LARINGITIS

A. Definisi
Anatomi Dan Histologi Laring

Laring berada di depan dan sejajar dengan vetebre cervical 4 sampai 6,

bagian atasnya yang aka melanjutkan ke faring berbentuk seperti bentuk limas

segitiga dan bagian bawahnya yg akan melanjutkan ke trakea berbentuk seperti

sirkular.

Laring dibentuk oleh sebuah tulang yaitu tulang hioid di bagian atas

dan beberapa tulang rawan. Tulang hioid berbentuk seperti huruf ‘U’, yang

permukaan atasnya dihubungkan dengan lidah, mandibula, dan tengkorak oleh

tendon dan otot-otot. Saat menelan, konstraksi otot-otot (M.sternohioid dan

M.Tirohioid) ini akan menyebabkan laring tertarik ke atas, sedangkan bila

laring diam, maka otot-otot ini bekerja untuk membantu menggerakan lidah.

Pada dinding laring stuktur mikroskopisnya berupa Tulang Rawan Hialin dan Tulang Rawan elastis. Sebagian besar laring dilapisi oleh mukosa toraks bersilia yang dikenal sebagai epitel respiratorius. Kelenjar penghasil mukus banyak ditemukan dalam epitel respiratorius. dan permukaan superior serta tepi batas korda vokalis sejati. Otot pada musculus vokalis berupa otot skelet. bagian – bagian laring yang terpapar aliran udara yang terbesar. stuktur mikroskopis pada laring yaitu berupa Epitel bertingkat torak bersilia bersel goblet kecuali ujung plika vokalis yang mempunyai epitel berlapis gepeng. Laring menghubungkan faring dan trakea. . Bentuk laring tidak beraturan / irreguler. mengandung jaringan ikat dan kelenjar campur. dilapisi epitel gepeng yang lebih keras. misalnya permulaan lingua pada epiglottis. Namun. permukaan superior plika ariepiglotika.

asap. bahan kimiawi. Streptococcus pyogenes. Laringitis akut hanya berlangsung beberapa hari sedangkan laringitis kronis dapat bertahan hingga lebih dari 3 minggu. pada umumnya merupakan kelanjutan dari rinofaringitis akut atau manifestasi dari radang saluran nafas atas. Penyebab lain adalah Haemofilus influenzae. Ada dua tipe laringitis: akut dan kronis. parainfluenza (tipe 1. Infeksi virus adalah penyebab paling umum dari laringitis akut. Pada anak dapat menimbulkan sumbatan. 2009 . rhinovirus dan adenovirus. Laringitis akut dapat merupakan infeksi lokal atau bagian dari infeksi sistem pernafasan atas. Staphylococcus aureus dan Streptococcus pneumoniae Sedangkan refluks asam merupakan penyebab paling sering dari laringitis kronis. yang menyebabkan suara serak dan hilangnya suara. pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus influenza (tipe A dan B). Inflamasi laring sering terjadi sebagai akibat terlalu banyak menggunakan suara. Laringitis akut adalah radang akut laring. 551). jalan nafas cepat karena rimaglotisnya relatif lebih sempit. Laringitis (Radang Pita Suara) adalah peradangan pada laring yang terjadi kerena banyak sebab. Laringitis adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan peradangan pada laring (pita suara). Branhamella catarrhalis. sedangkan pada orang dewasa tidak secepat pada anak – anak. Laringitis adalah radang akut atau kronis dari laring. 2. 3). Laringitis kronis yang berat dapat menyebabkan pneumonia (infeksi paru) . polutan lainnya atau sebagai bagian dari infeksi saluran nafas atas. Kemungkinan juga disebabkan oleh infeksi yang terus terisolasi yang hanya mengenai pita suara (Smeltzer. pemajanan terhadap debu.

dan tidak ada imunitas. dan Pneumonia. Laringitis kronik nonspesifik dapat disebabkan faktor eksogen (rangsangan fisik oleh pepenyalahgunaan suara. Patofisiologi Laringitis akut merupakan inflamasi dari mukosa laring dan pita suara yang berlangsung kurang dari 3 minggu. limposit. peradangan berlebihan pada pita suara. submukosa. Etiologi Penyebab inflamasi ini hampir selalu virus. Penyebab laringitis pada umumnya yaitu infeksi virus. Staphylococcus. dan adventitia. Laringitis umum terjadi pada musim dingin dan mudah ditularkan (Smeltzer. asap rokok) atau faktor endogen (bentuk tubuh. Invasi bakteri mungkin sekunder. Awitan infeksi mungkin berkaitan dengan pemajanan terhadap perubahan suhu mendadak. Karena trakea subglotis dikelilingi . Hampir setiap orang dapat terkena laringitis baik akut maupun kronis. Penyebab laringitis akut adalah bakteri yang menyebabkan radang lokal atau virus yang menyebabkan peradangan sistemik. Biasanya merupakan perluasan radang saluran nafas atas oleh bakteri Haemophilus Influenza. Terjadi pembengkakan dan kemerahan dari saluran nafas yang terlibat. Sedangkan yang spesifik disebabkan tuberculosis. Parainfluenza virus. masuk melalui inhalasi dan menginfeksi sel dari epitelium saluran nafas lokal yang bersilia. diikuti dengan infitrasi saluran dengan histosit. sel plasma dan lekosit polimorfonuklear (PMN).B. Kebanyakan ditemukan pada dinding lateral dari trakea dibawah pita suara. Streptococcus. infeksi kronik saluran napas atas atau bawah. yang merupakan penyebab terbanyak dari laringitis. atau konsumsi alkohol. ditandai dengan edema dari lamina propia. C. infeksi bakteri atau jamur. mal nutrisi. 551). kelamin metabolik). merokok. Laringitis biasanya berkaitan dengan rimtis atau nasofaring. defisiensi diet. alergi Laringitis bisa menyerang semua usia termasuk anak-anak. batuk yang berlebihan. 2009 . rangsangan kimia.

