You are on page 1of 10

YAYASAN BHAKTI BANGSA MEDIKA

STIKES BHAKTI BANGSA MEDIKA PROBOLINGGO
Jl. Diponegoro no. 2 kota Probolinggo
Telp. (0335) 430696 E-mail. Stikes_bbm@yahoo.com

UJIAN AKHIR SEMESTER

MATERI : KOMUNITAS II
SEMESTER : VII
WAKTU : 90 MENIT
JUMLAH SOAL : 51 Soal
TANGGAL UJIAN : Senin, 28 Desember 2016
DOSEN : H. Sunarwan, S.Kep. Ns

I. Pilihlah jawaban yang benar.
II. Pilihlah jawaban A untuk jawaban 1,2 dan 3 benar.
Pilihlah jawaban B untuk jawaban 1 dan 3 benar
Pilihlah jawaban C untuk jawaban 2 dan 4 benar
Pilihlah jawaban D untuk jawaban 4 saja yang benar
Pilihlah jawaban E untuk jawaban 1,2,3 dan 4 yang benar / salah

1. Berikut ini adalah sasaran dalam perawatan komunitas yang benar :
1) Tingkat individu
2) Keluarga
3) Kelompok khusus
4) Komunitas
2. Kelompok khusus adalah kumpulan individu yang mempunyai kesamaan (jenis
kelamin, umur, permasalahan), kegiatan yang terorganisir yang sangat rawan terhadap
masalah kesehatan , termasuk dalam kelompok ini adalah :
1) Kelompok khusus dengan kebutuhan kesehatan khusus sebagai akibat
pertumbuhan dan perkembangan
2) Kelompok dengan kesehatan khusus yang memerlukan pengawasan dan
bimbingan serta askep
3) Kelompok yang mempunyai resiko terserang penyakit (WTS, penarkoba, dll).
4) Lembaga sosial, rehabilitasi (panti wredha, panti asuhan, penitipan balita, dll).

3. Berikut ini adalah permasalahan kesehatan yang sering ditemui pada kelompok
khusus:
1) Kesling (buang sampah, BAB, SPAL, dll).
2) Gizi (kurang pengetahuan, pengolahan salah, kebiasaan makan, pantangan, dll).
3) Personal hygiene kurang
4) Budaya yang tak sesuai dengan perilaku sehat

4. Berikut ini adalah ruang lingkup pelayanan keperawatan komunitas pada kelompok
khusus dan resti untuk promotif, kecuali :
a. Penyuluhan kesehatan
b. Peningkatan gizi
c. Pemeliharaan kes individu
d. Pemeliharaan kesling
e. Imunisasi

5. Berikut ini adalah ruang lingkup pelayanan keperawatan komunitas pada kelompok
khusus dan resti untuk preventiv, kecuali :

Yodium e.A. 2) Learning in socializing as men or women 3) Having their emotional independency 4) To be good and responsible citizen 11.IM. Pemeriksaan kes berkala c. polindes) 2) Pendidikan kesehatan untuk merobah perilaku 3) Konsultasi/pemecahan masalah 4) Bimbingan dan pembinaan 8. Old adolesence 10. Upaya mengembalikan individu . Resosialitatif e. Preventiv c. Berikut ini adalah gejala klinis dari penyakit DM yang benar: 1) Polifagia . perusahaan. Skreening d. Early adolescense b. Pemeriksaan dan pemeliharaan kehamilan. Upaya ini disebut a. Midle adolescence c. 7.wts dll). Home nursing b. keluarga . The statement following is corect about Havighursts psycososial task : 1) Adapting changes physically & psychologically. Kurativ d.panti asuhan. Promosi 9. IH ) b.a. Olahraga secara teratur 6. Berikut ini adalah etiologi penyakit DM yang benar : 1) Genetik 2) Virus Hepatitis B 3) Penyakit Pankreas 4) Gaya Hidup 12.aids.kelompok ke dalam pergaulan masyarakat misalnya : kelompok yang diasingkan oleh masyarakat (kusta.nifas dengan kondisi patologis e. Perawatan lanjutan dari RS d. nifas dan menyusui.disekolah.posyandu. except : a. Berikut ini adalah ruang lingkup pelayanan keperawatan komunitas pada kelompok khusus dan resti untuk kuratif. The statement following is corect about phase adolesence. Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit DM : 1) DM TIPE 1 (IDDM) : autoimun. Kunjungan ke lokalisasi/ panti rehabilitasi WTS c. Perawatan IH. Rehabilatasi b. Pemberian vit. idiopatik 2) DM TIPE 2 (NIDDM) : resistensi insulin 3) GESTASIONAL 4) JUVENIL/SENILIS 13. BALITA. Bentuk kegiatan perawat komunitas pada kelompok khusus dan resti meliputi : 1) Askep langsung (dirumah. Late adolescence d. Imunisasi (BAYI. kecuali : a.

