIF .

Apabila di kemudian hari terdapat ketidaksesuaian dengan kenyataan. saya sanggup menerima sanksi. (Auliana Farabanie Al-Arsy M. November 2016 Yang menyatakan.d) NIDN. Malang. 22 Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. 0727038506 .P.

000 Rp. 50.000 Rp.000 Susu kental (putih 2 kaleng Rp.000 SUB TOTAL Rp.000 4 Tirisan 1 Rp. 23 Lampiran 2. 30.000 Rp. 30. 15. 60.000 Gula Palam 2 kg Rp. 300. 25.000 2. 300.000 Rp. 30.000 Mentega 1 kotak Rp. 95.000 . 200.000 7 Gas elpiji 1 Rp. Peralatan Penunjang No Nama Barang Jumlah Harga Satuan Harga Total 1 Kompor 1 Rp.000 3 Sepatula 1 Rp. 685. 5.000 6 Pisau 1 Rp. 95.000 Rp.000 Tepung 20 kg Rp.000 Rp. 15.000 5 Parutan Keju 1 Rp. 50.000 Rp. 30. Bahan habis pakai Nama bahan Kuantitas harga satuan (rp) Jumlah Pisang 1 tandan Rp. 50. 30.000 Rp.000 Rp. 100.000 SUB TOTAL Rp.000 Rp. 100. 200. 50. 10.000 Keju 1 balok Rp.000 Rp.000 dan coklat) Mesis 5 bungkus Rp. Justifikasi Anggaran Biaya 1. 15.000 2 Teflon 1 Rp.415. 12. 30.000 Rp.500 Rp.000 Rp. 60. 15.

pelaksanaan.450. produksi.450. 10. maupun pasca untuk pelaksanaan) pemasaran daerah Malang dan sekitarnya SUBTOTAL Rp. bulan pelaksanaan. 24 3.000 .000 ( untuk biaya harga bahan untuk 5 perjalanan pra dasar. Biaya Perjalanan Material Justifikasi Kuantitas Harga Jumlah Perjalanan Satuan ( Rp) BBM pertamax Untuk survei 45 liter Rp.000 Rp.

Biaya Operasional per produksi = Rp. 20. 8.100.151.000 c) Penggandaan 3 jilid Rp.000 b) Tinta Printer 2 botol Rp. Biaya tetap produksi b.000 Rp.000/m Rp.2. Perhitungan HPP = total biaya operasional / jumlah piju-piju nyerah = Rp.000 Rp. 20.25. 25 4.000 b) Biaya 5 bulan Rp. Lain-lain No Uraian Jumlah Harga Satuan Harga Total 1 Dokumentasi a) Cetak foto 20 Rp.000 internet c) Komsumsi 5 4orang Rp.000 Rp.601. 7. 20.50. 717/bungkus .000/hari Rp.000 Penyusun Laporan a) Kertas A4 1 rim Rp. 2.250. 12.000 2 Biaya Penunjang a) Banner 2x1 Rp.000/ 3000 bungkus = Rp. 24.000/bulan Rp.000 bulan Rp.151.32.000/bulan SUB TOTAL Rp. Analisis BEP Produksi a. 22.000 Rp.000- c.000 5.160. 5.

283 = 502 unit Maka titik impas dari penjualan piju-piju nyerah adalah 502 unit . 1. 373.+ Rp.akan mendapatkan keuntungan sebanyak 50% .000 / (5000 –717) = Rp.151.151. Harga Jual Keuntungan yang diinginkan sebanyak 50 % 50 % x Rp.5.- e. maka tidak akan mendapatkan keuntungan. Apabila penjualan 502 unit .5. 717. begitu juga sebaliknya apabila penjualan diatas 502 unit.000 / 4.= Rp. 373. maka dari itu keuntungan dapat diperoleh setelah penjualan 502 unit. 26 d.090. 2. BEP Produksi BEP= X = F / ( P – V ) P = harga jual per unit X = volume penjualan dalam unit V = biaya operasi variabel/unit (variable operating cost per unit) F = biaya operasi tetap (fixed operating cost X =.717 = Rp. 2.5.- Harga Jual = Harga Pokok + keuntungan yang diiginkan = Rp.. Rp.

Bendahara Frederika Puspita .mencatat semua Lusiana bentuk transaksi keluar masuknya uang. Produksi Ketua dan Anggota memastikanproses perancanganberjalan lancar dan terkendali Pemasaran Ketua dan Anggota memasarkan product dilingkup internal . Susunan Organisasi Tim Pelaksana dan Pembagian Tugas Nama Tugas alokasi waktu (jam/minggu) Ketua Defri Alfiansyah Mengkoordinasikan Pelaksana pembagian tugas serta memastikankegiatan berjalan dengan lancar dan bisa mengatasi jika terjadi masalah. 27 Lampiran 3. sehingga jelas alur keuangan pada saat pembeliaan peralatan dan bahan Pengawas Lingga Dewi mengecek dan Saraswati dan Defri memastikan saat Alfiansyah pembelian bahan untuk proses perancangan serta memastikan proses perancangan berjalan secara lancar .

28 kampus terlebih dahulu .

saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang diterima ke kas negara.62 Telp. Surat Pernyataan Ketua Pelaksana YAYASAN MISERICORDIA AKPER PANTI WALUYA MALANG Jl. Maka. November 2016 Yang Menyatakan Ketua Pelaksana Defri Alfiansyah NIM. Bilamana dikemudian hari ditemukan ketidak sesuaian dengan pernyataan ini. 29 Lampiran 4. 151329 .(0341)369003- 368737 Malang 65117 SURAT PERNYATAAN KETUA PELAKSANA Saya yang menandatangani surat pernyataan ini : Nama : Defri Alfiansyah NIM : 151329 Fakultas : Akademi Keperawatan Program Studi : DIII Keperawatan Dengan ini menyatakan bahwa usulan PKM Kewirausahaan saya dengan judul: PIJU-PIJU NYERAH (PISANG KEJU KRENYES DAN MURAH yang diusulkan untuk tahun anggaran 2016 bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain. Malang. Yulius Usman No. Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar- benarnya.