 Beranda

catatan kecil seorang pelajar
FUTURE

Dimas Sheva
hai! gue dimas sheva secondio. orang-orang banyak yang manggil gue SEPA. entahlah,
mungki mereka males pake huruf "V". Gue sekolah di SMPN 98 Jakarta. sekarang kelas
SEMBILAN-F. Gue punya pacar, namanya Nunu. gue ganteng, dia cantik. kalian jomblo
ya? gue sih enggak. inilah blog gue.
Lihat profil lengkapku

Senin, 16 Maret 2015
Karya Ilmiah

MANFAAT OLAHRAGA BAGI KESEHATAN MANUSIA
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Bagi kebanyakan orang olahraga adalah suatu hal yang sangat mahal, padahal olahraga
sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Mereka belum banyak mengetahui tentang manfaat
dari olahraga, terlebih bagi orang-orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk berolahraga.
Contoh olahraga yang sering dilakukan oleh orang-orang adalah bersepeda, lari, bermain
bola, dll. Olahraga tidak harus mengeluarkan uang banyak. Kita juga bisa melakukan olahraga
kapan saja dan dimana saja.
Dengan berolahraga, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Selain dapat membuat
tubuh kita sehat, olahraga juga bisa membantu kita mengisi waktu luang secara sehat. Kita bisa
mengajak teman dan keluarga untuk ikut serta berolahraga bersama kita.
B. Rumusan Masalah
1. Apa manfaat olahraga?
2. Apa akibat jika kita tidak berolahraga?
C. Tujuan
1. Memberi tahu manfaat olahraga bagi kesehatan manusia
2. Mengajak agar orang-orang rajin berolahraga

BAB II
TEORI
Pada Hakekatnya makna olahraga menurut ensiklopedia Indonesia adalah gerak badan yang
dilakukan oleh satu orang atau lebih yang merupakan regu atau rombongan. Sedangkan dalam

olahraga harus bergerak dari konsep bermain. nilai-nilai. Perilaku merupakan hasil daripada segala macam pengalaman serta interaksi manusia dengan lingkungannya yang terwujud dalam bentuk pengetahuan. Webster’s New Collegiate Dictonary (1980). keperibadian. dan sport.Untuk penjelasan pengertian olahraga menurut Edward (1973). artinya Olahraga sebagai alat untuk memelihara dan membina kesehatan. Ruang lingkup bermain mempunyai karakteristik antara lain. games. stabilitas emosional dan kecerdasan intelektualnya maupun . olahraga yaitu ikut serta dalam aktivitas fisik untuk mendapatkan kesenangan. 2010). sifat. perlombaan/pertandingan. Teori perubahan perilaku ini biasa digunakan dalam perubahan perilaku masyarakat khususnya kesehatan dengan memanfaatkan tokoh masyarakat sekitar yang dianggap mempunyai peran penting dan mempunyai suritauladan khususnya dibidang kesehatan. Olahraga merupakan alat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani. Bebas. dan prestasi puncak dalam pembentukan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas berdasarkan Pancasila. Seperti halnya makan. dan sikap yang saling berinteraksi satu sama lain dan kemudian berinteraksi pula dengan faktor-faktor lingkungan dalam menentukan perilaku. Karakteristik individu meliputi berbagai variabel seperti motif. 2010). Menggunakan peraturan yang tidak baku Kesehatan 1. Olahraga merupakan kebutuhan hidup yang sifatnya periodik. perilaku merupakan respon/reaksi seorang individu terhadap stimulus yang berasal dari luar maupun dari dalam dirinya (Notoatmodjo. tidak dapat ditinggalkan. Terpisah dari rutinitas. Struktur anatomis- anthropometris dan fungsi fisiologisnya. dan aktivitas khusus seperti berburu atau dalam olahraga pertandingan (athletic games di Amerika Serikat)Menurut Cholik Mutohir olahraga adalah proses sistematik yang berupa segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong mengembangkan. Perilaku merupakan fungsi karakteristik individu dan lingkungan. teori perubahan perilaku self efficacy yang menekankan adanya contoh dalam diri seseorang sehingga perilaku seseorang dicontoh oleh masyarakat sekitar hingga menjadikan sebuah budaya masyarakat. 3. Menurut Judge dan Bono ( 2001). sikap dan tindakan. Tidak produktif. 2. Faktor lingkungan memiliki kekuatan besar dalam menentukan perilaku. Pendekatan perubahan perilaku masyarakat didasarkan pada tokoh masyarakat sekitar yang mempunyai pengaruh lebih atau suritauladan dalam perilaku hidup sehat BAB III PEMBAHASAN Pengertian Olahraga Olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana untuk memelihara gerak (mempertahankan hidup) dan meningkatkan kemampuan gerak (meningkatkan kualitas hidup). dan membina potensi- potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat dalam bentuk permainan. rohani dan sosial. bahkan kekuatannya lebih besar dari karakteristik individu (Azwar.

