SD NEGERI SUNTER JAYA 05 PG

KECAMATAN TANJUNG PRIOK
KOTA ADMINISTRASI JAKARTA UTARA

22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar 3. PENDAHULUAN Guna meningkatkan minat dan bakat peserta didik. Misi SDN Sunter Jaya 05 Pagi. PROGRAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER A. Kegiatan ekstrakurikuler ini selain merupakan kegiatan rutinitas sekolah diluar jam pelajaran. Bidang akademik mengharapkan ketuntasan pembelajaran sementara non akademik sekolah mempunyai target berkembangnya bakat pribadi peserta didik serta mampu bersaing dalam lomba-lomba non akademik antar Sekolah Dasar minimal sampai tingkat kecamatan. Sekolah memiliki misi yang seimbang antrara akademik dan non akademik. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. DASAR Adapun yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler di SDN Sunter Jaya 05 Pagi adalah sebagai berikut : 1. khususnya peserta didik Sekolah Dasar. Dari uraian diatas maka SD Negeri Sunter Jaya 05 Pg memiliki program kegiatan ekstrakurikuler yang disesuaikan dengan minat dan bakat peserta didik serta sesuai dengan agenda kegiatan lomba non Akademik khususnya UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara B. Undang-Undang No. Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan ekstrakurikuler. Keputusan bersama Kepala Sekolah dan Guru SDN Sunter Jaya 05 Pagi .20 tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional 2. 4. maka perlu diadakannya suatu kegiatan di luar jam pelajaran yang mengarahkan pada minat dan bakat peserta didik tersebut. namun bersifat sukarela. juga merupakan ajang penggemblengan peserta didik didik sesuai minat dan bakat peserta didik masing-masing tanpa tekanan.

Mempersiapkan peserta didik siap bersaing dalam ajang perlombaan non akademik D. JENIS KEGIATAN Macam-macam kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan adalah sebagai berikut : 1. ( Daftar Pembina terlampir ) . Berpartisipasi aktif dalam program pendidikan Nasional dalam pengembangan diri peserta didik 3.Marawis E. Menyaring dan menggembangkan minat dan bakat peserta didik 2.Mewarnai untuk kelas rendah dan Melukis untuk kelas tinggi b) Seni Musik . Pelaksana Yang melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler adalah guru kelas dan guru bidang studi atas perintah dan pengawasan serta dibawah pertanggungjawaban Kepala Sekolah ( Susunan pengurus kegiatan terlampir ) 2. MAKSUD DAN TUJUAN Maksud dan tujuan kegiatan ekstrakurikuler di SDN Sunter Jaya 05 Pagi adalah sebagai berikut : 1. Kesenian a) Seni Rupa . Pembina Kegiatan ekstrakurikuler dibina langsung oleh guru kelas dan atau guru bidang studi yang berkepentingan sesuai tugas / jabatan membina dari Kepala Sekolah.C. PELAKSANA DAN PEMBINA 1. UKS 3. Pramuka a) Pramuka Siaga b) Pramuka Penggalang 2.

Amin. SASARAN Masing – masing Cabang Kegiatan Ekstrakurikuler difokuskan pada : 1. 196208151983031016 . BOS / BOP H. M.F. guna meningkatkan minat dan bakat peserta didik secara terarah dan terencana. Semoga seluruh program yang tercantum benar-benar dapat tepat sasaran serta membuahkan hasil yang maksimal. YAHYA. Kelas tertentu G. Akhirnya semoga buku program ini dapat berguna khususnya dikalangan sendiri dan umumnya didunia pendidikan yang sederajat. Jakarta.M. Peserta didik yang ditunjuk secara khusus 4. 2017 Kepala Sekolah DRS. PENUTUP Demikian program kegiatan ekstrakurikuler ini dibuat. ANGGARAN PEMBIAYAAN Kegiatan Ekstrakurikuler dibiayai dari : 1. oleh karena itu penyusun berharap kritik dan saran untuk kelengkapan dan kesempurnaan program selanjutnya. WAKTU PELAKSANAAN Terdapat pada lampiran I.Pd NIP. Peserta didik yang berbakat 3. Penyusun sadar adanya kekurangan dalam penysunan program ini. Peserta didik yang berminat 2. M.

.

S. SUSUNAN PENGURUS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SDN SUNTER JAYA 05 PAGI PEMBINA Pengawas TK/SD KETUA Kepala Sekolah SEKRETARIS BENDAHARA Siti Nurlaila. S. Peni Lewar.Pd V.Pd KOORDINATOR AGAMA OLAH RAGA KESENIAN PRAMUKA Hasanah.Pd Pembina Pembina Pembina Pembina Peserta Peserta Peserta Peserta . S.Pd Nani Oktriani. S. S. S.Pd Siti Djulaeha.Pd Mujiman.

