PEMBENTUKAN BATU GARAM (ROCK SALT) dan

KUBAH GARAM (SALT DOME)
Setelah mengenali beberapa jenis batuan yang ada di bumi, ada salah
satu jenis batu yang sepertinya menarik untuk dibahas lebih lanjut. Ini
karena batu tersebut sangat membantu menjebak minyak bumi atau gas
yang sering dijumpai di Teluk Meksiko dan daerah-daerah Timur
Tengah. Batu tersebut adalah batu garam atau yang sering dikenal sebagai rock
salt dan termasuk ke dalam batuan sediment. Batu garam ini terbentuk dari kumpulan
mineral yang sering disebut halite. Mineral halite mempunyai rumus kimia NaCl. Akan
tetapi batu garam bisa juga mengandung pengotor-pengotor dan umumnya yang
berasosiasi dengan batu garam tersebut adalah anhydrite (CaSO4), gypsum
(CaSO4.2H2O), dan juga sylvite (KCl).

Terbentuknya batu garam ini umumnya akibat dari penguapan air
yang mengandung garam seperti air laut yang banyak mengandung
ion-ion Na+ (Sodium) dan Cl– (Cloride). Batu garam ini umumnya
terbentuk di daerah danau yang mengering akibat penguapan, teluk-
teluk yang relative tertutup, daerah estuarine yang ada di daerah arid, daerah-daerah di
dekat laut seperti lagoon dan lain-lain.

Pada jaman dulu dalam skala waktu geologi, sejumlah air yang sangat
besar seperti misalnya Laut Mediterania atau laut yang mampu memasuki
cekungan Michigan di Era Paleozoic (600-230 juta tahun yang lalu)
menguap dan menghasilkan sedimen batu garam yang sangat tebal
dan luas.

Beberapa teori menjelaskan terbentuknya batu garam yang ada di
cekungan Michigan. Salah satunya adalah siklus garam dimana
banyak dipengaruhi oleh proses penguapan dan pengendapan garam
akibat hilangnya sejumlah air laut yang tidak dapat menahan ion-ion garam yang ada
dalam larutan seperti yang dijelaskan sebagai berikut:

 Pada jaman Kambrium dan Ordovician (600-500 juta tahun yang lalu) cekungan
Michigan mulai terbentuk. Pada jaman Silur (425 juta tahun yang lalu), batu gamping
(limestone) mulai diendapkan di cekungan Michigan. Dengan bertambah besarnya
kecepatan penurunan cekungan di Michigan pada jaman ini, sejumlah terumbu
karang (coral reef) terbentuk dan terumbu-terumbu tersebut menjadi semacam
penghalang (barrier) sehingga membatasi aliran air laut.
 Dengan dibantu oleh kondisi iklim daerha tersebut yang arid, maka sinar matahari
dan temperatur yang cukup panas menyebabkan air yang ada di cekungan Michigan
menguap .