Mengurangi stres. Latihan fisik yang rutin dapat meningkatkan konsentrasi. Membantu menunda proses penuaan. dopamin. Latihan aerobik dapat meningkatkan kemampuan jantung dan membuat Anda lebih cepat mengatasi stres. Kekurangan oksigen juga membuat kerja otak tidak maksimal sehingga mudah pusing dan susah konsentrasi. Cukup berupa jalan kaki di sekitar rumah. dan kesehatan mental. Meningkatkan kemampuan otak. Menaikkan daya tahan tubuh. bersepeda. Bahkan suatu riset membuktikan bahwa remaja yang aktif berolahraga merasa lebih percaya diri dibandingkan dengan teman-temannya yang tidak melakukan kegiatan serupa. Riset membuktikan bahwa latihan sederhana seperti jalan kaki secara teratur dapat membantu mengurangi penurunan mental pada wanita di atas 65 tahun. Jika Anda senang melakukan olahraga meski tak terlalu lama namun sering atau lama namun dengan santai melakukannya. Olahraga dapat mengurangi kegelisahan. kreativitas. Studi yang dilakukan di Inggris memperlihatkan bahwa 83 persen orang yang memiliki ganguan mental mengandalkan olahraga untuk meningkatkan mood dan mengurangi kegelisahan. Hormon ini berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya manfaat olah raga terhadap otak yang diungkapkan oleh Daniel Landers. dan lari merupakan cara terbaik mengurangi stres 4. Olahraga membuat otot dan rangka tubuh bergerak. dan endorfin. maka aktivitas itu bisa meningkatkan hormon- hormon baik dalam otak seperti adrenalin. Karena olahraga bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan mempercepat aliran darah menuju otak. Manfaat Olahraga. bisa membantu Anda mengendalikan amarah. Bahkan lebih jauh lagi. profesor pendidikan olahraga dari Arizona State University . Berikut beberapa risiko lain jika kurang berolahraga: .kemampuannya bersosialisasi dengan lingkungannya nyata lebih unggul pada siswa-siswa yang aktif mengikuti kegiatan Penjas-Or dari pada siswa-siswa yang tidak aktif mengikuti Penjas-Or. maka kepercayaan diri pun akan meningkat. Memperbaiki kepercayaan diri. Semakin sering dan lama mereka melakukannya makan penurunan mental kian lambat. Kabarnya. antara lain: 1. Dampaknya. Latihan ini tidak harus dilakukan dalam intensitas tinggi. serotonin. Aktivitas seperti jalan kaki. banyak orang merasakan manfaat aktivitas itu setelah sembilan minggu melakukannya secara teratur tiga kali seminggu. umumnya semakin mahir seseorang dalam suatu jenis aktivitas. MENGAPA OLAHRAGA ITU PENTING? Tubuh manusia dibuat untuk banyak bergerak. otot tubuh akan kekurangan oksigen sehingga membuat badan terasa pegal-gegal dan kaku. 3. denyut jantung meningkat sehingga darah beserta oksigen dan nutrisi bisa disalurkan dengan baik ke seluruh tubuh. Jarang berolahraga membuat distribusi oksigen ke seluruh tubuh terganggu. Para ahli percaya bahwa hal-hal ini dapat mendorong reaksi fisik dan mental yang lebih baik 2. Manfaat berolahraga dapat dilihat dari dua aspek. berenang.

Olahraga dapat menyeimbangkan hormon antara endoktrin dan sistem saraf. Los Angeles menunjukan bahwa olahraga bisa mencegah kanker payudara pada wanita. dan kerusakan saraf. yang membantu melindungi Anda dari penyakit jantung.  Diabetes Tipe 2: Dua faktor risiko yang bisa mengembangkan diabetes adalah kelebihan berat badan dan kurangnya aktivitas fisik.  Sakit jantung: Olahraga membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik. membantu proses perubahan metabolisme dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penyakit yang berhubungan dengan obesitas diantaranya penyakit jantung. diabetes. dan gangguan tidur. . Penyakit ini menyebabkan tulang mudah patah. Hipertensi: Olahraga teratur membantu membuat jantung lebih kuat sehingga mampu memompa darah lebih efisien ke seluruh tubuh.  Obesitas: Menurut WHO.  Depresi: Olahraga atau aktivitas yang mengeluarkan keringat dapat meredakan depresi. masalah mata. Olahraga membantu mengurangi berat badan. Ketika jantung tidak dibiasakan bekerja keras memompa darah maka kekuatan arteri dan tekanan darah lebih rendah. jantung. yang berguna untuk mengurangi risiko tumbuhnya sel kanker. Komplikasi diabetes antara lain penyakit ginjal. kurang olahraga memiliki risiko dua kali terkena obesitas. Kadar LDR yang tinggi juga berisiko terhadap berbagai penyakit kardiovaskuler. hipertensi. Penyakit lainnya yang bisa timbul adalah stroke dan ginjal.  Osteoporosis: Kurang olahraga bisa membuat tulang menjadi semakin lemah yang berdampak pada osteoporosis.  Kanker payudara: Studi dari University of Southern California.

