FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA

Nama : Hairanisa Hazhar Kelas : X.3

FLORA DI INDONESIA Asiatis: 1. Kantung semar: Kantung semar adalah tumbuhan tropika yang menampilkan bentuk yang unik. Daun Sang: Tumbuhan ini hanya dijumpai di daerah Besitang tepatnya di kawasan 242 Aras Napal. Keunikan . terutama di malam hari. yang keluar dari ujung daun. Raflesia Arnoldi: Tanaman ini merupakan tumbuhan parasit obligat yang lterkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar. Bunga hanya berumur sekitar satu minggu (5-7 hari) dan setelah itu layu dan mati. 3. Bunganya sangat besar dan tinggi. Keunikannya terdapat pada kantungnya yang bergantung pada seutas sulur yang menyerupai spiral. 2. Tingginya dapat mencapai 6m. dan beberapa daerah disekitar kawasan tersebut. Bunga bangkai: Bunga bangkai (cadaver scent). 4. dan tidak bertangkai. bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. menarik dan merangsang lalat serta serangga lainnya untuk melakukan penyerbukan. Anggrek: Anggrek merupakan sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hiasan. tidak berdaun. Diameter bunga ketika sedang mekar bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 11 kilogram. Tumbuhan berbunga mulai muncul pada Zaman Kapur. berbentuk seperti lingga (sebenarnya adalah tongkol atau spadix) yang dikelilingi oleh seludang bunga yang juga berukuran besar. Persebaran tidak luas dan bersifat endemik tidak ditemukan ditempat lain. Bunga merupakan parasit tidak berakar. yang terkadang aromanya dapat tercium sejauh 25 meter dari tempat tumbuhnya. Bunga menghisap unsur anorganik dan organik dari tanaman inang Tetrasigma. 5.

Bahan-bahan kerajinan yang dibuat dari daun lontar antara lain adalah kipas. kelopak bunga agak menyatu. daun majemuk berseling. dan sasando. 5. Australis: 1. 2. Daunnya digunakan sebagai bahan kerajinan dan bahan penulisan naskah lontar. Matoa: Tinggi pohon 50m. bersirip genap. tangkai daun panjang ± 1m. Alat betina mirip daun dengan biji-biji tumbuh dari samping.lainnya terdapat pada kantungnya yang berbentuk corong berisi cairan yang didalamnya dapat ditemukan berbagai jenis serangga dan hewan lain. tepatnya di Sulawesi Tengah. akar papan tingginya mencapai 5m. Tumbuhan ini ditemukan di pulau Sulawesi. Pohon ini terutama tumbuh di daerah-daerah kering.Tanaman ini biasanya ditemukan di Nusa Tenggara Timur. Eboni: Tumbuhan ini kebanyakan tumbuhan ini berasal dari daerah tropis. bahan dupa. Pakis: Semua pakis berumah dua (dioecious) sehingga terdapat tumbuhan jantan dan betina. Serbuk sari dihasilkan oleh tumbuhan jantan dari runjung besar yang tumbuh dari ujung batang. Cendana: Kayu ini digunakan sebagai rempah-rempah. Mahkota bunga agak berbulu pd bgn luar. dan parfum. anak daun 4-13 pasang bentuknya bundar memanjang dgn tepi yg bergerigi. 3. 4. dan hanya beberapa spesies yang Tumbuh di daerah beriklim sedang. aromaterapi. Siwalan: Adalah sejenis palma yang tumbuh di Asia Selatan dan Asia Tenggara. . Alat betina tumbuh dari sela-sela ketiak daun. tikar.

Upafamili: Magnolioideae Genus: Michelia L. semak-semak. yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan dan Asia Tenggara serta Tiongkok selatan. sedangkan bunga Magnolia hanya tumbuh di ujung batang.Michelia Michelia Genus ini memiliki sekitar 50 spesies pohon selalu hijau. merupakan fosil yang hidup dan asal-usulnya dapat ditelusuri hingga 95 juta tahun yang lalu. Ciri khas tanaman ini adalah daun bunganya yang tidak terdiri dari petal dan sepal. Daun dan bunga Michelia masih menyerupai daun dan bunga Magnolia. Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Plantae Divisi: Kelas: Ordo: Famili: Magnoliophyta Magnoliopsida Magnoliales Magnoliaceae Bunga Michelia champaca. Spesies Michelia adalah genus tanaman berbunga dari suku Magnoliaceae. . Tanaman ini juga disebut Bunga Cempaka. Walau bunga Michelia lebih tersebar di sepanjang batang tumbuhan. melainkan terdiri dari tepal. Suku Magnoliaceae masih termasuk tumbuhan purba.

