unegunegbocahnakal

Kamis, 02 Desember 2010
MANFAAT OLAHRAGA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Kesehatan adalah harta yang paling berharga tidak pernah bisa ditukar dengan apapun.
Hal tersebut dapat dirasakan saat kita mengalami sakit. Namun, dalam kehidupan modern saat ini
banyak orang yang melupakan pentingnya olahraga bagi tubuh. Mereka beralasan tidak ada
waktu untuk berolahraga dikarenakan sibuk oleh suatu pekerjaan. Padahal olahraga merupakan
cara untuk sehat yang paling murah dengan hasil yang mengagumkan untuk kesehatan tubuh.
Selain itu, olahraga dapat dilaksanakan kapanpun dan dimanapun kita suka melakukannya baik
siang maupun malam sesuai keinginan. Dalam melakukan olahraga,harus sesuai dengan prosedur
yang ditentukan agar mendapatkan hasil yang diharapkan. Olahraga tidak hanya berupa olahraga
fisik tetapi bisa berupa olahraga untuk mental.

Data Susenas 2003 dan 2006 menunjukkan budaya olahraga masyarakat masih rendah.
Pada tahun 2003,sebagian besar masyarakat berolahraga di sekolah yaitu 54,1 persen,disusul
kemudian olahraga sendiri 30,6 persen,dan olahraga lewat jalur perkumpulan 16,4 persen. Pola
serupa terjadi pada tahun 2006, yaitu olahraga di sekolah 58,2 persen,olahraga sendiri 26,9
persen,dan olahraga lewat jalur perkumpulan 15,3 persen. Data ini menunjukkan bahwa dalam
melakukan olahraga,masyarakat lebih besar didorong karena mengikuti kurikulum sekolah,
bukan karena kesadaran dan kemauan sendiri. Sementara dilihat dari tingkat perkotaan dan
pedesaan, masyarakat ysng melakukan olahraga lewat jalur sendiri lebih tinggi di perkotaan
dibandingkan di pedesaan. Namun masyarakat yang melakukan olahraga lewat jalur
perkumpulan di pedesaan lebih tinggi dibandingkan dengan di perkotaan.

penulis membatasi pada permasalahan tentang manfaat olahraga untuk meningkatkan kesehatan mental.maka identifikasi masalah dalam karay tulis ilmiah ini adalah : 1. Apa saja olahraga yang terbaik? 3.4. Berdasarkan pernyataan tersebut. Adakah hubungan kesehatan mental dengan kesehatan jasmani? 3.5. Apa pengertian olahraga? 2. Identifikasi Masalah Berdasarkan latar belakang masalah. 1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan olahraga tersebut? 1. Bagaimana proses olahraga? 4. Bagaimana olahraga dapat meningkatkan kesehatan mental? 2.3. Tujuan Penulisan . Kapan waktu yang baik untuk mulai olahraga? 5. Perumusan Masalah Berdasarkan pembatasan masalah yang dikemukakan.2. 1.penulisan karya tulis ilmiah ini dilakukan untuk mengetahui besarnya manfaat olahraga bagi kesehatan. Pembatasan Masalah Untuk mempermudah kajian.maka masalah dapat dirumuskan sebagai berikut : 1. Apa manfaat olahraga? 1. Penulisan ini diharapkan dapat segera mengingatkan masyarakat yang jarang atau bahkan tidak pernah melakukan olahraga.

Menggunakan peraturan yang tidak baku . games. 2.1. Pengertian Olahraga Pada hakekatnya makna olahraga menurut ensiklopedia Indonesia adalah gerak badan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang merupakan regu atau rombongan. Terpisah dari rutinitas b. dan prestasi puncak dalam pembentukan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas berdasarkan Pancasila. Manfaat Penulisan Manfaat penulisan karya tulis ilmiah ini yaitu : 1. 5. Menurut Edward (1973) olahraga harus bergerak dari konsep bermain.6. Memberikan informasi tentang waktu yang baik untuk memulai olahraga. Ruang lingkup bermain mempunyai karakteristik antara lain : a. Tidak produktif d. Menurut Cholik Mutohir olahraga adalah proses sistematik yang berupa segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong mengembangkan. Mengetahui manfaat yang diperoleh dari olahraga. Mengetahui olahraga yang terbaik untuk kesehatan tubuh. Sedangkan dalam Webster’s New Collegiate Dictonary (1980) yaitu ikut serta dalam aktivitas fisik untuk mendapatkan kesenangan dan aktivitas khusus seperti berburu atau dalam olahraga pertandingan (athletic games di Amerika Serikat). perlombaan atau pertandingan. Mengetahui proses dalam melakukan olahraga. 3. 1. BAB II PEMBAHASAN 2. Bebas c. Tujuan utama penulisan karya tulis ilmiah ini adalah untuk menambah wawasan serta pengetahuan tentang pentingnya olahraga serta manfaat yang dapat diperoleh jika melakukan olahraga. dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat dalam bentuk permainan. dan sport. Mengetahui pengertian olahraga. 4.