4) Memiliki derajat kesehatan yang optimal. 4) Perkemas bertujuan masyarakat bisa mandiri dalam upaya kesehatannya. Usaha kesehatan perorangan yang dilaksanakan di puskesmas meliputi : 1) Pelayanan rawat jalan 2) Pelayanan rawat inap 3) Pelayanan UGD 4) Pelayanan 2 hari 18. 75 tahun 2014 tentang Puskesmas. UKM ESENSIAL C. Pembangunan kesehatan yang diselenggarakan di Puskesmas bertujuan untuk : 1) Memiliki perilaku sehat yang meliputi kesadaran. Berikut ini beberapa argumen yang benar tentang pentingnya pelayanan kesehatan primer di era JKN : 1) Tulang punggung pelayanan kesehatan 2) Titik berat Pelayanan Kesehatan Primer adalah Promosi dan Prevensi yang mendorong meningkatnya peran dan kemandirian masyarakat dalam mengatasi berbagai faktor risiko kesehatan 3) Keberhasilan Pelayanan Kesehatan Primer akan mendukung pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. UKM PENGEMBANGAN D. 20. Pernyataan berikut yang benar tentang perkesmas : 1) Perpaduan antara keperawatan dan kesehatan masyarakat dengan dukungan peran serta aktif masyarakat 2) Mengutamakan pelayanan promotif dan preventif secara berkesinambungan tanpa mengabaikan pelayanan kuratif dan rehabilitatif secara menyeluruh dan terpadu 3) Ditujukan kepada individu. Berikut ini adalah peran perawat minimal yang diharapkan di lingkungan kerja puskesmas adalah : . 2) Polodipsi 3) Poliuria 4) Glukosuria 14. PROGRAM KERJA PUSKESMAS 19. Berikut ini diagnosa keperawatan yang bisa muncul dari penyakit DM : 1) Kelebihan volume cairan 2) Perubahan pemenuhan nutrisi kurang dr kebutuhan tubuh 3) Perubahan sensori persepsi 4) Resiko hiperglikemia/hipoglikemia 15. Menurut Permenkes no. Menurut Permenkes no. baik individu. keluarga. dimana akan mengurangi jumlah pasien yang dirujuk 4) Menambah biaya pelayanan kesehatan yang bersifat kuratif 16. Perawatan Kesehatan Masyarakat termasuk dalam upaya kesehatan yang mana ? A. kelompok dan masyarakat untuk ikut meningkatkan fungsi kehidupan manusia secara optima. 3) Hidup dalam lingkungan yang sehat. UKP TINGKAT PERTAMA B. kemauan dan kemampuan hidup sehat. 75 tahun 2014 tentang Puskesmas. 17. kelompok dan masyarakat. keluarga. 2) Mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu. Menurut Permenkes no. 75 tahun 2014 tentang Puskesmas.

