You are on page 1of 17

Industri manufaktur

 Industri Rokok
 Industri Karoseri dan Body Repair
 Industri Tekstil & Garmen
 Industri Persenjataan Pesawat Tempur (Pabrikan Sari Bahari, Malang)

Industri kecil dan mikro

 Industri Tempe dan Keripik Tempe
 Industri Makanan & Minuman
 Industri Kerajinan Kaos Arema
 Industri Kerajinan Sarung Bantal Dekorasi
 Industri Kerajinan Rotan
 Industri Kerajinan Mebel
 Industri Kerajinan Topeng Malangan
 Industri Kerajinan Lampion
 Industri Kerajinan Patung & Taman
 Industri Kerajinan Keramik & Gerabah
 Industri Advertising dan Percetakan

Kompleks industri manufaktur dan sentra industri mikro

 Kompleks Industri Karya Timur
 Kompleks Industri Karanglo
 Kompleks Industri Pandanwangi
 Sentra Industri Keripik Tempe Sanan
 Sentra Industri Mebel Blimbing
 Sentra Industri Rotan Arjosari
 Sentra Industri Keramik Dinoyo
 Sentra industri sarang burung

Pendidikan
Perguruan tinggi

Malang juga dikenal sebagai Kota Pendidikan, karena memiliki sejumlah perguruan tinggi
ternama, Sebagai kota pendidikan, banyak mahasiswa berasal dari luar Malang yang kemudian
menetap di Malang, terutama dari wilayah Indonesia Timur seperti Bali, Nusa Tenggara,
Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan Papua, bahkan dari luar negeri sekalipun. berikut adalah
nama-nama perguruan tinggi di Malang :

 Universitas Brawijaya (UB)
 Universitas Negeri Malang (UM)
 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malik Ibrahim)

 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)  Universitas Merdeka Malang (UNMER)  Universitas Gajayana (UNIGA)  Universitas Islam Malang (UNISMA)  Universitas Kanjuruhan (UNIKAN)  Universitas Wisnuwardhana Malang  Universitas Widyagama (UWIGA)  Universitas Ma Chung  Universitas Kristen Ciptawacana  Universitas Katolik Widya Karya  Universitas Tribhuwana Tungga Dewi  IKIP Budi Utomo  Institut Pertanian Malang  Institut Teknologi Palapa Malang  Institut Teknologi Nasional (ITN)  Politeknik Negeri Malang (POLINEMA)  Politeknik Kota Malang (POLTEKOM)  Politeknik Kesehatan Malang (POLTEKES)  Perguruan Tinggi ASIA  Akademi Pemerintah Dalam Negeri  Akademi Penyuluh Pertanian (APP)  Akademi Kebidanan Widyagama Husada Malang  Akademi Keperawatan Ken Dedes  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Negeri  Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)  Sekolah Tinggi Teknik Atlas Nusantara  Sekolah Tinggi Bahasa Asing Malang  Sekolah Tinggi Filsafat Theologi Widya Sasana  Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indoçakti  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kertanegara  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jaya Negara  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemnas Indonesia  Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sunan Giri  Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Malang  Sekolah Tinggi Teologi Satyabhakti  Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana  Sekolah Tinggi Teknik Budi Utomo  Sekolah Tinggi Sosial Politik Waskita Darma  Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia  STECOM RRI (STT RRI) Malang  STIKES Maharani Malang  STIKES Widyagama  STIE Malangkuçeçwara  STMIK Indonesia .

