Identifikasi Pengukuran Evaluasi Pengendalian

Bising Mengidentifikasi Sound Level Meter Membandingkan dengan
daerah-daerah Alat ini digunakan untuk 1. baku tingkat kebisingan sesuai Kepmen LH No. 48
dengan mengukur besarnya tingkat
Sumber: 1) manajemen tahun 1996
menggunakan intensitas kebisingan di
pengendalian bising ( lingkungan kerja, yang
chek list atau
Fakulatas Ilmu-Ilmu bagian-bagiannya terdiri dari:
bagian-bagian
Kesehatan Program Studi microphone, amplifier,
dalam rencana
Kesehatan Masyarakat, menurut dugaan
cablirated attenuators,
Peminatan Keselamatan dan weighting networks dan
kemungkinan
Kesehatan Kerja Univ. Esa metering system.
terjadinya resiko Noise Dosimeter
Unggul) kebisingan. Dalam Dosimeter dapat
2. identifikasi diapakai/dikenakan untuk
KEPUTUSAN sumber bising dan menghitung paparan bising
MENTERI NEGARA membuat yang diterima selama jam
LINGKUNGAN perangkat kerja. Dosimeter akan
HIDUP kebisingan, mencatat tingkat kebisingan
NOMOR : KEP- diperlukan yang diterima oleh pekerja
pemahaman dan durasi paparan
48/MENLH/11/199
dasar mengenai kebisingan. Metode ini adalah
6 metode yang akurat untuk
Jumlah dB,
TENTANG Pembebanan mengukur tingkat paparan
BAKU TINGKAT dB(A), Perilaku kebisingan yang diterima
2. NAB K ebisingan sesuai Permenaker No.
KEBISINGAN suara dalam pekerja.
Pengukuran dilakukan Teknik pengendalian bising biasanya dikatakorikan
3. PERATURAN MENTERI ruang.
didaerah pendengaran berdasarkan sasaran pengendaian ada tiga tahap dasar
TENAGA KERJA DAN pengendalian kebisingan/noise (sumber, medium, atau
TRANSMIGRASI pekerja,kira-kira 15 – 30 cm
Secara garis perentara), seperti dibahas oleh NIOSH .
NOMOR dari telingah pekerja.
besar sumber a. Sumber : Dengan cara isolasi, subtitusi, enccolosure,
PER.13/MEN/X/2011 3.3.3. Audiometer Testing
kebisingan silencerrs dan barier
TAHUN 2011 Program
terdiri dari : b. Medum/path : Ventilasi sistem, eshaust vent,blower sistem
TENTANG Tujuan melakukan program
– Kontinu dan barier
NILAI AMBANG BATAS uji ambang dengar adalah :
Noise/BisingTun c. Penerima/receiver : Pengaturan lama waktu
FAKTOR FISIKA DAN  Untuk mengetahui ambang
ak kepaparan/shift-work dan alat pelindung diri
FAKTOR KIMIA DI TEMPAT dengar, yaitu kadar suara
KERJA (dalam dB) menimal yang
Yaitu noise
masih bisa didengar oleh
secara terus
telingah,
menerus
dengan level  Untuk mengetahui apakah
spektrum yang kerusakan pendengaran
konstan dengan (pergeseran ambang dengar 13/Men/X/2011
lama waktu memang disebabkan oleh
pemaparan kebisingan (NIHL- Noise
selama 8 jam Induced Hearing Loss )
kerja per-hari  Memberikan rekomendasi
atau 40 jam per- kepada pihak managemen
minggu. untuk perbaikan lingkungan
– Intermittent kerja
Noise

kereta apai. J. PEMAPARAN LENGAN DAN TANGAN Dengan menyisipkan peredam antara tool housing dan TENAGA KERJA DAN tangan .B 1988 : 176) – Bising Fluktuatif Tingkat kebisingan naik turun secara cepat – Bising Nada Tunggal Merupakan bising yang dominan pada sebuah frekwensi. poeer plant Getaran Getaran adalah 3. (Olishifsky. Contoh . NILAI AMBANG BATAS GETARAN UNTUK Dengan meredam peralatan disebelah dalam . gear box. tipeini terdapat pada mesin-mesin diesel besar. bising motor pada mesin. fan dan pompa – Bising Frekwensi Rendah Dominan pada rentang frekwensi 8 – 100 Hz. PERATURAN MENTERI gerakan yang Vibration meter. – Impact-Type Noise Yaitu Noise secara implusive yang sifatnya berupa kejutan. Yaitu noise secara terputus- putus dalam selang waktu tertentu.