strategi. Ruang lingkup pada games mempunyai karakteristik antara lain : a. d. 2. Bersepeda Kalori yang terbakar per jam adalah 390 pada kecepatan 16 km per jam dan 660 pada kecepatan 20. Olahraga ini menyebabkan lebih sedikit kemungkinan cedera pada persendian atau otot dibandingkan dengan jogging. Ini adalah olahraga yang baik bagi seseorang yang baru mulai umtuk berolahraga. Ini adalah cara tepat untuk mendapatkan kebugaran tubuh dan menurunkan lemak.8 km per jam dan 390 pada kecepatan 6.dan kesempatan Sedangkan ruang lingkup sport adalah permainan yang dilembagakan.risiko cedera seseorang yang berenang lebih kecil dibandingkan seseorang yang berlari karena air memberikan kemampuan daya apung dan mengurangi tekanan yang berlebihan terhadap persendian dan tulang.bersepeda juga mempunyai kerugian seperti alat . Berjalan dapat dilaksanakan kapan saja dan di mana saja. Berjalan cepat (brisk walk) Kalori yang terbakar per jam adalah 270 pada kecepatan 4.dan bersepeda. b. Hasil ditentukan oleh keterampilan fisik.2.dengan risiko cedera yang kecil. Ada kompetisi b.yaitu berjalan cepat (brisk walk). Selain itu.berenang.dapat dilakukan di manapun.jogging. Untuk melakukan jogging. Jogging membutuhkan sedikit waktu dibandingkan dengan berjalan.6 km per jam.9 km per jam. Namun. Olahraga Terbaik Menurut para peneliti olahraga.Cooper olahraga yang paling baik adalah berenang. Jogging Kalori yang terbakar per jam adalah 530 pada kecepatan 8-9. a.karena melibatkan seluruh aktivitas otot utama dari tubuh dan memberikan hasil keseluruhan yang lebih dibandingkan olahraga lain.2 km per jam. c. Menurut Dr.ada empat olahraga terbaik untuk kesehatan.4 km per jam. Berenang Kalori yang terbakar per jam adalah 300 pada kecepatan 400 meter per jam atau 500 pada kecepatan 3.

menarik dan memanaskan otot-otot punggung. Fase aerobic harus dilakukan secara teratur sesuai jadwal yang telah ditentukan. .untuk 4 kali seminggu. Fase Pemanasan Fase pemanasan sangat penting.belakang. 2. c.dan kaki. Fase Aerobik Fase aerobic merupakan inti dari olahraga.fase aerobic.fase pendinginan dilakukan agar darah dapat dipompakan dari kaki menuju pusat system peredaran darah.namun banyak orang yang melalaikannya sehingga mengakibatkan cedera otot. Risiko untuk jatuh dari sepeda juga harus diperhitungkan. Fase aerobic yang baik dilakukan minimum 20 menit dan maksimum 30 menit.harus sesuai dengan urutan-urutan yang teratur agar dapat mencapai hasil yang diinginkan. Adapun proses dalam olahraga meliputi fase pemanasan. b.seperti otot kaki. Selain itu. Pemanasan mempunyai dua tujuan penting.hingga tubuh dapat bergerak berangsur-angsur untuk mendapat denyut jantung yang lebih tinngi. Fase Pendinginan Fase ketiga disebut fase pendinginan (cool down) yang memerlukan waktu minimum 5 menit. Kedua. d.yang meliputi kegiatan mengembangkan dan melenturkan otot. Fase Penyegaran Otot dan Tulang Fase terakhir ini dilakukan sedikitnya 10 menit. Umumnya dikonsentrasikan pada kelompok otot utama.menyiapkan denyut jantung.perut. Tujuan melakukan fase ini adalah untuk menambah kekuatan dan daya tahan agar dapat mengurangi kemungkinan cedera selama melakukan olahraga. Gerakan dalam fase ini cukup pelan agar detak jantung menurun secara berangsur-angsur.fase pendinginan.3.untuk bersepeda cukup mahal.dan fase penyegaran otot dan tulang melalui senam atau angkat besi. a.dan dada. Proses Olahraga Dalam melakukan olahraga.tangan.yaitu pertama.walaupun memiliki risiko kecil kecuali jika bersepeda di tengah keramaian atau pada saat cuaca buruk.