Selain itu ada SMK Negeri 8 Malang. SMK Negeri 5 Malang. MAN 2 Malang. Madrasah Aliyah (MA) Selain sekolah menengah umum. dipelopori oleh SMA Negeri 3 Malang. Sebagai sekolah yang berbasis Pendidikan Agama Islam. Sekolah ini sudah terkenal di dunia Internasional dan Nasional karena prestasi dan Kualitasnya yang sangat baik. Albertus Malang (SMA Dempo). SMAK Santa Maria (SMA Langsep). Sekolah Menengah Atas (SMA) Selain perguruan tinggi.  STMIK Ppkia Pradnya Paramita  DLL Kompleks Universitas Brawijaya (kiri gambar) terlihat dalam Skyline Kawasan Malang Barat. Madrasah Aliyah di Kota Malang ini juga mampu bersaing dengan sekolah umum lainnya. SMAK Cor Jesu. 5. SMK Negeri 12 Malang. yang berstatus SMK Bertaraf Internasional.maka dibentuklah sekolah ketarunaaan yaitu SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur dibawah TNI AL Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Selain itu ada SMK yang menjadi andalan kota Malang yaitu SMK Negeri 4 Malang. 8. Sedangkan SMA Swasta lainnya yang cukup bergengsi di Kota Malang antara lain SMA Katolik Kolese Santo Yusup (Hua Ind). selanjutnya diikuti oleh SMA Negeri 1. Adapun sekolah swasta yang menjadi pesaing adalah SMK Telkom Sandhy Putra Malang dan SMK PGRI 3 Malang. seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. . 10 Malang dan SMA Katolik St. 4. bahkan mampu meraih prestasi nasional. Beberapa di antaranya bahkan telah ditetapkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Di Kota Malang juga terdapat Madrasah Aliyah (MA) Negeri dan Swasta. Berbeda dengan SMA dan SMK yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan. dan MAN 3 Malang (MAN 3 Malang lebih dikenal dengan Madrasah Terpadu karena berada dalam satu kompleks bersama MIN 1 Malang dan MTsN 1 Malang). Madrasah Aliyah Negeri ada tiga.Kemudian sesuai dengan mandat Gubernur Jawa Timur. Madrasah Aliyah Swasta lebih banyak didirikan dan dikembangkan oleh yayasan dan organisasi Islam. SMK Cor Jesu. ada beberapa sekolah menengah atas yang namanya sudah terkenal hingga tingkat nasional bahkan internasional. yakni MAN 1 Malang. Madrasah Aliyah berada di bawah naungan Kementerian Agama. Charis National Academy dan sebagainya.

lugas dan bangga dengan identitasnya sebagai Arek Malang (AREMA) serta menjunjung tinggi kebersamaan dan setia kepada Malang. Salah satunya yang terkenal adalah Wayang Topeng Malangan (Topeng Malang). dinamis. yaitu sub-kultur budaya Jawa Tengahan yang hidup di lereng gunung Kawi. Madura. Hal tersebut terjadi karena Malang memiliki tiga sub-kultur.Kesehatan Berikut ini adalah daftar rumah sakit yang ada di kota Malang:  Rumah Sakit Dr. Etnik masyarakat Malang terkenal religius. dan Tengger). . Soepraoen  Rumah Sakit Umum Pemerintah Kota Malang  Persada Hospital  Rumah Sakit Katolik Panti Waluyo  Rumah Sakit Panti Nirmala  Rumah Sakit Umum PTPN XI Lavalette  Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang  Rumah Sakit Islam Malang  Rumah Sakit Islam Unisma  Rumah Sakit akademik Muhammadiyah  Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan  Rumah Sakit Lembaga Pemasyarakatan Malang  Sabilillah Medical Service (SMS)  Rumah Sakit Khusus Bedah Manu Husada  Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda  Rumah Sakit Ibu dan Anak Permata Hati  Rumah Sakit Ibu dan Anak Reffa Husada  Rumah Sakit Ibu Anak Mardi Waloeja Kauman  Rumah Sakit Ibu Anak Husanda Bunda  Rumah Sakit Ibu Anak Melati Husada  Rumah Sakit Ibu Anak Hermina Tangkuban Perahu  Rumah Sakit Ibu Anak Puri Bunda  Rumah Sakit Bersalin Mardi Waloeja Rampal  Rumah Sakit Bersalin Puri  Rumah Sakit Bersalin Harmoni Gajayana  Rumah Sakit Bersalin Muhammadiyah Kebudayaan Kekayaan etnis dan budaya yang dimiliki Kota Malang berpengaruh terhadap kesenian tradisional yang ada. namun kini semakin terkikis oleh kesenian modern. suka bekerja keras. dan sub-kultur Tengger sisa budaya Majapahit di lereng gunung Bromo-Semeru. Saiful Anwar  Rumah Sakit Tentara Dr. Gaya kesenian ini adalah wujud pertemuan tiga budaya (Jawa Tengahan. sub-kultur Madura di lereng gunung Arjuno.

sejak dahulu sebenarnya kesenian ini sudah dikenal oleh masyarakat Malang namun baru sekaranglah "Bantengan" lebih dikenal oleh masyarakat tidak hanya masyarakat lokal namun juga luar daerah bahkan mancanegara. biasa digelar pada tanggal 21 Mei. Ketoprak. Sendra tari. Lingkungan Taman Taman Alun-Alun Merdeka. Kuda Lumping.Di kota Malang juga terdapat tempat yang merupakan sarana apresiasi budaya Jawa Timur yaitu Taman Krida Budaya Jawa Timur. Reog. di tempat ini sering ditampilkan aneka budaya khas Jawa Timur seperti Ludruk. Khusus di Malang sering diadakan pergelaran bantengan hampir setiap perayaan hari besar baik keagamaan maupun peringatan hari kemerdekaan. Festival ini mengusung situasi kota pada masa lalu. Beberapa festival kota tahunan diantaranya adalah:  Festival Malang Kembali: Diadakan untuk memperingati HUT Kota Malang. . mengubah jalan-jalan protokol kota menjadi museum hidup selama kurang lebih 1 minggu festival ini diadakan. Wayang Orang. saat ini bertambah kesenian baru yang kian berkembang pesat di kota Malang yaitu kesenian "Bantengan" kesenian ini merupakan hasil dari kreatifitas masyarakat asli Malang. Festival tahunan yang menjadi event ikon kota juga sering diadakan setiap tahunnya. Wayang Kulit.  Karnaval Bunga  Karnaval Lampion: Biasa diadakan untuk merayakan hari raya imlek.

