BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Sekarang ini perkembangan teknologi dunia berkembang sangat

pesat, terutama di bidang informasi. Segala segi kehidupan mulai

dari ekonomi, sosial, dan budaya telah banyak memanfaatkan

teknologi informasi untuk mempermudah menjalankan aktifitas

aktifitasnya. Khususnya dalam bidang ekonomi perdagangan,

penggunaan tekhnolgi sangat dibutuhkan. Biasanya perusahaan

perusahaan yang telah ada saat ini memanfaatkan teknologi

informasi untuk pemasaran produk, pengolahan data barang ,

pengolahan data konsumen dan masih banyak lagi.

Kehadiran teknologi ini dimaksudkan untuk mencapai hasil yang

lebih baik dengan tingkat efisiensi, efektivitas dan kepresisian

yang lebih tinggi. Dan ketika teknologi komputer telah merajai di

berbagai bidang usaha, hal ini yang menjadi dasar penerapan

dalam sebuah aplikasi nyata penggunaan media komunikasi dan

pengolahan data pada sebuah perusahaan. Dengan adanya sebuah

sistem informasi akan memberikan kemudahan serta keuntungan

Namun penulis menganggap pemanfaatkan teknologi tersebut sangatlah kurang. Aplikasi ini sengaja dibuat sederhana dalam penggunaanya supaya mudah di mengerti dalam pengoprasiannya. sistem ini ditujukan bagi karyawan bagian administrasi dan sales.yang lebih besar dalam mencapai tujuan utama perusahaan tersebut. Sistem ini meliputi pengolahan data mobil serta perlengkapan yang ada di sebuah showroom yang bernama zirang mobil. Dengan adanya sistem informasi yang akan dibuat ini karyawan lain bisa . Dalam menjalankan aktifitasnya sehari hari showroom ini sebenarnya sudah memiliki sebuah sistem informasi. Semoga saja hasil karya yang dibuat ini bisa bermanfaat dan dapat dikembangkan lebih baik lagi. di karenakan user yang menggunakan sistem ini hanya karyawan bagian administrasi saja. Secara lebih spesifik. Sebagai salah satu contoh penerapan teknologi informasi pada bidang ekonomi. penulis akan mencoba untuk membuat sebuah sistem informasi pada sebuah showroom mobil yang bertujuan untuk mempermudah karyawannya dalam menjalankan aktifitas masing masing. Serta tampilannya akan dibuat semenarik mungkin.

1. memanfaatkannya seperti kepala cabang. bagaimana merancang sistem informasi yang cocok digunakan di perusahaan otomotif 2. bukan menjurus pada jaringan komputernya. sistem ini dinilai kurang efektif. Penelitian ini menjelaskan tentang alur pengolahan dan pertukaran data. 2. sebenarnya selama ini sistem informasi yang ada pada zirang mobil dapat berjalan. sales. Meminimalkan segala bentuk kesalahan (human error). 3.2 MASALAH DAN BATASAN MASALAH MASALAH 1. . meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga dalam memperlancar bisnis jual beli mobil. namun hanya sebagian karyawan yang dapat memanfaatkannya. 2. BATASAN MASALAH 1. pasti memiliki arah dan tujuan yang ingin dicapai. Jadi. perangkat lunak ini ditujukan bagi karyawan zirang mobil. maupun OB.3 TUJUAN DAN MANFAAT TUJUAN Setiap melakukan suatu kegiatan. Begitu pula dengan skripsi ini yang memiliki target tertentu. menggunakan bahasa pemrograman Delphi. 1. Diantaranya adalah sebagai berikut : 1. security.

. metode studi pustaka mempelajari literature yang berupa buku-buku atau bahan dari internet yang relevan dengan judul penelitian. Terlebih lagi akan memperdalam ilmu tentang bahasa pemrograman Delphi. 3. 3. Bagi universitas akan menambah literature yang dimiliki dan dapat dijadikan studi banding bagi mahasiswanya di masa yang akan datang. Berguna dalam pengembangan ilmu komputer di era globalisasi sekarang ini MANFAAT Penelitian ini memiliki manfaat bagi beberapa pihak. Bagi penulis merupakan pengembangan diri di bidang teknologi informasi sekaligus sebagai sarana penerapan ilmu yang di peroleh selama perkuliahan. Serta merupakan suatu upaya agar mampu bertahan dan bersaing dengan perusahaan otomotif lain. penelitian ini dapat menciptakan sistem pengolahan data yang efektif dan efisien untuk operasional sehari hari. Bagi showroom mobil.4 METODOLOGI PENELITIAN METODE PENGUMPULAN DATA Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah sebagai berikut : 1. 1. Diantaranya adalah sebagai berikut : 1. 2.

