http://dwiaditya7.blogspot.co.

id/2010/05/makalah-hubungan-antara-olahraga-
dan.html

MAKALAH HUBUNGAN ANTARA OLAHRAGA DAN KESEHATAN

BAB I

Pendahuluan

A. Latar Belakang

Gerak adalah ciri kehidupan. Tiada hidup tanpa gerak dan apa
guna hidup bila tak mampu bergerak. Memelihara gerak adalah
mempertahankan hidup, meningkatkan kemampuan gerak adalah
meningkatkan kualitas hidup. Oleh karena itu: Bergeraklah untuk lebih
hidup, jangan hanya bergerak karena masih hidup.
Olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana
untuk memelihara gerak (yang berarti mempertahankan hidup) dan
meningkatkan kemampuan gerak (yang berarti meningkatkan kualitas
hidup). Seperti halnya makan, gerak (Olahraga) merupakan kebutuhan
hidup yang sifatnya terus-menerus; artinya Olahraga sebagai alat
untuk mempertahankan hidup, memelihara dan membina kesehatan,
tidak dapat ditinggalkan. Seperti halnya makan, olahragapun hanya
akan dapat dinikmati dan bermanfaat bagi kesehatan pada mereka
yang melakukan kegiatan olahraga. Bila orang hanya menonton
olahraga, maka sama halnya dengan orang yang hanya menonton
orang makan, artinya ia tidak akan dapat merasakan nikmatnya
berolahraga dan tidak akan dapat memperoleh manfaat dari olahraga
bagi kesehatannya.

Olahraga merupakan alat untuk merangsang pertumbuhan dan
perkem-bangan fungsional jasmani, rohani dan sosial. Struktur
anatomis-anthropometris dan fungsi fisiologisnya, stabilitas emosional

P.S.K. Penulis meyakini benar bahwa hal demikian juga berlaku bagi para lansia yang aktif dalam olahraga. serta kurang istirahat dan lupa makan. Dari sudut pandang kesehatan .D. yang diperkirakan pada tahun 2005 ini mencapai jumlah 19 juta orang atau 8.A. bagaimana cara melakukan olahraga untuk kesehatan dan berapa berat olahraga harus dilakukan agar orang menjadi lebih sehat. agar masyarakat sadar dan merubah pola hidupnya. Perlu diketahui bahwa pada awal abad 21 usia harapan hidup diperkirakan mencapai 70 tahun. dan kecerdasan intelektualnya maupun kemampuannya bersosialisasi dengan lingkungannya nyata lebih unggul khususnya pada generasi muda yang aktif mengikuti kegiatan Olahraga dari pada yang tidak aktif mengikutinya (Renstrom & Roux 1988. Masyarakat meyakini benar manfaat olahraga bagi kesehatan. B. Permasalahan Olahraga menyehatkan! Inilah ungkapan masyarakat. dalam makalah ini akan dituliskan betapa pentingnya berolahraga. Hal ini akan meningkatkan jumlah orang usia lanjut. Karena itulah. tetapi masih banyak orang yang belum menyadarinya. Yoga misalnya. Banyak penyakit yang bersumber dari pola hidup yang salah.J. olahraga ini dapat menimbulkan ketenangan batin. seperti kurang bergerak dan berolahraga. mereka terlalu sibuk untuk berolahraga.5% dari penduduk (Dep.. dalam A. and Fitch.1996: 1 dan 6). Olahraga juga dapat menghilangkan stres..Watson: Children in Sport dalam Bloomfield. Fricker. Orang-orang beralasan.. 1992). Walaupun olahraga itu penting. Tetapi bagaimana olahraga dapat menyehatkan dan berapa berat orang harus melakukan olahraga untuk menjadi lebih sehat? Inilah masalah yang perlu diperjelas bagaimana tata-hubungan antara olahraga dengan kesehatan.Sosial RI. Padahal olahraga sangat dibutuhkan.

banyak manfaat yang bisa diperoleh. Oleh karena itu kita harus selalu mensyukuri nikmat sehat karunia Allah ini dengan memelihara dan bahkan meningkatkannya. dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan. masyarakat. kbugaran. bangsa dan negara. khususnya melalui Olahraga Kesehatan. kondisi ini perlu diantisipasi agar para usia lanjut ini tetap sehat. C. jogging termasuk salah satu olahraga yang paling banyak dilakukan. Macam-macam Olahraga dan Manfaatnya 1. BAB II PEMBAHASAN A.  Membuat jantung kuat. dan stamina. antara lain :  Mempercepat sistem pencernaan dan membantu menyingkirkan masalah pencernaan. Tidak perlu punya keahlian khusus agar dapat melakukan jogging. sehingga tidak menjadi beban berat bagi keluarga. Oleh karena itu. Nikmatnya makan. minum. . sejahtera dan mandiri. Tujuan Penulisan Sehat adalah nikmat karunia Allah yang menjadi dasar bagi segala nikmat dan kemampuan. masyarakat. Jogging Ini adalah salah satu olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan. tidur serta kemampuan bergerak. semua orang dari segala usia dan kalangan dapat melakukan jogging. bekerja dan berfikir akan berkurang atau bahkan hilang dengan terganggunya kesehatan kita.