Hal ini menjadi perhatian pemerintah kota Malang untuk menata kembali lingkungan kawasan tersebut. Kota Malang merupakan salah satu kota terbersih dan terindah di Indonesia. Porong-Gempol. Taman Slamet)  Taman Ronggowarsito. terletak di belakang kompleks balai kota Malang  Alun-Alun Merdeka (terletak di depan Masjid Jami' Kota Malang)  Alun-Alun Tugu (terletak di depan balai kota Malang)  Hutan Kota Malabar  Merbabu Family Park  Taman Bentoel Trunojoyo. Jalan tol yang dalam waktu dekat segera terhubung dengan kota Malang adalah ruas Pandaan-Malang yang terhubung dengan ruas Surabaya-Porong. Jakarta  Taman Singha Merjosari  Taman Halmahera di Jl. Malang juga dihubungkan dengan beberapa jalan provinsi yang terhubung dengan Batu serta kota-kota lainnya di Jawa Timur. Blitar. Malang terhubung dengan jalan nasional. seperti Surabaya. Kediri. Kota Malang telah beberapa kali meraih penghargaan di antaranya adipura. Ruas tol . dan kota lainnya di Pulau Jawa. Malang juga terhubung dengan Jalur Lintas Selatan Jawa Timur sepanjang 635 kilometer yang menghubungkan antara Pacitan dengan Banyuwangi. terletak di Jalan Trunojoyo di depan Stasiun Kota Baru. yaitu Rute 23 dengan rute Gempol-Kepanjen. terlepas dari itu tak sedikit beberapa titik di Kota Malang masih terlihat kurang tertata. ibu kota Provinsi Jawa Timur. Namun. Pasuruan. terletak di Jl. wahana tata nugraha. Malang. adipura kencana. adiwiyata. Gunung Slamet (kini disebut Jl. terletak di sepanjang Jl. Ruas Tol Pandaan-Malang juga akan terhubung dengan ruas Gempol-Pasuruan yang menghubungkan Malang atau Jawa Timur bagian selatan dengan wilayah Tapal Kuda di Jawa Timur. yaitu pertemuan dari sejumlah jalan raya yang menghubungkan Malang dengan kota-kota lainnya di Pulau Jawa. Sidoarjo. dengan ikon Monumen Juang Penghargaan Di bidang lingkungan.Taman Bentoel Trunojoyo.  Taman Kunang-Kunang. serta Gempol Pandaan yang akan menghubungkan Malang dengan Surabaya. serta Jawa Timur bagian utara dan wilayah Mataraman (Jawa Timur bagian barat). Halmahera  Taman Slamet. Taman-taman kota yang rindang dan indah di beberapa sudut kota merupakan salah satu kuncinya. Taman kota di Malang di antaranya adalah:  Tarekot (Taman Rekreasi Kota). dan sebagainya. Transportasi Darat Jalan raya Kota Malang merupakan salah satu pusat transportasi darat yang terpenting di Jawa Timur bagian selatan. terletak tepat di depan Stasiun Kota Baru.