61 alat ini digunakan untuk 1 jam dan kurang dari 2 jam 8 0. Getaran memonitor “trend getaran” Kurang dari 1 jam 12 1. frekuensi Getaran ini getaran yang timbul mempunyai tersebut akan sesuai frekwensi 5 – 20 dengan kerusakan yang Hz. Misalnya : kaki kemampuan untuk saat berdiri. ditimbulkan. Jika trend Catatan: vibration ) getaran suatu mesin 1 Gravitasi = 9. Karena punggung saat biasanya sebuah mesin bersandar. Getaran Setempat Shock Pulse Meter . ( Hand arm Shock pulse meter adalah vibration ) alat yang khusus untuk memonitoring kondisi Getaran yang antifriction bearing yang merambat biasanya sulit dideteksi . maka terhadap seluruh akan dilakukan analisa tubuh.13/MEN/X/2011 media dengan membaca harga overall Nilai percepatan pada frekuensi dominan TAHUN 2011 TENTANG arah bolak-balik (besarnya level getaran) Meter per detik kuadrat NILAI AMBANG BATAS dari kedudukan tanpa memberikan ( m/det2 ) FAKTOR FISIKA DAN seimbang. lebih lanjut dengan dihantarkan menggunakan alat yang melalui bagian lebih lengkap.81 1. mengukur amplitude dan pantat pada saat frekuensi getaran yang duduk. 2. informasi mengenai Gravitasi FAKTOR KIMIA DI TEMPAT Jenis-jenis getaran frekuensi dari getaran 4 jam dan kurang dari 8 jam 4 0. Pada umumnya 2 jam dan kurang dari 4 jam 6 0.40 KERJA kerja tersebut. akan dianalisa. tubuh tenaga kerja yang Vibration Analyzer menopang Alat ini mempunyai seluruh tubuh. mempunyai lebih dari satu lengan saat frekuensi getaran yang bersandar. terjadi pada mesin.TRANSMIGRASI teratur dari Jumlah waktu pemaparan Mengoperasikan alat dengan remote controle NOMOR benda atau Vibration meter hanya Per hari kerja Dengan mengurangi waktu terpapar dengan operator PER.81 m/det2 menunjukkan kenaikan Getaran ini melebihi level getaran berpengaruh yang diperbolehkan.22 Umum ( Whole body dari suatu mesin.

oil whirl atau kerusakan pada anti friction bearing dapat menghasilkan gelombang dengan bentuk-bentuk tertentu. Osciloskop Sebuah osciloskop dapat memberikan sebuah informasi mengenai bentuk gelombang dari getaran suatu mesin. melalui tangan atau lengan dari dengan metode analisa operator atal getaran yang konvensional. Pengendalian secara umum PERATURAN MENTERI adalah faktor. yang bergetar. intensitas gelombang kejut itulah yang mengindikasikan besarnya kerusakan dari bearing tersebut.4 Kep-men/13/2011 tentang NAB faktor fisik dan 1. begitu juga apabila terjadi kelonggaran mekanis (mechanical looseness). akibat terjadi gaya impact pada suatu benda. Prinsip kerja dari shock Getaran ini pulse meter ini adalah mempunyai frekwensi 20 – mengukur gelombang kejut 500 Hz.  Training bagi calon tenaga kerja sebelum ditempatkan TENAGA KERJA DAN adalah Arsmann kimia di tempat kerja dan ISBB diperkenankan) faktor termis TRANSMIGRASI yang dilaksanakan periodik. sebagai contoh. Beberapa kerusakan mesin dapat diiden-tifikasi dengan melihat bentuk gelombang getaran yang dihasilkan. kerusakan akibat unbalance atau misalignment akan menghasilkan bentuk gelombang yang spesifik. dalam psychrometer untuk Pengaturan ISBB (˚C ) NOMOR  penerapan hygiene: . Iklim Kerja Iklim kerja Alat yang dapat digunakan Tabel 2.

