You are on page 1of 7

BAB 1 Dasar Menggunakan

AutoCAD 2013

• Menjalankan AutoCad 2013

• Mengenal Tampilan

• Mengganti Area Kerja

• Mengganti Warna Latar

• Cara Menggunakan Mouse

• Manajemen File

Klik Autodesk 4. Untuk menjalankan aplikasi tersebut ikutilah langkah-langkah berikut ini : 1. 1 2 3 4 5 6 7 Gambar 1. maka anda akan mendapatkan tampilan layar terlihat seperti pada gambar berikut ini. Klik All Programs 3. Klik AutoCAD 2009 Selain menggunakan cara diatas.AutoCAD 2013 MenjalankanAutoCAD2013 Ketika mulai menggunakan aplikasi AutoCAD 2013. Klik start 2.1 Tampilan awal Autocad 2013 2 . anda juga dapat menjalankan aplikasi AutoCAD 2013 dengan klik pada shortcut AutoCAD yang terdapat di dekstop. langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum dapat menggunakannya adalah menjalan kannya. MengenalTampilan Setelah anda menjalankan aplikasi AutoCAD 2013.

seperti menyimpan file. 01 Quick Access Toolbar Adalah kumpulan tool yang digunakan saat menggambar menggunakan aplikasi AutoCAD. redo dan sebagainya. 3 . BAB 1 : Dasar Menggunakan AutoCAD 2013 Pada versi AutoCAD 2013 terdapat beberapa perubahan yaitu tampilan dan tools yang dikelompokkan ke dalam ribbon. Untuk lebih jelasnya ba- calah penjelasan berikut ini : Menu Browser Adalah sebuah tombol yang mempunyai menu pilihan untuk memberikan perintah pada AutoCAD 2013 seperti menyimpan. membuka file. mencetak file dan sebagainya. Pada Tab menu ini terdapat perintah-perintah yang dikelompokan ber- dasarkan jenis penggunaannya. undo. Tombol ini berfungsi sama seperti menu file yang ada pada versi sebelumnya. anda dapat pula mengetikkannya langsung pada Command Line. selain menggunakan kumpu- lan tools yang ada pada ribbon. membuka. 02 Tab Menu Merupakan pengganti menu bar yang pernah ada pada versi sebelumnya. 04 Area Gambar Area gambar/Drawing area adalah tempat untuk menggambar pada ap- likasi AutoCAD. 03 Ribbon Merupakan kumpulan alat/tools yang telah dikelompokkan dalam katego- ri tertentu untuk mempermudah menggambar dengan AutoCAD. 05 Command Line Untuk memberikan perintah pada AutoCAD.

grid. dapat pula diakses dengan hanya mengetikkan inisialnya saja. MenggantiAreaKerja Klik salah satu Workspace yang dituju Gambar 1. dll. 4 . Autocad Classic atau 3D Basic. Seperti perintah LINE dapat dijalankan hanya dengan mengetikkan huruf L pada keyboard. 07 Workspace Bar Merupakan baris berisi icon untuk mengganti jenis workspace yang akan digunakan seperti workspace Autocad 2D. pada status bar ini terdapat pula beberapa peng- aturan fungsi-fungsi penting seperti osnap. snap. 3D Modeling.AutoCAD 2013 06 Status Bar Merupakan baris status yang memberikan informasi tentang apa yang sedang anda kerjakan.2 Workspace Switching pada workspace bar Tampilan aplikasi AutoCAD 2013 tidak jauh berbeda dengan tampilan pada versi sebelumnya. Anda tetap dapat mengganti tampilan area kerja pada AutoCAD dengan cara Klik toolbox AutoCAD switching pada Status bar kemudian klik sub menu AutoCAD Classic. Catatan Beberapa perintah pada AutoCAD yang anda ketik pada command line.

Pada jendela yang tampil. klik tab display. lalu klik tombol color dan pilih warna yang akan digunakan. Adapun langkah untuk mengganti warna latar dari area gambar adalah Klik kanan pada area gambar. klik sub menu tools.4 Cara mengganti warna latar 5 .3 Mengganti warna latar Warna latar belakang area gambar pada AutoCAD identik dengan warna hitam. BAB 1 : Dasar Menggunakan AutoCAD 2013 MenggantiWarnaLatar Gambar 1. Pilih panel Display Klik Panel Color Gambar 1. anda dapat menggantinya dengan warna yang lain sesuai dengan selera.

ada beberapa fungsi penting pada tombol ini. jika ditekan berfungsi sebagai Hand/Pan untuk memindahkan area gambar Tombol kiri mouse untuk Tombol kanan mouse memilih/seleksi untuk memilih fungsi/ perintah Gambar 1. fungsi- fungsi tersebut antara lain : Scroll untuk memperbesar/kecil gambar(zoom in/zoom out).5 Cara mengganti warna latar CaraMenggunakanMouse Sebelum anda mulai menggambar menggunakan aplikasi AutoCAD.AutoCAD 2013 Pilih warna pada Klik Apply & panel Color Close setelahnya Gambar 1. anda perlu mengetahui cara penggunaan mouse ketika menggunakan aplikasi ini. Kebanyakan dari mouse yang digunakan saat ini memiliki tombol scroll dibagian tengah.6 Fungsi Mouse 6 .

lakukanlah dengan cara mengklik tombol Scroll dan tahan kemudian drag ke tempat yang di- inginkan. a. tentukan lokasi tempat file disimpan. Pada jendela yang tampil. Menyimpan file Untuk melakukan penyimpanan file. Manajemen File Salah satu hal yang penting dalam menggunakan sebuah aplikasi adalah manajemen file. dapat dilakukan dengan cara klik menu File. kemudian klik nama file yang akan dibuka lalu klik tombol Open untuk membukanya. Memperkecil Gambar Untuk memperkecil gambar. Membuka file Sedangkan jika anda ingin membuka file yang pernah disimpan sebelum- nya. b. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya. c. BAB 1 : Dasar Menggunakan AutoCAD 2013 Keterangan a. lakukan dengan cara Klik menu File Kemudian klik Save. Hal ini akan mengakibatkan area gambar berpindah ke tujuan anda mendrag mouse. 7 . b. Pada jendela yang tampil. tentukan lokasi penyim- panan dan ketik nama file pada bagian file name. Kemudian klik tombol Save untuk menyimpannya. Memperbesar Gambar Untuk memperbesar gambar. Memindahkan Area Gambar Berikutnya jika anda ingin memindahkan area gambar. dapat dilakukan dengan cara menggulung tombol scroll ke arah depan pada gambar yang akan diperbesar. Kemudian klik Open. yaitu proses penyimpanan dan pembukaan file kerja. lakukanlah dengan menggulung tombol scroll ke arah belakang.