Ketika sang bayi lahir. Saat memasuki usia baya (pertengahan). Memperlancar peredaran darah.menyebabkan paru-paru berkembang melalui refleks dan reaksi kimia. 2. Selanjutnya.gerak tubuh atau olahraga ringan pada saat mengandung memberikan kelancaran kelahiran bayi. Memperkuat kerja otot jantung. 4. 6. Menurunkan denyut nadi dalam keadaan istirahat. Dorongan ilmiah menyebabkan tangan dan kaki selalu bergerak. Manfaat Olahraga Olahraga melelahkan. 2. Menormalisasi tekanan darah.pada usia remaja olahraga sangatlah bermanfaat karena olahraga dapat membawa remaja terhindar dari penyakit yang dapat menyerang orang-orang seusianya.baik fisik maupun mental.bahkan memberikan kesehatan yang lebih baik kepada ibu dan anak. 5. 2.ia langsung menggerakan badan.4. Merangsang pernapasan yang dalam.namun bila dilakukan dengan teratur dan sungguh-sungguh serta kita sadar akan manfaat yang diperoleh jika berolahraga. Gerakan tangan dan kaki pada bayi memberikan kelancaran peredaran darah yang membawa zat makanan dan oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu.dianjurkan agar bayi diajarkan untuk menggerakan kakinya secara bebas di udara. Olahraga dibutuhkan sejak bayi berada dalam kandungan ibu. Beberapa manfaat olahraga sebagai berikut : 1. Untuk usia 6-12 bulan. akan memberikan pengaruh yang positif bagi kesehatan. . Sang ibu selalu mengambil waktu untuk berjalan.5.olahraga di masa remaja membuat pertumbuhan yang sempurna. Dianjurkan untuk melakukan olahraga secara rutin.terutama pada saat bayi menangis. Waktu Untuk Memulai Olahraga Olahraga harus dimulai sejak dini. Memperbesar kapasitas darah dalam membawa oksigen sehingga lebih banyak darah yang dapat mencapai keseluruh bagian tubuh manusia. 3.olahraga sangatlah penting karena pada masa ini tenaga semakin menurun dan kerja jantung juga menurun.

22. 21.LDL.kanker. Membuat tidur nyenyak di malam hari. Bila dikombinasikan dengan makanan yang sehat. 10. Memberikan keseimbangan fisiologis system endoktrin.adrenalin.7.serta meredakan emosi negative. 11. Menambah tenaga listrik pada otak dan sel saraf. Menambah tenaga. Mengurangi kelebihan lemak pada tubuh.pancreas. Merangsang produksi endorphin dari otak. Olahraga menambah kekuatan mental dan menambah kapasitas dalam berpikir. 27. Mengurangi ketegangan dan depresi. Menambah daya tahan dan memperlambat keletihan. Meningkatkan kemampuan otak untuk berpikir. 24.tekanan darah tinggi. Membantu proses pencernaan dan mendorong kegiatan usus.sehingga kelenjar pituitary. 17. 9.obesitas. Mengurangi risiko kanker.diabetes. Berolahraga di bawah sinar matahari.akan menghasilkan vitamin D lebih banyak dan juga penyerapan kalsium dan zat besi. 16. 23. Membuat otot yang tegang menjadi luwes.mengurangi gas dan sembelit.dan seks lebih berdayaguna. .olahraga akan membantu mengurangi risiko arteriosklerosis. 14. 12.dan menaikkan HDL bila terlalu rendah. 8. 25. 20. Memperindah tubuh dan wajah.osteoporosis. Menolong seseorang mengatasi ketegangan hidup.dan penyakit keturunan kronis lainnya. Mengurangi proses penuaan. Mengurangi kolesterol.tulang. 26.dan trigliserides. Menguatkan otot. 13. 19. Memberikan keseimbangan berat badan. 15.dan jaringan pengikat tubuh. 18.