Diet : makanan yang terlalu manis atau mengandung Iklim kerja digital untuk mengukur karbohidrat berlebihan tidak dianjurkan karena akan panas tekanan panas dengan menahan cairan melalui ginjal atau keringat. saat memasang ventilasi dengan cara pengenceran dan ( Budiono.0 panas 0%-25% 32.2 31. Pengendalian secara khusus dapat panas di lingkungan kerja Pengendalian secara khusus dapat dilaksanakan dengan 3 disebabkan dilakukan dengan cara : oleh gerakan meletakkan alat pada 1. Pengandalian cairan TAHUN 2011 yang dapat b.1 30.0 30. terhadap pajanan panas dimana tenaga kerja FAKTOR KIMIA DI TEMPAT manusia Selain itu pengukuran iklim 50%-75% 31.0 29. hal ini disebabkan oleh disebabkan (Tim Hiperkes. Suhu udara dapat diturunkan dengan matahari.2 m (3. lingkungan keringat seperti : bahan yang terbuat dari katun.PER. “Questemp” yaitu suatu alat d. FAKTOR FISIKA DAN 75%-100% 31. Aklimatisasi termometer bola untuk Beban Kerja TENTANG mempengaruhi setiap jam c. Pakaian kerja : Pakaian kerja untuk lingkungan tempat Basah (ISBB). suhukering dan suhu kerja yang sehingga penguapan mudah terjadi. Bila suhu udara dibawah suhu radiasi tenagakerja duduk dalam 90˚F (32˚C).0 27.0 . p e n g u ku ra n reservoir (tand pendinginan secara aktif). Pengukuran tekanan 2. karena suhu udara dan kelembaban udara yang lebih oleh iklim rendah. sehingga meningkatkan kecepatan .0 29. Alat ini dapat dari kerja panas sebaiknya dari bahan yang mudah menyerap mengukur suhu basah.3kaki) b). tenaga kerja mendapat tambahan pans suhu udara. 2006). Iklim kerja menghindari terhadap cuaca panas apabila ia sudah kerja dapat menggunakan 25%-50% 32. Pa d a secara nyata. maka ada pelepasan panas dari tubuh dan sinar melakukan pekerjaan.0 KERJA a. Pengendalian secara teknis angin. waktu kerja a. dan 0. merupakan e.13/MEN/X/2011 lingkungan kerja mengukur suhu basah. Menurunkan suhu udara : (bila suhu udara di atas kelembaban. 2008) on) termometer suhu basah c).5 merasakan terpapar suhu panas secara berlebihan. Menurunkan kelembaban udara : (dengan Salah satu diisi dengan aquadest dan menggunakan ruangan yang dingin akan kondisi yang waktu adaptasi alat 10 menit menurunkan tekanan panas. a). Self determination : diartikan sebagai pembatasan NILAI AMBANG BATAS Ringan Sedang Berat kesehatan mengukur suhu radiasi.6 m (2 kaki) bila secara nyata dari udara. radiasi. Gaya hidup dan status kesehatan parameter Indek Suhu Bola meteorologi f.0 28. Mengurangi beban kerja ketinggian 1. bagi tenaga kerja yang berdiri 104˚F (40˚C).

d). pergerakan udara. Tekanan panas . tekanan uap air. keseluruhan beban panas yang diterima tubuh yang merupakan kombinasi dari kerja fisik. Menurunkan panas radiasi : (bila suhu globe lebih terlalu tinggi dari 109˚F (43˚C) panas radiasi merupakan sumber adalah apa tekanan panas secara nyata.kerja yang penguapan dengan pendinginan). perubahan panas radiasi ) dan faktor lain. untuk dengan Heat mengetahui daftar logam atau permuakaan benda Stress yang padat digunakan sebagai perisai. 4. faktor lingkungan ( suhu udara. ( tekanan 3. Pengendalian secara administrative adalah perubahan panas). cara kerja yang dilakukan dalam upaya untuk membatasi Tekanan panas resiko pemajanan. Sesunggunhnya yang lembaran logam atau permuakaan benda yang dapat dinamakan digunakan sebagai perisai sangat banyak. Perlindungan perorangan adalah suatu cara pengendalian adalah yang dilaksanakan perorangan(setiap pekerja).

Heat Sincope 7. Heat rash 3. humidity. kec epatan gerakan udara. Heat cramps 5. radiasi. Heat Fatique 4. b. Heat stroke Tekanan panas dapat disebabkan oleh berbagai faktor yangselanjutn ya dapat digolongkan dalam: a. Climatic faktor: suhu udara. Heat exhaustion 6. Non climatic faktor: . akan berdampak pada terjadinya : 1. Dehidrasi 2.

2007). metabolisme. b. Iklim kerja dingin Pengar uh suhu dingin dapat mengurangi efisiensi dengan keluhan kaku atau kurangnya koordinasi otot. pengaruh suhu ruangan sangat rendah terhadap kesehatan dapat mengakibatkan penyakit yang terkenal yang disebut dengan . panas. pakaian kerja dan tingkat aklimatisasi (Subaris.