24. Berikut ini adalah peran perawat ideal yang diharapkan di lingkungan kerja puskesmas adalah : 1) Manajer kasus 2) Advokat 3) Peneliti 4) Konsultan 22. preventif. Berikut ini adalah kriteria kemandirian keluarga KM1 : 1) Keluarga menerima perawat 2) Keluarga memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan sesuai anjuran 3) Keluarga menerima pelayanan keperawatan sesuai rencana keperawatan keluarga 4) Keluarga melakukan tindakan promotif secara aktif. nyeri dada 27. Berikut ini adalah pernyataan yang benar tentang pendidikan kesehatan pada keluarga TBC : A. Batuk lama > 1 minggu. Berikut ini adalah ciri-ciri dari perkesmas yang benar: 1) Adanya kesinambungan pelayanan kesehatan 2) Fokus pada upaya promotif. Berikut ini adalah kriteria kemandirian keluarga KM2 : 1) Keluarga menerima perawat 2) Keluarga memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan sesuai anjuran 3) Keluarga menerima pelayanan keperawatan sesuai rencana keperawatan keluarga 4) Keluarga mau melakukan tindakan keperawatan sederhana. Berat badan turun tanpa sebab yang jelas B. 3) TBC pada anak biasa disebut Flek/PKTB yaitu penyakit akibat infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis sistemik sehingga dapat mengenai hampir semua organ tubuh. 25. Anoreksia/nafsu makan menurun C. Minum obat secara teratur dan benar selama 6 bulan B. 2) Penyakit infeksi yang di sebabkan oleh mycrobacterium tubercolosis dengan gejala yang sangat bervariasi. . Berikut ini adalah tanda dan gejala penyakit TBC yang benar. tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif 3) Terjadi proses alih peran dari perawat perkesmas kepada klien  Kemandirian 4) Adanya kemitraan antara perawat perkesmas dengan masyarakat dalam upaya kemandirian klien. 26. Makan yang baik dengan gizi yang seimbang C. 23. 4) lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi sekunder. Jelaskan bahwa TBC tidak dapat disembuhkan. Demam lama dan berulang D. yakni sejenis bakteri yang tahan asam aerob. Memperhatikan efek samping pemberian obat E. Istirahat yang cukup D. Keringat di malam hari E. 1) Pemberi layanan kesehatan 2) Penemu kasus 3) Konselor 4) Change agents 21. Berikut ini adalah pernyataan yang benar tentang penyakit TBC paru : 1) Penyakit yang daya penularannya sangat dan sistematik. kecuali : A.

berbicara dan berhitung. Mata merah B. Gangguan persepsi (sepuluh menit dirasakan seperti satu jam. Penyakit pada paru-paru. Jalan sempoyongan D. jarak 10 meter dipersepsikan sebagai jarak 100 meter B. Sinestesia (saat mendengar musik. perhatian sekitar berkurang sampai tidak bereaksi dipanggil. kurang semangat bersaing D. Mengeluhkan susah bernapas C. Gejala putus zat (gejala yang timbul karena mengurangi / menghentikan penggunaan) C. Keadaan hygiene perseorangan kurang 30. Ciri-ciri ketergantungan napza adalah sebagai berikut : A. Berikut ini adalah cara pencegahan penyakit TBC yang benar : 1) Makan makanan yang bergizi 2) Istirahat yang cukup 3) Olah raga teratur 4) Hindari rokok 29. Mengantuk C. Imunisasi tidak lengkap terutama BCG D. Apa jenis zat yang digunakan ? . Eforia B. Apa yang perlu dikaji pada penyalahgunaan napza: A. Penyakit yg pernah diderita (menular) B. Penyalahgunaan napza 34. Keadaan gizi kelompok umumnya kurang C. Banyak tidur D. Berat badan meningkat E. Berikut ini adalah tanda dan gejala yang timbul akibat intoksikasi heroin atau morphin: A. Berikut ini adalah dampak penggunaan cimeng/ gelek : A. Mengeluhkan batuk lama B. Sindroma amotivasional menurunnya kemampuan membaca. Nafsu makan menurun D. Toleransi (semakin lama penggunaan zat. Berikut ini data subyektif yang biasanya ditemukan pada penderita TBC. 35. semakin dibutuhkan dosis yang lebih banyak untuk mendapatkan efek yang sama) B. kecuali : A. Eforia 33. Berikut ini adalah tanda dan gejala yang timbul akibat intoksikasi alkohol: A.28. Sugesti (kerinduan yang kuat sekali untuk menggunakan kembali) D. Bicara cadel 32. Berikut ini adalah status kesehatan yang harus dikaji pada kelompok yang menderita TBC : A. melihat warna-warna cemerlang disekitarnya) C. Bicara cadel C. Keringat waktu malam hari 31.