sebaiknya kita sering berolahraga untuk kesehatan tubuh kita. Daftar Pustaka 1. Berolahraga dapat mendorong anak lebih percaya diri. dimana gerak tersebut selanjutnya berkembang menjadi kegiatan olahraga yang bermanfaat untuk perkembangan jasmani maupun rohani. Bahkan menurut studi yang dilakukan oleh peneliti Universitas Illinois menunjukkan hubungan yang kuat antara kebugaran dan prestasi akademik di antara anak-anak sekolah dasar. mampu bekerja secara tim.blogspot.co. gerak untuk bertahan hidup dan untuk mempersiapkan kehidupan dimasa yang akan datang. ensiklopedia bebas id.Wikipedia bahasa Indonesia. Bahaya kurang berolahraga | Dokita . Pengertian dan Definisi Olahraga . Seakan akan setiap orang melupakan bahwa kegiatan olahraga merupakan pondasi segala aktivitas manusia . Bahkan terkadang tekanan belajar yang terlalu besar.CARApedia carapedia. dan berjiwa kepemimpinan.google. dikalahkan oleh tuntutan akademik yang terlalu menjadi momok bagi masyarakat.Definisi .Penelusuran Google www. dan disamping itu kita harus memakan makanan yang bergizi untuk kehidupan yang lebih baik dan sehat C.com . Kesimpulan Dari kajian tersebut dapat disimpulkan bahwa segala kehidupan manusia selalu dimulai melalui proses gerak. karya ilmiah: PENGARUH OLAHRAGA TERHADAP KEMAMPUAN AKADEMIK idabaguswiguna.co 5. Olahraga . Seiring dengan tuntutan belajar anak dan berkembangnya IPTEK kegiatan olahraga menjadi terpinggirkan . Kita harus meluangkan waktu untuk berolahraga.com 2.id 3.wikipedia. dan kepentingan sekolah yang cenderung melihat nilai kesuksesan dari besar kecilnya nilai nilai hasil belajar disekolah B.Dokter Kita dokita. yang dapat berdampak pada peningkatan produkvitas kerja untuk mendapatkan hasil optimal. membuat peserta didik tidak mempunyai kesempatan mengeksplorasi dirinya untuk mengembangkan potensi dalam diri mereka karena dikalahkan kepentingan orang tua . Saran Jadi. Sejarah juga mencatat bahwa sekolah pada mulanya merupakan tempat untuk melakukan kegiatan berolahraga dan berdiskusi. TEORI TENTang olahrga .org 4. BAB IV PENUTUP A.

gua lahir 30 Januari 2000.. Ya berarti udah bisa ditebak dong usia gua ber.  Karya Ilmiah MANFAAT OLAHRAGA BAGI KESEHATAN MANUSIA BAB I PENDAHULUAN A.  Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan Tubuh Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan Tubuh Gerakan sholat ternyata memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh.Diposkan oleh Dimas Sheva di 08.. Latar Belakang Bagi kebanyakan orang olahraga adala.. Raghib menemui seorang ustadz (da'i) yang ceramahnya.. suatu ketika.. Hal itu dikarenaka.  Artikel Islam Ujian Terberat Bagi Munafikun Adalah Sholat Subuh Ceritanya.15 Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook 0 komentar: Poskan Komentar Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda Popular Posts  Novel Angkatan 20-30 Hasil Identifikasi Novel Angkatan 20-30 Ciri lainnya bahwa novel tahun 1920-1930an banyak yang menggunakan bahasa percakapan sehari-ha... Dr...  Tips Bangun Malam (Qiyamullail) menegakkan Sholat Tahajjud ..wb Kenalin nih nama gua Dimas Sheva Secondio.  PERKENALAN Assalamualaikum wr.

Blogger templates Blogger news Blog Archive  ▼ 2015 (6) o ▼ Maret (6)  Tips Bangun Malam (Qiyamullail) menegakkan Sholat .Electronic Medical Record. dress shoes .. Designed for CorporateOffice... ”Memahami Keutamaan (atammah) Shalat Malam” Shalat tahajjud adalah shalat yang paling utama setelah shalat wajib “ Sebaik-baik .. Logo.us .  Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan Tubuh  Karya Ilmiah  Novel Angkatan 20-30  Artikel Islam  PERKENALAN Blogroll About Copyright © 2017 catatan kecil seorang pelajar. 1.

Related Interests