Layanan Orientasi Siswa

SURABAYA 2017

Dinas Pendidikan Kota Surabaya

Layanan Orientasi Siswa

Persepsi (cara kita memandang sesuatu)
PERSEPSI PERTAMA PADA SUATU HAL AKAN MEMPENGARUHI CARA
PANDANG KITA TERHADAP HAL TERSEBUT
Jika kita memandang sesuatu pada awal kali negatif maka seterusnya
kita akan memandang hal yang sama tersebut negatif

Jika kita memandang sesuatu tersebut menyenangkan,
maka selanjutnya akan menyenangkan

PIKIRAN

DIREKAM

AKSI - TINDAKAN MEMORI

Persepsi akan berpengaruh terhadap kehidupan kita,
jika kita melihat sesuatu tersebut dengan positif,
maka menjalankan nya pun positif.
Begitu juga respon orang disekitar kita pasti juga akan positif

.

Tidak terlihat melayang Warna yang tidak berbeda .

Warna A dan B jelas-jelas tampak berbeda Benarkah? Sebenarna A dan B adalah warna yang benar-benar sama .

Apa yang kita pikirkan dipengaruhi oleh GARIS yang pada akhirnya membuat cara pandang kita berbeda Bagaimana dengan ini? .

.. Menyamakan garis berpikir kita mengenai LOS Apa yang kita anggap sukses? Apa yang kita anggap menyenangkan? Apa yang kita anggap menghormati antara satu dengan yang lain? .Saat ini kita berusaha untuk....

Ideal Ketika pertama siswa baru masuk sekolah. 4. supaya anaknya dibekali dengan hal-hal yang positif. bergaul secara positif. bisa menjadi sarana untuk berprestasi. mempercayakan anaknya masuk ke sekolah baru. menunggu cerita menyenangkan dari anaknya. siswa baru dan orang tua punya harapan: 1. bagaimana sekolah yang dipilih. siswa baru dibimbing untuk memperoleh pengetahuan baru yang bisa menjadi bekal kita di masa depan. 3. dan mengembangkan kemampuan 2. siswa baru disambut di sekolah oleh kakak kelas dan guru sehingga siswa baru bisa bersahabat antara satu dengan yang lain. Orang tua siswa baru. .

Bentuk identitas .Foto yang dipasang harus menggunakan atribut yang tidak sesuai dengan pembelajaran. bullying.Penugasan yang tidak mengukur kemampuan siswa dan juga kapasitas waktu siswa . wajahnya dicoret-coret .Realitas LOS sebelumnya ini masih mengarah pada perploncoan.. ... memberatkan siswa dan orang tua.Pembuatan identitas siswa yang menyulitkan .

. kegiatan sekolah. guru menjadi negatif. (selanjutnya menjadi dendam dan ingin melakukan hal yang sama di kemudian hari untuk adik kelas)  Tidak ada semangat memasuki sekolah yang baru  prestasi menurun  Kelelahan dan sakit karena tugas  Tidak mendapatkan manfaat.Dampak Bagi peserta LOS:  Pandangan terhadap kakak kelas.

yang nantinya bagi siapa yang melanggar akan diberi sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku . media  Panitia sama dengan membuang waktu. tenaga yang ujungnya bisa merugikan panitia sendiri.Dampak Bagi panitia:  Dapat menjadi menjadi masalah bagi panitia.  Sanksi tindak pidana apabila melakukan tindak kekerasan fisik maupun verbal  Melanggar pemendikbud no 82 tentang pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di lingkungan sekolah. karena tidak sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan  panitia mendapatkan sanksi dari sekolah. Karena tidak bisa memberikan manfaat.

yang nantinya bagi siapa yang melanggar akan diberi sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku .Dampak Bagi sekolah:  Nama sekolah menjadi jelek  Melanggar pemendikbud no 82 tentang pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di lingkungan sekolah.

.. NYAMAN UNTUK BELAJAR DAN BERPRESTASI .....!!!! dengan cara... MENCIPTAKAN NUANSA SEKOLAH YANG MENYENANGKAN... MARI BERBENAH...

Surabaya merupakan pelopor sistem integrasi LOS yang membawa pada kebaikan bangsa 3. Pelajar surabaya merupakan panutan kota lain dalam keorganisasian dan prestasi . Sukseskan LOS Surabaya 1. Surabaya merupakan kota yang dituju oleh kota lain untuk sharing mengenai pengembangan program pendidikan 2.