B. diharapkan keluarga mampu: A. Gangguan gambaran diri b. Berapa banyaknya zat yang biasa digunakan perhari? 36. Mengidentifikasi kondisi pasien yang perlu di rujuk 38. Imunodefisiensi .189 diastole 110. Infeksi opurtunistik C. Gangguan sensori persepsi C.139 diastole 100. Sistole 120. Sistole 160. Infeksi kronis D. Kecemasan b. Disfungsi seksual b. Sistole 140-159 diastole 90. Sistole 180. Perfusi jaringan tidak efektif (cerebral. Faktor resiko dari penyakit hipertensi yang tidak dapat dikontrol adalah : A. Meningkatkan motivasi pasien untuk berhenti C. Bagaimana cara menggunakan zat ? D. Sistole > 180 diastole > 100 40. Kapan terakhir menggunakan zat ? C.119 D. Berat badan 39. Menurut JNC klasifikasi hipertensi stage 1 yang benar : A.109 C. perubahan gaya hidup 42.d interupsi aliran darah D. Gangguan proses keluarga 37. Infeksi Nosokomial. Masalah keperawatan yang muncul pada penyakit hipertensi : A. Penyakit infeksi yang disebabkan oleh menurunnya sistem kekebalan tubuh seseorang ODHA disebut : A. kardiovaskular.179 diastole 100.100 B. Gangguan proses pikir D.d gangguan struktur atau fungsi tubuh B. renal) b. Koping individu tidak efektif: belum mampu mengatasi keinginan menggunakan zat B. Sex : Wanita > pria C. Diagnosa keperawatan yang muncul pada penyalahgunaan napza: A. Menyebutkan proses penyembuhan pasien B. Faktor resiko dari penyakit hipertensi yang dapat dikontrol adalah : 1) Merokok 2) Dislipidemia/hiperkolesterol 3) Diabetes Mellitus: tjd hiperinsulinemia dan hipertropi struktural 4) Obesitas 41. Genetik D. B. Memotivasi pasien menggunakan cara-cara mengontrol keinginan menggunakan zat D. Umur : > 50 thn B.d penatalaksanaan yang kompleks. Pada evaluasi keperawatan untuk keluarga dengan ketergantungan Napza.109 E. kemungkinan komplikasi.d diagnosis penyakit C.

46. Salmonela typhus D. D. Amfetamin termasuk dalam golongan : A. C. tidak lapar. bahagia. Perubahan penampilan peran. sulit tidur. mudah tersinggung. Pneumocystis Carinii E. Menimbulkan perasaan segar. gugup. 47. Infeksi Oportunistik yang sering terjadi di Indonesia dengan ODHA : A. Perubahan proses keluarga. C. Keluarga berencana (keputusan tentang kedudukan sebagai orangtua.43. tidak lelah. Efek mengantuk sampai tidur. mual-mual. Membangun rumah lengkap dengan isinya. merasa haus terus menerus. mulut dan tenggorokan D. Berikut ini adalah golongan Napza berdasarkan sifat pengaruhnya terhadap pemakai : A. Diagnosa keperawatan yang mungkin pada ibu hamil Trimester I : 1) Gangguan nutrisi : kurang dari kebutuhan tubuh. D. Depresan C. disorientasi mental. Depresan C. Infeksi jamur berulang di kulit. Alkohol 49. Berikut ini obat yang termasuk dalm golongan depresan: 1) Heroin 2) Marijuana 3) Alkohol 4) Jamur kotoran sapi. 2) Ketidaknyamanan. rasa cemas tinggi. Stimulan B. keringat dingin. Clostiridium dipteri 45. Clostiridium tetanus B. konsentrasi. 3) Resiko kekurangan volume cairan. Disfungsi seksual. Tugas perkembaan keluarga pemula : A. Efek yang ditimbulkan dari amfetamin. hipertensi. bersemangat. Alkohol 50. B. Penyalahgunaan dari napza golongan depresan. 4) Resiko cidera terhadap janin 48. Pneumonia (Pneumocytis carinii) C. Halusinogen D. Diagnosa keperawatan yang muncul pada keluarga pemula : A. Menghubungkan jaringan persaudaraan secara harmonis. . mempengaruhi koordinasi gerakan. Infeksi gastrointestinal 44. Gangguan interaksi sosial. Halusinogen D. rasa nikmat. Kuman Penyebab dari pneumonia pneumicitis carini adalah : A. menimbulkan perasaan nyaman dan tenang. Mycobacterium tuberculosis C. B. Stimulan B. Tuberkulosis B. Membangun perkawinan yang saling memuaskan.