Pemberangkatan bus terakhir ke Surabaya habis pukul 22. NTB dan Sumatera baik kelas ekonomi. Malang-Banyuwangi kereta api Tawang Alun (ekonomi). Malang-Jombang dan Malang-Tuban. Kereta api Stasiun Malang Kota Baru Kota Malang dilalui jalur kereta api jurusan Malang-Jakarta oleh kereta api Gajayana (eksekutif). Untuk jalur kereta api yang melalui Surabaya-Malang-Blitar-Kediri-Kertosono adalah Kereta api harian kelas ekonomi (Penataran) melayani jalur Surabaya-Malang via Bangil. Serta Kereta api Tumapel (ekonomi) jurusan Malang-Surabaya. kereta api Bima (eksekutif) .30 WIB dan Baru ada pagi hari pukul 03. Jurusan Malang-Bandung-Jakarta kereta api Malabar (eksekutif-bisnis-ekonomi) dan Mutiara Selatan (eksekutif dan bisnis ac). kereta api Jayabaya (Ekonomi AC non-PSO).Terminal Gadang melayani rute Malang-Lumajang. Untuk pemberangkatan tujuan luar kota Malang terminal Arjosari tidak siaga 24 jam. Stasiun utama adalah Stasiun Malang (Kotabaru) (+444 M). Terminal tersebut hanya disinggahi oleh angkutan kota. Namun. tepatnya di daerah Mulyorejo Kecamatan Sukun. tepatnya di daerah Madyopuro (dekat Sawojajar) dan Sub-Terminal Mulyorejo yang terlatak di sebelah barat daya Kota Malang. 2 Stasiun lainnya adalah Stasiun Malang Kotalama (+429 M) dan Stasiun Blimbing (+460 M). saat ini keberadaan Terminal Gadang telah digantikan oleh Terminal Hamid Rusdi yang terletak kurang lebih 2 KM di sebelah timur Terminal Gadang. Bus Untuk jalur bus. Terminal Arjosari yang merupakan terminal terbesar di Malang melayani rute ke seluruh jurusan kota-kota utama di pulau Jawa.Pandaan-Malang juga akan menghubungkan kota Malang dengan Bandara Abdul Rachman Saleh.00 WIB. Jurusan Malang-Yogyakarta kereta api Malioboro Ekspres (eksekutif dan ekonomi ac non-pso). dan Matarmaja (Ekonomi AC PSO). Bisnis maupun eksekutif. . Terminal Arjosari relatif aman dari calo yang sering memaksa penumpang. Bali. Saat ini biaya peron/jasa ruang tunggu Terminal Arjosari telah dihapuskan (gratis). Sedangkan Terminal Landungsari melayani rute Malang- Kediri. Adapun 2 sub terminal lainnya adalah Sub-Terminal Madyopuro di bagian timur Kota Malang. kereta api Majapahit (Ekonomi AC non-PSO). Sedangkan untuk kedatangan bus dari luar kota ke Arjosari siaga 24 jam. Malang-Blitar-Tulungagung-Trenggalek.

mulai bulan Mei Tahun 2015. Dari sana. monorel itu nantinya akan menjangkau pusat pendidikan. 6 Tahun 2015 tentang Tarip Angkutan) sebesar Rp4. Sedangkan mikrolet untuk jalur luar kota (dari Kota Malang ke Kabupaten Malang atau Kota Batu) berwarna selain biru tua. Denpasar. Bandara Abdul Rachman Saleh menghubungkan Malang dengan kota-kota lainnya di Indonesia seperti Jakarta.[15][16][17] Rencananya. dan lain sebagainya. Mikrolet jalur dalam kota berwarna biru tua dengan kode garis warna yang beragam untuk membedakan jalurnya.. Berikut ini trayek angkutan kota yang melewati jalur dalam Kota Malang Trayek Angkutan Kota Malang [tampilkan] Angkutan Massal Cepat Pemerintah kota Malang tengah merencanakan pembangunan sistem transportasi massal dalam kota berbasis rel dalam bentuk Monorel dan kereta gantung Gondola.(untuk pelajar). yakni mikrolet untuk jalur dalam kota dan mikrolet untuk jalur luar kota.Angkutan kota Kelima terminal yang ada di Kota Malang terhubung dengan berbagai angkutan kota (biasa disebut angkota atau mikrolet). Termasuk juga dengan angkot yang menuju sub-terminal. Bandara Abdul .[14] Beberapa pengamat transportasi dari perguruan tinggi di Malang menilai wacana pembangunan kereta gantung Gondola tidak cocok menjadi alat transportasi massal di Malang karena tidak sesuai dengan mobilitas masyarakat setempat yang tinggi serta pertimbangan aspek keamanan dan keselamatan penumpang. Arjosari- Landungsari (AL)dengan garis putih-merah. BL (Batu-Landungsari) berwarna ungu muda.000.000. Makassar. contoh: Arjosari-Gadang (AG) dengan garis warna oranye (saat ini huruf G diganti dengan huruf H untuk Hamid Rusdi).[18] Udara Kota Malang dan seluruh kawasan Malang Raya dilayani oleh sebuah bandar udara yang bernama Bandar Udara Abdul Rachman Saleh yang lokasinya berada di Kecamatan Pakis. dan lain sebagainya.(untuk umum) dan Rp 2. sehingga saat ini Pemerintah Kota Malang fokus mematangkan wacana pembangunan Monorel yang telah mendapat sambutan dari masyarakat Kota Malang dalam mengatasi kemacetan yang terjadi di jalan-jalan protokol Kota Malang.. TA (Tumpang-Arjosari) berwarna putih atau putih-hijau. Trayek angkutan kota Terdapat sekitar 25 trayek angkota di Kota Malang. dan sebagainya. Tidak semua angkota di Malang beroperasi 24 jam hanya angkot yang melewati jalur tengah saja yang melayani penumpang 24 jam seperti angkot AG dan GA (Arjosari-Gadang) via alun-alun. mal dan rumah sakit. Sejak penyesuaian subsidi BBM. Landungsari-Dinoyo-Hamid Rusdi (LDG. Angkota atau mikrolet ini ada 2 macam. contoh: LA (Lawang-Arjosari) berwarna hijau. monorel tersebut akan diletakkan di depan Stasiun Malang. Kabupaten Malang. sebelumnya LDH)dengan garis warna putih. tarif angkota di Kota Malang ini (sesuai Peraturan Walikota Malang No.