chilblains. segera diganti.3/f 6 yang mampu 1 MHz – 30 MHz 1842/f 16. KESEHATAN energi listrik diubah dibersihkan. trench foot dan frostbite. Pencahayaan pencahayaan Pengukuran intensitas Intensitas cahaya di ruang kerja minimal 100 lux. kemudian energi sesuai dengan peruntukannya. NILAI AMBANG BATAS RADIASI FREKUENSI Pengendalian dan pencegahan radiasi sinar tidak hazard RADIO DAN GELOMBANG MIKRO mengion : kesehatan di ketentuan yang Frekuensi Power lingkungantemp diatur dalam Density sumber radiasi harus tertutup at kerja dan undang-undang ( mW/cm2 ) dibagi menjadi 2 Kekuatan golongan bahwa setiap berupaya menghindari sumber radiasi tersebut Medan yaituradiasi pengguna zat listrik tidak terus-menerus kontak dengan benda-benda mengion dan radioaktif atau ( V/m ) yang dapat menghasilkan radiasi sinar tersebut radiasi tidak Kekuatan mengion sumber radiasi medan memakai alat-alat pelindung diri Radiasi pengion lainnya magnit pengion : harus memiliki ( A/m ) secara rutin memantau kebocoran instalasi Ionizing Waktu radiation : alat ukur proteksi pemaparan Radiasi radiasi. langsung atau tidak  dosimeter 10 100 MHz – 300 . NOMOR 1405/MENKES/SK/XI/2002 1) Pencahayaan alam maupun buatan NOMOR Alat ini mengubah energi TENTANG diupayakan agar tidak menimbulkan yang 1405/MENKES/SK/XI/2 diperlukan cahaya menjadi energi PERSYARATAN KESEHATAN kesilauan dan memilki intensitas listrik. Alat ukur ( menit ) elektromagnetik atau partikel proteksi radiasi 30 kHz – 100 kHz 1842 163 6 dibedakan 100 kHz – 1 MHz 1842 16.3/f 6 ion. PERKANTORAN DAN INDUSTRI Radiasi Radiasi adalah Sebagai suatu 4. LINGKUNGAN menjadi angka yang dapat 3) Bola lampu yang mulai tidak berfungsi dengan baik KERJA dibaca pada layar monitor.3/f 6 menghasilkan menjadi tiga 30 MHz – 100 MHz 61. Untuk alat digital. 002 untuk LINGKUNGAN KERJA listrik dalam bentuk 2) Penempatan bola lampu dapat TENTANG melaksanakan PERKANTORAN DAN INDUSTRI arus digunakan untuk PERSYAR kegiatan secara menghasilkan penyinaran yang menggerakkan jarum ATAN optimum dan bola lampu sering efektif skala.4 16. Tata cara pelaksanaan adalah jumlah penerangan ini memakai Agar pencahayaan memenuhi KEPUTUSAN penyinaran alat luxmeter yang KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN persyaratan kesehatan perlu dilakukan MENTERI KESEHATAN pada suatu hasilnya dapat langsung REPUBLIK INDONESIA tindakan sebagai berikut : REPUBLIK INDONESIA bidang kerja dibaca.

radiasi sinar satu bulan. dan digunakan untuk mW/cm2 : Mili Watt per senti meter persegi partikel berat V/m : Volt per Meter bermuatan. langsung. 30 GHz – 300 GHz 100 67.4 0. misal  monitor 3 GHz – 30 GHz 100 33.079 sinar-X.163 6 menembus  surveimeter 300 MHz – 3 GHz f/30 6 materi. sinar kontaminasi. partikel MHz : Mega Hertz beta. perorangan f : Frekuensi dalam MHz positron. Radiasi tidak radiasi yang telah mengion mengenainya secara akumulasi Jenis: dalam selang 1. partikel Keterangan : kHz : Kilo Hertz alfa.476 gamma. TLD Radiasi dan dosimeter frekuensi radio saku. 300 Giga Herzt. mikro misalnya selama 2. “mencatat” dosis A/m : Amper per Meter a. Setiap dan gelombang mikro pekerja radiasi (Microwave) diwajibkan adalah radiasi elektromagnetik menggunakan dengan dosimeter frekuensi 30 Kilo Hertz sampai perorangan.62/f 0. sinar infra perorangan adalah merah film badge. Dosimeter GHz : Giga Hertz elektron. proton. Contoh ultra violet dosimeter 3. dalam perorangan MHz lintasannya 10 61.2/f1. Radiasi ultra ungu (ultraviolet) Surveimeter adalah radiasi digunakan untuk elektromagnetik dengan panjang mengukur laju gelombang 180 nano dosis (intensitas) meter sampai radiasi secara . gelombang waktu tertentu.878.

Surveimeter mutlak diperlukan dalam setiap pekerjaan yang menggunakan zat radioaktif atau sumber radiasi pengion lainnya agar setiap pekerja mengetahui atau dapat memperkirakan dosis radiasi yang akan diterimanya setelah melaksanakan kegiatan tersebut.400 nano meter (nm). Surveimeter harus bersifat portabel. langsung. Monitor kontaminasi digunakan untuk mengukur tingkat kontaminasi zat radioaktif. baik di udara. mudah dibawa dalam kegiatan survei radiasi di segala medan. di tempat .

maupun yang melekat di tangan.kerja. kaki atau badan pekerja. Peralatan ini mutlak diperlukan bagi fasilitas yang menggunakan zat radioaktif terbuka. . misalnya untuk keperluan teknik perunut menggunakan zat radioaktif.