Pada saat mineral-mineral garam tersebut mencoba menerobos batuan di atasnya. Nah bagaimana batu garam tersebut berubah bentuknya menjadi kubah dan tidak berlapis seperti layaknya batu sedimen? Kubah garam (salt dome) terbentuk karena lapisan garam yang sangat tebal yang terbentuk dari mineral halite. Proses pembentukan garam yang terjadi sekarang juga bisa dijumpai di beberapa tempat di dunia seperti di Laut Mati (Dead Sea) di Jordan dan Israel. Dan untungnya lagi banyak minyak bumi dan gas yang ditemukan di dekat salt dome tersebut. menerobos batuan yang ada di atasnya sehingga membentuk seperti kubah. Inilah kenapa Michigan menjadi salah satu negara bagian yang menghasilkan dijumpai batu garam dan menjadi salah satu penghasil garam terbesar di Amerika. batuan-batuan di atasnya akan sedikit terlipat dan akan membentuk jebakan dimana minyak bumi dan gas akan berakumulasi. Bahkan tidak jarang pula mineral garam tersebut mampu menerobos sampai ke permukaan atau menerobos lantai samudera jika mineral garam tersebut ditemukan di lautan (offshore). batu garam yang terbentuk akan tertutupi oleh sedimen di atasnya dan terkubur dalam bumi.  Karena semakin banyaknya air yang menguap. Pada saat bagian atas dari garam tersebut kontak dengan air laut maka garam tersebut mulai melarut dan kadang-kadang meninggalkan bentuk depresi atau runtuhan di sekelilingnya dan kadang pula rekahan tersebut menyebar dari pusat. maka air yang tersisa tidak dapat menahan garam yang ada di larutan sehingga garam-garam tersebut mulai diendapkan dan jatuh ke dasar laut. Nah kalo kita sudah mulai mengerti bagaimana batu garam terbentuk sekarang bagaimana kubah garam terbentuk? Apakah ada hubungannya dengan batu garam yang terbentuk? Sebenarnya proses terbentuknya adalah sama akan tetapi karena bentuknya yang seperti kubah (dome) maka sering disebut kubah garam (salt dome) seperti yang banyak dijumpai di Teluk Meksiko dan Timur Tengah. Dalam skala waktu geologi (jutaan tahun yang lalu). Oleh karena berat jenis garam yang relatif lebih kecil (2.  Oleh karena air laut yang mampu masuk ke cekungan Michigan semakin banyak maka siklus di atas terulang kembali dan terjadi lagi seterusnya sehingga garam yang diendapkan semakin tebal. Contoh dari kubah garam ini adalah Avery Island di Lousiana dan Pegunungan Zagros.4 gr/cc) maka mineral garam tersebut mempunyai kecenderungan untuk menerobos batuan di atasnya. Rekahan .16 gr/cc) dibandingkan material di sekelilingnya termasuk sedimen di atasnya (biasanya lebih besar dari 2.

inclinedimpact. minyak nabati dan hewani. . kemudian dibungkus. natrium sulfat dan lain-lain. bahan perekat. maka pemurnian dapat dilakukan dengan cara memanaskan garam tersebut hingga 300oF. g) Cara terbentuknya :  Endapan garam batu yang luas. tekstil. vibrating screens). sebagai sumber klorin. d) Berwarna putih abu-abu. Penambangan garam batu yang terdapat pada kedalaman 500 – 1200 kaki di bawah tanah dapat dilakukan secara tambang dalam. dan magnesium sulfat. Kegunaan . tersebut kemudian berkembang menjadi patahan dan akhirnya patahan tersebut bisa menjadi jalan untuk fluid berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. jingga. . dalam industri gula dan industri bahan makanan. biru. 2. kalsium sulfat.d.  Merupakan efflorescent earthy crust di daerah kering. sulfat. sumur-sumur dan parit-parit eksplorasi.Sebagai fluks dalam metalurgi untuk membuat persenyawaan klor dari logam-logam.Untuk menstabilkan dan mengendapkan debu-debu di jalan. . f) Bentuk kristal kubus. gelas dan keramik . misalnya alkali-soda. .  Merupakan larutan garam  Merupakan hasil sublimasi dekat gunung api. b) Mineral yang sangat mudah larut dan umumnya terdapat di laut. Selain dilakukan dengan pemboran dan peledakan garam batu juga bisa di ambil dengan cara melarutkan garam lalu di pompa ke permukaan. Sifat Bahan Galian a) Garam biasa (NaCl) adalah mineral yang rapuh dengan pecahan yang konkoidal. Yang paling umum adalah sebagai garam laut Penyelidikan dan Penambangan Penyelidikan dilakukan dengan cara geologi.Dipergunakan untuk membuat bahan-bahan kimia berat. sabun. Bila garam tidak murni. kaustik soda.1 – 2.5 B. sebagai zeolit dalam regenerator. soda ash. Pengolahan dan Pencucian Pengolahan tergantung pada sifat bahan galian dan penggunaannya.Dipergunakan sebagai garam dapur. atau merah. pemboran. c) Ditemukan dalam bentuk murni dan ada juga yang bercampur dengan kalsium klorida. e) Kekerasan berkisar antara 2. sedangkan pengambilan garam batu dilakukan dengan membor kemudian meledakkannya dengan dinamit berkekuatan rendah.6. kemudian sample diperiksa di laboratorium dengan analisa kimia dan analisa mikroskop. Bongkahan garam batu tersebut ditumbuk (crushing) dengan tooth rolls atau corrugated rolls dan disaring menurut ukuran yang diinginkan (dengan revolving. magnesium bromida. berserabut dan bentuk stalaktit. Fenomena seperti ini banyak dijumpai di Teluk Meksiko dan Timur Tengah dimana pembentukan salt dome ini sangat menguntungkan untuk minyak bumi dan gas dapat berakumulasi. pada temperatur tersebut kotoran(sodium sulfat) akan menguap.Dipergunakan dalam industri kulit. magnesium klorida. .Dipergunakan sebagai pembungkus es.