bandara ini akan terhubung dengan ruas tol Malang-Pandaan yang tengah dalam tahap perencanaan. seperti balap mobil drag race yang memerlukan lintasan yang panjang.Rachman Saleh juga menjadi bandara terbesar kedua di Jawa Timur setelah Bandara Juanda di Surabaya. Kuliner Masakan Kota Malang mempunyai beberapa Masakan khas. di antaranya:  Bakso  Orem-orem  Bakso Bakar  Cwie Mie / sejenis pangsit mie dengan taburan sawi hijau  Rawon khas Malang  Soto ayam Gang Lombok  Kaldu kambing kacang hijau  Soto kambing Tunggulwulung  Nasi Bug  Nasi pecel  Sop dengkul  Sayur asem dengan buah apel  Tahu campur  Mendol  Tahu Telur Jajanan Kota Malang mempunyai beberapa Jajanan khas. di antaranya:  Tempe dan Kripik tempe Sanan  Tahu sukun  Orem-orem  Arbanat  Mendoan  Tempe Kacang  Gandos  Kokam Idol Grup . Rencananya. Bandara ini mulai berkembang sejak peristiwa Lumpur Lapindo yang menghambat perjalanan dari Malang ke Bandara Juanda.[19][20] Selain itu. Sebelumnya bandara ini adalah bandara militer yang sesekali digunakan untuk kegiatan tertentu. Bandara Abdul Rachman Saleh akan ditingkatkan statusnya menjadi bandara internasional serta memperpanjang landasan pacu bandara.

Kota Malang dipilih sebagai sister dari AKB48 dari. Minuman Kota Malang mempunyai beberapa Minuman khas. salah satu klub sepak bola kebanggaan Malang Raya . dll)  Pia mangkok  Strudel  Kue ayas Olahraga Stadion Gajayana Arema Cronus.. nangka. di antaranya:  Kripik buah (kripik apel. di antaranya:  Angsle  Ronde  Es Gandul Oleh-oleh Kota Malang mempunyai beberapa Oleh-oleh khas.Tokyo dan JKT48 dari Jakarta membentuk saudara grup baru MLG48 diambil dari nama Malang.

Kota Malang memiliki sebuah stadion besar yaitu Stadion Gajayana yang berkapasitas 35. klub sepak bola asal Kota Malang Di Malang terdapat beberapa klub olahraga.000 penonton yang menjadi markas utama dari Arema Cronus dan Persema Malang.25 RTV Nasional Televisindo Rajawali Corpora UHF MHz PT Nusantara Damai 26 511. renang. voli. di antaranya:  Arema Cronus (Sepak bola)  Persema Malang (Sepak bola)  Bima sakti Nikko Steel / Avian Bima Sakti (Basket)  United Kencana Bike Team Sepeda  Sasana Arema Singo Edan BC Tinju  Sasana Dhory Gym BC Malang Tinju  Sasana d’Kross Malang Kirno Armase Tinju  Sasana Gajayana Boxing camp Tinju  Sasana Jaguar BC Malang Tinju  Sasana Yon Bek Ang Boxing Camp Tinju  Brazilian Martial Arts Capoeira Senzala Malang Capoeira  mis(malang inline skate) sepatu roda  Obelisk Malang (Flag Football) Cabang olahraga yang berkembang pesat di Malang di antaranya adalah sepak bola. tennis.Persema Malang. Media Televisi Daftar televisi terestrial (analog)[21] Kanal Signal Nama Status Nama Perusahaan Jaringan Pemilik PT Bama Berita 22 479.25 Dhamma Lokal PT Dhamma Joti UHF MHz TV .25 Sarana Televisi PT Bina Informasi Bios TV Lokal UHF MHz PT Media Bintang Optima Solusindo Cemerlang PT Metropolitan 24 495. dan lain sebagainya. bulu tangkis.