SD Sumberejo 3 memiliki 123 siswa dan gurunya berjumlah 10. SD ini didirikan pada tahun 1976. Tidak ada petugas yang menyeberangkan siswa. Di SD Sumberejo juga terdapat pembelajaran tentang kesehatan. selain itu SD ini dekat dengan tempat pembuangan sampah (TPA). ditandai dengan air yang keruh dan berbau. 2. Pada saat istirahat.dengan kontruksi bangunannya masih sederhana.1 uks yang terbengkalai . Data laporan hasil survey yang dilakukan oleh penanggung jawab UKS dan puskesmas di SD Sumber rejo sebagai berikut: jumlah siswa 123 orang. sehingga tidak ada yang membantu siswa menyebrang jalan ketika akan membeli jajanan. 2 WC. PENGKAJIAN 1. Siswa pun merasa kesulitan ketika akan pulang dari sekolah karena tidak ada petugas keamanan yang . di pinggir jalan banyak pedagang yang berjualan. SD ini memiliki 6 kelas. Terdapat industry pabrik sepatu yang berjarak ± 5 km yang menyebabkan banyaknya mobil pabrik yang berlalu-lalang melewati SD tersebut sehingga membuat kebisingan dan polusi udara. Begitu juga dengan kualitas air tanahnya. PENDIDIKAN Di SD Sumberejo 3 terdapat kurikulum tentang promosi kesehatan. Di SD Sumberejo 3 juga terdapat ekstrakurikuler yang terdiri dari pramuka.dengan kontruksi bangunannya masih sederhana dan banyak sekali mobil-mobil pabrik yang melewati sekolah tersebut. Selain itu. dan memiliki 123 siswa dan gurunya berjumlah 10.1 kantin yang minim. PMR.1 uks yang terbengkalai dan 2 WC untuk siswa-siswi dan guru. siswa juga mengeluh sulit menyeberang jalan karena kendaraan yang lewat banyak dan tidak ada petugas yang menyeberangkan siswa Kualitas udara di SD negeri 3 Sumberejo buruk. namun pembelajaran ini belum terstruktur dengan baik dan belum dilaksanakan secara rutin. A. siswa terlihat tidak mencuci tangan sebelum makan. tetapi kurikulum ini tidak berjalan dengan baik. Siswa juga mengeluh sulit menyeberang jalan karena kendaraan yang lewat banyak. siswa lebih banyak membeli jajanan ke pedagang kaki lima daripada di kantin.1 ruang guru. SD ini memiliki 6 kelas. SD negeri 3 Sumberejo terletak dipinggir jalan utama desa. SD ini terletak di pemukiman yang padat dengan penduduk. LINGKUNGAN FISIK SD negeri 3 Sumberejo didirikan pada tahun 1976. II SOAL II KASUS.1 kantin yang minim. sudah tercemar limbah dari tempat pembuangan sampah. KEAMANAN DAN TRANSPORTASI SD Sumberejo tidak memiliki petugas keamanan. makanan yang dijual kebersihannya tidak terjamin. dikarenakan dekat tempat pembuangan sampah dan terletak di kawasan padat penduduk. 3. Udara terasa pengap dan bau sampah yang menyengat. Karena SD Sumberejo ini tidak jauh dari pabrik sepatu sekitar 5 km dari SD Sumberejo 3. 4.1 ruang guru. INTI (CORE) SD negeri 3 Sumberejo berada di daerah sidareja yang terletak dipinggir kota cilacap. dikarenakan kekurangan tenaga kerja.