Contents [hide]  1Properties  2Typical analysis of perlite  3Production and uses o 3. Obsidian adalah batuan yang disusun secara keseluruhan dari kaca amorf dan sedikit kristal feldspar. It is an industrial mineral and a commercial product useful for its low density after processing. Kecamatan Pasirwangi dengan jumlah cadangan diperkirakan sebesar 72 juta ton. saringan/filter. Berdasarkan mutu dengan index pemuaian antara 120 -160 kali. see pearlite. the free encyclopedia For the two-phased structure in steel. Perlite From Wikipedia. apabila dipanaskan akan mengembang antara 4 hingga 20 kali. maka terbentuklah perlitisasi. Batuan ini berwarna abu-abu kehijauan hingga abu-abu kehitaman dan mempunyai sifat yang khas. typically formed by the hydration of obsidian. MINERAL PERLITE Perlit adalah batuan yang terbentuk oleh lava riolit. mineral hitam dan kuarsa. prospek penambangan perlit di masa mendatang cukup menjanjikan. Lokasi ditemukan bahan galian ini antara lain di Gunung Kiamis dan sekitarnya.1United States . It occurs naturally and has the unusual property of greatly expanding when heated sufficiently. bahan penggosok. isolator temperatur tinggi/rendah. bagian bawahnya bersentuhan dengan media air dan akibat beban diatasnya dan aliran lava yang tertahan akan terjadi pendinginan sangat cepat. serta batuan ini tahan terhadap api. Obsidian merupakan batuan yang terbentuk oleh hasil kegiatan erupsi gunung api bersusunan asam hingga basa yang pembekuannya sangat cepat sehingga akan terbentuk gelas atau kaca daripada kristal dominan. bahan pembawa (media) dan campuran makanan ternak. Pada waktu lava mengalir. Manfaat dari perlit dan obsidian adalah sebagai bahan baku beton ringan. isolasi bangunan.1Substitutes  4Occupational safety o 4. Expanded perlite Perlite is an amorphous volcanic glass that has a relatively high water content. plesteran.

560–1. and this causes the expansion of the material to 7–16 times its original volume.2–0.1 g/cm3). 5See also  6References  7External links Properties[edit] Perlite boulders with fireweed in foreground Perlite softens when it reaches temperatures of 850–900 °C (1. while typical expanded perlite has a bulk density of about 30– 150 kg/m3 (0.5–1. Water trapped in the structure of the material vaporises and escapes.5% calcium oxide: CaO  3–5% loss on ignition (chemical / combined water) Production and uses[edit] Perlite output in 2005 .03-0.5-2% iron oxide: Fe2O3  0. Unexpanded ("raw") perlite has a bulk density around 1100 kg/m3 (1.650 °F). due to the reflectivity of the trapped bubbles.150 g/cm3). The expanded material is a brilliant white.7% magnesium oxide: MgO  0.[1] Typical analysis of perlite[edit]  70–75% silicon dioxide: SiO2  12–15% aluminium oxide: Al2O3  3–4% sodium oxide: Na2O  3–5% potassium oxide: K2O  0.