25 Nasional Lembaga Penyiaran Indonesia TVRI UHF MHz TVRI Jawa Publik TVRI Pemerintah Jawa Lokal Timur Timur 44 655.25 Nasional Televisi SCTV Surya Citra Media UHF MHz PT Elang Citra Perkasa PT Televisi Transformasi 47 679.25 PT Cakrawala Andalas antv Visi Media Asia UHF MHz Televisi PT Media Televisi 45 663.25 LPP Lokal Pemerintah Kota atv UHF MHz Agropolitan TV Batu Lokal PT Jawa Pos Media 34 575.25 Media Nusantara Global TV Nasional Bermutu UHF MHz Citra PT GTV Tiga 32 559.25 Media Nusantara MNCTV Citra Televisi UHF MHz Citra PT TPI Tiga PT Indosiar Visual 38 607.25 Batu TV Lokal PT Batu TV TempoTV .25 Trans TV Indonesia Trans Media UHF MHz PT Trans TV Jayapura Surabaya 48 687.25 Media Nusantara RCTI Televisi Indonesia UHF MHz Citra PT RCTI Tiga TVRI Pemerintah 42 639.25 Indonesia Metro TV Media Group UHF MHz PT Media Televisi Lestari Satu PT Surya Citra 46 671.25 Televisi Jawa Pos JTV Jawa Pos Group UHF MHz PT Jannah Batu TV Televisi PT Media Nusantara 36 591.Kanal Signal Nama Status Nama Perusahaan Jaringan Pemilik PT Lativi Media Karya 28 527.25 tvOne Nasional PT Lativi Media Karya Visi Media Asia UHF MHz Surabaya dan Jambi PT Global Informasi 30 543.25 Mandiri Indosiar Surya Citra Media UHF MHz PT Indosiar Surabaya Nasional Televisi PT Rajawali Citra 40 623.

25 Indonesia NET.5 http://rri.co.3 Radio Kencana FM 91.25 PT Malang Miko TV UHF MHz Infrakomindo Televisi 57 759.html RRI Malang Pro 2 FM 87.id/malang/home.6 RRI Malang Pro 4 FM 105.25 Nusantara Tivi Tujuh Trans 7 Nasional Trans Media UHF MHz PT Trans 7 Surabaya Manado 50 703.1 Radio Citra Swara FM 99.Kanal Signal Nama Status Nama Perusahaan Jaringan Pemilik UHF MHz PT Duta Visual 49 695.25 Malang TV Lokal PT Malteve UHF MHz 51 711.9 RRI Malang Pro 3 FM 94.9 http://kencanafm.25 PT Arema Televisi Arema TV UHF MHz Malang Lokal 62 799.25 CRTV PT Syiar Media UHF MHz Radio Artikel utama untuk bagian ini adalah: Daftar stasiun radio di Malang.25 MHTV PT Media Hutama UHF MHz Malang Televisi 54 735.4 .25 Universitas UBTV Komunitas UHF MHz Brawijaya PT Net Mediatama 58 767.25 Gajayana PT Gajayana Media Lokal STTV UHF MHz TV Karya 56 751. Jawa Timur di antaranya: Nama Frekuensi Situs RRI Malang Pro 1 FM 91. Nasional Indika Group UHF MHz PT Televisi Anak Kota Malang 60 783.com/ Radio Tritara Yaksa FM 106.25 itv Malang Komunitas UHF MHz 52 719.

1 Radio Puspita FM 103.htm Sound FM FM 96.5 Radio Sejahtera FM 107.5 http://rcbfm.9 Radio Citra Swara FM 99.sound962fm.4 Radio Dakwah Islamiyyah (RDI) FM 100.0 http://www.com/ Radio Tritara FM 106.com/ Kalimaya Bhaskara FM 102.2 http://www.5 http://www.5 Radio Gita Lokaswara FM 102.com/ Mitra FM FM 97.kosmonitafm.solagraciafm.4 Radio H2FM FM 100.4 http://www. Nama Frekuensi Situs Radio Senaputra FM 104.com/ Radio Kosmonita FM 95.com/ Radio Suara Sangkakala FM 107.com/ Radio Al-Umm FM 102.0 http://mitrafm.sejahterafm.com/ Radio KDS8 FM 97.2 http://www.radiomasfm.93elfarafm.7 Mitra Adi Swara (MAS) FM FM 104.1 Bhiga FM FM 107.2 Radio Elfara FM 93.net/ Radio Tidar Sakti FM 90.8 Radio Solagracia FM 98.3 http://www.1 Radio Kanjuruhan FM 106.7 http://radiomakobufm.0 Radio Makobu FM 88.radioh2fm.9 Nama Frekuensi Situs Buletin dan media massa lokal  Media Ummat (Tabloid terbitan MUI Kota Malang)  Jawa Pos Radar Malang  Memo Arema  Malang Post  Malang Ekspres Rupa-Rupa .8 UMM FM FM 93.com/ Radio Madina FM (Masjid Jami') FM 99.3 http://www.com/ Radio Cakra Buana (RCB) FM 89.mfmmalang.com/malang-prof.5 Radio MFM (Malang Kuçeçwara) FM 101.2 http://www.3 Radio Andalus FM 91.

