Makalah Museum Mandar Majene

Sabtu, 31 Desember 2016
Makalah Museum Mandar Majene

MAKALAH
PANCASILA
“ MUSEUM MANDAR MAJENE ”

DISUSUN OLEH :

NAMA : MUH. TASLIM
PRODI : PEND. FISIKA
NIM : H0416319

FAKULTAS MIPA
UNIVERSITAS SULAWESI BARAT
KABUPATEN MAJENE
TAHUN 2016/2017

... Tujuan ............... maka dari itu saran dan kritik yang membangun.......Amin yarobbal alamin.. Saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan...... Puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karuniaNya penulis bias menyelesaikan sebuah makalah yang berjudul “Museum Mandar Majene” yang di laksanakan pada Hari sabtu 17 Desember 2016............................................. Dalam makalah ini penulis akan menjelaskan tentang beberapa hal mengenai museum mandar majene.........4 B......... Pembahasan ..... sangat saya harapkan demi menyempurnakan makalahini. Latar belakang masalah ........................... KATA PENGANTAR Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu........ Harapan saya semoga penyusunan makalah dapat bermanfaat bagi saya khususnya maupun pembaca..........4 BAB II. Lewat makalah ini juga saya mengucapkan terima kasih khususnya kepada bapak dosen yang telah memberikan saya kesempatan untuk melakukan perjalanan ke museum mandar majene ini....... Rumusan masalah ..... sehingga penyusunan makalah ini dapat berjalan dengan baik..... Majene................. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu...............4 C...................18 Desember 2016 Penyusun DAFTAR ISI Kata pengantar Daftarisi BAB I....................................................... Pendahuluan A.....

................. Makassar.......... numismatik......... geografi........ Salah satu tempat bersejarah di mandar yaitu museum mandar majene. Universitas Sulawesi Barat berkesempatan untuk mengunjungi satu-satunya (sampai saat ini) museum yang ada di Sulawesi Barat yakni Museum Mandar Majene... Sebelum terjadi pemekaran suku mandar masuk dalam wilayah Sulawesi selatan bersama dengan etnis Bugis..kami mengadakan perjalanan wisata ke museum untuk menambah wawasan pengetahuan yang lebih banyak.....5 C. benda-benda bersejarah di museum ini sudah lebih dari 1400 jenis yang terdiri atas koleksi benda geologi.7 BAB III.............................. heraldik.......... keramik......5 B..... arkeologi. Gambar (koleksi) museum mandar BAB IV.. Sejarah kebudayaan mandar...... PENDAHULUAN A.... biologi.................. secara historis dan cultural mandar tetap terkait dengan “sepupu-sepupu” serumpunnya di Sulawesi Selatan............. Bagaimana sejarah Museum Mandar? .......12 B............ Sejarah museum mandar........ filologi................................................................ sejarah................... Tentang museum mandar. RUMUSAN MASALAH Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah pada makalah ini adalah : 1. senirupa....... LATAR BELAKANG Beberapa hari yang lalu saya dan teman-teman Program Studi Fisika.. Penutup A........... hingga teknologi.. Di dalam museun yang didirikan pada tanggal 2 agustus 1984 ini terdapat bermacam-macam benda bersejarah yang berasal dari segala penjuru Sulawesi Barat.. Dalam kunjungan kami tersebut kami mendengarkan penjelasan dari pemateri mengenai suku mandar..... Kesimpulan .................................. B........... Walaupun telah mekar menjadi provinsi sendiri............ Kami melakukan tugas pancasila.. Sampai saat ini... etnografi.. Mandar merupakan salah satu etnis suku yang mendiami provinsi Sulawesi barat.................. Saran .........................................................12 BAB I...........A.Serta melihat peninggalan-peninggalan bersejarah yang merupakan semangat patriotism dan nasionalisme.. dan Toraja...