virus influenza A dan B. Selain itu. Penyakit croup dapat sembuh sendiri dalam waktu 3 – 5 hari D. suara serak. dan bronkus. Hal ini sering terjadi pada anak. suara stridor. dan batuk. Laringitis akut terjadi akibat infeksi bakteri atau virus. sehingga menyebabkan obstruksi jalan napas dan menimbulkan gejala. malaise. Pada keadaan lanjut sering menimbulkan gejala sumbatan jalan napas bagian atas sampai sianosis. Produksi mukus dapat terjadi dan menyebabkan obstruksi jalan napas semakin parah. dan konsumsi alkohol berlebih. pajanan terhadap iritan yang bersifat konstan. maka pembengkakan terjadi pada lumen saluran nafas dalam. nyeri ketika menelan atau berbicara. Sering disertai batuk kering dan lama-kelamaan akan timbul batuk dengan dahak yang kental. gejala rinofaringtis. seperti demam. RSV. oleh kartilago krikoid. inhalasi polutan lingkungan. menjadikannya sempit. adenovirus. dan biasanya disertai inflamasi pada trakea dan bronkus dan disebut sebagai penyakit croup. batuk disertai suara paru sampai tidak bersuara sama sekali (afoni). Gerakan pita suara tidak terganggu kecuali bila sudah terjadi edema pada pita suara . penggunaan suara yang berlebih. trakea. dan juga dapat diakibatkan oleh penyakit traktus urinarisu atas kronik. Penyakit ini seringkali disebabkan oleh virus. Laringitis kronik dapat terjadi setelah laringitis akut yang berulang. Infeksi oleh bakteri dan virus menyebabkan inflamasi dan edema pada laring. Pada pemeriksaan laringoskopi tampak mukosa laring kemerhan dan membengkak. MANIFESTASI KLINIS Pada laringitis akut teradapat gejala radang umum. M. Tidak terdapat gangguan menelan. dan terdapat edema pada laring Laringitis pada anak sering diderita oleh anak usia 3 bulan hingga 3 tahun. dan virus campak. Tanda dari laringitis kronik ini yaitu nyeri tenggorokan yang tidak signifikan. bahkan sampai hanya sebuah celah. Gejala ini biasanya muncul saat malam hari dan dapat membaik di pagi hari. Gejala yang mula-mula timbul adalah rasa kering ditenggorok. yaitu virus parainfluenza. Pneumoniae juga dapat menyebabkan croup. merokok. yaitu berupa afonia.

Gejala laringitis pada umumnya seperti sakit tenggorokan. peningkatan produksi air liur dalam mulut (http://www. 275). PEMERIKSAAN PENUNJANG Beberapa pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan yaitu :  Laringoskopi. juga dapat menjadi faktor penyebab untuk laringitis). penyanyi dll) F. namun paling parah pada pagi hari.news-medical. Laringitis kronis mungkin sebagai komplikasi dari sinusitis kronis dan bronchitis kronis (Smeltzer. FAKTOR PREDISPOSISI 1. 2009 . Pada laringitis kronis. demam. kesulitan makan. 551). Perubahan cuaca / suhu. kesulitan menelan. Laringitis kronis ditandai dengan suara serak yang persisten. guru. Gizi kurang / mal nutrisi. 3. Pencapaian suara berlebihan (ex. Penyalahgunaan alkohol 4. pembawa acara. yang biasanya dilakukan pada pasien laringitis kronik dengan riwayat merokok atau ketergantungan alkohol  Pemeriksaan laboratorium CBC (complete blood cell count)  Pemeriksaan foto toraks pada tanda dan gejala yang berat . dingin atau gejala seperti flu (seperti batuk. 2003 . E. Gejala serak berubah-ubah sepanjang hari. Sering disertai batuk dan mendehem oleh karena adanya sekret yang lengket dan kental di tenggorok (Soepardi. yang menunjukkan adanya pita suara yang membengkak dan kemerahan  Kultur eksudat pada kasus laringitis yang lebih berat  Biopsi. sensasi pembengkakan di daerah laring. serak merupakan gejala yang paling sering ditemukan. kesulitan bernafas (kebanyakan pada anak-anak).net/health/Laryngitis-Causes-Symptoms). batuk yang dapat merupakan gejala dari/atau faktor dalam menyebabkan laringitis. 2.

GAMBARAN MAKROS DAN MIKROS .