Bab II Kondisi Umum Daerah Penelitian

II.1 Lokasi
Lokasi penelitian terletak di Gunung Batudatar, Desa Cibodas, Kecamatan
Sukatani, Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat. Lokasi tersebut secara
geografis terletak pada koordinat sekitar 107025’16” - 107025’22” BT dan
6037’32” - 6037’40” LS (Gambar II.1).

Lokasi

Gambar II.1 Lokasi penelitian (Google Earth)

Lokasi penelitian dapat ditempuh dengan menggunakan perjalanan darat melalui
dua jalur. Jalur pertama ditempuh melalui jalan tol Bandung – Ciganea yang
berjarak + 45 km, lokasi terletak kurang lebih 200 meter di sebelah kiri jalan raya
tol Km 91+200. Jalur kedua dapat ditempuh melalui jalur Bandung – Padalarang
– Cikalong Wetan – Sukatani yang berjarak + 60 km. Jalur menuju lokasi
penelitian dapat dilihat seperti pada Gambar II.2.

6

Gambar II. 2003) 7 .2 Jalur menuju lokasi penelitian (Bakosurtanal.

menurut Sudjatmiko (2003) terdiri dari : 8 .72 kilometer persegi. dengan batas wilayahnya adalah : • Bagian Barat dan sebagian wilayah Utara berbatasan dengan Kabupaten Karawang. konglomerat dan lava. Dataran itu di daerah selatan meliputi wilayah Kecamatan Wanayasa. batu gamping. • Bagian Barat Daya berbatasan dengan Kabupaten Cianjur. batu pasir konglomerat. dan Bojong. Dataran rendah di bagian utara dengan luas sekitar 20 % dari luas wilayah kabupaten. Sukasari. Dataran tinggi (pegunungan) dengan luas lebih dari 30 % dari luas wilayah kabupaten..II. meliputi Kecamatan Jatiluhur. Sukatani. meliputi Kecamatan-kecamatan Purwakarta. Secara umum Kabupaten Purwakarta terletak dalam elevasi 83. batuan beku terobosan. Menurut litologinya. b.2 Geologi Regional Kabupaten Purwakarta memiliki luas wilayah 971. Daratan berbukit meliputi hampir 50 % dari seluruh wilayah kabupaten. Kiarapedes. Cibatu. batu lempung napalan. Pondoksalam. batu lempung.60 – 670 m dpl. Juanda (Waduk Jatiluhur). Kabupaten Purwakarta terbentuk atas batuan sedimen klasik berupa batu pasir. • Bagian Utara dan sebagian wilayah Timur berbatasan dengan Kabupaten Subang. Babakan Cikao. c. Geologi daerah penelitian (Gambar II. basal dan gabro. Bagian terbesar wilayah barat merupakan daerah Bendungan Ir. Plered. Bungursari. vetrofir. batuan vulkanik berupa tuf.3) termasuk dalam Peta Lembar Geologi Cianjur. Tegalwaru. H. Darangdan. breksi vulkanik. diorit. dan Pasawahan. terdiri dari : a. dan Campaka. Batuan beku terobosan terdiri atas andesit. Maniis. • Bagian Selatan berbatasan dengan Kabupaten Bandung.

Anggota Napal dan Batupasir Kuarsa formasi Jatiluhur : napal abu-abu tua. Batupasir Tufaan dan Konglomerat : batupasir dan konglomerat berasal dari endapan lahar gunung api tua. c. Aluvium Tua : konglomerat dan pasir sungai yang bersusunan andesit dan basalt. 9 . batugamping napalan. b. batulempung napalan dan serpih lempungan dengan sisipan-sisipan batupasir kuarsa. kuarsit.a.

3 Peta geologi regional (Sudjatmiko. 2003) yang dimodifikasi 10 .Gambar II.

4) dengan puncak tertinggi adalah Gunung Batudatar yang berada pada elevasi 310 m dpl. dan tegalan. perkebunan.4 Morfologi daerah penelitian Berdasarkan peta rupabumi lembar Cikalong dan Purwakarta (Gambar II. 11 . Gambar II.3 Geologi Lokal Morfologi daerah penelitan termasuk kedalam morfologi daratan perbukitan (Gambar II.5).II. semak belukar. lahan di sekitar daerah penelitian terdiri dari sawah tadah hujan.

Gambar II.5 Peta tutupan daerah penelitian (Bakosurtanal. 2001) 12 .

9). Gambar II. Terdapat singkapan andesit (Gambar II.6 dan Gambar II. Satuan ini juga ditemukan bersama dengan andesit lapuk berukuran kerakal hingga bongkah (Gambar II. Batupasir tufaan ini berukuran lempung sampai kerakal memiliki sifat belum terkompaksi atau lepas-lepas dengan warna coklat kemerah-merahan atau coklat muda.8) berwarna abu-abu terang yang dikelilingi oleh batupasir tufaan sebagai hasil pelapukan batuan induk yang menempati hampir semua daerah penelitian.Daerah penelitian memiliki satuan batuan yang terdiri dari batuan andesit dan soil sebagai produk pelapukan (Gambar II.6.7). Geologi lokal 13 .

Gambar II.7 Peta geologi lokal 14 .

8 Singkapan andesit Gambar II. Gambar II.9 Batupasir tufaan hasil pelapukan 15 .