In the construction and manufacturing fields. In 2011. insulation and ceiling tiles. and high resistance against microbial attacks and organic solvents. California. perlite can be used as a soil amendment or alone as a medium for hydroponics or for starting cuttings. Greece was a leader in processed perlite production.[4] In horticulture. The popularity of perlite usage as a filter medium is growing considerably worldwide.Perlite mine in Owens Valley. however.7 million tonnes were produced. concrete and mortar (masonry).000 t). non-toxicity.S. 1. cryogenic insulation. may have overtaken Greece.000 t) and Turkey (220. no information for China – a leading producer – was available. by application[2] End of Fraction Use[8] year 53% building construction products 2001 14% horticultural aggregate 2002 14% fillers 2003 8% filter aid 2004 .S.[2] As of 2003. Perlite was found to be an excellent support for immobilization of biocatalysts such as enzymes for bioremediation and sensing applications. perlite is widely used in biotechnological applications. many commercial applications for perlite have developed.[6] Due to thermal and mechanical stability.[7] Estimated perlite consumption Cost of une in the U. Small quantities of perlite are also used in foundries.[3] Because of its low density and relatively low price (about US$50 per tonne of unexpanded perlite). When used as an amendment it has high permeability / low water retention and helps prevent soil compaction. Perlite filters are fairly commonplace in filtering beer before it is bottled. United States (375. it is used in lightweight plasters. Perlite is a non-renewable resource.000 t).[5] Perlite is an excellent filtration aid and is used extensively as an alternative to diatomaceous earth. estimates of perlite production from the report USGS Mineral Commodity Summaries 2013 indicate that the U. The world reserves of perlite are estimated at 700 million tonnes. and in ceramics as a clay additive. mostly by Greece (500. However. It is also used by the explosives industry.

skin contact. 11% other 2005 2006 2007 2008 2009 Substitutes[edit] Perlite can be substituted for all of its uses. many expanders of perlite are also exfoliating vermiculite and belong to both trade associations  Diatomite. Biochar creates a healthy soil in which micro- organisms thrive  Vermiculite. and eye contact.[10] See also[edit]  Expanded clay aggregate. an alternative lightweight filler for building materials  Biochar. used for filter-aids  Industrial minerals  Mortar (firestop) References[edit] . Substitutes include:[3]  Diatomite  Expanded clay  Shale  Pumice  Slag  Vermiculite Occupational safety[edit] People can be exposed to perlite in the workplace by breathing in dust. the large surface area of carbon molecules increases the soil structure. nutrient and water retention capacity. The National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) has set a recommended exposure limit (REL) of 10 mg/m3 total exposure and 5 mg/m3 respiratory exposure over an 8-hour workday. aeration. United States[edit] The Occupational Safety and Health Administration (OSHA) has set the legal limit (permissible exposure limit) for perlite exposure in the workplace as 15 mg/m3 total exposure and 5 mg/m3 respiratory exposure over an 8-hour workday.

015. 131 (2): 111–120.jbiotec. (2014-04-01). January 2006. Geological Survey Mineral Commodity Summaries: 122–123. McConnell. p.pdf 9. "Perlite toxicology and epidemiology – a review". stability and co- immobilization".S. Journal of Biotechnology.gov/minerals/pubs/commodity/perlite/mcs-2008-perli.edu. Ghaemi. Retrieved 2015-11-27. "Covalent attachment of cholesterol oxidase and horseradish peroxidase on perlite through silanization: Activity. ^ Jump up to:a b USGS Mineral Commodity Summaries (PDF). PMID 24601903. doi:10. USGS Mineral Commodity Summaries 2011 3.NIOSH Pocket Guide to Chemical Hazards . Nasser. iastate.2014.Perlite". Ghasempur.  The Perlite Institute  Mineral Information Institute – perlite  "That Wonderful Volcanic Popcorn. U. 8. Niebo. L. Bolen Perlite USGS 2009 Minerals Yearbook 5. Siadat. Jump up^ "CDC . 1.NIOSH Pocket Guide to Chemical Hazards Categories:  Felsic rocks  Vitreous rocks  Building stone  Soil improvers  Industrial minerals Navigation menu  Not logged in  Talk  Contributions  Create account  Log in  Article  Talk  Read  Edit  View history Search Go . 2013 4.  CDC . Khajeh. 2. Daniel. Jump up^ "ISU Extension News Release". Ron.usgs. Jump up^ Maxim. Ernest E. Jump up^ Torabi. Salehe. External links[edit] Wikimedia Commons has media related to Perlite. ^ Jump up to:a b c Wallace P.cdc. Jump up^ Emulsion explosive composition containing expanded perlite United States Patent 4940497 7.2007.1016/j." Popular Mechanics. Seyed-Fakhreddin. [1]. ISSN 0895-8378. Jump up^ http://minerals. PMC 4002636 .gov. Seyed-Omid Ranaei (2007-08-31).04. 136. 10. Inhalation Toxicology. ^ Jump up to:a b Perlite. 6. 26 (5): 259– 270.881940. doi:10. December 1954. Jump up^ "Perlite". www. Khosro.3109/08958378.