hingga teknologi. numismatik. Pada 1989 status hukum Museum Mandar Majene dialihkan dari status swasta (yayasan) menjadi Museum Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Majene dengan suratKeputusan Bupati KDH Tk.2. meliputi koleksi geologi. Beberapa jenis benda bersejarah yang disimpan di Museum Mandar antara lain fosil batu. Namun. etnografi. heraldik. sejarah. heraldik. Tanggal 21 Desember 1984 yang di keluarkan oleh Sistke Limewa. benda- benda bersejarah di museum ini sudah lebih dari 1400 jenis yang terdiri atas koleksi benda geologi. etnografi. filologi. 57 Tangnga-tangnga. senirupa. Mengetahui sejarah kebudayaan mandar ! BAB II. arkeologi. Yayasan Museum Mandar didirikan dengan Akte Pendirian Nomor 171. II Majene Nomor 142/HK-KPTS/IX/1989. Museum Mandar mempunyai koleksi sejumlah 1. SH.Terdapat bermacam-macam benda bersejarah yang berasal dari segala penjuru Sulawesi Barat. dengan lokasi sementara satu ruangan kelas SD Inpres No. Sampai saat ini. Bagaimana sejarah kebudayan Mandar ? C. dari sekian banyak koleksi benda di museum ini. arkeologi. Diputuskan pula pemindahan lokasi museum dari lokasi lama ke seluruh bangunan bekas rumah sakit umum Majene sampai sekarang. Didirikan juga Yayasan Museum Mandar oleh beberapa tokoh masyarakat dengan tujuan meningkatkan pembangunan dalam bidang pelestarian benda-benda budaya. Untuk mengetahuai sejarah Museum Mandar ! 2. filologi. TENTANG MUSEUM MANDAR Museun yang didirikanpada tanggal 02 agustus 1984.304 buah. numismatik. geografi. biologi. keramik. PEMBAHASAN A. senirupa. SEJARAH MUSEUM MANDAR Museum Daerah Mandar didirikan berdasarkan salah satu keputusan Seminar Kebudayaan Mandar di Majene pada 2 Agustus 1984. Usul pendirian Museum Mandar disambut baik oleh Pemda Tingkat II Kabupaten Majene dengan menunjuk bekas rumah kediaman Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kabupaten Majene yang sementara ditempati oleh Pembantu Gubernur Wilayah I Mandar. keramik. koleksi yang paling banyak menarik minat pengunjung adalah koleksi benda-benda bersejarahnya. geografi. sejarah. A. biologi. dan teknologi. dan Pejabat Akte Tanah Kota Madiya Ujung Pandang. senjata tajam . TUJUAN Berdasarkan rumusan masalah diatas maka tujuan makalah ini adalah ? 1.

Jam 09:00 . Jam 08:00 . Bangunan ini sebelumnya adalah gedung rumah sakit yang sudah digunakan sejak zaman kolonial Hindia Belanda.000. Kel. Usia benda-benda kuno itu pun bervariasi. keramik.16:30 Hari Sabtu – Minggu : 1.per orang Anak-anak : Rp. Sulawesi Barat. 4. Banggae.16:30 Biaya Tiket Masuk Orang Dewasa : Rp. Berikut rincian harga tiket dan waktu operasional Museum mandarmajene. Majene.. Museum initerletak di Jalan Raden Suradi No.12:00 2. Biaya tiket yang sangat terjangkau juga salah satu alasan para wisatawan yang ingin berwisata dengan modal yang sedikit. Prov. aneka pakaian adat. 17. dan berbagai benda kuno lainnya.11:30 2. bahkan ada yang diperkirakan telahberusiaribuantahun. Menjaga kebersihan museum dengan membuang sampah pada tempatnya . Pengunjung hanya bisa membawa alat tulis dan dokumentasi lainnya kedalam Museum.000. Bangunan ini mengandung nilai historis dan menjadi saksi bisu peristiwa penting yang terjadi di era kolonial maupun ketika rakyat Mandar turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. gedung yang didirikan tahun 1900 ini masih menyisakan ciri khas Eropa. Lokasi museum yang mudah di jangkau diharapkan akan mudah menarik wisatawan lokal maupun asing untuk berkunjung dan belajar mengenai nenek moyang suku mandar. Jam 14:00 . Jam 08:00 . tradisional. piring kuno. Setiap pengunjung terlebih dahulu melaporkan diri kepada pengelola Museum baik lisan maupun tertulis ketika akan masuk kemuseum 2. Waktu Operasional : Hari Senin – Kamis: 1. Kab.16:00 Hari Jum`at: 1. Jam 14:00 . 3.. 3. Bangunangedung Museum Mandar sendiri juga termasuk bangunan cagar budaya. 2.per orang Peraturan museum : 1. Kec. Menjaga ketertiban keamanan dimuseum mandar Majene dengan tidak berbicara dan berperilaku yang bisa menimbulkan kegaduhan dalam lingkungan Museum. Secara fisik. Pangali-ali.