1.Pd 3 Kamis 07.Pd Jakarta. S. S.M. Mujiman.00-11.10 Keagamaan 2. M.M. M. Nani Oktriani. JADWAL KEGIATAN EKSTRA KURIKULER SDN SUNTER JAYA 05 PAGI SEMESTER II TAHUN AJARAN 2017 / 2018 NO HARI WAKTU KEGIATAN PEMBINA 1. M.Pd 4 Rabu 09.Pd NIP. 1.00-08.10 Pramuka Siaga 2. S. S.10 Olahraga 2.Pd 2 Jum’at 10. Hasanah. Hendro Suyono. 2017 Kepala Sekolah DRS. Hasanah. M.Pd 1 Selasa 07.00-10.00-08. Nani Oktriani.00 Kesenian 2. 1. 196208151983031016 . S.Pd 3.Pd Pramuka Penggalang 4.M. Hendro Suyono. YAHYA.

.

M.M. 196208151983031016 PROGRAM PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER . M.Pd NIP. YAHYA. PROGRAM PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER NO Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Cabang dan Jenis Kegiatan BAB Sub 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 I OLAH RAGA DAN KESEHATAN 1 Sepak Bola 2 Bola Volly 3 Badminton II KESENIAN 1 Seni Rupa 2 Seni Musik 3 Keterampilan III KEAGAMAAN 1 Marawis 2 IV PRAMUKA 1 Pramuka Siaga 2 Pramuka Penggalang Jakarta. 2017 Kepala Sekolah DRS.

M. NO Januari Februari Maret April Mei Juni Cabang dan Jenis Kegiatan BAB Sub 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 I OLAH RAGA DAN KESEHATAN 1 Sepak Bola 2 Bola Volly 3 Badminton II KESENIAN 1 Seni Rupa 2 Seni Musik 3 Keterampilan III KEAGAMAAN 1 BTQ 2 Rebana IV PRAMUKA 1 Pramuka Siaga 2 Pramuka Penggalang Jakarta.M. M. 2017 Kepala Sekolah DRS.Pd NIP. 196208151983031016 . YAHYA.

6. 196208151983031016 . TATA TERTIB PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER A. Peserta 1. Waktu pelaksanaan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan program yang telah ditentukan 4. YAHYA. Sekolah akan memfasilitasi kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kemampuan sekolah 2. Peserta didik harus mengisi daftar hadir selama mengikuti kegiatan C. Sanksi Pembina dan peserta yang melakukan pelangaran terhadap tata tertib yang telah ditetapkan akan mendapatkan sanksi sesuai tingkat pelanggaran yang dilakukan dan atau sesuai kebijakan kepala sekolah Jakarta. Peserta didik yang telah dinyatakan wajib mengikuti harus hadir pada kegiatan sesuai jadwal yang berlaku 3. Berminat dengan memperhatikan kesesuaian jenis kegiatan dengan golongan usia atau tingkat b. 2017 Kepala Sekolah DRS. 4. Guru Pembina dapat meminta bantuan guru lain dalam melaksanakan pembinaan/ pembimbingan setelah mendapatkan ijin dari kepala sekolah 3. Pembina dapat melaksanakan kegiatan di luar waktu yang telah ditentukan dengan ketentuan sebagai berikut : a. Kegiatan banyak diminati peserta didik sehingga membutuhkan waktu pelaksanaan kegiatan dalam beberapa pertemuan c. M. Peserta didik yang berhak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler adalah peserta didik yang : a. Peserta didik yang paling berprestasi disetiap cabang kegiatan ekstra berhak mengikuti pembinaan lebih lanjut baik untuk mengikuti lomba maupun pembinaan tingkat lanjutan. Pembina kegiatan adalah guru pembimbing yang mendapat tugas langsung dari kepala sekolah yang dibuktikan dengan bukti tertulis berupa SK Pembimbingan kegiatan ekstrakurikuler 2. Kegiatan ekstrakurikuler dibiayai sesuai dengan pasal anggaran yang berlaku ( dana BOS ) D. Umum 1. Hasil pelaksanaan pembimbingan harus dilaporkan secara periodik kepada kepala sekolah (minimal satu bulan sekali) B.Pd NIP. Pembina wajib mencatat segala perkembangan dan hal-hal yang terjadi selama pelaksanaan pembimbingan dan mengisi daftar hadir. Dipilih berdasarkan seleksi 2. Ada kegiatan lomba dan sejenisnya yang dipandang perlu adanya persiapan lebih lanjut b. Tidak mengganggu kegiatan wajib lainnya terutama kegiatan belajar-mengajar utama 5. M. Pembimbing dan Pembina 1.M.

Related Interests