Sejumlah tokoh besar di tanah air yang berasal dari Malang antara lain adalah Andrie Wongso. Kanjuruhan. Singosari. Yuni Shara. mempunyai produksi apel melimpah yang pusat produksinya berada di luar wilayah kota Malang. Di sana apel diolah menjadi bermacam- macam makanan maupun minuman. sebagai kota yang menyimpan misteri embrio tumbuhnya kerajaan- kerajaan besar seperti Tumapel. di antaranya adalah Andhika Pratama. Politeknik Negeri Malang. situasi kota yang tenang. Julukan  Paris van Oost-Java. penduduknya ramah.  Kota Apel. bagaikan kota "Paris" di timur Jawa. Krisdayanti. Demak dan Mataram. . kondisi alam yang elok dan menawan. Apel ini banyak di ekspor ke dalam dan luar negeri.  Kota Bunga. tenang dan fasilitas wisata yang memadai merupakan ciri-ciri sebuah kota tempat berlibur. Di kota Malang ini didirikan tempat pelatihan militer. yang termasuk wilayah Kabupaten Malang.  Kota Olahraga.Tokoh Malang Artikel utama untuk bagian ini adalah: Daftar tokoh Malang Malang banyak melahirkan tokoh-tokoh besar di tanah air. contohnya Sari apel. yakni Kota Batu dan Poncokusumo.  Kota Militer. Widjojo Nitisastro. Kabupaten Malang.  Kota Susu. cita-cita yang merebak di hati setiap warga kota senantiasa menyemarakkan sudut kota dan tiap jengkal tanah warga dengan warna-warni bunga. bersih. dan pada zaman Jepang dibangun lapangan terbang "Sundeng" di kawasan Perumnas sekarang. Mochtar Riady.  Kota Wisata. Susu yang didapatkan berasal dari sapi luar negeri sehingga susu yang diperoleh mempunyai kualitas bagus. Manisan dll. Sejumlah artis-artis besar di tanah air juga berasal dari Malang. Yuki Kato. yang paling terkenal dengan olah raga sepak bolanya terbukti dengan berdirinya 2 team sepak bola seperti Persema dan Arema yang mempunyai prestasi cukup baik di tingkat regional dan nasional. iklimnya yang sejuk serta kotanya yang bersih dan indah. dan lain-lain.  Kota Pendidikan. Ririn Dwi Ariyanti. Munir. Franda. karena kondisi alamnya yang indah. sejuk. Sudomo. Keripik Apel. Kediri (Dhoho). Universitas Islam Negeri Malang. terpilih sebagai Kota Kesatrian. dan lain-lain. Banyak lahir bibit-bibit olahragawan yang berasal dari Malang. Mojopahit. Della Puspita. Sedikitnya ada lima universitas negeri yang berdiri di Malang: Universitas Brawijaya. Universitas Negeri Malang. harga makanan yang relatif murah dan fasilitas pendidikan yang memadai sangat cocok untuk belajar/menempuh pendidikan. mempunyai produksi susu skala nasional dan internasional yang produksinya terletak di Kecamatan Pujon. Di kota Malang juga terukir awal kemerdekaan Republik bahkan kota Malang tercatat masuk nominasi akan dijadikan Ibukota Negara Republik Indonesia. Politeknik Negeri Kesehatan Malang dan puluhan atau mungkin ratusan PTS. asrama dan mess perwira di sekitar lapangan Rampal. Rizal Djibran.  Kota Sejarah.di tambah lagi supporter yang sangat fanatik dan atraktif Ngalamania serta Aremania.