 Main page  Contents  Featured content  Current events  Random article  Donate to Wikipedia  Wikipedia store Interaction  Help  About Wikipedia  Community portal  Recent changes  Contact page Tools  What links here  Related changes  Upload file  Special pages  Permanent link  Page information  Wikidata item  Cite this page Print/export  Create a book  Download as PDF  Printable version In other projects  Wikimedia Commons Languages  ‫العربية‬  Català  Čeština  Deutsch  Ελληνικά  Español  Esperanto  ‫فارسی‬  Français  한국어  Հայերեն  Íslenska  Italiano  ‫עברית‬  Қазақша  Magyar  Nederlands  日本語  Norsk nynorsk  Polski  Português  Русский  Suomi .

Umumnya batuan pengandung tersebut adalah batuan piroklastik. sediment tufaan yang kadang-kadang mengandung kerakal (pebbles) tersisipkan bersama-sama dengan anglomerat amygdaloidal. a non-profit organization. Pecahan-pecahan perlit berbentuk kulit bawang (union skin fracture). you agree to the Terms of Use and Privacy Policy. Mula jadi Perlit terdapat pada hasil letusan atau lelehan dibagian bawah atau tengah. at 07:04.. Mineralogi Struktur aliran ditandai dengan warna goresan merah atau coklat. Umur batuan pengandung umumnyatersier sampai kwarter. jarang yang berumur lebih tua. 2. retas (dike). mungkin disebabkan oleh gaya tarikan (strain) pada waktu proses pendinginan. Wikipedia® is a registered trademark of the Wikimedia Foundation. dan sill. Inc. dan umumnya mempunyai kandungan air lebih besar dari obsidian (glossary of geology) pada endapan yang berbentuk memancar (radier) atau sentripetal. Proses tersebut berlangsung pada temperatur tertentu yang disebabkan oleh berat lapisan diatasnya. berkomposisi riolitik. Selain itu terdapat pula mineral-mineral biotit yang berwarna coklat. Svenska  ไทย  Türkçe  Українська  中文 Edit links  This page was last modified on 5 March 2017. berstruktur perlitik. Tebal lapisannya mencapai ratusan meter. By using this site. Potensi . additional terms may apply. Hal ini di interpretasikan bahwa terjadinya perlit disebabkan oleh proses pertilisasi selama atau pada waktu pembekuan. Perlit yang terdapat pada batuan intrusi didekat permukaan umumnya berbentuk kubah (dome).  Text is available under the Creative Commons Attribution-ShareAlike License. Selama pertilisasi berlangsung terjadi penambahan air yang berasal dari batuan sekitarnya atau post magmatic hydration. Geologi PERLIT 1. Perlit merupakan batuan yang dihasilkan dari kegiatan vulkanik. 3. yang yang dapat menunjukkan arah aliran.

kecamatan Silindung.4% dari hasil crucible test. sehingga banyak kemungkinan keterdapatannya di Indonesia yang kaya akan gunung berapi. Dari berbagai studi dapat diinventarisasi keberadaan. berwarna keabu-abuan. Perlit berada dalam suatu endapan bersama dengan obsidian sebagai bongkah-bongkah di dalam tufa. Sumatra Barat Perlit di daerah ini ditemukan bersama dengan obsidian sebagai bongkah-bongkah dalam tufa. Sumatra Utara Perlit ditemukan di daerah Pansurnapitu. b) Bukit Sikaping. Perlitnya agak keras. kabupaten Tapanuli Utara. Sesuai dengan keterjadiannya. . perlit selalu nerasosiasi dengan aktivitas gunung berapi.3% dari hasil crucible test. dengan faktor pengembangan 9. Dari hasil pmeriksaan di laboratorium contoh perlit ini pengembangannya sampai 153. potensi dan hasil analisis kimia perlit di Indonesia adalah sebagai berikut : a) Pansurnapitu. dan keputihan agak lunak. nerwarna keabu-abuan.