LOS 2017 Pelajar Surabaya Berbudi dan Berprestasi .

....... KAMI INGIN.. Memberikan gambaran ketetapan LOS 2017 sesuai yang diharapkan oleh Dinas Pendidikan kota Surabaya dalam rangka untuk kebaikan bersama.. sesuai dengan rel yang ada Memberikan kemudahan bagi guru untuk melakukan sistem kontrol pelaksanaan LOS yang seharusnya di terapkan oleh siswa-siswinya ........ Memberikan ruang kepada panitia pelaksanaan LOS sekolah untuk berkreasi dan berinovasi.

. membantu mengadaptasi) siswa (juga pihak lain yang dapat memberi pengaruh terutama orang tuanya) dari situasi lama kepada situasi yang baru) Layanan Orientasi Siswa 2016 ..Kenali dulu LOS mu. Apasih LOS itu??? Bimbingan yang dilakukan secara terkordinir dengan tujuan membantu mengorientasi (mengarahkan.

kebijakan program pendidikan kota Surabaya dan kegiatan intra/ekstra kurikuler di sekolah dalam Kurikulum 2013 Mempersiapkan mental belajar siswa dalam mengikuti Membuat LOS yang proses pendidikan yang hendak ditempuhnya dan memanusiakan siswa. Membuat siswa memahami orientasi TUJUAN dirinya sebagai pelajar. menghadapi tantangan menyenangkan dan Mengenali dan menghindari berbagai potensi permasalahan bermanfaat tinggi yang dapat menghambat pencapaian tujuan siswa dalam pendidikan Menginformasikan layanan bantuan untuk membantu mengatasi permasalahan siswa demi kepentingan terbaiknya . Meningkatkan pemahaman orangtua dan siswa terhadap strategi pendidikan nasional.

. BERMANFAAT DAN MENYENANGKAN UNTUK SISWA BARU Dapat mengenalkan lingkungan baru Dapat memberikan lahan untuk proses adaptasi Memberikan kegiatan yang positif ..... MARI BERSAMA KITA MENCIPTAKAN LOS 2017 yang.

.

Panitia LOS Peserta LOS Konsep TOT Masing-masing LOS (Orang Tua Materi sekolah dan Siswa) Siswa Orang Tua Wakasek & (Ketua Siswa (Wali Guru BP OSIS & (PDB) Murid) Ketupan) .

BREAKDOWN PROGRAM HARI PERTAMA HARI KEDUA HARI KETIGA • PENGENALAN • PROSES ADAPTASI • PENYELENGGARAAN LINGKUNGAN BARU • Pengisian angket respon KEGIATAN YANG POSITIF siswa LOS .

PROGRAM ?? .

lingkungan PENGENALAN • Kebijakan dinas pendidikan LINGKUNGAN • Prestasi dan Kebanggaan Sekolah (Siswa. Ekskul. Struktur OSIS.Ekskul. dan Sekolah) BARU • Kelebihan dan kekurangan (untuk diantisipasi)  sekolah dan dirinya untuk membentengi dari hal yang kurang baik • Pengoptimalan masa remaja PROSES • Manajemen waktu ADAPTASI • Mars sekolah • Kegiatan positif • Bersih-bersih sekolah • Pembentukan struktur kelas KEGIATAN YANG • Pengisian angket kompetisi sekolah dengan penyelenggaraan LOS terbaik POSITIF . Detail program • Mengenalkan Sekolah • Tujuan Sekolah • Pengajar Struktur Sekolah.

MENGAPA HARUS PROGRAM TERSEBUT? .

PENGENALAN LINGKUNGAN BARU .

kita mengenai sistem pendidikan saat ini akan lebih mudah untuk dengan begitu orang tua akan dapat beradaptasi memantau perkambangan anaknya dan juga bagi siswa mengetahui Membangun kebanggaan kita bagaimana sistem pendidikan yang terhadap sekolah akan ia tempuh Merencanakan studi untuk pencapaian prestasi .DISAMPAIKAN DISAMPAIKAN OLEH PANITIA OLEH BAPAK/IBU LOS GURU Jikalau kita mengerti mengenai Siswa baru dan orang tua tahu medan sekolah kita yang baru.

