Kisi-kisi osce

1. Penyimpanan as klavulanat

Jawab : Disimpan pada suhu 2-8oC. Karena apabila disimpan pada suhu ruangan (25-30oC) As.
Klavulanat dapat mudah terhidrolisis dan dapat terdegradasi sehingga tidak tercapai kadar penggunaan
yang seharusnya

2. Pemilihan alkes kalau luka sobek

Jawab: Contoh luka sobek akibat teriris

Cara mengatasinya:

 Cuci di air mengalir kemudian dikeringkan dengan tisu
 Ambil kotoran (gelas, beling, dsb yang menyebabkan sobekan luka) diambil dengan pengait
besi yang telah dicuci dengan sabun dan di lewatkan api kecil  dinginkan
 Hentikan pendarahan dengan menekan luka dengan kasa selama beberapa menit
 Oleskan cairan antiseptik (Seperti: Povidon iodin)
 Luka kecil biarkan terbuka agar cepat bersih
 Bila luka besar tutup dengan kasa pembalut
 Bila komplikasi pendarahan ke dokter

3. Herbal kolesterol itu apa. Terus aturan pakai gmn?

Jawab: Tanaman yang mengandung khasiat untuk menurunkan kolesterol. Seperti:

1. Daun Teh Hijau

7g teh hijau + 1 gelas air panas  seduh tutup 10 menit minum selagi hangat

2. Daun Salam

20 lembar + 600mL air  Rebus hingga air 200mL  saring (minum sehari 2x)

3. Bawang Putih

3 siung bawang putih tumbuk + Rebus dengan air 150mL  saring (minum sehari 2x)

4. Buah alpukat (makan jika diinginkan)

5. Temulawak segar 30g + sambiloto 15g  cuci bersih jemur hingga kering, iris seperlunya  rebus
hingga air 300mL sehari 2x

6. Temulawak iris  rebus  saring minum sehari 2x

7. Mengkudu

Komunikasi dg dokter masalah penggantian obat . Obat diare anak bayi Jawab: Minum banyak cairan. Susu Non-Asi diencerkan 2kalinya 5. Terus berikan asi.4.

Immidiate release b. Extended release f. Repeated (gradual) release d. Prolonged release e.6. Controlled release . Pilih kurva sustained release sama immediate release trs d kasih alasan a. Delayed release c.

Hyperpax (Soho) tablet salut selaput 100 mg Dosis dan aturan pakai: oral 250mg 2 kali sehari setelah makan. dosis maksimal 4g/hari.7. 250 mg. Obat hipertensi yg g aman buat ibu hamil Jawab: Metildopa Dipasaran : Dopamet (Alpharma) tablet salut selaput 250 mg. Medopa (Armoxindo) tablet salut selaput 250 mg. Cara penggunaan INHALER 1 Cuci tangan dengan sabun dan air 2 Buka penutup inhaler dan posisi mulut inhaler dibawah dan bahian kepala berada diatas 3 Kocok terlebih dahulu wadahinhaler agar obat merata 4 Hembuskan nafas melalui mulut secara perlahan . 9. Tensipas (Kalbe Farma) tablet salut selaput 125 mg. infus intravena 250-500 mg diulangi setelah enam jam jika diperlukan. Ngeracik obat dr resep sama perhitungannya 8.

agar obat inhaler didalam paru- paru dapat memberikan efek terapi 9 Ulangi tahap 3-8 sesuai dengan petunjuk penggunaan yang diresepkan dokter 10 Masukan air kedalam mulut kemudian kumur-kumur untuk membersihkan sisa yang ada didalam mulut 11 Buang air jangan ditelan KATETER 1 Menjelaskan proses metode kepada pasien sebelum menjalankan 2 Meminta pasien untuk berbaring terlentang. Kaki pasien herus dalam posisi mengangkang. Berbaring dalam posisi terlentang akan melemaskan kandung kemih dan uretra 3 Mencucu bersih tangan dan mengenakan sarung tangan steril .5 Pegang inhaler sesuai yang tertera pada gambar atau sesuai dengan disarankan oleh dokter 6 Tarik nafas ketika menekan inhaler agar obat yang terdapat pada inhaler bisa masuk kedalam 7 Tarik nafas secara perlahan agar obat yang masih tersisa di mulut dapat masuk kedalam 8 Tahan nafas selama 10 detik.