Namun demikian tampak penulisnya menyatakan dengan jelas bahwa hal itu hanya diperkirakan (digunakan kata mungkin). berdasarkan keterangan dari A. penyebutan itu dalam pengembangan berubah penyebutannya menjadi Mandar. Kata Mandar dalam penuturan orang Balanipa berarti sungai 3. Setiap kelompok atau organisasi kemasyarakatan yang akan memakai fasilitas museum agar melapor terlebih dahulu kepada pengelola museum. merubah apa lagi memindahkan koleksi museum mandar majene. 6. Kebutuhan-kebutuhan masyarakat tersebut untuk sebagian besar dipenihi oleh kebudayaan yang bersumber dari masyarakat itu sendiri. kata Mandar berasal dari kata mandar yang berarti “Cahaya”. Saharuddin. sehingga diperkirakan kemungkinan dahulunya dikenal dengan penyebutan Sungai Mandar. kata mandar memiliki tiga artiyaitu : 1. Kebudayaan berfungsi memenuhi kebutuhan hidup manusia. sementara menurut Darwis Hamzah berasal dari kata mandag yang berarti “Kuat”. sehingga dapat dikatakan kebudayaan selalu pada setiap rumpun masyarakat di muka bumi. Sungai itu kini lebih dikenal dengan nama Sungai Balangnipa. tedapat . selain itu ada pula yang berpendapat bahwa penyebutan itu diambil berdasarkan nama Sungai Mandar yang bermuara di pusat bekas Kerajaan Balanipa (Saharuddin. Dalam setiap masyarakat manusia. baik yang bersifat supranatuaral maupun kebutuhan materil. Pengunjung bisa menanyakan kepada pengelola Museum mengenai koleksi yang dipamerkan. 2. dan standar prilaku yang didukung oleh sebagian warga masyarakat. Nadara-Yanduru-Nadra yang dalam perkembangan kemudian terjadi perubahan artikulasi menjadi Mandar yang berarti tempat yang jarang penduduknya. Kebudayaan adalah sejumlah cita-cita. Kebudayaan pada dasarnya telah ada semenjak hadirnya manusia pertama dimuka bumi ini. Pengunjung tidak diperkenankan duduk diatas tempat koleksi 7. Meskipun demikian penting untuk disadari bahwa semua itu bukan berarti keseragaman. SEJARAH KEBUDAYAAN MANDAR Sejarah arti kata mandar. Menurut penulisnya. Mandar berasal dari konsep Sipamandar yang berarti saling kuat menguatkan. nilai. Hal ini tentu mengarahkan perhatian kita pada adanya penyebutan Teluk Mandar dimana bermuara Sungai Balangnipa. 8. B. menyentuh. Saiful Sinrang. 1985:3).5. Pengunjung museum tidak diperkenankan memegang. Selain itu. dijumpai keterangan tentang asal kata Mandar yang berbeda. dalam buku dari H. Mandar berasal dari Bahasa Arab.