Bagaimana cara mengenalkan lingkungan baru? 1) Menghadirkan Tokoh Alumni 2) Menceritakan mengenai potensi sekolah (ekstra kurikuler yang ada dan juga prestasi yang pernah diraih) 3) Berkeliling Mengenali lingkungan sekolah. dan menunjukkan masing-masing fungsi ruang 4) Memperesentasikan mengenai peraturan-peraturan sekolah dan juga kebijakan pembelajaran terkini .

Proses Adaptasi .

GAGAL BERADAPTASI.. Dapat menganggu proses PEMBELAJARAN.. Tidak tahu bagaimana mengaktualisasikan dirinya tidak bisa memanejemen diri TERJEBAK DALAM LINGKUNGAN YANG NEGATIF ...

proses Adaptasi itu? 1) Tunjukkan cara yang baik untuk memanajemen waktu 2) Tunjukkan cara untuk mengenali dirinya dan tunjukkan lahan aktuliasasi positif yang bisa mereka gunakan ketika di sekolah 3) Tunjukkan cara untuk mengenali pergaulan remaja saat ini 4) Tunjukkan cara mengenali lingkungan yang positif dan dampak pergaulan yang negatif .Bagaimana sih.

Kegiatan yang Positif .

. OSIS serta panitia LOS boleh untuk membuat kegiatan sesuai dengan kreasi......Kegiatan yang postif ini maknanya.. Namun ada syaratnya..

peserta LOS. Baik untuk sekolah.Syarat pembuatan kegiatan yang positif : 1) Kegiatan yang dibuat mempunyai nilai manfaat tinggi. Baik pembelajaran secara akademis. serta masyarakat 2) Kegiatan ini berguna untuk pembelajaran di masa mendatang. ataupun moralitas yang baik 3) Sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa serta sekolah . panitia LOS.

Penyuluhan anti narkoba dan seks bebas . serta motivasi 2.Alternatif Kegiatan : 1. Outbond training 6. Informasi terbaru mengenai MEA dan persiapan kita sebagai pelajar 10. Kegiatan kerohanian siswa. Kerja bakti 4. Wiyata Mandala 5. Bakti sosial 3. yang meningkatkan ketakwaan 8. Pembuatan mading kelas sebagai sarana informasi. Pendidikan karakter 9. Demo Ekstra Kurikuler 7.

Alternatif Kegiatan : .

Setiap kegiatan harus memiliki dasar berpikir.1. Tidak boleh mengadakan kegiatan yang bertentangan dengan kebijakan dinas pendidikan kota surabaya ataupun kebijakan dan Peraturan perundangan di atasnya (PERMENDIKBUD NO 82 TAHUN 2015) 6. tujuan dan target yang jelas 3. Panitia LOS dari siswa haruslah siswa yang bisa dijadikan panutan. . berintegrasi dan mau mengedapankan kepentingan dan kemajuan pendidikan diatas kepentingan pribadi atau golongan 4. Kegiatan harus meminimalisir kontak fisik lawan jenis 5. Tidak boleh ada kegiatan LOS yang menghambat atau menjadikan peserta LOS tidak bisa menjalankan kegiatan ibadah sesuai dengan agama yang di anut. Setiap kegiatan harus Memanusiakan siswa baru 2.

2. Kegiatan LOS yang bebas unsur kekerasan. peserta LOS dan panitia. Kegiatan LOS menyenangkan yang sesuai dengan visi dan misi sekolah 6. Kegiatan LOS yang dapat meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi proses pendidikan di sekolah 4. orang tua. Kegiatan LOS yang dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk sekolah. Kegiatan LOS yang dapat meningkatkan dukungan orangtua pada anak dalam mencapai tujuan pendidikannya 5.Petunjuk Kegiatan LOS 2017 1. baik manfaat jangka pendek atau jangka panjang . Setiap Kegiatan harus senantiasa dibimbing oleh Guru pendamping. baik kekerasan fisik maupun kekerasan verbal 3.

REWARDING LOS 2017 Setiap sekolah yang menyelenggarakan LOS 2017 adalah peserta kompetisi yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan Reward diberikan bagi: ◦ Mereka yang dalam penyelenggaraannya tidak menyelahi aturan dan ketentun yang diberikan oleh dinas pendidikan ◦ Mereka yang dalam angket peserta LOS tidak mendapatkan keluhan peserta LOS ◦ Nilai lebih bagi sekolah. dimana peserta LOS merasa terpuaskan dengan layanan yang diberikan oleh panitia LOS .

SEMOGA SUKSES .

Related Interests