Pasien wanita: pastikan untuk membersihkan labia dan uretra meatus (bagian luar pembukaan uretra yang terletak diatas vagian) Pria: bersihkan pembukaan uretra pada penis 6 Lumasi ujung kateter dengan pelumas (bagian 2-5 cm diujung) 7 Jika pasien wanita. taha labiya supaya terbuka lalu masukan kateter ke dalam meatus uretra.4 Membuka perlengkapan kateter. tegak lurus dengan tubuh pasien. Kateter diukur berdasarkan satuan unit Fre ch (1 French = 1/3mm) Tersedia dari ukuran 12-48 French 5 Bersihkan area gential pasien dengan penyeka kapasa yang telah direndam dengan desinfektan. 9 Teruskan mendorong kateter sampai kandung kemih  setelah urin mengalir teruskan mendorong kateter kedalam kandung kemih sepanjang 5cm (memastikan kateter menyentuh leher kandung kemih) . Tahan kateter dengan tangan dominan Anda dan gunakan tangan yang non-dominan untuk membuka labia pasien supaya pembukaan uretra bisa terlihat. Masukkan ujung kateter ke dalam uretra pasien dengan tangan dominan Anda. Masukkan ujung kateter ke dalam uretra secara lembut dan perlahan. 8 Pasien laki-laki pegang penis dan masukan kateter ke dalam lubang uretra Tahan penis dengan tangan non-dominan Anda dan tarik perlahan ke atas.

membran mukosa dan sklera (jaundice). dan penyakit degeneratif pada otak (encephalopathy). hipoglikemia. Fase 2 : Pembesaran liver. Keracunan pct Keracunan parasetamol biasanya terbagi dalam 4 fase. . perasaan tak menentu pada tubuh yang tak nyaman (malaise) dan banyak mengeluarkan keringat. muntah. 10 Hubungkan ketetr ke kantong drainase SUPPOSITORIA 10. Fase 3 : Berulangnya kejadian pada fase 1 (biasanya 3-5 hari setelah munculnya gejala awal) serta terlihat gejala awal gagal hati seperti pasien tampak kuning karena terjadinya penumpukan pigmen empedu di kulit. mual. Pada fase ini juga mungkin terjadi gagal ginjal dan berkembangnya penyakit yang terjadi pada jantung (cardiomyopathy) Fase 4 : Penyembuhan atau berkembang menuju gagal hati yang fatal. peningkatan bilirubin dan konsentrasi enzim hepatik. yaitu: Fase 1 : Kehilangan nafsu makan. kelainan pembekuan darah. waktu yang dibutuhkan untuk pembekuan darah menjadi bertambah lama dan kadang-kadang terjadi penurunan volume urin.

Pasien asma mau beli obat ke apotek (asma berat) udh ada pilihan obatnya tinggal pilih mana yg tepat. kurap dan infeksi jamur pada kuku Pemakaian: oleskan krim atau sebuk sehari sekali sambil digosokkan perlahan. tetap perpanjang pengobatan selama 10 hari untuk mencegah kambuh 13. gunakan 2-3 kali sehari sampai infeksi hilang Intruksi khusus: Panu dapat disembuhkan 3-4 minggu. berikutnya 40mg/kgBB diberikan 4 jam. gunakan 2-3 kali sehari sampai infeksi hilang Krim : Oleskan secara tipis pada daerah yang terken infeksi. jus atau larutan soda (paling tepat diberikan dalam waktu 8-10 jam pasca menelan paracetamol) 12. Obat gatal karena jamuran Pencegahan:  menjaga kebersihan dengan mandi sehari 2x  jangan daigaruk sesbab dapat menyebabkan infeksi lain  oleskan krim/ shampo anti jamur  periksa ke dokter bila menyerang kuku / gejala menetap Pengobatan: 1. Klotrimazol 1% Cairan : beberapa tetes cairan dioleskan pada daerah yang terkena infeksi jamur. 15.Penatalaksanaan:  Rangasangan muntah (bila PCT baru ditelan / < 1 jam)  Berikan arang aktif dengan dosis 100gr/ 200ml air (dewasa) dan larutan 1g/kgBB untuk anak  Bila kadar serum PCT diatas garis toksik N-asetilsisterin dapat mulai diberikan loading dose 140mg/kgBB secara oral. kadas. Biasanya sembuh setelah 2-5 minggu. Mikonasolat Nitrat 2% Kegunaan: untuk infeksi ringan akibat jamur pada kulit seperti panu. sedangkan jamur pada daerah kemaluan disembuhkan dalam 1-2 minggu.  Larutkan asetilsistein kedalam air. kutu air.. Komplikasi DM dan hipertensi pada geriatric Jawab: ACEI goals tekanan darah 150/90 14. Khusus untuk jamur pada kaki pengobatan harus terus dilanjutkan selama 2 minggu setelah tanda infeksi hilang untuk menghindari kambuhnya penyakit. Konseling: setelah dicucu sebaiknya kaki/ daerah lipatan harus dikeringkan 2. Beda pemakaian metformin sama glibenklamid Metformin  Ketika makan (setelah suapan pertama) Glibenklamid  Pada saat sarapan (sehari 1 kali) .

Glimepiride  30 menit sebelum makan .

Related Interests