yang merupakan warisan dari nenek moyang mereka. nenek moyang suku Mandar hanya mengandalkan angin saat berlayar. dan sebagai bapak perserikatan seluruh kerajaan dalam wilayah mandar Pitu ulunna Salu dan Pitu Ba’pana Binanga. Perahu lete' ukuran besar bahkan memiliki daya angkut sebesar 50 ton. Museum tersebut juga menampilkan keunikan suku Mandar. Pengunjung bisa mengenali pakaian adat. perahu-perahu layar tradisional itu sudah mengalami banyak perubahan. Lalu. perahu lete' mampu menangkut barang hingga 15 ton. Pangali-ali. ada beberapa replika berbagai jenis perahu tradisional. Mereka mengarungi lautan Indonesia hingga ke Kalimantan bahkan ke daerah Nusa Tenggara dengan mengandalkan perahu layar tradisional." ungkap Firdaus Umar dari Museum Mandar Majene.kemudian kebudayaan dapat dipahami sebagi identitas suatu rumpun masyarakat bersangkutan. Kecamatan Banggae. "Karena ujung layarnya runcing. Ya. Akan tetapi dalam makna kualitas serta symbol dapat kita batasi diri dalam lingkup kerajaan Balanipa sebagi peletak dasar pembangunan kerajaan (landasan idial dan landasan structural). Museum ini cocok menjadi tempat informasi untuk mengenal lebih dalam mengenai perahu tradisional suku Mandar. Ada pula maket perahu ba'go yang memiliki daya angkut hingga 100 ton dan menggunakan dua layar. . Di sini. makanya disebut sandeq. tak hanya urusan laut. serta keahlian membaca bintang. Mandar sebagai salah satu suku di sulawesi selatan memiliki aneka ragam corak kebudayaan yang khas. bentuk rumah. sandeq sendiri berarti “runcing”. Sebab. Pengelompokkan ini dimaksudkan dalam suatu kelompok pengkajian yang disebut “lagaligologi”. perahu layar tradisional suku Mandar. Dengan penuh keahlian. Salah satunya adalah perahu lete'. Walau bentuknya kecil. Provinsi Sulawesi Barat. yang digunakan mengangkut barang antar pulau.Suku mandar adalah satu- satunya suku bahari dinusantara yang berhadapan langsung dengan laut dalam. Museum Mandar Majene berada di Jalan Raden Suradi Nomor 17.perbedaan-perbedaan kebudayaan khas dan unik. Tentu paling kentara adalah penggunaan motor di sandeq. Kini. hingga peralatan rumah tangga. Badan perahu yang runcing di depan dan belakang juga menjadi versi nama sandeq. Namun ia menuturkan ada beberapa versi yang menyebutkan asal-usul nama sandeq tersebut. di museum ini terdapat beragam informasi mengenai kebudayaan suku Mandar. Kabupaten Majene. Mandar sesuai dengan makna kuantitas yang dikandung dalam konteks geografis merupakan wilayah dari batas paku (wilayah polmas) sampai surename (wilayah kabupaten mamuju). etnis Toraja (toraya). Mandar adalah nama suatu suku (etnis) yang terdapat di sulawesi selatan dan nama budaya dalam Lembaga Budayaan Nasional dan Lembaga Pengkajian Budaya Nasional. tanpa ada pulau yang bergugus. ada perahu layar dengan satu layar maupun dengan dua layar. Suku Mandar yang mendiami kawasan pesisir Provinsi Sulawesi Barat sejak lama terkenal sebagai pelaut ulung. Diistilahkan sebagai etnis karena Mandar merupakan salah satu kelompok etnis dari empat suku yang mendiami kawasan provinsi Sulawesi Selatan yakni etnis Makassar (makasara’). etnis Bugis (ogi’). Teknologi kelautan mereka sudah demikian sistematis. yaitu perahu tanpa layar. Ada maket perahu body.

BAB III. Salah satunya adalah Museum Mandar Majene yang berarsitektur khas Eropa tersebut adalah bekas rumah sakit. Rumah sakit itu dibangun pada tahun 1908 dan sekarang beralih fungsi menjadi museum. Ruangan lain yang menarik adalah ular sawah yang diawetkan. salah satunya adalah Majene sebagai pusat pemerintahan Sulawesi Barat. Di salah satu ruangan. Tak heran. Di masa kolonial Belanda. Belanda mendirikan enam pusat pemerintahan di Pulau Sulawesi. Banyak yang tak tahu bahwa Majene adalah salah satu kota tua peninggalan Belanda di Indonesia. koleksi kedokteran peninggalan rumah sakit Belanda tersebut dipamerkan. GAMBAR (KOLEKSI MUSEUM MANDAR MAJENE) . Ular jenis piton tersebut ditangkap di Buttu Tupa' Allo pada 1 Januari 2010. ada beberapa peninggalan bangunan Belanda.

2.1. .

5. 6. 3. 4. .

Berbagai macam Ragam seni tari yang ada di Mandar 6. Kuburan Raja-raja Mandar 1. Bebrapa peraltan pandai besi 5. Beberapa fosil batu purbakala . 7. Salsalah rumah kerajaan Mandar 4. Beberapa perlatan yang digunakan sebagai alat untuk melindungi diri dari berbagaigangguan. Tokoh-tokoh pejuang yang ada di Mandar 2. 3.

KESIMPULAN Perjalanan ini memang sangat melelahkan.sehingga sehingga kita semua bisa melihat betapa indahnya karya allah swt. SARAN Penyusundengansegalaketerbatasan yang ada. kritikdan saran yang membangunsangatsayaharapkan. penulis dapat menyimpulkan bahwa obyek-obyek museum majene beraneka ragam. namun di balik itu semua terdapat sebuah pengalaman yang tidak pernah akan kami lupakan selama hidup kami. B. Olehkarenaitu. Dari penulisan laporan ini.36 Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest Tidak ada komentar: Posting Komentar Beranda Langganan: Posting Komentar (Atom) Arsip Blog  ▼ 2016 (1) o ▼ Desember (1)  Makalah Museum Mandar Majene Tema Tanda Air. Diberdayakan oleh Blogger. Sebagai warga majene yang baik. . sudah sepantasnya kita menjaganya agar tetap utuh dengan baik. BAB III PENUTUP A. Diposting oleh Unknown di 22.menyadaribahwalaporaninimasihjauhdari kata sempurna.