Beberapa spesies merupakan penghasil kayu yang penting. champaca. M. dan Mikronesia. Pertumbuhannya disukung sinar matahari penuh atau sebagian. Pohon kenanga tumbuh dengan cepat hingga lebih dari 5 meter per tahun dan mampu mencapai tinggi rata-rata 12 meter. bunga kenanga banyak menempati peran di dalam upacaraupacara khusus misalnya dalam upacara perkawinan Kerajaan: Plantae Divisi: Kelas: Ordo: Magnoliophyta Magnoliopsida Magnoliales . dan lebih menyukai tanah yang memiliki kandungan asam di dalam habitat aslinya di dalam hutan tadah hujan. Di Indonesia. Melanesia. M. figo. odorata Nama binomial Cananga odorata Kenanga Kenanga Klasifikasi ilmiah Kenanga (Cananga odorata) adalah nama bunga dari pohon yang memiliki nama yang sama. doltsopa dan M. halus dan berkilau. tetapi jarang). Tumbuhan ini merupakan tumbuhan asli di Indonesia dan Filipina. menggelung seperti bentuk bintang laut. Bunganya hijau kekuningan (ada juga yang bersemu dadu. dan mengandung minyak biang yang wangi. Sedangkan beberapa spesies seperti Michelia champaca (di Nanggroe Aceh Darussalam dikenal sebagai bunga jeumpa) dan Michelia doltsopa ditanam karena bunganya. Famili: Genus: Annonaceae Cananga Spesies: C. champaca juga dikembang-biakkan untuk diambil minyak dari bunganya sebagai bahan parfum. Daunnya panjang. Beberapa spesies juga ditanam sebagai tanaman pembatas jalan seperti M. dan lazim ditanam di Polinesia.

Keadaan ini menjadi semakin buruk akibat aktivitas pembalakan liar. yang menyebabkan berkurangnya area hutan. yang dipengaruhi oleh fauna Asia. hutan bakau. zona zoogeografi Asia. estuari. Macan Tutul ? Harimau Sumatra. termasuk tingginya urbanisasi. subspesies harimau terkecil yang hanya ada di Indonesia Fauna Indonesia memiliki keanekaragaman yang tinggi karena wilayahnya yang luas dan berbentuk kepulauan tropis. dan terumbu karang. polusi udara. Pencampuran fauna di Indonesia juga dipengaruhi oleh ekosistem yang beragam diantaranya: pantai. Masalah ekologi yang muncul di Indonesia adalah proses industrialisasi dan pertumbuhan Macan Tutul Status konservasi Risiko rendah Klasifikasi ilmiah . yang menyebabkan prioritas pemeliharaan lingkungan menjadi terpinggirkan. dipengaruhi oleh fauna Australia. manajemen sampah dan sistem pengolahan limbah juga berperan dalam perusakan hutan. sedangkan masalah lain. membagi Indonesia menjadi dua area. bukit pasir.FAUNA DI INDONESIA populasi yang tinggi. dan zona zoogeografi Australasia. Keanekaragaman yang tinggi ini disebabkan oleh Garis Wallace.

Macan Tutul betina serupa. dan berukuran lebih kecil dari jantan. 1758 Macan Tutul atau dalam nama ilmiahnya Panthera pardus adalah salah satu dari empat kucing besar. gurun. Spesies ini pada . banyak orang berpikiran bahwa Macan Tutul adalah hibrida dari Singa dan Harimau. pegunungan dan daerah pemukiman. Karena tingkat kematian anak yang tinggi.Kerajaan: Animalia Filum: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Chordata Mammalia Carnivora Felidae Panthera umumnya memiliki bulu berwarna kuning kecoklatan dengan bintikbintik berwarna hitam. yang tinggal bersama induknya sampai macan muda berumur sekitar antara satu setengah sampai dua tahun. Hewan ini dikenal juga dengan sebutan harimau dahan. yang saling menghindari satu sama lain. Spesies ini mempunyai lebih dari 30 subspesies yang ditemukan di segala macam habitat. p. Daerah sebaran Macan Tutul adalah di benua Asia dan Afrika. p. Pada mulanya. mulai dari hutan tropis. betina biasanya mempunyai satu sampai dua anak. melas) adalah jenis terancam punah di Indonesia. dengan panjang tubuh antara satu sampai dua meter. Bintik hitam dikepalanya berukuran lebih kecil. Macan tutul Jawa (P. Spesies: P. Macan Tutul berukuran besar. sondaicus) adalah fauna identitas Jawa Barat dan bersamasama macan tutul kumbang (P. savanah. Spesies ini lebih aktif di malam hari. pardus Nama binomial Panthera pardus Linnaeus. Macan Tutul adalah hewan penyendiri.

1912 Status konservasi Kritis Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Chordata Aves Passeriformes Sturnidae Leucopsar Stresemann. Burung jantan dan betina serupa. Jalak Bali memiliki ciri-ciri khusus. . Endemik Indonesia. di antaranya memiliki bulu yang putih di seluruh tubuhnya kecuali pada ujung ekor dan sayapnya yang berwarna hitam. Keberadaan hewan endemik ini dilindungi undang-undang. dimana pada tahun 1991 dinobatkan sebagai lambang fauna provinsi Bali. Jalak Bali memiliki pipi yang tidak ditumbuhi bulu. berwarna biru cerah dan kaki yang berwarna keabuabuan. dengan panjang lebih kurang 25cm. Jalak Bali hanya ditemukan di hutan bagian barat pulau Bali. rothschildi Nama binomial Leucopsar rothschildi Stresemann. pertama yang mendeskripsikan spesies ini ke dunia pengetahuan pada tahun 1912. 1912 Jalak Bali atau dalam nama ilmiahnya Leucopsar rothschildi adalah sejenis burung pengicau berukuran sedang.Jalak Bali Spesies: L. Burung ini juga merupakan satu-satunya spesies endemik Bali. dari suku Sturnidae.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful