D

I

S

U

S

U

N

OLEH :

NAMA : MASNALIA
NIM : C116013

TAHUN AJARAN 2016/2017

saya menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Saya panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat- Nya. yang telah melimpahkan rahmat.Wb Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang. KATA PENGANTAR Assalamu Alaikum Wr. sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang “Manfaat Olahraga Dalam Kesehatan Keluarga dan Masyaraka”. Untuk itu saya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini. Majene. Oleh karena itu dengan tangan terbuka saya menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini. dan inayah-Nya kepada kami. Makalah ilmiah ini telah saya susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang “Manfaat Olahraga Dalam Kesehatan Keluarga dan Masyarakat ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca. April 2017 Penyusun ii . Terlepas dari semua itu. hidayah.

...... DAFTAR ISI Kata Pengantar ......................................................................... 6 D................... 12 Daftar pustaka iii ...................................... Olahraga terbaik dalam kesehatan .................................................................................................................................................................... Latar belakang ................................................................ Kesimpulan .................................. 5 A............................................................................................................... 5 B.... Proses dalam melakukan olahraga ........................................................................................................... 5 C................................. 3 Bab III Pembahasan ............................................................................ Saran ... 12 B...................................... 1 B............................ 2 Bab II Teori ... 2 D................................. Tujuan .... Rumusan masalah .................... 12 A....... 7 Bab IV Penutup ................................... Manfaat ........................................................................................ 1 A..................................... ii Daftar isi ....... Pengertian Olahraga .................... iii Bab 1 Pendahuluan .. Manfaat olahraga bagi kesehatan ............ 2 C.............................................................................................

ini merupakan tujuan umum yang setiap ada disetiap benak manusia. Sebagian orang sering menggunakan olahraga sebagai ajang uji keberanian sampai ada yang menggunakan olahraga sebagai media perjudian. LATAR BELAKANG Kesehatan merupakan salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi kebugaran dan penampilan tubuh. tujuan khusus setiap orang dalam berolahraga pasti berbeda- beda. banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. tidak seorangpun yang ingin sakit atau terganggu kesehatannya. Dengan berolahraga. Namun di samping tujuan secara umum di atas. Hal tersebut dapat dirasakan apabila kita pernah sakit. karena semua orang pasti ingin sehat. Oleh karena itu setiap orang tentu mendambakan hidup sehat bahagia dan ingin selalu tampak sehat. penampilan yang bagus dan awet muda. 1 . Olahraga dan kesehatan merupakan kebutuhan bagi setiap orang. bugar. Olahraga tentunya merupakan suatu upaya manusia untuk mencapai kesehatan. olahraga juga bisa membantu kita mengisi waktu luang secara sehat. Namun tujuan ini sering di salah gunakan oleh kebanyakan orang. Selain dapat membuat tubuh kita sehat. tidak lekas keriput karena menua. BAB 1 PENDAHULUAN A. serta harta yang paling berharga yang tidak pernah bisa ditukar dengan apapun. Kita bisa mengajak teman dan keluarga untuk ikut serta berolahraga bersama kita.

B. 2. Apa manfaat olahraga bagi kesehatan keluarga dan masyarakat? D. 4. Apa proses dalam melakukan olahraga ? 4. 3. Apa olahraga yang terbaik untuk kesehatan tubuh?. Mengetahui pengertian olahraga. Mengetahui manfaat olahraga bagi kesehatan keluarga dan masyarakat C. TUJUAN 1. MANFAAT Pembaca sadar akan pentingnya berolahraga Menambah wawasan tentang olahraga Memahami bahwa olahraga bermanfaat bagi kesehatan 2 . 3. Mengetahui proses dalam melakukan olahraga. Mengetahui olahraga yang terbaik untuk kesehatan tubuh. Apa pengertian olahraga ? 2. RUMUSAN MASALAH 1.

sikap dan tindakan. dan prestasi puncak dalam pembentukan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas berdasarkan Pancasila. games. dan aktivitas khusus seperti berburu atau dalam olahraga pertandingan (athletic games di Amerika Serikat)Menurut Cholik Mutohir olahraga adalah proses sistematik yang berupa segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong mengembangkan. dan sport. Perilaku merupakan fungsi karakteristik individu dan lingkungan.Untuk penjelasan pengertian olahraga menurut Edward (1973). Kesehatan 1. keperibadian. dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat dalam bentuk permainan. Sedangkan dalam Webster’s New Collegiate Dictonary (1980). dan sikap yang saling berinteraksi satu sama lain dan kemudian berinteraksi pula dengan faktor-faktor lingkungan dalam menentukan perilaku. 2010). BAB II TEORI Pada Hakekatnya makna olahraga menurut ensiklopedia Indonesia adalah gerak badan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang merupakan regu atau rombongan. olahraga yaitu ikut serta dalam aktivitas fisik untuk mendapatkan kesenangan. perlombaan/pertandingan. Faktor lingkungan memiliki kekuatan 3 . sifat. 2. Karakteristik individu meliputi berbagai variabel seperti motif. Perilaku merupakan hasil daripada segala macam pengalaman serta interaksi manusia dengan lingkungannya yang terwujud dalam bentuk pengetahuan. olahraga harus bergerak dari konsep bermain. Ruang lingkup bermain mempunyai karakteristik antara lain. perilaku merupakan respon/reaksi seorang individu terhadap stimulus yang berasal dari luar maupun dari dalam dirinya (Notoatmodjo. nilai- nilai.

Teori perubahan perilaku ini biasa digunakan dalam perubahan perilaku masyarakat khususnya kesehatan dengan memanfaatkan tokoh masyarakat sekitar yang dianggap mempunyai peran penting dan mempunyai suritauladan khususnya dibidang kesehatan. besar dalam menentukan perilaku. 3. teori perubahan perilaku self efficacy yang menekankan adanya contoh dalam diri seseorang sehingga perilaku seseorang dicontoh oleh masyarakat sekitar hingga menjadikan sebuah budaya masyarakat. 2010). Menurut Judge dan Bono ( 2001). bahkan kekuatannya lebih besar dari karakteristik individu (Azwar. Pendekatan perubahan perilaku masyarakat didasarkan pada tokoh masyarakat sekitar yang mempunyai pengaruh lebih atau suritauladan dalam perilaku hidup sehat 4 .

Berjalan dapat dilaksanakan kapan saja dan di mana saja. BAB III PEMBAHASAN A. Olahraga terbaik dalam kesehatan tubuh Menurut para peneliti olahraga. Pengertian Olahraga Olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana untuk memelihara gerak (mempertahankan hidup) dan meningkatkan kemampuan gerak (meningkatkan kualitas hidup).dengan risiko cedera yang kecil. B. 1.berenang.ada empat olahraga terbaik untuk kesehatan. Ini adalah olahraga yang baik bagi seseorang yang baru mulai umtuk berolahraga. 5 . tidak dapat ditinggalkan. rohani dan sosial. Seperti halnya makan. Jogging membutuhkan sedikit waktu dibandingkan dengan berjalan. Untuk melakukan jogging.jogging.8 km per jam dan 390 pada kecepatan 6. Olahraga merupakan alat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani. Jogging Kalori yang terbakar per jam adalah 530 pada kecepatan 8-9.4 km per jam.dan bersepeda. Ini adalah cara tepat untuk mendapatkan kebugaran tubuh dan menurunkan lemak.yaitu berjalan cepat (brisk walk). 2. Berjalan cepat (brisk walk) Kalori yang terbakar per jam adalah 270 pada kecepatan 4.6 km per jam. Olahraga merupakan kebutuhan hidup yang sifatnya periodik. artinya Olahraga sebagai alat untuk memelihara dan membina kesehatan.dapat dilakukan di manapun.

2 km per jam.walaupun memiliki risiko kecil kecuali jika bersepeda di tengah keramaian atau pada saat cuaca buruk. Adapun proses dalam olahraga meliputi fase pemanasan. Bersepeda Kalori yang terbakar per jam adalah 390 pada kecepatan 16 km per jam dan 660 pada kecepatan 20.bersepeda juga mempunyai kerugian seperti alat untuk bersepeda cukup mahal.karena melibatkan seluruh aktivitas otot utama dari tubuh dan memberikan hasil keseluruhan yang lebih dibandingkan olahraga lain. 3. Olahraga ini menyebabkan lebih sedikit kemungkinan cedera pada persendian atau otot dibandingkan dengan jogging.fase pendinginan. Pemanasan mempunyai dua tujuan penting. Fase Pemanasan Fase pemanasan sangat penting.dan fase penyegaran otot dan tulang melalui senam atau angkat besi.fase aerobic. 1. Berenang Kalori yang terbakar per jam adalah 300 pada kecepatan 400 meter per jam atau 500 pada kecepatan 3. 4.yaitu pertama. Namun.Cooper olahraga yang paling baik adalah berenang.9 km per jam. Menurut Dr.harus sesuai dengan urutan- urutan yang teratur agar dapat mencapai hasil yang diinginkan.risiko cedera seseorang yang berenang lebih kecil dibandingkan seseorang yang berlari karena air memberikan kemampuan daya apung dan mengurangi tekanan yang berlebihan terhadap persendian dan tulang.namun banyak orang yang melalaikannya sehingga mengakibatkan cedera otot. Selain itu. Proses Dalam Melakukan Olahraga Dalam melakukan olahraga. C.menarik dan memanaskan otot-otot 6 . Risiko untuk jatuh dari sepeda juga harus diperhitungkan.

belakang.dan dada. Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Keluarga Dan Masyarakat Di zaman yang modern ini. punggung. serta membakar lemak dan kalori. Beberapa manfaat olahraga di antaranya adalah melancarkan peredaran darah. 3.perut.untuk 4 kali seminggu. Fase Penyegaran Otot dan Tulang Fase terakhir ini dilakukan sedikitnya 10 menit. hal ini memang tidak terasa. 7 .fase pendinginan dilakukan agar darah dapat dipompakan dari kaki menuju pusat system peredaran darah.tangan. olahraga itu sangat penting sekali bagi kesehatan tubuh kita. Fase Pendinginan Fase ketiga disebut fase pendinginan (cool down) yang memerlukan waktu minimum 5 menit.dan kaki.menyiapkan denyut jantung. Selain itu. Gerakan dalam fase ini cukup pelan agar detak jantung menurun secara berangsur- angsur. Fase aerobic harus dilakukan secara teratur sesuai jadwal yang telah ditentukan. D.seperti otot kaki. Padahal.hingga tubuh dapat bergerak berangsur-angsur untuk mendapat denyut jantung yang lebih tinngi. Di saat sehat. orang terlalu sibuk dengan pekerjaannya dan lupa atau terlalu lelah untuk berolahraga. barulah kita menyadari pentingnya olahraga. mengurangi resiko darah tinggi dan obesitas. tetapi jika sudah terserang penyakit. 4. 2. Fase aerobic yang baik dilakukan minimum 20 menit dan maksimum 30 menit. Fase Aerobik Fase aerobic merupakan inti dari olahraga. Tujuan melakukan fase ini adalah untuk menambah kekuatan dan daya tahan agar dapat mengurangi kemungkinan cedera selama melakukan olahraga. Kedua.yang meliputi kegiatan mengembangkan dan melenturkan otot. Umumnya dikonsentrasikan pada kelompok otot utama.

dan kesehatan mental. Menaikkan daya tahan tubuh. Jika senang berolahraga. Selain itu. Semakin sering dan lama mereka melakukannya. berenang. dan lari merupakan cara terbaik mengurangi stres. Kabarnya. atau lama tapi dilakukan dengan santai. dopamin. maka penurunan mental kian lambat. pikiran jernih. aktivitas ini bisa meningkatkan hormon- hormon baik dalam otak seperti adrenalin. 2. 1. Latihan aerobik dapat meningkatkan kemampuan jantung dan membuat Anda lebih cepat mengatasi stres. Bahkan lebih jauh lagi. kita juga bisa membuat mental lebih sehat. Aktivitas seperti jalan kaki. stres berkurang dan menimbulkan perasaan bahagia. banyak orang yang merasakan manfaat aktivitas itu setelah sembilan minggu melakukannya secara teratur tiga kali seminggu. kreativitas. bersepeda. Cukup berupa jalan kaki disekitar rumah. Para ahli percaya bahwa hal-hal ini dapat mendorong reaksi fisik dan mental yang lebih baik. Meningkatkan kemampuan Latihan fisik yang rutin dapat meningkatkan konsentrasi. Daniel Landers. Membantu menunda proses penuaan. meski dalam waktu yang singkat namun intensif. Olahraga dapat mengurangi kegelisahan. bisa membantu mengendalikan amarah. Mengurangi stres. 3. riset terbaru menunjukkan bahwa dengan berolahraga minimal 10 menit setiap harinya. profesor pendidikan olahraga dari Arizona State University mengungkapkan lima manfaat olahraga bagi otak kita. 4. Latihan ini tidak harus dilakukan dalam intensitas tinggi. Karena olahraga bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan mempercepat aliran darah menuju otak. 8 . serotonin. Riset membuktikan bahwa latihan sederhana seperti jalan kaki secara teratur dapat membantu mengurangi penurunan mental pada wanita diatas 65 tahun.

dan obesitas. Karena itu. mereka yang tidak aktif berolahraga (yang membakar tidak lebih dari 500 kalori per minggu dalam kegiatan olah raga) lebih cenderung mengidap penyakit jantung. Umumnya semakin mahir seseorang dalam suatu aktivitas. Hutapea dalam bukunya "Menuju Gaya Hidup Sehat" mengungkapkan. Landers mengatakan. namun bukan berarti pengobatan bisa langsung dihentikan. dan endorfin. Albert M. Hormon ini berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan suatu riset membuktikan bahwa remaja yang aktif berolahraga merasa lebih percaya diri dibandingkan dengan teman-temannya yang tidak melakukan kegiatan serupa. hiperkolesterolemia. diabetes melitus. apalagi bagi yang mengalami depresi berat. Di antaranya. olahraga selama empat bulan dengan frekuensi tiga kali seminggu dan setiap latihan selama 30 menit bisa mengatasi gejala ini tanpa obat. olah raga 9 . 5. artritis. olahraga sedikitnya 16 minggu bisa menimbulkan efek samping yang sama dengan menelan obat anti depresi. Sementara para peneliti di Duke University menemukan bahwa 60 persen orang depresi ringan dan sedang. tekanan darah tinggi.000 alumnus Universitas Harvard menunjukkan. untuk orang yang menderita depresi ringan dan sedang. Meski tergolong langkah yang mujarab. Memperbaiki kepercayaan diri. penelitian selama 16 tahun terhadap 17. yakni munculnya penyakit yang disebabkan oleh hipokinesia (kurang gerak). jantung.Studi yang dilakukan di Inggris memperlihatkan bahwa 83% orang yang memiliki gangguan mental mengandalkan olahraga untuk meningkatkan mood dan mengurangi kegelisahan. maka kepercayaan diri pun akan meningkat. Malas berolahraga dengan alasan kurang memiliki waktu dalam jangka panjang dampaknya cukup buruk.

tentunya. Dengan aktivitas itu. Mudah lemas dan kekuatan otot pun kurang maksimal. baik yang secara langsung maupun tidak langsung. kita akan selalu siap sedia melayani relasi bisnis. Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak menimbun penyakit di kemudian hari akibat pola hidup yang tidak kita kontrol dan tidak diimbangi olahraga. akan membawa hasil postif bagi kesehatan fisik juga psikis bagi pelakunya. Sudah pasti jika olahraga yang kita lakukan dengan baik dan benar dalam porsi dan prosedur latihan yang pas.menjadi keharusan bila ingin hidup sehat. Olah raga mesti dijadikan bagian dari gaya hidup. yang dimaksud dengan olah raga sebenarnya adalah kegiatan yang dilakukan begitu rupa sehingga jantung cukup terbebani. Porsi latihan yang berlebih juga tidak bagus bagi tubuh. Akan tetapi. terlalu jarang bergerak tidak akan membuat tubuh kita merasa segar dan ini bisa berakibat pada labilnya keadaan struktur tulang. Jika sudah begini. Akan berbeda keadaannya jika kita rajin berolahraga. Sesuai dengan anjuran para ahli. Tiap-tiap orang memiliki batas gerak tubuh yang berbeda. ada hal yang perlu dihindari. fokus latihannya bukan lagi pada proses pembentukan 10 . kondisi tulang yang kuat dan tidak mudah patah. Mulai dari otot-otot yang terjaga elastisitas dan kekuatannya. Olah raga dan rekreasi merupakan pilihan yang tepat untuk menyegarkan diri kembali. ada kemungkinan tulang akan tumbuh tidak kuat.Jika demikian. Dengan tubuh yang selalu segar bugar. Selain itu usai melakukan aktivitas bisnis sepanjang hari. membuat tubuh kecapaian. serta metabolisme tubuh yang terus berkembang dan terjaga dengan baik. Dalam arti luas. Gerak otot dan tulang yang terlalu diforsir dapat menyebabkan cedera otot dan persendian juga. secara perlahan tubuh kita akan memperbaiki keadaan strukturnya.

Jadi sebaiknya. tapi lebih kepada proses penyembuhan dan terapi pemulihan tubuh dari cedera. Anda lebih berkonsentrasi kepada bagaimana Anda berolahraga secara rutin dan aman bagi keadaan fisik Anda.kesehatan organ-organ tubuh pelaku. 11 .

Berolahragalah secara teratur. Olahraga dapat menjaga kesehatan fisik dan mental. Lakukan olahraga sesuai dengan aturan-aturan yang ditentukan. B.dan bersepeda.meningkatkan daya ingat. Saran Saran yang penulis berikan dari kesimpulan yang didapat yaitu : 1. 6. Olahraga dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. 3. 2.berenang.jogging. Lakukan olahraga minimal 10-15 menit. 5.fase pendinginan.ada empat olahraga terbaik untuk kesehatan.fase aerobic.mengurangi kecemasan dan depresi. Olahraga dapat membantu otak untuk berfungsi dengan lebih baik secara intelek. 12 . Menurut para peneliti olahraga. 3. Kesimpulan Kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan yang diulas adalah : 1. Olahraga dapat menenangkan pikiran. 2. Proses olahraga meliputi fase pemanasan.yaitu berjalan cepat (brisk walk). BAB IV PENUTUP A.dan fase penyegaran otot dan tulang melalui senam atau angkat besi 4.

Kuntaraf.1992. K.keterangan gambar kulit. Josaputra.T. DAFTAR PUSTAKA www. Kuntaraf. Kathleen L.com/2007/10/19/olahragapendidikan2/ http://crescent13.com Prof. http://geraksehat. Bandung: Percetakan Advent Indonesia. Dr.co.Dr.wordpress. Interaksi Antara Proses Menua Olahraga dan Kesehatan.html 13 .1987. Jakarta: Penerbit Bhatara Karya Aksara.id/2008/11/pengaruh-olahraga-terhadap-kesehatan.blogspot. Olahraga Sumber Kesehatan.kompas.Jonathan dan dr.