80%.03% d) Dan beberapa daerah lain yang terdapat di Indonesia.23%.30% Na2O = 2.01% MnO = 0.60% TiO2 = 0. K2O = 1.76%. P2O5 = 0.94%.06%. FeO = 0.46%.21% CaO = 1. Hasil dari Laboratorium (crubble test) menunjukkan bahwa pengembangannya sebesar 269% Dengan hasil kimia : SiO2 = 7. Al2O3= 18. Kabupaten Lampung Utara. H2O + = 3. MgO = 0.16%.c) Mutaralam. H2O = 0. Kecamatan SumberJaya.45% Fe2O3 = 0. . Lampung Perlit ditemukan sebagai aliran riolit dan berlokasi di daerah Mutaralam.

116 A. seorang kurator yang sekaligus sebagai pengajar pada Cochise College. spectrophotometry. spekfiofotometri.26o/o). The specific surface area. coklat kemerahan Gores/cerat: putih .D. Ph.ntaag karaller kimiawinya masih terbatas. dan diaspor. Adi Susilo.MINERAL PIROPILIT Abstract Abstrak piropilit di Kecamatan Sumbermanjing Malang Selatan terdapat dalam jumlah yang sangat banyah t€tapi infonnasi tc.tekmira.30olo).362 m2tg 0.807o). Menurut http://www.O+yO dan FezOr Q.5o/o) and rutlle (0.26Vo). Mineral yang termasuk piropilit adalah kianit.0. KzO (0. MgO (1. Salah iatu sumber mineral di Jawa Timur yang belum banyak dilaporkan ffing komposisi kimia dan pemanfaatannya adalah mineral piropilit. spektrofotometri ierapan aiom. lemak atau kusam Warna: putih. This mineral is a crystalline containing quarz (25. prAmbangan.84 Kilap: mutiara di atas permukaan belahan.56yo) berbentuk padatan lcristalin dan mengandung kuarsa iZ-S. Roger Weller. Al2o3 (1.687o).NazO (0. Komrysi{ kimiawi piropilit adalah sioz (84.687o)' K2O (A.008 cm3/g d8n 24.5 Berat jenis: 2. Mineral yang gambarnya tersaji dalam posting ini menurut Ketua Jurusan Fisika dan Program Studi Geofisika FMIPA–UB.6%).SZi O*-*til (0.362 m21g. AS pada http://skywalker.id dijelaskan bahwa piropilit adalah paduan dari alumunium silikat. Al2O3 (1. infrared spechophotomefiy. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan mctode BET diperoleh iuas permukaan spesifilq volumc pori dan jari-jari pori piropilit Sumbcrmanjing masing-masing sebeiar 6.008 cm3/g and 24. x-ray difhaction and surface area malyz*r meihods were used. Sifat fisik dan kimia dari piropilit ini mirip dengan talk. antara lain menyebutkan bahwa pembangunan diarahkan untuk peman-iiahrn sebesar mungkin kekayaan tambang bagi pembangunan. esdm. This paper discusses the characterization of pyrophillite including the chcmical compositiorg crystallinity.30o/o). which werc counted using BET method.260/o). CaO (0. Gravimetry. Southem Malang. kristalinitas dan porositasnya-Analisis dilalukan dengan metode gBvi-mefii. yaitu dengan penganeka r4aman hasil tambang serta pengelolahan usaha pertambangan secara efisien dan berrrawasan lingkungan I I ]. adalah piropilit.go. belahan dalam satu arah Kekerasan: 1 sampai 1. Nastah ini rnenjelaskan karakterisasi piropilit alam Srmrbermanjing tenebu! yang meliputi kompo''sisi kimiawi. kuning pucat. andalusit. Hal ini dikemukakan beliau ketika doktor lulusan sebuah perguruan tinggi Australia tersebut membimbing mahasiswanya dalam kuliah lapangan Geologi (tentang batuan dan mineral) di Kecamatan Sumbermanjing Kabupaten Malang yang baru lalu. atomic adsorption spectrophotomety. MgO (1. Yet little is known of its chemistry. and porosity. respectively.64%) and Fe2O3 $56W.116 A.irlarb tO.80%).-6%). pore volume *O por" radius of the-pyrophyllitc were 6.260/o\. The pyrophillite was made up of SiO2 (84. Abstract pyrophillite is found in an enourmos quantity in Sumbermanjing.edu memerinci sifat-sifta dari piropilit sebagai berikut: Grup mineral: silikat Susunan kimia: Al2Si4O10(OH)2 Sistem kristal: monoklin Belahan: sempurna. CaO (0. Sementara itu. difraksi sinar-x dan SAA (Sudace Area Analzer).cochise.