lakukan peregangan terlebih dahulu.  Mengencangkan otot kaki. Lalu perlahan-lahan tambahkan kecepatan. Dalam memulai jogging. 2. Untuk jarak ratus meter terakhir lambatkan gerakan.  Dapat membantu mengatasi masalah dengan selera makan. jogging juga dapat memberikan kesenangan secara fisik maupun mental. tingkatkanlah kecepatan berlari sesuai kemampuan.  Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif. yakni 3-4 menit setelah jogging berakhir. Semua orang dari segala usia berlatih aerobik. Aerobik Aerobik ialah merupakan salah satu olahraga yang sedang populer saat ini.  Membuat tidur lebih nyenyak. Sebelum jogging. Manfaat yang dirasakan ialah merasa nyaman di otot selama jogging dan setelahnya. Setelah jogging pun peregangan harus dilakukan. sebaiknya bergerak dengan lambat dengan usaha kecil yang pertama dalam beberapa ratus meter untuk pemanasan otot. paha dan punggung. Dengan melakukan jogging dua kali sehari itu sudah cukup untuk meningkatkank kondisi dan daya tubuh anda. Kalau sudah melakukan setengah rute. Jika rute cukup panjang.  Membantu membakar lemak dan mengatasi kegemukan.  Menetralkan depresi. Selain manfaat-manfaat di atas. Apabila jogging dilakukan dengan benar. kelelahan tidak akan terasa meskipun telah menyelesaikan satu tur lebih dari yang dilakukan sebelumnya. bisa mengambil dua atau tiga dorongan dengan kapasitas yang hampir penuh. Dan kegiatannya tidak hanya dilakukan di .

Bagi lansia. Di antaranya. namun bila dilakukan setiap hari atau bila tidak ada waktu boleh dilakukan 3x30 menit per minggu. hiperkolesterolemia. Latihan ini dimulai dengan pemanasan selama 5 menit kemudian diikuti latihan pokok dengan mengukur maksimum detak jantung menuju pencapaian 200 dikurangi usia yang sedang berlatih per menit. tapi fasilitas umum yang biasa mengadakan senam massal juga banyak diminati. seperti bulu tangkis. pusat-pusat kebugaran saja. Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Malas berolahraga dengan alasan kurang memiliki waktu dalam jangka panjang dampaknya cukup buruk. jogging. Latihan ini dilakukan selama 20 menit. diabetes melitus. latihan ini akan memperbaiki keadaan fisik mereka dan mencegah agar tidak pelupa. tekanan darah tinggi. . jantung. yakni munculnya penyakit yang disebabkan oleh hipokinesia (kurang gerak). Latihan aerobik dilakukan dengan menggerakkan kedua tangan dan kaki. artritis. Selain untuk kebugaran tubuh. bersepeda aktif. B. dan obesitas. berenang gaya krol ( bukan gaya kodok ). manfaat latihan aerobik antara lain :  Meningkatkan daya tahan jantung  Meningkatkan daya tahan paru-paru  Menguatkan otot-otot tubuh  Kelenturan  Membakar kalori Latihan aerobik juga bermanfaat untuk meningkatkan daya kerja organ jantung terutama dalam meningkatkan kedua ventrikel.

Rohani dan Sosial. aktivitas ini bisa meningkatkan hormon-hormon baik dalam otak seperti adrenalin. dan endorfin. meski dalam waktu yang singkat namun intensif. dopamin. Kesimpulan Sehat merupakan nikmat karunia Allah yang menjadi dasar bagi segala nikmat dan dasar bagi segala kemampuan. Maka janganlah pernah untuk malas bergerak karena sesungguhnya gerak harus selalu dilatih. Acuan Sehat adalah Sehat Paripurna dari Organisasi Kesehatan Dunia yaitu Sejahtera Jasmani. Jika senang berolahraga. bukan hanya bebas dari penyakit. cacat ataupun kelemahan. atau lama tapi dilakukan dengan santai. dan latihan tersebut adalah olahraga. termurah dan fungsional (fisiologis) adalah Olahraga Kesehatan. dan meningkatkan kemampuan gerak adalah meningkatkan kualitas hidup. Daftar Pustaka .Studi yang dilakukan di Inggris memperlihatkan bahwa 83% orang yang memiliki gangguan mental mengandalkan olahraga untuk meningkatkan mood dan mengurangi kegelisahan. untuk orang yang menderita depresi ringan dan sedang. serotonin. Landers mengatakan. Memelihara dan meningkatkan kesehatan hakekatnya adalah mensyukuri nikmat sehat karunia Allah : cara terpenting. karena itu perlu selalu disyukuri. olahraga sedikitnya 16 minggu bisa menimbulkan efek samping yang sama dengan menelan obat anti depresi. B. Hormon ini berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Saran Gerak adalah ciri kehidupan. BAB III PENUTUP A. memelihara gerak adalah mempertahankan hidup.

com/2007/08/25/manfaat-dan-mudarat-olahraga http://geraksehat.02 rukunseniorliving.wordpress.http://geraksehat. .com/sport Diposkan oleh Dwa Aditya di 08.jawapos.58 1 komentar: 1. Posting Lebih Baru Beranda Langganan: Poskan Komentar (Atom) Pengikut Mengenai Arsip Blog Saya  ► 2011 (3)  ▼ 2010 (1) o ▼ Mei (1) Dwa Aditya  MAKALAH HUBUNGAN ANTARA OLAHRAGA Lihat profil DAN KESEHATAN lengkapku Tema Jendela Gambar.com warga usia lanjut Balas Muat yang lain... rukun senior living10 April 2017 14. Diberdayakan oleh Blogger.com/2007/10/25/orsn1/ www.wordpress.

Related Interests