com | Kampung Bamboo Mewek jadi juara di ajang lomba Festival Rancang Malang". Inggris  Pécs. ^ Kota Bandung dan Kota Malang 4. Kroasia[25]  Nonsan. ^ a b Dahlia Irawati. Kompas Daring Edisi 16 Oktober 2009.id. Diakses tanggal 2017-02-17. pegunungan Butak-Kawi-Panderman. Wahyu Puji (2016-01-01).bps.id (dalam en-US). ISSN 411-7258 Check |issn= value (bantuan).merdeka. ^ a b c "Malang . 11.co. 7.  Kota Kuliner. harianbhirawa. Perancis  Manchester. https://malang. Diakses 16-10-2009. ^ Ketua Komisi C DPRD Kota Malang 3.300 Tahun Lalu Ditemukan. karena Malang memiliki banyak universitas negeri ataupun swsta yang cukup terkenal sehingga banyak orang dari luar pulau yang pindah ke Malang untuk mencari pendidikan yang lebih baik dari kota lain. ^ Anton Sutiaji Resmi Pimpin Kota Malang Gantikan Peni Suparto 2. . yaitu pegunungan Arjuno-Welirang. dan pegunungan Bromo-Tengger-Semeru. Diakses 16-10-2009. Diakses tanggal 2017-04-19. ^ "BPS Provinsi Jawa Timur". ^ [1] 9. 8. "BAHASA WALIKAN SEBAGAI IDENTITAS AREK MALANG".  Kota Dingin. ^ Fondasi Kuno 1.Merdeka. Diakses tanggal 2017-04-19. RRT[28] Lihat pula  Wilayah Metropolitan Malang Referensi 1.com. 5.go. karena memiliki letak geografis yang dikelilingi pegunungan. Fondasi Peninggalan Kerajaan Kanjuruhan di Malang. ^ Hanggoro. Edisi 15 Oktober 2009. Ketua dan Wakil DPRD Kota Malang Tancap Gas 10. karena di Malang banyak terdapat jenis makanan khas yang menggugah selera banyak wisatawan.  Kota Pelajar. jatim. Kota kembar Kota-kota yang menjadi mitra kerjasama (kota kembar) dari kota Malang adalah:  Lyon. ^ Sah Dilantik. 6. ^ a b c "Bamboo Mewek Jadi Kampung Tematik Terbaik | Harian Bhirawa Online". Hongaria[22]  Tasikmalaya. Ditemukan. ETNOGRAFI (dalam Indonesian) 16 (1): 23–30. Korea Selatan[26][27]  Fuqing. Kompas daring. Indonesia[23][24]  Varaždin.

^ Pemkot Malang Matangkan Rencana Monorel dan Kereta Gantung 15. ^ "Tasikmalaya Tertarik Pengelolaan Sampah di Kota Malang | | Media Center Kendedes | Info Publik Kota Malang". KOMPAS. REDAKSI. 26. 20.12. Bisnis.com". "Tasikmalaya Belajar Kelola Sampah Sampai ke Malang | Kabar24 - Bisnis. ^ MEDIA. Diakses tanggal 2016-11-05. Diakses tanggal 2016-11-05.com". ^ a b c Choirul. "Peristiwa: Ada Kemiripan Antara Kota Malang dan Kota Varasdin | Malang TIMES". ^ Media.com". . ^ "Ini persoalan jika Abdulrachman Saleh jadi bandara internasional | merdeka. Diakses tanggal 2016-11-05. Diakses tanggal 2016-11-05. "Peristiwa: Proyek Monorel Tinggal Selangkah Lagi. "Peristiwa: Kampung Bamboo Mewek Juara I Lomba Kampung Tematik Festival Rancang Malang | Malang TIMES". 21. merdeka. Surya Malang. Diakses tanggal 2016-11-05. Diakses tanggal 2017-04-17.id 22. 13. Diakses tanggal 2016-11-05.com.malangkota. ^ "Bandara Abdulrachman Saleh Akan Jadi Bandara Internasional". Diakses tanggal 2016-11-05. 25.com. "Jajaki Kerja Sama. Muhammad (2016-11-12). Republika Online.Kompas.com. M Anton. Surya Malang.MalangVoice". Diakses tanggal 2017-04-19.go. Malang TIMES. ^ a b c JTN. mediamalang.com (dalam id-ID). Diakses tanggal 2016-11-05. ^ Media. MalangVoice (dalam id-ID).com. Malang Pikirkan Pembangunan Monorel - Kompas. ^ JTN. Malang TIMES. Pemerintah Kota Nonsan Korsel Akan Kunjungi Malang . "Dorong Partisipasi Masyarakat. REDAKSI. 18. ^ "Korsel-Malang Jajaki Kerjasama Pengembangan Smart City". BIG. ^ "Bangun Sister City" (dalam id-ID). Malang TIMES. REDAKSI. KOMPAS. Diakses tanggal 2016-11-05. 17. Diakses tanggal 2017-04-19.go. ^ JTN.com". Investor Nyatakan Siap | Malang TIMES". ^ "Kota Malang dan Kota Fuqing Tiongkok Jalin Kerja Sama Sister City".id. 24. 19. Diakses tanggal 2016-11-05. Ini Dia Juara Lomba Kampung Tematik . ^ Daftar dari malangkota. 27. 23. ^ "Gondola Dinilai tak Cocok Jadi Alat Transportasi di Malang | Republika Online". mediacenter.okezone. Diakses tanggal 2016-11-05. Kompas Cyber. 16.com. 28. economy. 14. "Atasi Kemacetan. Beber Rencana Pembangunan Monorail via Instagram". Diakses tanggal 2016-11-05. Kompas Cyber. ^ "Wali Kota Malang.