S. esdm. Keterangan gambar: Dokumentasi pribadi dengan obyek yang diambil di daerah perbatasan antara Kecamatan Turen dan Kecamatan Sumbermanjing. Sunaryo. Provinsi Jawa Barat. Menurut Dr. dan/atau coklat kemerahan. bahwa piropilit memiliki warna putih. juga piropilit termasuk dalam grup mineral silikat yang tersusun dari alumunium dan silika. Kabupaten Malang. esdm. Jawa Timur. Feldspar. maka pada posting ini disajikan piropilit warna coklat kemerahan dan piropilit coklat dengan bercak putih. Mineral ini merupakan mineral paling . Lantaran warna yang berbeda itulah yang membuat "nuansa masel" penasaran.go.tekmira. Piropilit warna coklat kemerahan dan piropilit coklat bercak putih ini jumlahnya tidak sebesar piropilit yang berwarna putih dan piropilit yang berwarna putih keabu-abuan.Si.id). Persebarannya di Indonesia: pulau Sumatera. Kab. kuning pucat. esdm. esdm.tekmira. Pada posting sebelumnya telah ditampilkan gambar piropilit warna putih keabu-abuan.cochise. industri kertas sebagai pengganti talk.tekmira. salah satu tempat persebarannya adalah di Kecamatan Sumbermanjing Kabupaten Malang. dll (http://www.id).Si. UB Malang bahwa warna merah yang ada pada piropilit berasal dari feldspar..id).. Kedua mineral dengan warna berbeda tersebut ditemukan pada lokasi penambangan piropilit di Desa Argotirto Kecamatan Sumbermanjing. Kabupaten Malang.go.edu – http://www. dan pulau Sulawesi (http://www. Sumber: – Adi Susilo penjelasan lisan pada kuliah lapangan di Kecamatan Sumbermanjing.tekmira. Nusa Tenggara Barat (NTB). Piropilit terbentuk pada zone ubahan argilik lanjut (hipogen) seperti kaolin.Terdapatnya: dalam formasi andesit tua yang memiliki kontrol struktur dan intensitas ubahan hidrotermal kuat. Kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari: untuk pakan ternak. M. – Roger Weller pada http://skywalker. Untuk Provinsi Jawa Timur.go. Ketua Program Studi Geofisika Jurusan Fisika FMIPA.id Hasil penelusuran:  piropilit  :Pirofilit  batuan piropilit Seperti yang dikemukakan pada posting sebelumnya (Piropilit--Al2Si4O10(OH)2). namun terbentuk pada temperatur tinggi dan pH asam (http://www. Malang.go.

Sedangkan gambar bawah. feldspar coklat bercak putih. ada yang mengatakan bahwa warna coklat tersebut berasal dari kotoran yang mengandung potasium. .umum atau paling banyak ditemukan di muka Bumi. Selanjutnya Dr. Sunaryo menjelaskan bahwa garis merah (lihat gambar atas) itu menunjukkan proses perlapisan dari feldspar itu.

Related Interests