Perencanaan Ini merupakan tahap identifikasi masalah dan kebutuhan dengan cara mengkaji serta memutuskan secara pasti persoalan di zirang mobil yang akan dibuat sistem komputerisasinya dan apakah penggunaan sistem informasi ini akan lebih berguna atau tidak. 2. . Analisis Pada tahap ini menunjukkan kebutuhan pemakai sistem informasi serta tingkat tampilan sistem yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Selain itu juga mencakup penentuan model proses sistem yang akan dirancang. Metode observasi Mengumpulkan data dengan cara malakukan pengamatan secara langsung mengenai sistem dan aktifitas-aktifitas yang berjalan di showroom zirang mobil. 3. Metode wawancara Melakukan Tanya jawab secara langsung kepada narasumber yang bersangkutan ataupun kepada dosen yang berkompetensi dalam bidang komputer. Diantaranya yaitu : 1. Perancangan desain Bagian ini menjelaskan rancangan bentuk dari sistem informasi sebelum dibuat algoritma pemrogramannya. METODE PENGEMBANGAN SYSTEM Berikut ini adalah tahapan-tahapan pengembangan sistem yang akan dibuat.2. 3.

arsitektur perangkat lunak. Membuat input output aplikasi (interface) dalam bentuk form form yang memiliki fungsi masing masing. 1.5 SISTEMATIKA PENULISAN . Secara garis besar merupakan perkiraan tampilan serta alur pertukaran data. representasi interface. Implementasi dan test Proses penerapan bahasa pemrograman Delphi menjadi sebuah sistem informasi yang digunakan untuk membantu proses kerja pada showroom zirang mobil. disini lebih difokuskan pada struktur data. Dan proses uji coba terhadap sistem tersebut guna menemukan kekurangan ataupun kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi. Jika diperlukan. diharapkan akan menghasilkan sistem informasi yang diharapkan. perancangan kerangka kerja (framework) juga akan dilakukan. 4. Dengan melakukan evaluasi terhadap kesalahan itu. dan detail (algoritma) pemrograman. Juga dilengkapi dengan pembuatan diagram alir (flowchart) atau data flow diagram (DFD) dan perancangan basis data (database) dalam bentuk entity relationship diagram (ERD).

penulis akan menguraikan susunan laporan secara garis besar yang terdiri dari lima bab. Sistematika penulisan ini dibuat tersusun dengan tujuan agar mudah dipahami oleh semua pihak. BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Bab ini berisi tentang analisis deskripsi sistem. BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM . tujuan dan manfaat pembuatan aplikasi. analisis kebutuhan non fungsional dan perancangan antarmuka dari perangkat lunak yang akan dibangun. analisis perancangan fungsional.untuk memberikan gambaran isi laporan ini. batasan masalah. dan sistematika penulisan. BAB II TINJAUAN PUSTAKA Bab ini berisi landasan teori yang relevan dengan judul dan faktor-faktor dasar yang mendukung penyelesaian masalah. dimana setiap babnya akan dibagi menjadi beberapa sub bab. identifikasi masalah yang dihadapi. Adapun susunannya sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Pendahuluan berisi tentang latar belakang.

serta pengujian sistem yang sudah selesai. BAB V PENUTUP Bab ini berisi kesimpulan dari uraian-uraian bab yang dibahas dan saran-saran sebagai bahan pertimbangan unuk pengembangan sistem lebih lanjut. . kode-kode program. perancangan form. Bab ini penulis menyajikan tentang pembuatan perangkat lunak . hasil-hasil dari tahapan penelitian. Bab ini juga menguraikan tentang pemilihan perangkat keras (hardware) dan piranti lunak (software) yang dibutuhkan.

Related Interests