Dengan melakukan olahraga dapat meningkatkan kesegaran jasmani hal ini dikarenakan beberapa alasan. 29.dopamine. Selain itu.akan memelihara keharmonisan. Olahraga yang dilakukan bersama keluarga.dapat menambah daya ingat.bila mengikuti petunjuk yang tepat.1. ENDOGENOUS OPIOIDS Endogenous merupakan satu system hormone yang berfungsi sebagai morphine. Reseptornya didapatkan di dalam hypothalamus dan system limbic otak yang berhubungan dengan emosi dan tingkah laku manusia.depresi. b. Pikiran seseorang mempengaruhi kesehatannya. Olahraga akan membantu memberikan umur yang panjang. Manfaat Olahraga Meningkatkan Kesehatan Mental Olahraga meningkatkan kesehatan mental mempunyai makna sama dengan olahraga dapat mencerdaskan otak.olahraga dapat memperlambat serangan penyakit jantung. Sistem hormon “endogenous opioids” salah satunya adalah beta endorphin yang berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri dan memberikan kekuatan menghadapi kanker. Gelombang alpa dapat terlihat pada seseorang yang melakukan jogging 20-30 menit dan tetap dapat diukur setelah olahraga. Penyalur saraf otak sepert norepinephrine (NE) dan serotonin (5-HT) terlibat dalam depresi dan .seks.5.cemas.diantaranya : a.tekanan darah. PENYALUR SARAF OTAK Olahraga dapat memperlancar kegiatan penyalur saraf di otak.kelenjar pituitari meningkatkan produksi beta endorphin sehingga konsentrasi beta endorphin meningkat di dalam darah yang dialirkan pula ke otak sehingga mengurangi nyeri.28.dan serotonin di dalam otak sehingga mengurangi depresi. Orang yang depresi atau frustasi menyebabkan kesehatannya menurun. Olahraga dapat meningkatkan norepinephrine.dan pertukaran udara.dan perasaan letih. 2. Gelombang alpa di otak berhubungan dengan rileks dan keadaan santai seperti saat bermeditasi. GELOMBANG OTAK ALPA Saat olahraga. Untuk itulah diperlukan kesegaran jasmani sebagai dasar dinamik dan kreatif untuk kegiatan berpikir.terjadi peningkatan gelombang alpa di otak. 30.menormalkan selera. Kecerdasan dan keterampilan seseorang hanya dapat berfungsi saat tubuh dalam keadaan sehat. Saat berolahraga. c.dan kebahagiaan rumah tangga.kerukunan. Bila seseorang dilahirkan dengan pembuluh darah yang sempit.

meningkatkan daya ingat. BAB III PENUTUP 3. Apabila jantung diperkuat. Stres dan depresi terjadi karena berkurangnya NE di dalam otak.  Melakukan olahraga dengan biaya yang relatif murah. schizophrenia.2.otak pun demikian. 3. Melakukan olahraga selama 15-30 menit dengan frekuensi 3-5 kali per minggu dapat mengembangkan sistem pembuluh darah jantung dan paru-paru.mengurangi kecemasan dan depresi.  Olahraga dapat membantu otak untuk berfungsi dengan lebih baik secara intelek.  Olahraga dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun.1.  Olahraga dapat menenangkan pikiran. Kesimpulan Kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan yang diulas adalah :  Olahraga dapat menjaga kesehatan fisik dan mental.Saran .

Kuntaraf.T. Saran yang penulis berikan dari kesimpulan yang didapat yaitu : 1. Indonesia .1987.51 Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest Tidak ada komentar: Poskan Komentar Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda Langganan: Poskan Komentar (Atom) Mengenai Saya Fika Novianti Tangerang.  Kuntaraf. Bandung: Percetakan Advent Indonesia. Dr. DAFTAR PUSTAKA  www. 3. Lakukan olahraga sesuai dengan aturan-aturan yang ditentukan. Banten. Olahraga Sumber Kesehatan. Kathleen L. K. Lakukan olahraga minimal 10-15 menit. Berolahragalah secara teratur. Josaputra.Dr. Interaksi Antara Proses Menua Olahraga dan Kesehatan. 2.kompas.Jonathan dan dr.keterangan gambar kulit. Diposkan oleh Fika Novianti di 07.1992. Jakarta: Penerbit Bhatara Karya Aksara.com  Prof.

Diberdayakan oleh Blogger.  MANFAAT OLAHRAGA  SEBUAH PENGAKUAN  TERIMA KASIH TUHAN  BULAT Pengikut Tema Perjalanan.BERI AKU AMNESIA  Tahukah kamu??? dikostan kami ada hantu hehehehehe.. . Simple :) Lihat profil lengkapku Arsip Blog  ► 2014 (1)  ► 2013 (3)  ► 2012 (18)  ► 2011 (24)  ▼ 2010 (7) o ▼ Desember (7)  Overdosis obat  TUHAN..