5. REKREASI Di daerah sidareja terdapat lapangan sepak bola yang biasa digunakan oleh anak-anak SD Sumberejo untuk main bola. Jenis pelayanan kesehatan yang diberikan seperti imunisasi. Selain itu juga ada beberapa siswa yang bekerja sambilan setelah pulang sekolah untuk membantu kebutuhan keluarganya. PELAYANAN UMUM DAN KESEHATAN Tenaga kesehatan setempat rutin datang ke sekolah untuk memberikan pelayanan kesehatan pada siswa sekali dalam setahun. Dengan penghasilan yang cukup. Dampak adanya siswa yang membawa alat komunikasi ke sekolah adalah timbulnya kecemburuan sosial.maka siswa- siswi SD Sumberejo 3 jarang sekali memeriksakan kesehatannya apabila mereka sakit. Dari kasus diatas buatlah asuhan keperawatan komunitas di SDN Sumberejo. Prioritas masalah d. membantu ayahnya di bengkel kecil dan membantu ibunya menjual makanan. KOMUNIKASI Hanya ada beberapa siswa yang membawa alat komunikasi berupa handphone ke sekolah. Keamanan fasilitas sekolahnya kurang terjaga dengan baik seperti seperti ruang UKS yang tidak terawat. 8. Di SD Sumberejo pun tidak disediakan sarana transportasi seperti bis sekolah untuk mengantar jemput siswa sehingga dapat menyebabkan banyak siswa yang tidak langsung pulang ke rumah sepulang dari sekolah. dan sebagian siswa ada yang berangkat dari rumah namun tidak sampai ke sekolah. EKONOMI Rata-rata penghasilan dari orang tua siswa itu cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari misalnya kebutuhan rumah tangga. Alat komunikasi tersebut (handphone) dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa. 6. cilok. karena kebanyakan siswa yang lain berasal dari keluarga yang kurang mampu. 9. kantin yang kurang terjaga kebersihannya dan banyak pedagang kaki lima yang menjul jajanan yang kurang sehat seperti es gasrok. dan pemeriksaan gigi. Selain itu juga sekolah memiliki tata tertib yang harus dipatuhi oleh siswa-siswi dan memiliki guru BK untuk menangani siswa-siswi yang bermasalah. layang-layangan dan banyak lagi permainan untuk mengisi waktu kosong saat hari libur. Analisa data b. Strategi intervensi dan implementasi. 7. gulali dan lain-lain. kebanyakan siswa menggunakan sepeda sebagai trasportasinya. SELAMAT MENGERJAKAN DAN SUKSES SELALU . meliputi : a. Mereka selalu menggunakan hari liburnya untuk bermain bersama teman-temannya. membantu menertibkan sisiwa ketika keluar dari area sekolah tersebut . Selain itu juga mereka mempunyai TV dirumah masing-masing sebagai sarana rekreasi.mereka hanya membeli obat diwarung-warung. POLITIK DAN PEMERINTAHAN Pemerintah daerah mempunyai kebijakan tentang pemakaian seragam batik pada hari rabu dan kamis.ada yang menjual Koran. karena siswa terlalu asik bermain dan mengesampingkan belajar. Diagnosa keperawatan komunitas c. pemberian makanan tambahan. selain itu juga banyak siswa yang jalan kaki ketika berangkat dan pulang dari sekolah. Pelayanan kesehatan yang dilakukan terhadap siswa kurang begitu banyak berdampak terhadap perilaku hidup bersih dan sehat karena kegiatan tersebut hanya dilakukan sekali dalam setiap tahunnya dan tidak berkelanjutan.